Translate

14 Mei 2015

Hari Kenaikan Tuhan Ke Surga. 14 Mei 2015



14 Mei 2015
HARI KENAIKAN TUHAN KE SuRGA.

Ef 4:8-11
8  Itulah sebabnya kata nas: "Tatkala Ia naik ke tempat tinggi, Ia membawa tawanan-tawanan; Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia."
9  Bukankah "Ia telah naik" berarti, bahwa Ia juga telah turun ke bagian bumi yang paling bawah?
10  Ia yang telah turun, Ia juga yang telah naik jauh lebih tinggi dari pada semua langit, untuk memenuhkan segala sesuatu.
11  Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,

Rasul Paulus bicara tentang kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga.
Dia mengatakan bahwa Yesus telah naik ketempat tinggi, jauh lebih tinggi dari semua langit: Ini tempat menunjuk Sorga.
Kis 1:9-11
9  Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.
10  Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka,
11  dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."

Yesus ini yang terangkat ke Sorga.
Sorga adalah tempat kediaman Allah Bapa. Ul 26:15
15 Jenguklah dari tempat kediaman-Mu yang kudus, dari dalam sorga, dan berkatilah umat-Mu Israel, dan tanah yang telah Kauberikan kepada kami, seperti yang telah Kaujanjikan dengan sumpah kepada nenek moyang kami  —  suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya."

Tuhan Yesus pernah berkata: Yoh 14:2-3
2  Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.
3  Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.

Kepergian Tuhan Yesus ke Sorga adalah untuk menyediakan tempat tinggal buat kita orang-orang percaya. Dan jika tugas untuk menyediakan tempat itu telah selesai, maka Ia akan datang kembali untuk membawa kita ketempat-Nya. Ini merupakan janji Tuhan!

Berita kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga tidak dapat dipisahkan dengan berita kedatangan-Nya kembali.

Kapan Tuhan Yesus datang kembali?
Satu waktu murid-murid Tuhan datang dan bertanya kepada Tuhan Yesus: “Apakah tanda kedatangan-Mu kembali?”
Mat 24:3,27, 37- 39.
3 Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia. Kata mereka: "Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia?"

27  Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia.

37  "Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia.
38  Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera,
39  dan mereka tidak tahu akan sesuatu, sebelum air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua, demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia.

Sebelum Tuhan Yesus datang kembali akan terjadi peristiwa-peristiwa besar yang belum pernah terjadi.
Jarak antara Dia naik ke Sorga sampai kedatangan-Nya kembali itu sudah 2000 tahun lebih. Lebihnya itu merupakan kesempatan yang diberikan Tuhan bagi orang-orang Kristen yang kurang ber sungguh-sungguh dan bagi mereka yang belum diselamatkan.
Sebab Allah tidak menghendaki ada orang yang binasa.
2 Pet 3:8-15a
8  Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.
9  Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.
10  Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.
11  Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup
12  yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya.
13  Tetapi sesuai dengan janji-Nya, kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran.
14  Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia.
15  Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat,

Sorga : kata Ibrani = SYAMAYIM.
             Kata Yunani = OURANOS.
Artinya Langit.

Sorga adalah tempat kediaman Allah dan mereka yang dekat sekali kepada Dia.

Kalau Sorga disebut langit, maka Yunus mengatakan: “Allah yang empunya langit!”: Yunus 1:9
9  Sahutnya kepada mereka: "Aku seorang Ibrani; aku takut akan TUHAN, Allah yang empunya langit, yang telah menjadikan lautan dan daratan."

Sedangkan Ezra menyebut: “Allah semesta langit.” Ezra 1:2
2 "Beginilah perintah Koresh, raja Persia: Segala kerajaan di bumi telah dikaruniakan kepadaku oleh TUHAN, Allah semesta langit. Ia menugaskan aku untuk mendirikan rumah bagi-Nya di Yerusalem, yang terletak di Yehuda.

Tapi Yesus menyebut: “ Sorga adalah tempat kediaman Bapa.”
Mat 5:45; 7:21.
45 Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.

Mat 7:21  Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

Allah tidak tinggal sendirian di Sorga.
Neh 9:6 Bala tentara langit tinggal disana.
6 "Hanya Engkau adalah TUHAN! Engkau telah menjadikan langit, ya langit segala langit dengan segala bala tentaranya, dan bumi dengan segala yang ada di atasnya, dan laut dengan segala yang ada di dalamnya. Engkau memberi hidup kepada semuanya itu dan bala tentara langit sujud menyembah kepada-Mu.

Mark 13:32 Malaikat-malaikat bersama Dia disana.
32 Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja."

Bagi kita Sorga adalah suatu tempat dimana kita akan menerima warisan kita yang tersimpan disana.
1 Pet 1:3-4
3  Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan,
4  untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.

Tuhan Yesus telah naik ke tempat tinggi: Jauh lebih tinggi dari semua langit.
Tuhan Yesus telah melintasi semua langit: Ibr 4:14
14 Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita.

Berarti yang dimaksud disini adalah Sorga, tempat kediaman Bapa.
Lalu dimana tempat yang disebut Firdaus?
Tuhan Yesus pernah berkata kepada penjahat yang ada disebelah-Nya: Luk 23:43
43 Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."

Rasul Paulus juga pernah diangkat oleh Allah ke Firdaus, dan ia menyebut Firdaus itu adalah tingkat ke 3 dari Sorga.
2 Kor 12:2-4.
2  Aku tahu tentang seorang Kristen; empat belas tahun yang lampau  —  entah di dalam tubuh, aku tidak tahu, entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya  —  orang itu tiba-tiba diangkat ke tingkat yang ketiga dari sorga.
3  Aku juga tahu tentang orang itu,  —  entah di dalam tubuh entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya
4  ia tiba-tiba diangkat ke Firdaus dan ia mendengar kata-kata yang tak terkatakan, yang tidak boleh diucapkan manusia.

Tuhan Yesus sekarang tinggal di Sorga dan Dia berjanji akan datang kembali.
Sambil menunggu kedatangan-Nya kembali kita dihimbau oleh Firman Allah agar tetap menjaga kesucian hidup kita.
1 Tes 5:23
23  Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Tuhan Yesus memberkati kita semua.