Translate

7 Feb 2016

Ibadah Pendalaman Alkitab. 5 Februari 2016.Kitab Zakharia Bagian Pertama.




Ibadah Pendalaman Alkitab
5 Februari 2016

KITAB ZAKHARIA bagian pertama:
Kitab Zakharia terdiri dari 14 fasal yang terbagi atas 3 bagian, yaitu:
Pertama : fasal 1  -  6
Kedua     : fasal  7 -  8
Ketiga     :  fasal  9 – 14
Bagian pertama : Dari hal Penglihatan atau vision (Zac 1 – 6)
Tuhan Yesus berfirman: “Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan  melihat Allah.” Mat 5:8

Kalau hati kita disucikan dari angan-angan yang tidak baik, maka kita diberi kesempatan untuk melihat Allah.

2 Kor 3:17
3:17 Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.

Untuk dapat melihat Allah, maka Ia bermaksud membawa kita kedalam alam Roh, yaitu alam rohani yang lebih halus.
Zakharia melihat 8 macam penglihatan, yaitu:
Zac 1:8-11    “Seorang laki-laki mengendarai kuda merah, berhenti ditengah-tengah pohon murad.”
Zac 1 :18-21 “Empat batang tanduk dan empat tukang besi.”
Zac 2 : 1-13  “Seorang laki-laki hendak mengukur Yerusalem dengan tali pengukur.”
Zac 3: 1-10    “Iblis mendakwa Imam Besar Yosua karena pakaiannya kotor.
Zac 4:1-14    “Sebuah Pelita Mas yang disamping kiri dan kanan ada pohon zaitun.
Zac 5:1-4      “Sebuah gulungan kitab yang terbuka.”
Zac 5: 5-11   “Sebuah efa yang didalamnya ada seorang perempuan.”
Zac 6:1-8      “ Empat kereta yang ditarik empat kuda.”

Maksud atau tujuan Tuhan memberikan penglihatan-penglihatan:
Zac 1:13-17                                                             1:13 Lalu kepada malaikat, yang berbicara dengan aku itu, TUHAN menjawab dengan kata-kata yang ramah dan yang menghiburkan.
1:14 Berkatalah kepadaku malaikat yang berbicara dengan aku itu: Serukanlah ini: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Sangat besar usaha-Ku untuk Yerusalem dan Sion,                                                              
 1:15 tetapi sangat besar murka-Ku terhadap bangsa-bangsa yang merasa dirinya aman, yang, sementara Aku murka sedikit, telah membantu menimbulkan kejahatan.
1:16 Sebab itu, beginilah firman TUHAN, Aku kembali lagi kepada Yerusalem dengan kasih sayang. Rumah-Ku akan didirikan pula di sana, demikianlah firman TUHAN semesta alam, dan tali pengukur akan direntangkan lagi di atas Yerusalem.
1:17 Serukanlah ini selanjutnya: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Kota-kota-Ku akan berlimpah-limpah pula dengan kebajikan, dan TUHAN akan menghiburkan Sion dan akan memilih Yerusalem pula."

Pada gereja Tuhan ada kegairahan dari Tuhan atau ada suatu usaha yang penuh dengan dengan kegairahan besar dengan bukti dibukakannya rahasia firman Tuhan. Kalau dahulu berupa vision tetapi sekarang pembukaan firman Tuhan.

Kol 1:26,27
1:26 yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya.
1:27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!

Maksud Firman Tuhan dibukakan untuk menyatakan:
1.- Gairah-Ku besar.
2.- Murka-Ku besar.

Zac 1:14-15.                                                           1:14 Berkatalah kepadaku malaikat yang berbicara dengan aku itu: Serukanlah ini: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Sangat besar usaha-Ku untuk Yerusalem dan Sion,
1:15 tetapi sangat besar murka-Ku terhadap bangsa-bangsa yang merasa dirinya aman, yang, sementara Aku murka sedikit, telah membantu menimbulkan kejahatan.

Ad 1.-Gairah-Ku besar:
Kegairahan Tuhan yaitu:
a.- Ia kembali ke Yerusalem supaya rumah-Nya dibangun.
Zac 1:16
1:16 Sebab itu, beginilah firman TUHAN, Aku kembali lagi kepada Yerusalem dengan kasih sayang. Rumah-Ku akan didirikan pula di sana, demikianlah firman TUHAN semesta alam, dan tali pengukur akan direntangkan lagi di atas Yerusalem.
Sekarang sedang dibangun proyek pembangunan rohani, yaitu tubuh Kristus.

b.- Yerusalem menjadi milik Tuhan.
Zac 1:17
1:17 Serukanlah ini selanjutnya: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Kota-kota-Ku akan berlimpah-limpah pula dengan kebajikan, dan TUHAN akan menghiburkan Sion dan akan memilih Yerusalem pula."
Tuhan berikan firman-Nya yang dibuka untuk membawa sidang-Nya tahap demi tahap dalam pembangunan rohani untuk menjadi bangunan terpilih dan menjadi milik Tuhan.

Ad. 2.- Murka-Ku besar:
Jangan heran bila kita mendengar berita dosa maupun kejahatan besar menghantam manusia diseluruh dunia, dan murka Allah akan berlaku atas mereka.

Why 9:17-21
9:17 Maka demikianlah aku melihat dalam penglihatan ini kuda-kuda dan orang-orang yang menungganginya; mereka memakai baju zirah, merah api dan biru dan kuning belerang warnanya; kepala kuda-kuda itu sama seperti kepala singa, dan dari mulutnya keluar api, dan asap dan belerang.
9:18 Oleh ketiga malapetaka ini dibunuh sepertiga dari umat manusia, yaitu oleh api, dan asap dan belerang, yang keluar dari mulutnya.
9:19 Sebab kuasa kuda-kuda itu terdapat di dalam mulutnya dan di dalam ekornya. Sebab ekornya sama seperti ular; mereka berkepala dan dengan kepala mereka itu mereka mendatangkan kerusakan.
9:20 Tetapi manusia lain, yang tidak mati oleh malapetaka itu, tidak juga bertobat dari perbuatan tangan mereka: mereka tidak berhenti menyembah roh-roh jahat dan berhala-berhala dari emas dan perak, dari tembaga, batu dan kayu yang tidak dapat melihat atau mendengar atau berjalan,
9:21 dan mereka tidak bertobat dari pada pembunuhan, sihir, percabulan dan pencurian.
Mereka mengabaikan kegairahan Tuhan, dan akibatnya murka Tuhan jatuh keatas mereka.

Setelah Zakharia melihat vision.
Zac 1:12-13
1:12 Berbicaralah Malaikat TUHAN itu, katanya: Ya TUHAN semesta alam, berapa lama lagi Engkau tidak menyayangi Yerusalem dan kota-kota Yehuda yang telah tujuh puluh tahun lamanya Kaumurkai itu?
1:13 Lalu kepada malaikat, yang berbicara dengan aku itu, TUHAN menjawab dengan kata-kata yang ramah dan yang menghiburkan.

Berapa lama lagi Engkau tidak menyayangi Yerusalem dan negeri Yehuda?
Hal ini berarti hukuman telah berlaku lebih dahulu atas Rumah Allah.
Jika kita sebagai anggota rumah Allah tidak dapat luput dri hukuman Allah, bagaimana jadinya dengan orang yag diluar rumah Allah?

1 Pet 4:17
4:17 Karena sekarang telah tiba saatnya penghakiman dimulai, dan pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi. Dan jika penghakiman itu dimulai pada kita, bagaimanakah kesudahannya dengan mereka yang tidak percaya pada Injil Allah?

Bangsa Israel dibuang di Babel selama 70 tahun.
Angka 70 menunjuk batas waktu atau segala sesuatu itu ada penjelasaannya.

Luk 10:17-20
10:17 Kemudian ketujuh puluh murid itu kembali dengan gembira dan berkata: "Tuhan, juga setan-setan takluk kepada kami demi nama-Mu."

Angka 70 ini mengingatkan kita pada 70 murid setelah berhasil dalam penginjilannya mereka kembali dengan penuh sukacita. Tetapi Tuhan berkata : “Jangan bersuka cita karena itu, tetati bila namamu tersurat didalam kitab kehidupan.”

10:18 Lalu kata Yesus kepada mereka: "Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit.
10:19 Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu.
10:20 Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga."

Orang Kristen jangan merasa puas hanya dengan penginjilan, betapapun besar berkatnya. Bukannya Tuhan menolak penginjilan, tetapi sebab pada zaman akhir ini ada sesuatu yang lebih besar.

Gereja Tuhan akan menghadapi ulahnya Antikrist, dimana satu pribadi ini ingin disembah oleh semua manusia dimuka bumi.

Why 13:8-9
13:8 Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih.
13:9 Barangsiapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!

Suatu peringatan supaya kita bersikap sungguh-sungguh, sebab Tuhan memberi waktu 70 tahun, setelah itu Ia menutup dan meyelesaikan segala sesuatu.

Zac 1:7                                                                     1:7 Pada hari yang kedua puluh empat dari bulan yang kesebelas -- itulah bulan Syebat -- pada tahun yang kedua zaman Darius datanglah firman TUHAN kepada nabi Zakharia bin Berekhya bin Ido, bunyinya:

Bulan sebelas berarti menjelang 1 tahun akan lewat. Penglihatan diberikan pada saat yang tepat. Artinya Fiman Allah itu dibukakan pada saat yang tepat waktu dibukakan oleh gereja sebelum genapnya satu tahun.

Ia memberikan kesempatan walaupun pendek, dan sebentar lagi akan lewat.  
Ia bersumpah tidak ada lagi waktu, hari, bulan, tahun. Dan Ia alihkan pada waktu yang tidak ada batasnya, yaitu yang kekal.
24 terdiri dari 2 X 12 angka persekutuan.
2 X 12 artinya: suasana persekutuan dengan firman Tuhan pada zaman hujan akhir yang berkelimpahan. Ia akan memberikan sesuatu yang besar apa waktu-waktu yang pendek ini.

Why 10: 5-6
10:5 Dan malaikat yang kulihat berdiri di atas laut dan di atas bumi, mengangkat tangan kanannya ke langit,
10:6 dan ia bersumpah demi Dia yang hidup sampai selama-lamanya, yang telah menciptakan langit dan segala isinya, dan bumi dan segala isinya, dan laut dan segala isinya, katanya: "Tidak akan ada penundaan lagi!

TIDAK ADA WAKTU LAGI!
Tuhan Yesus memberkati.