Translate

10 Mei 2015

Ibadah Pendalaman Alkitab. 8 Mei 2015. Gelar Yesus Sebagai Tuhan.


Ibadah Pendalaman Alkitab. 8 Mei 2015
GELAR YESUS SEBAGAI TUHAN (2)

Bukti-bukti lain dari surat-surat Paulus.
Dalam pengakuannya Rasul Paulus mengatakan bahwa hanya ada satu Tuhan, yaitu Yesus Kristus.

Rasul Paulus mengatakan bahwa didunia ini ada banyak “allah” dan “tuhan”, tapi bagi kita orang yang beriman kepada Yesus, kita hanya mengenal Allah yang esa, juga satu Tuhan, yaitu Yesus Kristus.
1 Kor 8:4-6
4  Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu: "tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa."
5  Sebab sungguhpun ada apa yang disebut "allah," baik di sorga, maupun di bumi  —  dan memang benar ada banyak "allah" dan banyak "tuhan" yang demikian  —
6  namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.

Dalam 1 Kor 8  ini perikopnya bicara tentang persembahan berhala. Berhala yang dianggap Allah oleh orang Korintus, juga oleh bangsa-bangsa lain / kafir. Menurut rasul Paulus semua itu tidak ada.

Jika dikatakan satu Allah, Allah yang esa, maka yang menjadi pengantara itu juga esa. Yaitu manusia Kristus Yesus.
2 Tim 2:5-6b
5  Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,
6  yang telah menyerahkan diri-Nya sebagai tebusan bagi semua manusia:

Keesaan Allah dan keesaan yang menjadi pengantara ini diperkuat dengan pernyataan Tuhan Yesus sendiri sebagai jalan kebenaran dan hidup.
Yoh 14:6
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Dalam surat Rm 14:5-9 gelar itu muncul 7 x, ini membuktikan keTuhanan Yesus, dan klimaxnya ada pada ayat 9.
5  Yang seorang menganggap hari yang satu lebih penting dari pada hari yang lain, tetapi yang lain menganggap semua hari sama saja. Hendaklah setiap orang benar-benar yakin dalam hatinya sendiri.
6  Siapa yang berpegang pada suatu hari yang tertentu, ia melakukannya untuk Tuhan. Dan siapa makan, ia melakukannya untuk Tuhan, sebab ia mengucap syukur kepada Allah. Dan siapa tidak makan, ia melakukannya untuk Tuhan, dan ia juga mengucap syukur kepada Allah.
7  Sebab tidak ada seorangpun di antara kita yang hidup untuk dirinya sendiri, dan tidak ada seorangpun yang mati untuk dirinya sendiri.
8  Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan.
9  Sebab untuk itulah Kristus telah mati dan hidup kembali, supaya Ia menjadi Tuhan, baik atas orang-orang mati, maupun atas orang-orang hidup.

“Supaya Ia (Kristus) menjadi Tuhan, baik atas orang mati, maupun atas orang-orang hidup.

SEBUTAN NAMA TUHAN YESUS KRISTUS DALAM SURAT YUDAS.
Yudas ini adalah saudara Tuhan Yesus.
Mat 13:55
55 Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas?

Sekalipun Yudas ini adalah saudara seibu/bapa dengan Tuhan Yesus, tapi dia tidak ragu-ragu lagi menyebut Yesus itu sebagai Tuhan.
Yud 17, 21,25.
17 Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, ingatlah akan apa yang dahulu telah dikatakan kepada kamu oleh rasul-rasul Tuhan kita, Yesus Kristus.
21  Peliharalah dirimu demikian dalam kasih Allah sambil menantikan rahmat Tuhan kita, Yesus Kristus, untuk hidup yang kekal.

25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Sebelumnya saudara-saudara Tuhan Yesus juga tidak percaya kepada Tuhan Yesus, bahkan mereka juga pernah menyindir Tuhan Yesus. Yoh 7:2-5
2  Ketika itu sudah dekat hari raya orang Yahudi, yaitu hari raya Pondok Daun.
3  Maka kata saudara-saudara Yesus kepada-Nya: "Berangkatlah dari sini dan pergi ke Yudea, supaya murid-murid-Mu juga melihat perbuatan-perbuatan yang Engkau lakukan.
4  Sebab tidak seorangpun berbuat sesuatu di tempat tersembunyi, jika ia mau diakui di muka umum. Jikalau Engkau berbuat hal-hal yang demikian, tampakkanlah diri-Mu kepada dunia."
5  Sebab saudara-saudara-Nya sendiripun tidak percaya kepada-Nya.

Dalam pembukaan surat Yudas ini, Yudas menyebut dirinya hamba Yesus Kristus, dia tidak ragu-ragu lagi mengenai siapa Yesus itu?
Dalam surat Yudas yang hanya terdiri dari satu fasal, ia menulis dengan begitu singkat tapi isinya begitu padat.
Yudas ini menulis tentang: “Berjuang untuk mempertahankan iman” ayat 3.
3  Saudara-saudaraku yang kekasih, sementara aku bersungguh-sungguh berusaha menulis kepada kamu tentang keselamatan kita bersama, aku merasa terdorong untuk menulis ini kepada kamu dan menasihati kamu, supaya kamu tetap berjuang untuk mempertahankan iman yang telah disampaikan kepada orang-orang kudus.

Yudas menulis disini bagaimana iman itu harus menghadapi ulahnya dari guru-guru palsu (ayat 4)
4 Sebab ternyata ada orang tertentu yang telah masuk menyelusup di tengah-tengah kamu, yaitu orang-orang yang telah lama ditentukan untuk dihukum. Mereka adalah orang-orang yang fasik, yang menyalahgunakan kasih karunia Allah kita untuk melampiaskan hawa nafsu mereka, dan yang menyangkal satu-satunya Penguasa dan Tuhan kita, Yesus Kristus.

Guru-guru palsu ini bertujuan untuk memecah belah persekutuan anak-anak Tuhan (ayat 19)
Mereka adalah pemecah belah yang dikuasai hanya oleh keinginan-keinginan dunia ini dan yang hidup tanpa Roh Kudus.

Yudas melukiskan guru-guru palsu ini sebagai orang-orang fasik.
Ayat 14-15
14  Juga tentang mereka Henokh, keturunan ketujuh dari Adam, telah bernubuat, katanya: "Sesungguhnya Tuhan datang dengan beribu-ribu orang kudus-Nya,
15  hendak menghakimi semua orang dan menjatuhkan hukuman atas orang-orang fasik karena semua perbuatan fasik, yang mereka lakukan dan karena semua kata-kata nista, yang diucapkan orang-orang berdosa yang fasik itu terhadap Tuhan."

TUJUAN SURAT YUDAS DITULIS ADALAH:
1.- Untuk mengingatkan orang-orang percaya mengenai ancaman serius dari para guru palsu dan pengaruh mereka yang merusak didalam gereja.

2.- Untuk menantang orang-orang percaya yang sejati supaya mereka bangkit dan “Berjuang untuk mempertahankan iman yang telah disampaikan kepada orang-orang kudus.” (ayat 3)

Surat Yudas ini didalam terang tabernakel terkena: Tudung Kulit Mina Gajah.
Kel 26:14b
14 Juga haruslah engkau membuat untuk kemah itu tudung dari kulit domba jantan yang diwarnai merah, dan tudung dari kulit lumba-lumba di atasnya lagi.

Surat ini berbicara tentang pehukuman.
Tudung ini ditaruh dibagian yang paling atas, dengan maksud untuk melindungi Tabernakel (RMS dan RS)
Dan Tabernakel itu sendiri menunjuk gereja Tuhan, dimana gereja Tuhan sedang menghadapi ancaman-ancaman dari nabi-nabi palsu lewat pengajarannya yang sesat.
Nah ! untuk menghadapi pengajaran yang sesat ini kita harus hadapi dengan pengajaran yang sehat.

Apa saja yang dilindungi?
Yud 11  Celakalah mereka, karena mereka mengikuti jalan yang ditempuh Kain dan karena mereka, oleh sebab upah, menceburkan diri ke dalam kesesatan Bileam, dan mereka binasa karena kedurhakaan seperti Korah.

Jalan yang ditempuh Kain: Kain mengambil jalannya sendiri.
(Kej 4)
Bileam : Kesesatan Bileam: Sebab menerima upah dari Balak bin Zipor raja Moab. Bil 22

Korah : Kedurhakaan Korah. (Bil 16)

Juga masih banyak lagi kehidupan-kehidupan orang yang hidup didalam dosa.
Jadi fungsi dari tudung mina gajah ini adalah untuk melindungi, dan apa yang dilindungi itu adalah gereja Tuhan agar terhidar dari hukuman Allah.

Tuhan Yesus Memberkati.