Translate

10 Feb 2016

Ibadah Raya.7 Februari 2016. PEMBELAAN TUHAN.



Ibadah Raya
7 Februari 2016
Pembelaan Tuhan

Siapa yang dibela Tuhan?
1. Orang Kristen yang butuh Firman
Matius 12:1-8 (TB)
1 Pada waktu itu, pada hari Sabat, Yesus berjalan di ladang gandum. Karena lapar, murid-murid-Nya memetik bulir gandum dan memakannya.
2 Melihat itu, berkatalah orang-orang Farisi kepada-Nya: "Lihatlah, murid-murid-Mu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat."
3 Tetapi jawab Yesus kepada mereka: "Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar,
 4 bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah dan bagaimana mereka makan roti sajian yang tidak boleh dimakan, baik olehnya maupun oleh mereka yang mengikutinya, kecuali oleh imam-imam?
5 Atau tidakkah kamu baca dalam kitab Taurat, bahwa pada hari-hari Sabat, imam-imam melanggar hukum Sabat di dalam Bait Allah, namun tidak bersalah?
 6 Aku berkata kepadamu: Di sini ada yang melebihi Bait Allah.
7 Jika memang kamu mengerti maksud firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, tentu kamu tidak menghukum orang yang tidak bersalah.
8 Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

Jangan sampai jiwa menjadi lapar,karena akan menjadi kehancuran di berbagai aspek, misalnya  nikah, dsb. Kaparan rohani terjadi karena manusia meremehkan ibadah.

Orang Kristen yang tidak butuh Firman akan menjadi lapar rohani. Orang muda akan berjatuhan, terjatuh dalam narkoba, dsb.

Sabat artinya perhentian. Orang Farisi berpegang pada sabat secara lahiriah , berhenti beraktifitas, berhenti melakukan pekerjaan.Tapi sabat yang Tuhan mau adalah benar-benar berhenti dari kekacauan.

Ayat 3-5 adalah pembelaan Tuhan, Ia tidak mempermasalahkan murid-muridnya dalam mengambil gandum . Secara rohani gandum.adalah gambaran Firman.

Sekaranag ini adalah masa kelimpahan Firman yang telah Tuhan berikan,jangan merasa santai, tidak setia, atau malahan kasih mula-mula telah hilang. Sabat yang rohani yang Tuhan inginkan, bukan secara jasmani.

Pembelaan terjadi bila kita rindu akan Firman Allah.
Markus 8:1-10 (TB)
1 Pada waktu itu ada pula orang banyak di situ yang besar jumlahnya, dan karena mereka tidak mempunyai makanan, Yesus memanggil murid-murid-Nya dan berkata:
2 "Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak ini. Sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan.
3 Dan jika mereka Kusuruh pulang ke rumahnya dengan lapar, mereka akan rebah di jalan, sebab ada yang datang dari jauh."
4 Murid-murid-Nya menjawab: "Bagaimana di tempat yang sunyi ini orang dapat memberi mereka roti sampai kenyang?"
5 Yesus bertanya kepada mereka: "Berapa roti ada padamu?" Jawab mereka: "Tujuh."
6 Lalu Ia menyuruh orang banyak itu duduk di tanah. Sesudah itu Ia mengambil ketujuh roti itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid-murid-Nya untuk dibagi-bagikan, dan mereka memberikannya kepada orang banyak.
7 Mereka juga mempunyai beberapa ikan, dan sesudah mengucap berkat atasnya, Ia menyuruh supaya ikan itu juga dibagi-bagikan.
8 Dan mereka makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, sebanyak tujuh bakul.
9 Mereka itu ada kira-kira empat ribu orang. Lalu Yesus menyuruh mereka pulang.
10 Ia segera naik ke perahu dengan murid-murid-Nya dan bertolak ke daerah Dalmanuta.

Ada pembelaan dari Tuhan, sekalipun di tempat sunyi, Yesus mampu menjadikan yang tidak ada menjadi ada, bagi mereka yang rindu akan Firman Tuhan.

Ayat 2 "Hatiku tergerak....." Hati Yesus tergerak.
Ayat 4 . Murid-murid-Nya menjawab: "Bagaimana di tempat yang sunyi ini orang dapat memberi mereka roti sampai kenyang?"
Berbicara tentang kemustahilan, bagi Tuhan tidak ada yang mustahil. Iman harus disertai dengan perbuatan

2. Pembelaan Tuhan bagi orang yang mengangkat tangan (menyembah) Tuhan
Matius 12: 9-15 (TB)
9 Setelah pergi dari sana, Yesus masuk ke rumah ibadat mereka.
10 Di situ ada seorang yang mati sebelah tangannya. Mereka bertanya kepada-Nya: "Bolehkah menyembuhkan orang pada hari Sabat?" Maksud mereka ialah supaya dapat mempersalahkan Dia.
11 Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Jika seorang dari antara kamu mempunyai seekor domba dan domba itu terjatuh ke dalam lobang pada hari Sabat, tidakkah ia akan menangkapnya dan mengeluarkannya?
12 Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba? Karena itu boleh berbuat baik pada hari Sabat."
13 Lalu kata Yesus kepada orang itu: "Ulurkanlah tanganmu!" Dan ia mengulurkannya, maka pulihlah tangannya itu, dan menjadi sehat seperti tangannya yang lain.
14 Lalu keluarlah orang-orang Farisi itu dan bersekongkol untuk membunuh Dia.
15 aTetapi Yesus mengetahui maksud mereka lalu menyingkir dari sana. (12-15b) Banyak orang mengikuti Yesus dan Ia menyembuhkan mereka semuanya.

Tuhan mau adalah sabat perhentian dari sengsara.
Ulurkan tangan rohani, supaya bisa mengangkat atau menyembah. Bila tangan rohani tidak dijamah Tuhan, maka tangan ini akan mati.

Sebelum masa antikris datang, minta tolong pada Tuhan agar kita bisa mengangkat tangan untuk menyembah Tuhan
Di dalam gereja banyak orang Kristen yang tidak bisa menyembah. Saat bisa menyembah ,kasih dicurahkan. Tanpa kasih, rohani akan kering dan mati.

Bila tidak bisa menyembah,maka:
Wahyu 11:1-2 (TB)
1 Kemudian diberikanlah kepadaku sebatang buluh, seperti tongkat pengukur rupanya, dengan kata-kata yang berikut: "Bangunlah dan ukurlah Bait Suci Allah dan mezbah dan mereka yang beribadah di dalamnya.
2 Tetapi kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar, janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya."

Yang ada di dalam = dalam Tabernakel adalah Mezbah Dupa (penyembahan).
Mintalah Tuhan untuk menyembuhkan tangan kita supaya bisa menyembahNya. Supaya jangan sampai kita tidak diukur dan diinjak-injak selama 3,5 tahun

Tangan mati sebelah= pekerjaan tidak sempurna, seperti jemaat di Sardis. Pekerjaan yang tidak sempurna, akan ditanggung-jawabkan di hadapan Tuhan.
Wahyu 3:1-2 (TB)
1 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Sardis: Inilah firman Dia, yang memiliki ketujuh Roh Allah dan ketujuh bintang itu: Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau dikatakan hidup, padahal engkau mati!
2 Bangunlah, dan kuatkanlah apa yang masih tinggal yang sudah hampir mati, sebab tidak satu pun dari pekerjaanmu Aku dapati sempurna di hadapan Allah-Ku.

Tuhan ingin pekerjaan yang kita lakukan bagi Tuhan adalah sempurna, melayani dengan sungguh-sungguh.
Introspeksi diri bila tidak bisa menyembah dan melayani dengan baik. Mungkinkah ada roh ketidaktaatan? Seperti jaman Nuh, yang tidak taat sehingga dibinasakan semua.

3. Pembelaan Tuhan akan buta dan bisu secara rohani.
Matius 12:22-28 (TB)
22 Kemudian dibawalah kepada Yesus seorang yang kerasukan setan. Orang itu buta dan bisu, lalu Yesus menyembuhkannya, sehingga si bisu itu berkata-kata dan melihat.
23 Maka takjublah sekalian orang banyak itu, katanya: "Ia ini agaknya Anak Daud."
24 Tetapi ketika orang Farisi mendengarnya, mereka berkata: "Dengan Beelzebul, penghulu setan, Ia mengusir setan."
25 Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka lalu berkata kepada mereka: "Setiap kerajaan yang terpecah-pecah pasti binasa dan setiap kota atau rumah tangga yang terpecah-pecah tidak dapat bertahan.
26 Demikianlah juga kalau Iblis mengusir Iblis, ia pun terbagi-bagi dan melawan dirinya sendiri; bagaimanakah kerajaannya dapat bertahan?
27 Jadi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, dengan kuasa siapakah pengikut-pengikutmu mengusirnya? Sebab itu merekalah yang akan menjadi hakimmu.
28 Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Roh Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu.
Org Farisi buta secara rohani.
Beelzebul adalah pemimpin setan

Ay 28...."Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Roh Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu."
Kerajaan Allah sudah datang artinya sabat di tengah hati kita. Orang yang tidak paham dengan Firman Allah, maka ia adalah buta secara rohani.

2 Korintus 4:3-4 (TB)
3 Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa,
4 yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.

Tidak mengerti = buta secara rohani= tidak percaya dan tidak dapat melihat kemuliaan Allah
Banyak orang terbutakan oleh Firman Allah karena iblis. Iblis tidak mau orang Kristen mengerti Firman, buta akan Firman Tuhan. Bisu tidak bisa bicara artinya tidak bisa bersaksi.Menyembah artinya mulut bersuara tidak bisu.
Arahkan pandangan pada Kristus, tetapi bagaimana kalau buta? Mintalah tolong pada Tuhan

Tuhan Yesus memberkati.

Oleh : Pdt.Petrus Sutikno