Translate

12 Apr 2015

Ibadah Raya. 12 April 2015. Pemberitahuan Tentang Penghakiman



Ibadah Raya. 12 April 2015
PEMBERITAHUAN TENTANG PENGHAKIMAN.
Why 14:6-13
6   Dan aku melihat seorang malaikat lain terbang di tengah-tengah langit dan padanya ada Injil yang kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum,
7  dan ia berseru dengan suara nyaring: "Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air."
8  Dan seorang malaikat lain, malaikat kedua, menyusul dia dan berkata: "Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, yang telah memabukkan segala bangsa dengan anggur hawa nafsu cabulnya."
9  Dan seorang malaikat lain, malaikat ketiga, menyusul mereka, dan berkata dengan suara nyaring: "Jikalau seorang menyembah binatang dan patungnya itu, dan menerima tanda pada dahinya atau pada tangannya,
10  maka ia akan minum dari anggur murka Allah, yang disediakan tanpa campuran dalam cawan murka-Nya; dan ia akan disiksa dengan api dan belerang di depan mata malaikat-malaikat kudus dan di depan mata Anak Domba.
11  Maka asap api yang menyiksa mereka itu naik ke atas sampai selama-lamanya, dan siang malam mereka tidak henti-hentinya disiksa, yaitu mereka yang menyembah binatang serta patungnya itu, dan barangsiapa yang telah menerima tanda namanya."
12  Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus.
13  Dan aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: "Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan, sejak sekarang ini." "Sungguh," kata Roh, "supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka."

Ada tiga malaikat yang diutus untuk menyampaikan berita:
Malaikat pertama : menyampaikan berita Injil keselamatan kepada mereka yang diam diatas bumi. Malaikat ini berseru: "Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air." (Ayat 7)

Malaikat kedua : menyampaikan berita robohnya Babel. "Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, yang telah memabukkan segala bangsa dengan anggur hawa nafsu cabulnya." (Ayat 8)

Malaikat ketiga : menyampaikan berita tentang nasibnya orang-orang yang menyembah Antikrist dan yang menerima tanda pada dahi dan tangannya.
Ayat :
9  Dan seorang malaikat lain, malaikat ketiga, menyusul mereka, dan berkata dengan suara nyaring: "Jikalau seorang menyembah binatang dan patungnya itu, dan menerima tanda pada dahinya atau pada tangannya,
10  maka ia akan minum dari anggur murka Allah, yang disediakan tanpa campuran dalam cawan murka-Nya; dan ia akan disiksa dengan api dan belerang di depan mata malaikat-malaikat kudus dan di depan mata Anak Domba.
11  Maka asap api yang menyiksa mereka itu naik ke atas sampai selama-lamanya, dan siang malam mereka tidak henti-hentinya disiksa, yaitu mereka yang menyembah binatang serta patungnya itu, dan barangsiapa yang telah menerima tanda namanya."

Untuk menyampaikan maksudnya Allah akan penghakiman atas manusia dibumi ini, Allah mengutus 3 malaikat-Nya. Dan urutan ini sudah diatur sedemikian oleh Allah.
Pertama: Injil keselamatan diberitakan. Injil ini diberitakan kepada semua bangsa – suku – bahasa dan kaum.
Ini sebagai bukti kasih Allah.                                                            
Allah tidak mau melewatkan seorangpun manusia agar semua boleh mendengarkan berita Injil.
2 Pet 3:9.
9 Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

Perintah untuk memberitakan Injil keseluruh bumi adalah merupakan amanat agung dari Tuhan Yesus Kristus sebelum Ia naik ke Sorga.
Mark 16:15-16
15  Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.
16  Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.

Mengapa Injil ini harus diberitakan kepada segala makhluk?
Sebab Injil inilah satu-satunya yang mampu menyelamatkan manusia dari hukuman. Ayat 16. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.

Hanya percaya pada Injil keselamatan manusia diselamatkan.
Kis 4:12
12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

Dibawah kolong langit ini tidak ada jaminan nama yang memberi manusia selamat selain nama Yesus.
Sebab hanya dengan percaya akan nama Yesus manusia boleh diselamatkan.
Rm 10:9-10
 9  Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.
10  Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

Mengaku dengan mulut, percaya dengan hati maka akan selamat.
Didalam nama Yesus ada jaminan keselamatan.
Yoh 14:6
6  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Melalui Aku = berarti Yesus adalah satu-satunya perantara yang menghubungkan manusia dengan Allah. Itu sebabnya Dia harus menjadi manusia (manusia Kristus Yesus) yang mengerjakan penebusan.
1 Tim 2:5-6
5  Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,
6  yang telah menyerahkan diri-Nya sebagai tebusan bagi semua manusia: itu kesaksian pada waktu yang ditentukan.

Mengapa manusia perlu ditebus?
Sebab manusia sudah bercerai dengan ALLAH karena dosa-dosanya.
Kej 6:3
3  Berfirmanlah TUHAN: "Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja."

Sejak itu umur manusia dibatasi 120 tahun saja.
Sebelum itu umur manusia bisa mencapai hampir 1000 tahun, sekarang tidak lagi, sebab dosa sudah memisahkan manusia dengan Allah.

Umur-umur manusia sebelum air bah:
Umur Adam : 930 tahun. Umur Set 912 tahun. Umur Enos 905 tahun. Umur Kenan 910 tahun. Umur Yared 962 tahun. Umur Metusalah 969 tahun.

Rata-rata diatas 900 tahun bahkan hampir mencapai angka 1000 tahun. Sedangkan angka 1000 menunjuk zaman kerajaan 1000 tahun damai.
Waktu itu bumi dipenuhi dengan damai, sebab Iblis yang menjadi penyesat itu sudah dibelenggu selama 1000 tahun lamanya.
Why 20:1-3
1  Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tangannya;
2  ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya,
3  lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu; kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya.

Bumi ini akan penuh damai nanti pada waktu Iblis dipenjarakan selama 1000 tahun. Jadi angka 1000 itu menunjuk angka perdamaian.

120 tahun batas umur manusia; begitu jauhnya antara 120 menuju ke 1000 tahun. Ini bagaikan damai itu menjadi semakin sukar diperoleh.

Kita masih ingat pada waktu meterai ke 2 dibukakan; muncul kuda merah padam, dan orang yang menunggangnya dikaruniakan kuasa untuk mengambil damai sejahtera dari atas bumi, sehingga mereka saling membunuh.
Why 6:3-4
3  Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang kedua, aku mendengar makhluk yang kedua berkata: "Mari!"
4  Dan majulah seekor kuda lain, seekor kuda merah padam dan orang yang menungganginya dikaruniakan kuasa untuk mengambil damai sejahtera dari atas bumi, sehingga mereka saling membunuh, dan kepadanya dikaruniakan sebilah pedang yang besar.

Jika damai diangkat dari muka bumi maka manusia saling membunuh.
Dosa yang sejajar dengan membunuh adalah membenci.
1 Yoh 3:15.
15 Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya.

Iblis berusaha untuk menanamkan kebencian dalam hati manusia, agar manusia tidak memiliki damai lagi.
Kebencian bisa merusak persekutuan. Contoh : saudara-saudara Yusuf sangat membenci Yusuf.
Kej 37:3-8
3  Israel lebih mengasihi Yusuf dari semua anaknya yang lain, sebab Yusuf itulah anaknya yang lahir pada masa tuanya; dan ia menyuruh membuat jubah yang maha indah bagi dia.
4  Setelah dilihat oleh saudara-saudaranya, bahwa ayahnya lebih mengasihi Yusuf dari semua saudaranya, maka bencilah mereka itu kepadanya dan tidak mau menyapanya dengan ramah.
5   Pada suatu kali bermimpilah Yusuf, lalu mimpinya itu diceritakannya kepada saudara-saudaranya; sebab itulah mereka lebih benci lagi kepadanya.
6  Karena katanya kepada mereka: "Coba dengarkan mimpi yang kumimpikan ini:
7  Tampak kita sedang di ladang mengikat berkas-berkas gandum, lalu bangkitlah berkasku dan tegak berdiri; kemudian datanglah berkas-berkas kamu sekalian mengelilingi dan sujud menyembah kepada berkasku itu."
8  Lalu saudara-saudaranya berkata kepadanya: "Apakah engkau ingin menjadi raja atas kami? Apakah engkau ingin berkuasa atas kami?" Jadi makin bencilah mereka kepadanya karena mimpinya dan karena perkataannya itu.

Kebencian itu ternyata berkembang:
Pertama saudara-saudara Yusuf ini membenci Yusuf karena mereka iri hati terhadap Yusuf karena diberikan jubah yang maha indah oleh ayahnya.
Kej 37:4
4 Setelah dilihat oleh saudara-saudaranya, bahwa ayahnya lebih mengasihi Yusuf dari semua saudaranya, maka bencilah mereka itu kepadanya dan tidak mau menyapanya dengan ramah.

Kemudian saudara-saudara Yusuf lebih membenci Yusuf karena Yusuf memperoleh karunia mimpi.
Kej 37:5
5  Pada suatu kali bermimpilah Yusuf, lalu mimpinya itu diceritakannya kepada saudara-saudaranya; sebab itulah mereka lebih benci lagi kepadanya.

Dan kebencian itu semakin berkembang menjadi semakin benci, karena mereka tidak suka kalau Yusuf itu nanti akan menjadi raja.
Kej 37:8
8 Lalu saudara-saudaranya berkata kepadanya: "Apakah engkau ingin menjadi raja atas kami? Apakah engkau ingin berkuasa atas kami?" Jadi makin bencilah mereka kepadanya karena mimpinya dan karena perkataannya itu.

Mengapa saudara-saudara Yusuf membenci Yusuf sampai begitu rupa?
Karena pada Yusuf ada jubah yang begitu indah. Arti rohaninya adalah karunia-karunia rohani yang dikaruniakan Tuhan pada sidang mempelai Tuhan.
Jubah dan mimpi itu menjadi kelebihan Yusuf, saudara-saudara Yusuf tidak memilikinya.

Kebencian itu telah merusak persekutuan keluarga.
Yak 3:14-18
14  Jika kamu menaruh perasaan iri hati dan kamu mementingkan diri sendiri, janganlah kamu memegahkan diri dan janganlah berdusta melawan kebenaran!
15  Itu bukanlah hikmat yang datang dari atas, tetapi dari dunia, dari nafsu manusia, dari setan-setan.
16  Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat.
17  Tetapi hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik.
18  Dan buah yang terdiri dari kebenaran ditaburkan dalam damai untuk mereka yang mengadakan damai.

Jika damai diambil maka yang tersisa adalah kebencian – iri hati, kemudian timbul perselisihan dan pertengkaran.

Sekarang ini damai masih ditawarkan kepada kita, tapi bukan damai yang dijanjikan oleh dunia ini. Damai yang ditawarkan pada kita adalah damai sejahtera dari Tuhan Yesus Kristus.
Yoh 14:27.
27 Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Ini dikatakan oleh Tuhan Yesus saat Dia berbicara soal Roh Penghibur.
Damai sejahtera adalah salah satu dari 9 buahnya Roh Kudus.
Gal 5:22-23
22  Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
23  kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Ini berarti jika Anda ingin memperoleh damai dalam keluarga maka harus menerima baptisan Roh Kudus.

Kita mau kembali pada angka 120 tahun, angka 120 ini bisa mencapai 1000 jika mengalami penebusan.

Sebab 120 ini kalau dihitung dengan tahun Yobel = 120 x 50 = 6000. sedangkan 6 adalah angka manusia yang fana yang membutuhkan penebusan.

Tanda penebusan ini harus dimiliki oleh orang-orang yang mau menjadi orang-orang pilihan Allah, yang nanti akan dibawa masuk kedalam kota Yerusalem Baru.

Masih ingatkan tentang orang-orang yang ditebus dari bumi dan dari kebiasaan manusia?
Why 14:3-4
3  Mereka menyanyikan suatu nyanyian baru di hadapan takhta dan di depan keempat makhluk dan tua-tua itu, dan tidak seorangpun yang dapat mempelajari nyanyian itu selain dari pada seratus empat puluh empat ribu orang yang telah ditebus dari bumi itu.
4  Mereka adalah orang-orang yang tidak mencemarkan dirinya dengan perempuan-perempuan, karena mereka murni sama seperti perawan. Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Mereka ditebus dari antara manusia sebagai korban-korban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba itu.

Ditebus dari bumi = ditebus dari penderitaan akibat bumi yang terkena kutuk.
Ditebus dari antara manusia = ditebus dari cara hidup manusia yang dikuasai oleh hawa nafsu.
1 Pet 1:18-19
18  Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,
19  melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.

Tuhan Yesus memberkati.