Translate

26 Mar 2017

Ibadah Raya. 26 Maret 2017. HAKIM-HAKIM FS. 3.



Ibadah Raya. 26 Maret 2017.
HAKIM-HAKIM FS. 3.
Dalam kitab hakim-hakim 3 ini diceritakan bagaimana bangsa Israel telah jatuh dalam dosa dengan mengambil anak-anak dari bangsa Kanaan, mereka menikahkan anak-anak mereka dengan bangsa-bangsa Kanaan.

Ini yang membuat mereka kemudian terjerat dalam penyembahan berhala.    Pada bagian yang lalu pernah diterangkan bahwa akibat membiarkan bangsa-bangsa Kanaan ada yang masih hidup, maka tanpa disadari mereka terjerat dengan dosa-dosa dari bangsa Kanaan.

Kesalahan dari mereka adalah tidak menumpas dosa sampai keakar-akarnya. Dalam fasal 3 ini kita baca bangsa Israel  dilatih perang oleh Tuhan.    

Bukankah bangsa Israel ahli dalam peperangan? Mengapa masih perlu dilatih perang lagi? Mereka yang dilatih perang ini adalah generasi  yang tidak mengenal perang Kanaan.

Hak 3:1-2
3:1 Inilah bangsa-bangsa yang dibiarkan TUHAN tinggal untuk mencobai orang Israel itu dengan perantaraan mereka, yakni semua orang Israel yang tidak mengenal perang Kanaan.
3:2 -- Maksudnya hanyalah, supaya keturunan-keturunan orang Israel yang tidak mengenal perang yang sudah-sudah, dilatih berperang oleh TUHAN.

Latihan perang ini sepertinya mutlak harus dijalani oleh setiap orang percaya.
Siapa yang menjadi pelatihnya?
Maz 144:1
144:1 Dari Daud. Terpujilah TUHAN, gunung batuku, yang mengajar tanganku untuk bertempur, dan jari-jariku untuk berperang;

Orang berperang itu harus direncanakan.Ams 24:6
24:6 Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang, dan kemenangan tergantung pada penasihat yang banyak.

Tuhan Yesus sendiri pernah bicara soal perncanaan perang ini.
Luk 14:31-33
14:31 Atau, raja manakah yang kalau mau pergi berperang melawan raja lain tidak duduk dahulu untuk mempertimbangkan, apakah dengan sepuluh ribu orang ia sanggup menghadapi lawan yang mendatanginya dengan dua puluh ribu orang?
14:32 Jikalau tidak, ia akan mengirim utusan selama musuh itu masih jauh untuk menanyakan syarat-syarat perdamaian.
14:33 Demikian pulalah tiap-tiap orang di antara kamu, yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi murid-Ku.

Yang tidak mengenal perang dilatih perang oleh Tuhan.
Bangsa yang tertinggal ini diijinkan Tuhan untuk mencobai Israel.

Hak 3:4
3:4 Mereka itu ada di sana, supaya Ia mencobai orang Israel dengan perantaraan mereka untuk mengetahui, apakah mereka mendengarkan perintah yang diberikan TUHAN kepada nenek moyang mereka dengan perantaraan Musa.

Pencobaan itu datang pada seseorang itu karena orang itu tidak dengar-dengaran FT.
Jika seorang itu lebih menuruti keinginanya sendiri daripada menuruti perintah Allah, nah disana orang itu sudah diseret oleh keinginan hawa nafsunya, yang membawa orang itu kedalam pencobaan.

Yak 1:12-15
1:12 Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.
1:13 Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!" Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapa pun.
1:14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.
1:15 Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.

Diseret dipikat olehnya.

Hak 3:5-6                                                               3:5 Demikianlah orang Israel itu diam di tengah-tengah orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus.
3:6 Mereka mengambil anak-anak perempuan, orang-orang itu menjadi isteri mereka dan memberikan anak-anak perempuan mereka kepada anak-anak lelaki orang-orang itu, serta beribadah kepada allah orang-orang itu.

Orang-orang Israel bersekutu dengan orang-orang Kanaan, mereka mengambil perempuan-perempuan Kanaan dijadikan istrinya, dan menyerahkan anak-anak perempuannya kepada laki-laki orang Kanaan. Serta beribadah kepada ilah-ilah orang-orang Kanaan. Ini jelas suatu tindakan yang melawan FT.

Firman Tuhan mengatakan: “Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tidak percaya.”

2 Kor 6:14-18
6:14 Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?
6:15 Persamaan apakah yang terdapat antara Kristus dan Belial? Apakah bagian bersama orang-orang percaya dengan orang-orang tak percaya?
6:16 Apakah hubungan bait Allah dengan berhala? Karena kita adalah bait dari Allah yang hidup menurut firman Allah ini:  "Aku akan diam bersama-sama dengan mereka  dan hidup di tengah-tengah mereka,  dan Aku akan menjadi Allah mereka,  dan mereka akan menjadi umat-Ku.
6:17 Sebab itu:  Keluarlah kamu dari antara mereka,  dan pisahkanlah dirimu dari mereka, firman Tuhan,  dan janganlah menjamah apa yang najis,  maka Aku akan menerima kamu.
6:18 Dan Aku akan menjadi Bapamu,  dan kamu akan menjadi anak-anak-Ku laki-laki dan anak-anak-Ku perempuan demikianlah firman Tuhan, Yang Mahakuasa."

Berpisah = menjauh.
Yes 52:11
52:11 Menjauhlah, menjauhlah! Keluarlah dari sana! Janganlah engkau kena kepada yang najis! Keluarlah dari tengah-tengahnya, sucikanlah dirimu, hai orang-orang yang mengangkat perkakas rumah TUHAN!

Sucikanlah dirimu, jangan jamah apa yang najis.
Why 18:4
18:4 Lalu aku mendengar suara lain dari sorga berkata: "Pergilah kamu, hai umat-Ku, pergilah dari padanya supaya kamu jangan mengambil bagian dalam dosa-dosanya, dan supaya kamu jangan turut ditimpa malapetaka-malapetakanya.

Ini adalah saatnya hidup anak-anak Tuhan harus kudus, agar kita dapat diterima dalam Tubuh Kristus.
1 Tes 4:3-5
 4:3 Karena inilah kehendak Allah: pengudusanmu, yaitu supaya kamu menjauhi percabulan,
4:4 supaya kamu masing-masing mengambil seorang perempuan menjadi isterimu sendiri dan hidup di dalam pengudusan dan penghormatan,
4:5 bukan di dalam keinginan hawa nafsu, seperti yang dibuat oleh orang-orang yang tidak mengenal Allah,

Hidup kudus itu bukan hanya yang sudah menikah saja, tapi juga berlaku bagi orang-orang muda.
2 Tim 2:20-22
2:20 Dalam rumah yang besar bukan hanya terdapat perabot dari emas dan perak, melainkan juga dari kayu dan tanah; yang pertama dipakai untuk maksud yang mulia dan yang terakhir untuk maksud yang kurang mulia.
2:21 Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia.
2:22 Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni.

Jika kita sudah terlibat dalam pelayanan rohani, sudah selayaknya kita menyucikan diri dan menjahui segala kenajisan.
Terlebih kalau dikatakan saudara adalah orang-orang yang mengangkat perkakas rumah Tuhan.

Yes 52:11.
Seperti pada dahi Imam Besar itu ada tulisan: Kudus bagi Tuhan.

Kel 28:36
28:36 Juga haruslah engkau membuat patam dari emas murni dan pada patam itu kauukirkanlah, diukirkan seperti meterai: Kudus bagi TUHAN.

Tuhan menghendaki umat-Nya kudus seperti Dia yang adalah kudus.
1 Pet 1:14-16
1:14 Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu,
1:15 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu,
1:16 sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.