Translate

31 Mei 2015

Ibadah Pendalaman Alkitab. 29 Mei 2015. Yesus Sebagai Anak Allah



Ibadah Pendalaman Alkitab
29 Mei 2015

YESUS SEBAGAI ANAK ALLAH.

Latar belakang:
Sebutan Anak Allah dalam Perjanjian Lama.
1.- Mahluk Malaikat disebut anak-anak Allah.                            
Kej 6:1-4 Anak-anak Allah dan anak-anak perempuan manusia.
1  Ketika manusia itu mulai bertambah banyak jumlahnya di muka bumi, dan bagi mereka lahir anak-anak perempuan,
2  maka anak-anak Allah melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka.
3  Berfirmanlah TUHAN: "Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja."
4  Pada waktu itu orang-orang raksasa ada di bumi, dan juga pada waktu sesudahnya, ketika anak-anak Allah menghampiri anak-anak perempuan manusia, dan perempuan-perempuan itu melahirkan anak bagi mereka; inilah orang-orang yang gagah perkasa di zaman purbakala, orang-orang yang kenamaan.

Yang disebut anak-anak Allah disini bukan malaikat, tetapi orang-orang yang berbakti kepada Allah, dan mereka ini adalah keturunan Adam lewat Set.
Sebab orang mulai menyebut nama Tuhan mulai dari Enos yaitu anak Set.
Kej 4:25-26
25  Adam bersetubuh pula dengan isterinya, lalu perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki dan menamainya Set, sebab katanya: "Allah telah mengaruniakan kepadaku anak yang lain sebagai ganti Habel; sebab Kain telah membunuhnya."
26  Lahirlah seorang anak laki-laki bagi Set juga dan anak itu dinamainya Enos. Waktu itulah orang mulai memanggil nama TUHAN.

Set ini rupanya mirip sekali dengan Adam.   Kej 5:3.
3 Setelah Adam hidup seratus tiga puluh tahun, ia memperanakkan seorang laki-laki menurut rupa dan gambarnya, lalu memberi nama Set kepadanya.

Inilah yang dimaksud dengan anak-anak Allah, yaitu dari keturunan Set.

Yang disebut anak-anak Allah dalam kitab Ayub 1:6; 2:1
Ini yang dimaksud adalah malaikat-malaikat.
6  Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah menghadap TUHAN dan di antara mereka datanglah juga Iblis.

Ayb 2:1
1   Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah menghadap TUHAN dan di antara mereka datang juga Iblis untuk menghadap TUHAN.

Satu waktu Allah sedang mengumpulkan anak-anak Allah dan diantara mereka datanglah juga Iblis.
Ketika Iblis ditanya: “Dari mana engkau?”
Maka Iblis menjawab: “Dari perjalanan mengelilingi dan menjelajah bumi.”
Untuk apa Iblis melakukan perjalanan yang melelahkan itu?
Untuk mencari anak-anak Tuhan yang dapat dituduhnya!
Sebab Iblis ini pekerjaannya adalah mendakwa manusia, dan itu dikerjakan siang dan malam.
Why 12:10
10 Dan aku mendengar suara yang nyaring di sorga berkata: "Sekarang telah tiba keselamatan dan kuasa dan pemerintahan Allah kita, dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya, karena telah dilemparkan ke bawah pendakwa saudara-saudara kita, yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita.

Dengan melihat apa yang dikerjakan Iblis ini, kita harus berhati-hati, jangan sampai kita melakukan suatu kesalahan yang dapat memberi kesempatan kepada Iblis untuk mendakwa kita seperti yang pernah diperbuat Iblis kepada Imam Besar Yosua.
Zac 3:1-5
1  Kemudian ia memperlihatkan kepadaku imam besar Yosua berdiri di hadapan Malaikat TUHAN sedang Iblis berdiri di sebelah kanannya untuk mendakwa dia.
2  Lalu berkatalah Malaikat TUHAN kepada Iblis itu: "TUHAN kiranya menghardik engkau, hai Iblis! TUHAN, yang memilih Yerusalem, kiranya menghardik engkau! Bukankah dia ini puntung yang telah ditarik dari api?"
3  Adapun Yosua mengenakan pakaian yang kotor, waktu dia berdiri di hadapan Malaikat itu,
4  yang memberikan perintah kepada orang-orang yang melayaninya: "Tanggalkanlah pakaian yang kotor itu dari padanya." Dan kepada Yosua ia berkata: "Lihat, dengan ini aku telah menjauhkan kesalahanmu dari padamu! Aku akan mengenakan kepadamu pakaian pesta."
5  Kemudian ia berkata: "Taruhlah serban tahir pada kepalanya!" Maka mereka menaruh serban tahir pada kepalanya dan mengenakan pakaian kepadanya, sedang Malaikat TUHAN berdiri di situ.

Pada waktu itu Imam Besar Yosua berdiri dihadapan Malaikat Tuhan, sedang Iblis berdiri disebelah kanannya untuk mendakwa dia.

Tuduhan apa yang dipakai Iblis untuk menjatuhkan Imam Besar Yosua?
Dikatakan disitu bahwa Imam Besar Yosua memakai pakaian yang kotor ketika berdiri dihadapan Malaikat Tuhan.

Pakaian seorang imam itu harus tetap bersih, sebab kalau tidak itu akan memberi kesempatan bagi Iblis untuk menuduhkan tuduhannya.

Pakaian yang kotor ini = jubah yang kotor, hanya dapat dibersihkan oleh darah Yesus. Why 7:13-14
13  Dan seorang dari antara tua-tua itu berkata kepadaku: "Siapakah mereka yang memakai jubah putih itu dan dari manakah mereka datang?"
14  Maka kataku kepadanya: "Tuanku, tuan mengetahuinya." Lalu ia berkata kepadaku: "Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesusahan yang besar; dan mereka telah mencuci jubah mereka dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba.

Selain Iblis siapakah yang dapat menuduh kita? 1 Yoh 3:21
21 Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau hati kita tidak menuduh kita, maka kita mempunyai keberanian percaya untuk mendekati Allah,

Itu sebabnya hati kita harus selalu dipercik oleh darah Yesus.
Ibr 9:13-14
13  Sebab, jika darah domba jantan dan darah lembu jantan dan percikan abu lembu muda menguduskan mereka yang najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah,
14  betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.

Iblis tidak akan bisa mengganggu Ayub jika Allah tidak mengijinkannya.
Sebab bagi Ayub Tuhan itu bagaikan pagar yang membentenginya.
Ayb 1:10
10 Bukankah Engkau yang membuat pagar sekeliling dia dan rumahnya serta segala yang dimilikinya? Apa yang dikerjakannya telah Kauberkati dan apa yang dimilikinya makin bertambah di negeri itu.

Mengapa Ayub mendapat jaminan perlindungan sebegitu rupa dari Allah?
Karena Ayub ini orangnya saleh dan jujur, ia takut akan Allah dan menjauhi kejahatan.
Ayb 1:1,8
1  Ada seorang laki-laki di tanah Us bernama Ayub; orang itu saleh dan jujur; ia takut akan Allah dan menjauhi kejahatan.
8  Lalu bertanyalah TUHAN kepada Iblis: "Apakah engkau memperhatikan hamba-Ku Ayub? Sebab tiada seorangpun di bumi seperti dia, yang demikian saleh dan jujur, yang takut akan Allah dan menjauhi kejahatan."

Tanda-tanda yang ada pada kehidupan Ayub ini yang harus ada pada kita, maka Allah itu juga akan memagari kehidupan kita, sehingga Iblis tidak bisa menerobos pertahanan kita, karena Allah yang menjadi kota benteng perlindungan bagi kita.

Dalam kitab kidung Agung, Solaiman berkata:
Kid 4:12
11 Dinda, pengantinku, kebun tertutup engkau, kebun tertutup dan mata air termeterai.

Dimata Tuhan kita ini bagaikan kebun yang tertutup, dan tidak dibiarkan ada binatang yang mengganggu tanaman yang ada didalam kebun itu.
Tuhan menjaga kita sedemikian rupa, sama seperti Tuhan menjaga Ayub, asal saja kehidupan kita ditandai dengan: Kesalehan – Kejujuran – Takut akan Allah dan menjauhi kejahatan.

Tuhan Yesus memberkati.