Translate

15 Apr 2018

Ibadah Pendalaman Alkitab 13 April 2018. SURAT 1 TESALONIKA: SALAM.



Ibadah Pendalaman Alkitab 13 April 2018.

SURAT 1 TESALONIKA: SALAM.
1 Tes 1:1
1:1 Dari Paulus, Silwanus dan Timotius kepada jemaat orang-orang Tesalonika yang di dalam Allah Bapa dan di dalam Tuhan Yesus Kristus. Kasih karunia dan damai sejahtera menyertai kamu.

Salam ini ditujukan kepada jemaat orang-orang Tesalonika yang didalam Allah Bapa dan didalam Tuhan Yesus Kristus.
Sebutan Allah Bapa ini adalah sebutan yang pernah diajarkan Tuhan Yesus kepada murid-murid-Nya.
Yesus selalu menyebut Allah itu Bapa. Dalam pelajaran doa Bapa kami, disana Tuhan Yesus mengajar murid-murid-Nya untuk menyapa Allah dengan panggilan Bapa.

Mat 6:9-13
6:9 Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu,
6:10 datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.
6:11 Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya
6:12 dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;
6:13 dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. [Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.]

Dalam bahasa Aram, kata Bapa itu disebut dengan sebutan ABBA.
Kata Aram ini masuk kedalam bahasa Ibrani, digunakan sebagai panggilan terhadap ayah oleh seorang anak. Juga sering digunakan sebagai panggilan penghormatan terhadap Rabi.

Kata ini mengandung rasa hormat dan keakraban, tetapi orang Yahudi tidak pernah memakainya terhadap Tuhan.
Dalam PB kata ABBA ini muncul 3 kali. Ketiganya dialamatkan kepada Allah, dan langsung diikuti oleh terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

Pertama kali yang menggunakan kata Abba ini adalah Tuhan Yesus sendiri pada saat Dia berdoa di Taman Getsemani.

Mark 14:36
14:36 Kata-Nya: "Ya Abba, ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu, ambillah cawan ini dari pada-Ku, tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki."

Kemudian yang kedua yaitu orang yag dipenuhkan oleh Roh Kudus, kalau berdoa menyebut ABBA ya BAPA.

Rm 8:15
8:15 Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!"

Sebutan yang ke tiga: Siapa yang berhak mengucapkan kata ABBA ya BAPA, ini adalah orang yang disebut sebagai anak Allah.

Gal 4:6
4:6 Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: "ya Abba, ya Bapa!"

Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya kedalam hati kita, yang berseru “Ya ABBA, ya BAPA.”
Jadi kalau Rasul Paulusmenyebutkan orang Kristen di Tesalonika ini adalah orang yang didalam Allah Bapa, ini berarti mereka punya persekutuan dengan Allah begitu akrab, sehingga mereka boleh menyeru ABBA ya BAPA. Dan ini terjadi karena pekerjaan Roh Kudus.

Kita boleh menyebut Allah itu Bapa berarti kita adalah anak-anak Allah.
Kapan kita disebut sebagai anak-anak Allah? Waktu Kristus menebus kita.

Gal 4:4-5
4:5 Ia diutus untuk menebus mereka, yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak.
4:6 Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: "ya Abba, ya Bapa!"

Waktu kita dilahirkan kembali. Kita dilahirkan oleh benih Firman Allah yang hidup dan kekal.

1 Pet 1:23
1:23 Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal.

1 Yoh 3:1-3
3:1 Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Dia.
3:2 Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.
3:3 Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci.

Kita adalah anak-anak Allah. Tandanya kalau kita anak-anak Allah yaitu kita tidak berbuat dosa lagi.

1 Yoh 3:9-10
3:9 Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah.
3:10 Inilah tandanya anak-anak Allah dan anak-anak Iblis: setiap orang yang tidak berbuat kebenaran, tidak berasal dari Allah, demikian juga barangsiapa yang tidak mengasihi saudaranya.

1 Yoh 5:18-20
5:18 Kita tahu, bahwa setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa; tetapi Dia yang lahir dari Allah melindunginya, dan si jahat tidak dapat menjamahnya.
5:19 Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat.
5:20 Akan tetapi kita tahu, bahwa Anak Allah telah datang dan telah mengaruniakan pengertian kepada kita, supaya kita mengenal Yang Benar; dan kita ada di dalam Yang Benar, di dalam Anak-Nya Yesus Kristus. Dia adalah Allah yang benar dan hidup yang kekal.

Sekarang ini kita adalah anak-anak Allah, tapi jika nanti Kristus menyatakan diri-Nya (sebagai mempelai pria Sorga bagi gerejaNya) kita akan menjadi sama seperti Dia. Ini berarti kita saat itu sudah menjadi sempurna sama seperti Dia.

Untuk menjadi serupa dengan Dia syaratnya hidup ini harus terus menerus dalam penyucian.

1 Yoh 3:3
3:3 Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci.

Pil 3:2021
3:20 Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat,
3:21 yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuh-Nya yang mulia, menurut kuasa-Nya yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diri-Nya.

Jemaat Tesalonika ini adalah Jemaat yang berjalan dengan pakaian Imam Besar.

Kel 28:1-43
Menjelang kedatangan Tuhan, gereja Tuhan harus memperhatikan pakaiannya, agar jangan jalan dengan telanjang sehingga nampak kemaluannya.

Why 16:15
16:15 "Lihatlah, Aku datang seperti pencuri. Berbahagialah dia, yang berjaga-jaga dan yang memperhatikan pakaiannya, supaya ia jangan berjalan dengan telanjang dan jangan kelihatan kemaluannya."
Berbahagialah orang yang membasuh jubahnya.

Why 22:14
22:14 Berbahagialah mereka yang membasuh jubahnya. Mereka akan memperoleh hak atas pohon-pohon kehidupan dan masuk melalui pintu-pintu gerbang ke dalam kota itu.