Translate

14 Apr 2017

Jumat Agung. 14 April 2017


Jumat Agung
14 April 2017.

Mark 10:45
10:45 Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."

Tujuan Yesus datang ke dunia ini dengan sebuah misi yang jelas sekali, yaitu penyelamatan. Untuk menyelamatkan manusia maka Yesus perlu mati untuk menebus dosa-dosa manusia.

Siapa yang ditebus? Dan mengapa harus ditebus?
Yes 54:5-8
54:5 Sebab yang menjadi suamimu ialah Dia yang menjadikan engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmu ialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi.
54:6 Sebab seperti isteri yang ditinggalkan dan yang bersusah hati TUHAN memanggil engkau kembali; masakan isteri dari masa muda akan tetap ditolak? firman Allahmu.
54:7 Hanya sesaat lamanya Aku meninggalkan engkau, tetapi karena kasih sayang yang besar Aku mengambil engkau kembali.
54:8 Dalam murka yang meluap Aku telah menyembunyikan wajah-Ku terhadap engkau sesaat lamanya, tetapi dalam kasih setia abadi Aku telah mengasihani engkau, firman TUHAN, Penebusmu.

2 Korintus 5:19
19 Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami.

Roma 4:7-8 Berbahagialah orang yang diampuni pelanggaran-pelanggarannya
7 "Berbahagialah orang yang diampuni pelanggaran-pelanggarannya, dan yang ditutupi dosa-dosanya;
8 berbahagialah manusia yang kesalahannya tidak diperhitungkan Tuhan kepadanya."

Yang berbicara ini bukan Yesaya tapi Tuhan yang disebut PENEBUSMU.
Yesus berkata dalam Injil Markus10:45 tadi: bahwa kedatangan-Nya kedunia ini bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani. Melayani apa?        
  Melayani penebusan.

Berdasarkan kitab Yesaya 54 bahwa, Israel  pernah ditinggalkan oleh Tuhan dalam kurun waktu sesaat karena Tuhan sedang memurkai Israel. Tapi dalam kasih setia abadi AKU mengasisihi engkau.

Kembalinya Tuhan ini untuk mengadakan penebusan. Mengapa harus ditebus?
Oleh karena Israel melakukan pelanggaran sehingga terjual/tergadai, itu sebabnya perlu terjadi penebusan.

Yes 50:1                                                      
 50:1 Beginilah firman TUHAN: "Di manakah gerangan surat cerai ibumu tanda Aku telah mengusir dia? Atau kepada siapakah di antara penagih hutang-Ku Aku pernah menjual engkau? Sesungguhnya, oleh karena kesalahanmu sendiri kamu terjual dan oleh karena pelanggaranmu sendiri ibumu diusir.

Karena pernah terjual inilah maka perlu terjadi penebusan. Manusia tidak mungkin dapat menyelamatkan dirinya sendiri, itu sebabnya Tuhan datang untuk menyelamatkan.

Kita ditebus dengan harga yang mahal, yaitu dengan darah Kristus.
1 Pet 1:18-19
1:18 Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,
1:19 melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.

Darah anak domba yang tak bernoda dan bercacat.
Ini menunjuk Anak Domba Paskah yang tertulis dalam kitab Ul 16:1-8
16:1 "Ingatlah akan bulan Abib dan rayakanlah Paskah bagi TUHAN, Allahmu, sebab dalam bulan Abib itulah TUHAN, Allahmu, membawa engkau keluar dari Mesir pada waktu malam.
16:2 Maka engkau harus menyembelih kambing domba dan lembu sapi sebagai korban Paskah bagi TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih TUHAN untuk membuat nama-Nya diam di sana.
16:3 Janganlah engkau makan sesuatu yang beragi besertanya; tujuh hari lamanya engkau harus makan roti yang tidak beragi besertanya, yakni roti penderitaan, sebab dengan buru-buru engkau keluar dari tanah Mesir. Maksudnya supaya seumur hidupmu engkau teringat akan hari engkau keluar dari tanah Mesir. (Ingat kelepasan yang kita terima dari Tuhan)
16:4 Janganlah terdapat padamu ragi di seluruh daerahmu, tujuh hari lamanya; dan dari daging hewan yang kausembelih pada waktu petang pada hari pertama, janganlah ada yang bermalam sampai pagi.
16:5 Engkau tidak boleh mempersembahkan korban Paskah di salah satu tempat yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.
16:6 Tetapi di tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, untuk membuat nama-Nya diam di sana, engkau harus mempersembahkan korban Paskah itu pada waktu senja, ketika matahari terbenam, bertepatan dengan saat engkau keluar dari Mesir.
16:7 Engkau harus memasaknya dan memakannya di tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu; kemudian paginya engkau harus pulang kembali ke kemahmu.
16:8 Enam hari lamanya engkau harus makan roti yang tidak beragi dan pada hari yang ketujuh harus ada perkumpulan raya bagi TUHAN, Allahmu; maka janganlah engkau melakukan pekerjaan.

Ayat 3: Roti Penderitaan.
Perjamuan Suci yang kita sebentar makan dan minum, itulah roti penderitaan. Ketika Yesus disalibkan, tubuhnya dihancurkan oleh kekejaman tentara romawi, itulah kegenapan dari Roti Penderitaan yang sudah Yesus kerjakan dibukit Golg9ta untuk mengadakan penebusan.

Yoh 19:1-3
19:1 Lalu Pilatus mengambil Yesus dan menyuruh orang menyesah Dia.
19:2 Prajurit-prajurit menganyam sebuah mahkota duri dan menaruhnya di atas kepala-Nya. Mereka memakaikan Dia jubah ungu,
19:3 dan sambil maju ke depan mereka berkata: "Salam, hai raja orang Yahudi!" Lalu mereka menampar muka-Nya.
Roti Penderitaan sudah digenapkan dalam sengsara yang Dia pikul pada waktu disalibkan.

Semoga kita dapat renungkan penderitaan-Nya dihari Jumat Agung ini.