Translate

5 Apr 2015

Ibadah Paskah. 5 April 2015. Mengapa Kamu Mencari Dia Yang Hidup Diantara Orang Mati?



Ibadah Paskah.  5 April 2015

MENGAPA  KAMU MENCARI DIA YANG HIDUP  DIANTARA ORANG MATI?

Perkataan ini adalah ucapan dari Malaikat Tuhan ketika melihat murid-murid datang di kuburan untuk memberikan rempah-rempah keatas mayat Yesus.

Luk 24:5-6
5  Mereka sangat ketakutan dan menundukkan kepala, tetapi kedua orang itu berkata kepada mereka: "Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati?
6  Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, ketika Ia masih di Galilea,
7  yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga."

IA TIDAK ADA DISINI, IA TELAH BANGKIT.
Yang pertama menerima kabar kebangkitan Yesus adalah para perempuan.
Luk 23: 55-56
55  Dan perempuan-perempuan yang datang bersama-sama dengan Yesus dari Galilea, ikut serta dan mereka melihat kubur itu dan bagaimana mayat-Nya dibaringkan.
56  Dan setelah pulang, mereka menyediakan rempah-rempah dan minyak mur. (23 :56b) Dan pada hari Sabat mereka beristirahat menurut hukum Taurat,

Luk 24;1-4
1  tetapi pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu mereka pergi ke kubur membawa rempah-rempah yang telah disediakan mereka.
2  Mereka mendapati batu sudah terguling dari kubur itu,
3  dan setelah masuk mereka tidak menemukan mayat Tuhan Yesus.
4  Sementara mereka berdiri termangu-mangu karena hal itu, tiba-tiba ada dua orang berdiri dekat mereka memakai pakaian yang berkilau-kilauan.

Malaikat-malaikat adalah gambaran dari gembala sidang, sedangkan perempuan-perempuan ini adalah gambaran dari jemaat, saperti yang dikatakan dalam kitab Why 1:19-20
19  Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.
20  Dan rahasia ketujuh bintang yang telah kaulihat pada tangan kanan-Ku dan ketujuh kaki dian emas itu: ketujuh bintang itu ialah malaikat ketujuh jemaat dan ketujuh kaki dian itu ialah ketujuh jemaat.".

Berita kebangkitan itu diberitakan oleh gembala kepada sidang jemaat.
Jadi ada yang membawa berita dan ada yang menerima berita.
Kis 10:33b. Sekarang kami semua sudah hadir di sini di hadapan Allah untuk mendengarkan apa yang ditugaskan Allah kepadamu."

Apakah berita kebangkitan Yesus itu dapat diterima oleh sidang jemaat?
Luk 24:11-12
11  Tetapi bagi mereka perkataan-perkataan itu seakan-akan omong kosong dan mereka tidak percaya kepada perempuan-perempuan itu.
12  Sungguhpun demikian Petrus bangun, lalu cepat-cepat pergi ke kubur itu. Ketika ia menjenguk ke dalam, ia melihat hanya kain kapan saja. Lalu ia pergi, dan ia bertanya dalam hatinya apa yang kiranya telah terjadi.

Perkataan-perkataan itu seakan-akan omong kosong dan mereka tidak percaya kepada perempuan-perempuan itu.

Mengapa berita kebangkitan Kristus ditanggapi dengan sikap tidak percaya?
Apalagi yang mengatakan omong kosong itu adalah justru murid-murid Tuhan sendiri.
Luk 24:10-11
10  Perempuan-perempuan itu ialah Maria dari Magdala, dan Yohana, dan Maria ibu Yakobus. Dan perempuan-perempuan lain juga yang bersama-sama dengan mereka memberitahukannya kepada rasul-rasul.
11  Tetapi bagi mereka perkataan-perkataan itu seakan-akan omong kosong dan mereka tidak percaya kepada perempuan-perempuan itu.

Bagaimana mungkin berita kebangkitan Kristus diragukan kebenarannya?

Sampai mereka pulang dari kubur, rasul Petrus masih bertanya-tanya dalam hatinya.
“Apa kiranya yang telah terjadi?”

Kita simak kembali perkataan Malaikat Tuhan kepada para perempuan dikubur itu.
“Ia telah bangkit, ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, ketika Ia masih di Galilea.”

Perkataan Yesus yang pernah diucapkan pada masa lalu, ini yang mereka lupa. Ini adalah Firman Allah yang sudah pernah didengar kemudian terlupakan.
Untung saja Maria Magdalena dengan teman-temannya segera ingat.
Luk 24:8
8 Maka teringatlah mereka akan perkataan Yesus itu.

Perkataan apa itu?
Perkataan pemberitahuan tentang sengsara Yesus.
Dan itu pernah disampaikan oleh Tuhan Yesus sampai 3 x.
Kalau sampai 3 x kemudian mereka lupa atau tidak dapat mengingatnya, itu disebabkan karena mereka tidak mengerti yang dikatakan Tuhan Yesus tentang sengsara dan penderitaan yang bakal dialami-Nya.

Ada 3 x Tuhan Yesus memberitahukan tentang sengsara yang akan dialami-Nya kepada murid-murid-Nya.
Pertama: Luk 9:22-27
Kedua   : Luk 9:43b-45
Ketiga   : Luk 18:31-34

Dalam pemberitahuan sampai 3 x ini murid-murid tidak mengerti apa yang dikatakan Tuhan Yesus. Tetapi sekalipun demikian mereka tidak mau bertanya atau minta penjelasan kepada Tuhan Yesus.
Luk 9:45
45 Mereka tidak mengerti perkataan itu, sebab artinya tersembunyi bagi mereka, sehingga mereka tidak dapat memahaminya. Dan mereka tidak berani menanyakan arti perkataan itu kepada-Nya.

Luk 18:34
34 Akan tetapi mereka sama sekali tidak mengerti semuanya itu; arti perkataan itu tersembunyi bagi mereka dan mereka tidak tahu apa yang dimaksudkan.

Jika Firman Allah tidak dibukakan rahasianya itu yang menyebabkan mereka akhirnya tidak percaya.
Seperti yang dikatakan oleh raja Salomo: Ams 29:18
18 Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat. Berbahagialah orang yang berpegang pada hukum.

Jika Firman Allah itu masih tertutup, maka itu tertutup bagi mereka yang akan binasa yang pikiran hatinya telah dibutakan oleh illah zaman sekarang.
2 Kor 4:3-4
3  Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa,
4  yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.

Petrus pulang dari kuburan dengan diliputi keraguan: “Apa kiranya yang telah terjadi?”
Keraguan Petrus ini hilang setelah Tuhan Yesus menampakan diri di Danau Tiberias. Yoh 21:1-7, 12.
1  Kemudian Yesus menampakkan diri lagi kepada murid-murid-Nya di pantai danau Tiberias dan Ia menampakkan diri sebagai berikut.
2  Di pantai itu berkumpul Simon Petrus, Tomas yang disebut Didimus, Natanael dari Kana yang di Galilea, anak-anak Zebedeus dan dua orang murid-Nya yang lain.
3  Kata Simon Petrus kepada mereka: "Aku pergi menangkap ikan." Kata mereka kepadanya: "Kami pergi juga dengan engkau." Mereka berangkat lalu naik ke perahu, tetapi malam itu mereka tidak menangkap apa-apa.
4  Ketika hari mulai siang, Yesus berdiri di pantai; akan tetapi murid-murid itu tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus.
5  Kata Yesus kepada mereka: "Hai anak-anak, adakah kamu mempunyai lauk-pauk?" Jawab mereka: "Tidak ada."
6  Maka kata Yesus kepada mereka: "Tebarkanlah jalamu di sebelah kanan perahu, maka akan kamu peroleh." Lalu mereka menebarkannya dan mereka tidak dapat menariknya lagi karena banyaknya ikan.
7  Maka murid yang dikasihi Yesus itu berkata kepada Petrus: "Itu Tuhan." Ketika Petrus mendengar, bahwa itu adalah Tuhan, maka ia mengenakan pakaiannya, sebab ia tidak berpakaian, lalu terjun ke dalam danau.

12 Kata Yesus kepada mereka: "Marilah dan sarapanlah." Tidak ada di antara murid-murid itu yang berani bertanya kepada-Nya: "Siapakah Engkau?" Sebab mereka tahu, bahwa Ia adalah Tuhan.

Apakah Anda masih meragukan kuasa kebangkitan-Nya?
Rasul Paulus bicara soal kebangkitan Tuhan:
1 Kor 15:3-5, 12-17, 20-22.
3  Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci,
4  bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;
5  bahwa Ia telah menampakkan diri kepada Kefas dan kemudian kepada kedua belas murid-Nya.

12  Jadi, bilamana kami beritakan, bahwa Kristus dibangkitkan dari antara orang mati, bagaimana mungkin ada di antara kamu yang mengatakan, bahwa tidak ada kebangkitan orang mati?
13  Kalau tidak ada kebangkitan orang mati, maka Kristus juga tidak dibangkitkan.
14  Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu.
15  Lebih dari pada itu kami ternyata berdusta terhadap Allah, karena tentang Dia kami katakan, bahwa Ia telah membangkitkan Kristus  —  padahal Ia tidak membangkitkan-Nya, kalau andaikata benar, bahwa orang mati tidak dibangkitkan.
16  Sebab jika benar orang mati tidak dibangkitkan, maka Kristus juga tidak dibangkitkan.
17  Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu.

20  Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal.
21  Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia, demikian juga kebangkitan orang mati datang karena satu orang manusia.
22  Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus.

Ayat 20 dibaca bersama:
  Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal.

SELAMAT PASKAH.
Tuhan Yesus memberkati.