Translate

8 Apr 2018

Ibadah Raya 8 April 2018.GEREJA TUHAN YANG BERADA DALAM SUASANA KEBANGKITAN



Ibadah Raya 8 April 2018

GEREJA TUHAN YANG BERADA DALAM SUASANA KEBANGKITAN.
Mat 28:1-10
28:1 Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu.
28:2 Maka terjadilah gempa bumi yang hebat sebab seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan menggulingkannya lalu duduk di atasnya.
28:3 Wajahnya bagaikan kilat dan pakaiannya putih bagaikan salju.
28:4 Dan penjaga-penjaga itu gentar ketakutan dan menjadi seperti orang-orang mati.
28:5 Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: "Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.
28:6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.
28:7 Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu."
28:8 Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.
28:9 Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: "Salam bagimu." Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya.
28:10 Maka kata Yesus kepada mereka: "Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku."

Menjelang menyingsingnya fajar: Ini menunjuk waktu yang disediakan Tuhan bagi gerejaNya untuk mengalami pembaruan, sebab setiap pagi itu baru.

Rat 3:22-23
3:22 Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya,
3:23 selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!

Maria Magdalena dan Maria, ini adalah gambar dari gereja Tuhan yang berada dalam suasana kebangkitan. Mereka pergi kekuburan Tuhan Yesus pada waktu itu, dengan tujuan ingin memberi rempah-rempah dan meminyaki tubuh Yesus.

Mark 16:1
16:1 Setelah lewat hari Sabat, Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome membeli rempah-rempah untuk pergi ke kubur dan meminyaki Yesus.

Tapi pada saat mereka sampai di kubur, terjadilah gempa bumi yang hebat, sebab seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang menggulingkan batu itu.

Malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu : “Jangan takut! Sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.”

Kalau kita perhatikan perkataan malaikat kepada perempuan-perempuan pada waktu itu, ada 6 kabar yang disampaikan oleh malaikat itu.
1.- Ia tidak ada disini, Ia sudah bangkit.
2.- Mari lihatlah tempat Ia berbaring.
3.- Segeralah pergi.
4.- Katakan bahwa Yesus sudah bangkit dari antara orang mati.
5.- Ia mendahului kamu ke Galilea.
6.- Disana kamu akan melihat Dia.

Ke enam kata ini bermakna, sebab ini bagaikan pesan yang ditinggalkan bagi gereja-Nya.
Mari kita mohon pertolongan Roh Kudus untuk membukakan rahasia 6 pesan malaikat Tuhan ini.

1.- Ia tidak ada disini, Ia sudah bangkit.
Yang pertama yang harus diketahui oleh gereja Tuhan, bahwa Yesus itu sudah bangkit. Kubur tidak sanggup menahan tubuh kebangkitan Yesus. Artinya kuasa kematian telah dikalahkanNya.

1 Kor 15:3-4
15:3 Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci,
15:4 bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;

Ia mati untuk menebus dosa-dosa kita, dan kebangkitanNya untuk memberikan kepada kita hidup yang kekal.

1 Kor 15:14,17,20-22.
15:14 Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu.
15:17 Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu.
15:20 Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal.
15:21 Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia, demikian juga kebangkitan orang mati datang karena satu orang manusia.
15:22 Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus.

Tuhan Yesus adalah kebangkitan dan hidup Yoh 11:25-26
11:25 Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati,
11:26 dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?"

Kuasa kebangkitan Tuhan memberikan kita suatu pengharapan.

2.- Mari lihatlah tempat Ia berbaring.
Ini bicara soal pembuktian. Kebangkitan Kristus harus menjadi suatu bukti / kenyataan bagi kehidupan orang percaya.
Sama seperti kebangkitan Kristus itu adalah sesuatu yang real, maka kehidupan keKristenan kita ini juga harus nyata.

Apa buktinya? Kol 3:1-4
3:1 Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.
3:2 Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.
3:3 Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.
3:4 Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.

Tanda bagi kehidupan yang sudah dibangkitkan bersama Kristus itu adalah suka mencari perkara yang diatas.
Mari lihatlah! Apa yang dilihat? Bukti dari kehidupan yang sudah megalami kuasa kebangkitan, matanya selalu terarah kepada Dia yang duduk disebelah kanan Allah, Dialah Yesus sebagai Imam Besar.

Ibn 8:1-2
8:1 Inti segala yang kita bicarakan itu ialah: kita mempunyai Imam Besar yang demikian, yang duduk di sebelah kanan takhta Yang Mahabesar di sorga,
8:2 dan yang melayani ibadah di tempat kudus, yaitu di dalam kemah sejati, yang didirikan oleh Tuhan dan bukan oleh manusia.

Mengapa kita harus memandang Dia sebagai Imam Besar?
Sebab ini menyangkut soal ibadah kita. Kalau kita tidak mau gagal dalam ibadah, kita harus menerima Dia sebagai Imam Besar untuk mengepalai ibadah kita.

3.- Segeralah pergi! Ini artinya kita tidak boleh berdiam diri. Anak Tuhan suka berdiam diri. Perintah untuk segera pergi ini adalah perintah untuk berperan aktif. Jangan menjadi anggota gereja yang tidak berbuat apa-apa bagi Tuhan.  Kita harus mengambil bagian pelayanan pekerjaan Tuhan.
Kuasa kebangkitan Tuhan itu mendorong kita untuk berbuat sesuatu bagi Tuhan.

1 Kor 15:58

15:58 Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

4.- Katakan bahwa Yesus sudah bangkit dari antara orang mati.
Ini artinya kita disuruh bersaksi. Gereja yang mengalami kuasa kebangkitan Kristus adalah gereja yang suka bersaksi.

Luk 24:46-48
24:46 Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga,
24:47 dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.
24:48 Kamu adalah saksi dari semuanya ini.
Jangan kita memiliki kebangkitan yang semu, dikatakan hidup pada hal mati. Seperti jemaat di Sardis.

Why 3:1-3
3:1 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Sardis: Inilah firman Dia, yang memiliki ketujuh Roh Allah dan ketujuh bintang itu: Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau dikatakan hidup, padahal engkau mati!
3:2 Bangunlah, dan kuatkanlah apa yang masih tinggal yang sudah hampir mati, sebab tidak satu pun dari pekerjaanmu Aku dapati sempurna di hadapan Allah-Ku.
3:3 Karena itu ingatlah, bagaimana engkau telah menerima dan mendengarnya; turutilah itu dan bertobatlah! Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu pada waktu manakah Aku tiba-tiba datang kepadamu.

5.- Ia mendahului kamu ke Galilea.
Ini bicara tentang kembalinya Yesus ke Sorga.

Kis 1:9-11
1:9 Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.
1:10 Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka,
 1:11 dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."

Ia mendahului ke Sorga untuk menyediakan tempat bagi kita.
Yoh 14:1-3
14:1 "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.
14:2 Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.
14:3 Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.

6.- Disana kamu akan melihat Dia.
Jika sekarang ini kita bekerja untuk Dia, kita nanti akan terima pahala, sebab Tuhan menyediakan upah bagi kita.

Why 22:12
22:12 "Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya.

Tuhan datang dengan membawa upah.
Upah disini yang dimaksud bukan upah dalam bentuk uang, sebab kita tidak memerlukan itu nanti, tapi upah yang dimaksud adalah mahkota.

Ada beberapa mahkota yang disediakan Tuhan bagi yang setia.
1.- Mahkota yang tidak akan layu/mahkota yang abadi. 1 Kor 9:24-27
9:24 Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah? Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya!
9:25 Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.
9:26 Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul.
9:27 Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.

2.- Mahkota kesukaan / kemegahan. 1 Tes 2:19-20
2:19 Sebab siapakah pengharapan kami atau sukacita kami atau mahkota kemegahan kami di hadapan Yesus, Tuhan kita, pada waktu kedatangan-Nya, kalau bukan kamu?
2:20 Sungguh, kamulah kemuliaan kami dan sukacita kami.

3.- Mahkota Kebenaran
2 Tim 4:7-8
4:7 Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.
4:8 Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.

4.- Mahkota Kehidupan
Why 2:10
2:10 Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.

5.- Mahkota Kemulyaan
1 Pet 5:4
5:4 Maka kamu, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu.

Inilah 6 pesan yang disampaikan Tuhan lewat malaikatNya kepada gereja Tuhanyang ingin berada dalam tanda kebangkitan.
Tuhan Yesus memberkati.