Translate

28 Okt 2018

Ibadah Pendalaman Alkitab 26 Oktober 2018. Sebelum kedatangan Tuhan:


Ibadah Pendalaman Alkitab 26 Oktober 2018.

Sebelum kedatangan Tuhan
Kejadian-kejadian apakah yang mendahului kedatangan Tuhan?
2 Tes 2: 1-12
2:1 Tentang kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus dan terhimpunnya kita dengan Dia kami minta kepadamu, saudara-saudara,
2:2 supaya kamu jangan lekas bingung dan gelisah, baik oleh ilham roh, maupun oleh pemberitaan atau surat yang dikatakan dari kami, seolah-olah hari Tuhan telah tiba.
2:3 Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa,
2:4 yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah.
2:5 Tidakkah kamu ingat, bahwa hal itu telah kerapkali kukatakan kepadamu, ketika aku masih bersama-sama dengan kamu?
2:6 Dan sekarang kamu tahu apa yang menahan dia, sehingga ia baru akan menyatakan diri pada waktu yang telah ditentukan baginya.
2:7 Karena secara rahasia kedurhakaan telah mulai bekerja, tetapi sekarang masih ada yang menahan. Kalau yang menahannya itu telah disingkirkan,
2:8 pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali.
2:9 Kedatangan si pendurhaka itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu,
2:10 dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa karena mereka tidak menerima dan mengasihi kebenaran yang dapat menyelamatkan mereka.
2:11 Dan itulah sebabnya Allah mendatangkan kesesatan atas mereka, yang menyebabkan mereka percaya akan dusta,
2:12 supaya dihukum semua orang yang tidak percaya akan kebenaran dan yang suka kejahatan.

Dalam surat 2 Tes 2 rasul Paulus bicara soal sebelum kedatangan Tuhan.
Hari kedatangan Tuhan adalah hari yang sangat dinanti-nantikan oleh Gereja Tuhan. Semua gereja Tuhan percaya bahwa hari kedatangan Tuhan sudah dekat.

Ada suatu kejadian besar sebelum hari kedatangan Tuhan, yaitu munculnya Antikrist.
Dalam surat Tesalonika disebut manusia durhaka 2:3 Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa,

Dalam TL yang disebut manusia durhaka itu adalah orang yang mengamalkan dosa, anak jahanam. Dalam Bahasa daerah disalin manusia maksiat, ahline kerusakan.
Menjelang hari Tuhan banyak orang dibingungkan oleh berita-berita, baik itu berita dari surat kabar maupun di media social, bahwa kedatangan Tuhan itu telah tiba.

2 Tes 2:1-2
2:1 Tentang kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus dan terhimpunnya kita dengan Dia kami minta kepadamu, saudara-saudara,
2:2 supaya kamu jangan lekas bingung dan gelisah, baik oleh ilham roh, maupun oleh pemberitaan atau surat yang dikatakan dari kami, seolah-olah hari Tuhan telah tiba.

Mengapa mereka itu bingung? Sebab mereka tidak punya pegangan.
Lain halnya jika orang percaya itu punya pegangan, dan pegangan itu ialah FT.
Kita harus menjadi orang yang berpegang teguh apa kata FT, bukan kata manusia.

2:15 Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.

Sebelum Tuhan datang akan muncul si penyesat yang menyesatkan banyak orang, dan jika dapat orang-orang pilihan yang di incar untuk disesatkan.

2 Tes 2:3a
2:3a Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga!

Penyesat ini akan berusaha dengan cara apa saja; tawaran fasilitas pekerjaan, pemberian-pemberian hadiah, kemudahan-kemudahan dalam usaha, dan masih banyak cara lain yang digunakan Iblis untuk menyesatkanorang-orang Kristen akhir zaman ini.

Mat 24:3-5
24:3 Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia. Kata mereka: "Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia?"
24:4 Jawab Yesus kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!
24:5 Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.

Penampilan Mesias palsu ini adalah pekerjaan Iblis dalam penyamarannya sebagai nabi palsu dan rasul palsu.

2 Kor 11:12-15
11:12 Tetapi apa yang kulakukan, akan tetap kulakukan untuk mencegah mereka yang mencari kesempatan guna menyatakan, bahwa mereka sama dengan kami dalam hal yang dapat dimegahkan.
11:13 Sebab orang-orang itu adalah rasul-rasul palsu, pekerja-pekerja curang, yang menyamar sebagai rasul-rasul Kristus.
11:14 Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblis pun menyamar sebagai malaikat Terang.
11:15 Jadi bukanlah suatu hal yang ganjil, jika pelayan-pelayannya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran. Kesudahan mereka akan setimpal dengan perbuatan mereka.

Nabi palsu ini meniru atau memalsukan apa yang diperbuat oleh Yesus.
Kalau Yesus disebut Anak Domba Allah, maka nabi palsu ini juga menyamar seperti anak domba yang bertanduk dua.

Why 13:11
13:11 Dan aku melihat seekor binatang lain keluar dari dalam bumi dan bertanduk dua sama seperti anak domba dan ia berbicara seperti seekor naga.

Dalam suatu kesempatan Tuhan Yesus mengingatkan kepada murid-muridNya untuk waspada terhadap penyamaran dari nabi palsu.
Nabi palsu ini menyamar seperti domba tapi mereka adalah srigala yang buas.  

Mat 7:15
7:15 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

Nabi palsu ini akan bekerja sama dengan Antikrist, dialah yang menyebabkan banyak manusia besar-kecil, kaya miskin untuk menerima tanda / meterai dari Antikrist yaitu angka 666.

Why 13:16-18
13:16 Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya,
13:17 dan tidak seorang pun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.
13:18 Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.

Pekerjaan nabi palsu itu menyesatkan manusia yang diam dibumi ini, dengan tanda-tanda ajaib yang diperbuat olehnya.

Why 13:12-15
13:12 Dan seluruh kuasa binatang yang pertama itu dijalankannya di depan matanya. Ia menyebabkan seluruh bumi dan semua penghuninya menyembah binatang pertama, yang luka parahnya telah sembuh.
13:13 Dan ia mengadakan tanda-tanda yang dahsyat, bahkan ia menurunkan api dari langit ke bumi di depan mata semua orang.
13:14 Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya di depan mata binatang itu. Dan ia menyuruh mereka yang diam di bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu.
13:15 Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh.

Jadi penyesatan itu adalah pekerjaan nabi palsu. 2 Tes 2:3
2:3 Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa,

Tanda yang mendahului hari kedatangan Tuhan adalah munculnya si penyesat, kemudian manusia durhaka / anak jahanam.
FT katakan bahwa sebelum hari Tuhan akan banyak orang yang murtad.

Murtad = tidak setia pada agama / membuang iman.
Ini menjadi ciri-ciri / sebelum Tuhan datang.
Durhaka = tidak setia (tidak taat) kepada kekuasaan yang sah. = (Tuhan – negara/orang tua)
Tidak taat kepada orang tua / berontak, ini menjadi ciri khas manusia akhir zaman.

2 Tim 3:1-5
3:1 Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar.
3:2 Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama,
3:3 tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik,
3:4 suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah.
3:5 Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!
 
2 Tes 2:4
2:4 yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah.

Band: Why 13:4-8

13:4 Dan mereka menyembah naga itu, karena ia memberikan kekuasaan kepada binatang itu. Dan mereka menyembah binatang itu, sambil berkata: "Siapakah yang sama seperti binatang ini? Dan siapakah yang dapat berperang melawan dia?"
13:5 Dan kepada binatang itu diberikan mulut, yang penuh kesombongan dan hujat; kepadanya diberikan juga kuasa untuk melakukannya empat puluh dua bulan lamanya.
13:6 Lalu ia membuka mulutnya untuk menghujat Allah, menghujat nama-Nya dan kemah kediaman-Nya dan semua mereka yang diam di sorga.
13:7 Dan ia diperkenankan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka; dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku dan umat dan bahasa dan bangsa.
13:8 Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih.

Antikrist ini penuh dengan kesombongan dan menghojat Allah – menghojat namaNya dan TabernakelNya.
Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah.
2 Tes 2:4b

Bait Allah diduduki:
Ada nubuatan di kitab Wahyu bahwa pelataran Bait Allah akan diserahkan kepada Antikrist, dan tempat itu akan dipijak-pijak selama 3 ½ tahun.

Why 11:1-2
11:1 Kemudian diberikanlah kepadaku sebatang buluh, seperti tongkat pengukur rupanya, dengan kata-kata yang berikut: "Bangunlah dan ukurlah Bait Suci Allah dan mezbah dan mereka yang beribadah di dalamnya.
11:2 Tetapi kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar, janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya."

Kota Suci = Yerusalem yang pernah dilawat oleh Tuhan, akan mengalami tindasan selama Antikrist berkuasa didunia ini.

Mat 23:37-39
23:37 "Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau.
23:38 Lihatlah rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi.
23:39 Dan Aku berkata kepadamu: Mulai sekarang kamu tidak akan melihat Aku lagi, hingga kamu berkata: Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan!"

Sekarang ini Tuhan lagi sibuk mengukur rohainya anak-anak Tuhan.
Ada ditempat manakah kita sekarang ini?
Di Ruangan Suci atau di halaman.
Pengalaman Ruangan Suci itu harus dialami gereja Tuhan saat ini.
Jangan biarkan rohanimu berada di halaman, cepat usahakan agar engkau berada di Ruangan Suci.
Diukur juga berarti ditimbang.
Kalau Tuhan menimbang rohani kita, jangan nanti didapati terlalu ringan, sebab nanti akan dibuang keluar.

Dan 5:25-28
5:25 Maka inilah tulisan yang tertulis itu: Mené, mené, tekél ufarsin.
5:26 Dan inilah makna perkataan itu: Mené: masa pemerintahan tuanku dihitung oleh Allah dan telah diakhiri;
5:27 Tekél: tuanku ditimbang dengan neraca dan didapati terlalu ringan;
5:28 Peres: kerajaan tuanku dipecah dan diberikan kepada orang Media dan Persia."

Mat 3:12
3:12 Alat penampi sudah ditangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan."
Tuhan memberkati kita semua.