Translate

15 Feb 2016

Ibadah Raya. 14 Februari 2015. Orang Yang Istimewa



Orang Yang Istimewa
Ibadah Raya. 14 Februari 2015

Orang istimewa adalah orang yang hebat, memiliki kelebihan.
Bila berbicara tentang manifestasi Roh Kudus,  orang  yang sudah dipenuhkan Roh Kudus, orang itu istimewa di hadapan Tuhan.

Setelah dipenuhkan oleh Roh Kudus, kita harus melangkah agar mendapat karunia-karunia Roh Kudus. Kita akan merasakan indahnya berada di Ruangan Suci,kemudian kita melangkah memasuki Ruang Maha Suci.

Yusuf adalah orang yang teristimewa. Berikut kata-kata akhir Yakub saat memberkati Yusuf
Kejadian 49:26 (TB)
26  Berkat ayahmu melebihi berkat gunung-gunung yang sejak dahulu, yakni yang paling sedap di bukit-bukit yang berabad-abad; semuanya itu akan turun ke atas kepala Yusuf, ke atas batu kepala orang yang teristimewa di antara saudara-saudaranya.

Ulangan 33:13-16 (TB)
13 Tentang Yusuf ia berkata: "Kiranya negerinya diberkati oleh TUHAN dengan yang terbaik dari langit, dengan air embun, dan dengan air samudera raya yang ada di bawah;
14 dengan yang terbaik dari yang dihasilkan matahari, dan dengan yang terbaik dari yang ditumbuhkan bulan;
15 dengan yang terutama dari gunung-gunung yang sejak dahulu, dan dengan yang terbaik dari bukit-bukit yang berabad-abad,
16 dan dengan yang terbaik dari bumi serta segala isinya; dengan perkenanan Dia yang diam dalam semak duri. Biarlah itu semuanya turun ke atas kepala Yusuf, ke atas batu kepala orang yang teristimewa di antara saudara-saudaranya.

Semua yang terbaik, terutama adalah milik Yusuf
Apa yg membuat Yusuf menjadi teristimewa? Ia memiliki karakter yang berbeda dari saudara-saudaranya. Kakak-kakak Yusuf memiliki karakter yang tidak baik, mereka memiliki rasa iri dan benci atas Yusuf yang memiliki kelebihan.
Yusuf memiliki jiwa penggembalan sejak masih muda. Ayahnya lebih mengasihi dia dibanding saudara-saudaranya.

Kejadian 37:2-3 (TB)
2 Inilah riwayat keturunan Yakub. Yusuf, tatkala berumur tujuh belas tahun — jadi masih muda — biasa menggembalakan kambing domba, bersama-sama dengan saudara-saudaranya, anak-anak Bilha dan Zilpa, kedua isteri ayahnya. Dan Yusuf menyampaikan kepada ayahnya kabar tentang kejahatan saudara-saudaranya.
3 Israel lebih mengasihi Yusuf dari semua anaknya yang lain, sebab Yusuf itulah anaknya yang lahir pada masa tuanya; dan ia menyuruh membuat jubah yang maha indah bagi dia.

Yusuf adalah anak Yakub yang lahir di hari tuanya.  Yakub adalah gambaran Roh Kudus. Yusuf adalah gambaran Gereja Mempelai yang lahir di akhir zaman. Roh Kudus pada jaman akhir sangat mengasihi Gereja Mempelai.

Kepenuhan Roh Kudus merupakan suatu keharusan, karena bila dengan kekuatan sendiri melakukan Firman Allah sepenuhnya adalah tidak mungkin, kita butuh Roh Kudus.

Yakub memberi jubah yang maha indah pada Yusuf. Jubah yang maha indah adalah karunia-karunia  Roh Kudus.
Setelah dipenuhkan Roh Kudus kita harus melangkah. Bila didiamkan akan mendukacitakan.

 Juga bila hidup dalam dosa, roh amarah, dan roh-roh yang lain yang tidak baik akan mendukacitakan Roh Kudus. Roh Kudus ingin menjadikan kita manusia yang baru.

Kolose 3:5-11 (TB)
5 Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala,
6 semuanya itu mendatangkan murka Allah [atas orang-orang durhaka].
7 Dahulu kamu juga melakukan hal-hal itu ketika kamu hidup di dalamnya.
8 Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.
9 Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya,
10 dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;
11 dalam hal ini tiada lagi orang Yunani atau orang Yahudi, orang bersunat atau orang tak bersunat, orang Barbar atau orang Skit, budak atau orang merdeka, tetapi Kristus adalah semua dan di dalam segala sesuatu.

Saat kita dilahirkan menjadi manusia baru maka kita adalah sama
Perkara yang dibenci Roh Kudus adalah marah, geram,dsb. Perkara-perkara itu harus ditanggalkan agar Roh Kudus tidak dukacita, bila dibiarkan maka lama-lama akan padam. Oleh karena itu perlu mencari kembali Roh Kudus. 3 perkara yaitu carilah, ketuklah dan, mintalah

Bila saat ini saudara belum dipenuhkan, janganlah putus asa, teruslah berdoa, dan meminta.

1 Timotius 4:14-15 (TB)
14 Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu, yang telah diberikan kepadamu oleh nubuat dan dengan penumpangan tangan sidang penatua.
15 Perhatikanlah semuanya itu, hiduplah di dalamnya supaya kemajuanmu nyata kepada semua orang.

Mohon agar mendapat karunia, jubah indah. Jangan sampai lalai, menghinakan, supaya Roh Kudus bermanifestasi dan berkembnag, ada kerinduan untuk terus meningkat dalam Tuhan.

 Bila sudah melayani Tuhan, pergunakan talenta hanya untuk Tuhan, bukan untuk Tuhan dan dunia. Karena dari sumber air tidak mungkin keluar 2 mata air yang berbeda. Lidah untuk memuji Tuhan dan mengucapkan berkat-berkat. Bila tidak maka Roh Kudus akan meninggalkan kita.

Yakobus 3:9-12 (TB)
9 Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah,
10 dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, saudara-saudaraku, tidak boleh demikian terjadi.
11 Adakah sumber memancarkan air tawar dan air pahit dari mata air yang sama?
12 Saudara-saudaraku, adakah pohon ara dapat menghasilkan buah zaitun dan adakah pokok anggur dapat menghasilkan buah ara? Demikian juga mata air asin tidak dapat mengeluarkan air tawar.

1 Korintus 14:1 (TB)
1 Kejarlah kasih itu dan usahakanlah dirimu memperoleh karunia-karunia Roh, terutama karunia untuk bernubuat.

Roh Kudus akan mengajarkan hal yang diperlukan untuk melayani Tuhan.
Baptisan Roh Kudus adalah berbahasa lidah, kemudian harus dilanjutkan dengan karunia-karunia dan jabatan-jabatan, memang membutuhkan waktu.

Alasan Yakub memberi jubah maha indah pada Yusuf adalah karena Yusuf adalah orang yang istimewa. Kita pasti ingin menjadi orang yang istimewa dihadapan Tuhan, jika Roh Kudus mengaruniakan karunia-karuniaNya pada kita.

Ada 9 karunia
1 Korintus 12:4-11 (TB)
4 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh.
5 Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan.
6 Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.
7 Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.
8 Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan.
9 Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan.
10 Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.
11 Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.

Karunia yang diberikan adalah untuk kebesaran dan pekerjaan Tuhan. Bila kehidupan mau disucikan maka Tuhan akan berikan Roh Kudus dan karunia-karunia. Mintallah karena karunia itu datang dari Tuhan.

Roh Kudus memberi karunia secara khusus, sesuai dengan yang dikehendakiNya.
1 Korintus 12:11 (TB)
11 Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.

 Tuhan bedakan talenta-talenta, mampukah kita bila diberi 5 talenta, 2 talenta, atau 1 talenta?
Jadi Tuhan berikan karunia menurut yang dikehendakinya, kita tidak boleh iri akan talenta orang lain.

Mengapa Tuhan pilih Yusuf? Allah memiliki rencana bagi orang pilhanNya, yaitu untuk memelihara suatu bangsa yang besar.

Yusuf ditaruh disumur yang kering, ia mengalami kematian, pelan-pelan Tuhan angkat dia. Diuji, digoda oleh istri Potifar. Ia dipenjara. Mulailah kebangkitan. Ia berkenalan dengan  2 napi bawahan Firaun.

Suatu waktu Firaun bermimpi dan tidak ada yang bisa menafsirkan. Akhirnya Yusuf dengan hikmat Tuhan dapat menafsirkan mimpi Firaun.

Dari dulu Yusuf sudah memiliki karunia menafsirkan mimpi sejak ia masib bersama saudara-saudaranya.
Sekarang ini adalah masa kelimpahan Firman Tuhan. Simpan baik-baik. Seperti 7 tahun kelimpahan di Mesir namun akan ada 7 tahun kekeringan. Banyak orang akan mencari Firman

Kejadian 50:19-20 (TB)
19 Tetapi Yusuf berkata kepada mereka: "Janganlah takut, sebab aku inikah pengganti Allah?
20 Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar.

Tuhan punya rencana khusus untuk mengadakan pemeliharaan bagi gerejaNya. Karena akan menghadapi hal-hal yang menyedihkan, pemalsuan,  pengajaran sesat. Tuhan akan munculkan Gereja seperti Yusuf.

Disaat kelaparan rohani hebat akan muncul gereja seperti Yusuf.

Bagikan Firman Tuhan bila kita saat ini mendapat kelimpahan Firman Tuhan.
Saudara- saudara Yusuf datang pada Yusuf untuk mendapat gandum dan untuk mengaku perbuatan jahat di masa lalu, bukan hanya mendapat Firman Tuhan.

Kita juga harus mengaku, membereskan perkara-perkara lama. Bila tidak dibereskan  maka Tuhan tidak akan memberi hati untuk menerima Firman Tuhan dengan puas.

Yusuf dan Benyamin merupakan anak Rakhel, yang sangat dicintai Yakub

Kejadian 42:1-5 (TB)
1 Setelah Yakub mendapat kabar, bahwa ada gandum di Mesir, berkatalah ia kepada anak-anaknya: "Mengapa kamu berpandang-pandangan saja?"
2 Lagi katanya: "Telah kudengar, bahwa ada gandum di Mesir; pergilah ke sana dan belilah gandum di sana untuk kita, supaya kita tetap hidup dan jangan mati."
3 Lalu pergilah sepuluh orang saudara Yusuf untuk membeli gandum di Mesir.
4 Tetapi Yakub tidak membiarkan Benyamin, adik Yusuf, pergi bersama-sama dengan saudara-saudaranya, sebab pikirnya: "Jangan-jangan ia ditimpa kecelakaan nanti."
5 Jadi di antara orang yang datang membeli gandum terdapatlah juga anak-anak Israel, sebab ada kelaparan di tanah Kanaan.

Saat kelaparan mereka saling pandang memandang, artinya saling melihat kesalahan orang lain,saling menghakimi. Itu yang sering diperbuat oleh  anak-anak Tuhan.

Roh Kudus atau Yakub perintahkan untuk membeli gandum ( Firman Tuhan). Jadi kita tidak perlu saling menghakimi. Kita diajarkan untuk tidak menunjuk kesalahan orang lain. Saat kita menunjuk kesalahan orang lain, kesalahan kita lebih besar.

Matius 6:1-5 (TB)
1  "Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di sorga.
2 Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.
3 Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu.
4 Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."
5 "Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

Berhenti saling pandang memandang, inilah kelemahan kita, suka melihat kesalahan orang, tuduh menuduh. Carilah gandum di Mesir. Carilah  Firman Tuhan yang membuat kita tidak saling memandang, menghakimi.

Ciri kehidupan yang tidak ada Firman Tuhan adalah mencari kesalahan sesama.
Bila saling menuduh dalam kehidupan nikah, maka masalah tidak akan terselesaikan.

Mereka berencana membeli gandum, tetapi mendapat dengan cuma-cuma walaupun saudara-saudaranya pernah berbuat jahat. Kejahatan tidak dibalas dengan kejahatan.

Kejadian 42:25 (TB)
25 Sesudah itu Yusuf memerintahkan, bahwa tempat gandum mereka akan diisi dengan gandum dan bahwa uang mereka masing-masing akan dikembalikan ke dalam karungnya, serta bekal mereka di jalan akan diberikan kepada mereka. Demikianlah dilakukan orang kepada mereka itu.

Gandum itu adalah Firman Tuhan. Firman Tuhan diberikan dengan cuma-cuma tanpa bayar. Karena itu bila kita mendapat Firman Tuhan dengan cuma-cuma jangan sia-siakan, karena harga Firman Tuhan tidak bisa diukur dengan uang. Harganya adalah dengan tidak mengabaikan.

Yesaya 55:1 (TB)  Ayo, hai semua orang yang haus, marilah dan minumlah air, dan hai orang yang tidak mempunyai uang, marilah! Terimalah gandum tanpa uang pembeli dan makanlah, juga anggur dan susu tanpa bayaran!

 Tuhan berikan FirmanNya secara gratis. Walaupun di Mesir terjadi kelaparan yang hebat, Yusuf mengembalikan uangnya.
Apakah Firman Tuhan yang telah kita terima cuma-cuma sudah kita makan? Ada usaha iblis untuk mencuri benih Firman Tuhan, kita harus waspada.

Dengan memakan Firman Tuhan maka akan memberikan kekuatan yang baru. Seperti kisah Elilah yang kelelahan.

1 Raja-raja 19:5-8 (TB)
5 Sesudah itu ia berbaring dan tidur di bawah pohon arar itu. Tetapi tiba-tiba seorang malaikat menyentuh dia serta berkata kepadanya: "Bangunlah, makanlah!"
6 Ketika ia melihat sekitarnya, maka pada sebelah kepalanya ada roti bakar, dan sebuah kendi berisi air. Lalu ia makan dan minum, kemudian berbaring pula.
7 Tetapi malaikat TUHAN datang untuk kedua kalinya dan menyentuh dia serta berkata: "Bangunlah, makanlah! Sebab kalau tidak, perjalananmu nanti terlalu jauh bagimu."
8 Maka bangunlah ia, lalu makan dan minum, dan oleh kekuatan makanan itu ia berjalan empat puluh hari empat puluh malam lamanya sampai ke gunung Allah, yakni gunung Horeb.

40 adalah angka tamatnya daging.
Gunung Horeb adalah dimana Elia dan Musa ada di tempat yang sama. Musa menerima panggilan Tuhan di Gunung Horeb. Sedangkan bagi Elia merupakan tempat terakhir dia melayani sebagai nabi.

2 nabi memiliki pengalaman di tempat yang sama. Musa memulai, Elijah mengakhiri, kedua-duanya indah di mata Tuhan.
Musa, Elia, Yusuf adalah orang yang istimewa. Elisha sebagai pengganti Elijah juga orang yang istimewa, ia diberi jubah oleh Elia.  Joshua sebagai pengganti Musa juga orang istimewa, penuh dengan Roh Kudus.

Bilangan 27:18-23 (TB)
18 Lalu TUHAN berfirman kepada Musa: "Ambillah Yosua bin Nun, seorang yang penuh roh, letakkanlah tanganmu atasnya,
19 suruhlah ia berdiri di depan imam Eleazar dan di depan segenap umat, lalu berikanlah kepadanya perintahmu di depan mata mereka itu
20 dan berilah dia sebagian dari kewibawaanmu, supaya segenap umat Israel mendengarkan dia.
21 Ia harus berdiri di depan imam Eleazar, supaya Eleazar menanyakan keputusan Urim bagi dia di hadapan TUHAN; atas titahnya mereka akan keluar dan atas titahnya mereka akan masuk, ia beserta semua orang Israel, segenap umat itu."
22 Maka Musa melakukan seperti yang diperintahkan TUHAN kepadanya. Ia memanggil Yosua dan menyuruh dia berdiri di depan imam Eleazar dan di depan segenap umat itu,
23 lalu ia meletakkan tangannya atas Yosua dan memberikan kepadanya perintahnya, seperti yang difirmankan TUHAN dengan perantaraan Musa.

Siapa yang menbuat mereka menjadi istimewa? Roh Kudus. Roh Kudus akan menjadikan kita orang yang istimewa.
Simson menjadi orang yang luar biasa karena Roh Kudus

Hakim-hakim 14:6, 19 (TB)
6 Pada waktu itu berkuasalah Roh TUHAN atas dia, sehingga singa itu dicabiknya seperti orang mencabik anak kambing — tanpa apa-apa di tangannya. Tetapi tidak diceriterakannya kepada ayahnya atau ibunya apa yang dilakukannya itu.
19  Maka berkuasalah Roh TUHAN atas dia, lalu pergilah ia ke Askelon dan dibunuhnya tiga puluh orang di sana, diambilnya pakaian mereka dan diberikannya pakaian-pakaian kebesaran itu kepada orang-orang yang dapat memberi jawab teka-teki itu. Tetapi amarahnya masih juga bernyala-nyala, lalu pulanglah ia ke rumah ayahnya.

Hakim-hakim 15:14 (TB)  Setelah ia sampai ke Lehi dan orang-orang Filistin mendatangi dia dengan bersorak-sorak, maka berkuasalah Roh TUHAN atas dia dan tali-tali pada tangannya menjadi seperti batang rami yang telah habis dimakan api dan segala pengikatnya hancur tanggal dari tangannya.

Hakim-hakim 16: 28-30 (TB)
28 Berserulah Simson kepada TUHAN, katanya: "Ya Tuhan ALLAH, ingatlah kiranya kepadaku dan buatlah aku kuat, sekali ini saja, ya Allah, supaya dengan satu pembalasan juga kubalaskan kedua mataku itu kepada orang Filistin."
29 Kemudian Simson merangkul kedua tiang yang paling tengah, penyangga rumah itu, lalu bertopang kepada tiang yang satu dengan tangan kanannya dan kepada tiang yang lain dengan tangan kirinya.
30 Berkatalah Simson: "Biarlah kiranya aku mati bersama-sama orang Filistin ini." Lalu membungkuklah ia sekuat-kuatnya, maka rubuhlah rumah itu menimpa raja-raja kota itu dan seluruh orang banyak yang ada di dalamnya. Yang mati dibunuhnya pada waktu matinya itu lebih banyak dari pada yang dibunuhnya pada waktu hidupnya.

Daud orang yang istimewa
1 Samuel 16:13 (TB)  Samuel mengambil tabung tanduk yang berisi minyak itu dan mengurapi Daud di tengah-tengah saudara-saudaranya. Sejak hari itu dan seterusnya berkuasalah Roh TUHAN atas Daud. Lalu berangkatlah Samuel menuju Rama.

Yesus
Lukas 4:18 (TB)  "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku

Biarlah ini menjadi kerinduan kita, sehingga kita bisa menjadi saksi-saksiNya.

Tuhan Yesus memberkati