Translate

6 Des 2015

Ibadah Pendalaman Alkitab. 4 Desember 2015. MILIK TUHAN



Ibadah Pendalaman Alkitab
4 Desember 2015
MILIK TUHAN

MAL 3:7-12
3:7 Sejak zaman nenek moyangmu kamu telah menyimpang dari ketetapan-Ku dan tidak memeliharanya. Kembalilah kepada-Ku, maka Aku akan kembali kepadamu, firman TUHAN semesta alam. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami harus kembali?"
3:8 Bolehkah manusia menipu Allah? Namun kamu menipu Aku. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami menipu Engkau?" Mengenai persembahan persepuluhan dan persembahan khusus!
3:9 Kamu telah kena kutuk, tetapi kamu masih menipu Aku, ya kamu seluruh bangsa!
3:10 Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.
3:11 Aku akan menghardik bagimu belalang pelahap, supaya jangan dihabisinya hasil tanahmu dan supaya jangan pohon anggur di padang tidak berbuah bagimu, firman TUHAN semesta alam.
3:12 Maka segala bangsa akan menyebut kamu berbahagia, sebab kamu ini akan menjadi negeri kesukaan, firman TUHAN semesta alam.

Untuk tema ini ada study tersendiri yang dalam sekali.
Kalau kita sudah sering baca bagian ini, maka Tuhan sekali lagi mau bicara kepada kita, sebab bagian ini tidak lepas dari penyucian,

Kalau bicara soal perpuluhan, maka ini langsung terkena pada Mamon.
Kalau hati ini bisa melekat pada Allah, maka juga hati ini bisa melekat pada Mamon. Dan Tuhan tidak menghendaki hati manusia itu terhukum, sebab dimana ada hartamu, disitu juga ada hatimu.
Kalau harta itu bisa dimakan ngegat dan karat, maka berarti hati itu juga bagaikan terhukum.

Mat 6:19-24
6:19 "Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya.
6:20 Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.
6:21 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.
6:22 Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu;
6:23 jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.
6:24 Tak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon."

Jika matamu baik itu artinya:diarahkan kepada harta di Sorga, maka teranglah seluruh tubuhmu.

Jika matamu jahat itu artinya : diarahkan kepada harta dibumi, maka gelaplah seluruh tubuhmu.

Injil Matius pasal ke 6 ini bicara soal kekuatiran:
Apa yang musti dimakan atau diminum. Kita harus membiasakan diri hidup karena firman. Kalau kita dipanggil untuk menjadi hamba Tuhan, jangan merasa kuatir akan kebutuhan kita.

Kalau kehidupan Kristen itu bisa mengembalikan miliknya Allah, maka itu adalah bukti bahwa kehidupannya benar-benar mengasihi Allah.

Penyimpanan firman Allah dalam hidup ini adalah dasar yang kuat.
Tuhan mau lepaskan kita dari belenggu-belenggu pengaruhnya Mamon.

Mal 3:7
3:7 Sejak zaman nenek moyangmu kamu telah menyimpang dari ketetapan-Ku dan tidak memeliharanya. Kembalilah kepada-Ku, maka Aku akan kembali kepadamu, firman TUHAN semesta alam. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami harus kembali?"

Kamu telah menyimpang dari ketetapan-Ku!

Kembali kepada Allah supaya Allah kembali kepada kita, dan itu dibuktikan dengan tidak menyimpang dari Firman Allah dan ada bukti juga menyimpan Firman Allah.

Ini penyucian yang terus-menerus dikerjakan oleh Firman Allah. Tuhan menjadikan kita agar pandangan mata kita tidak terpengaruh oleh dunia ini.

Istilah menyimpan:
Bahasa Ibraninya SHANAR = menyalinkan.
Artinya luas / banyak sekali sampai ada 14 kali:
1.- Menaruh perhatian.            
2.- Menyimpan.                          
3.- Memperhatikan.                
4.- Melihat dengan seksama.  
5.- Mematuhi.                            
6.- Mempertahankan.              
7.- Menghormati.                        
8.- Memelihara
9.- Meyakini
10.- Menjaga/ mengamati
11.- Bersikap hati- hati
12.- Sangat berhati-hati
13.- Berhati-hati
14.- Menanti / menunggu

Dalam bahsa Gerika disalin : TEREHO (TEREO). Yang menaruh hukumnya Tuhan akan dikasihani oleh Tuhan.
Artinya TEREO = memegang erat, juga menyimpan dan berhati-hati tapi ditambah dengan memegang erat.

Kalau kita bisa menyimpan Firman Allah, kita bisa mengembalikan miliknya Tuhan, dan juga berkorban bagi Tuhan.

Yoh 14:21
14:21 Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Aku pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya."

Memegang Firman Allah dan melakukan = mengasihi Allah.
Kembalilah kepada-KU, nanti Aku akan kembali kepadamu. Itu artinya: Jika kita bisa mengasihi Tuhan, maka kita akan bisa melihat penampilan-Nya.
Kita akan melihat terbukanya Firman Allah.

Banyak anak Tuhan yang tidak bisa melihat penampilan Tuhan, dan itu berarti suatu kerugian yang begitu besar.

Tuhan Yesus Memberkati.