Translate

26 Apr 2015

Ibadah Pendalaman Alkitab. 24 April 2015. Yesus Sebagai Anak Manusia Dalam injil Yohanes



Ibadah Pendalaman Alkitab. 24 April 2015

YESUS SEBAGAI ANAK MANUSIA DALAM INJIL YOHANES.

Sebutan Yesus sebagai Anak Manusia kali ini terdapat didalam Injil Yohanes.
Yoh 3:14
14 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan,

Tuhan Yesus disini menyebut diri-Nya sebagai Anak manusia yang harus ditinggikan. Yang dimaksud dengan ditinggikan adalah kematian-Nya dikayu salib.

Kita tahu bahwa Tuhan Yesus disalib di bukit Golgota; suatu tempat yang tinggi daerah pegunungan.

Tuhan Yesus disini mengingatkan peristiwa ular tembaga. Ular tembaga yang ditinggikan, dan barang siapa memandang ular tembaga itu walaupun orang itu sudah digigit oleh ular tedung, ia tidak akan mati. Bil 21:4-9
4  Setelah mereka berangkat dari gunung Hor, berjalan ke arah Laut Teberau untuk mengelilingi tanah Edom, maka bangsa itu tidak dapat lagi menahan hati di tengah jalan.
5  Lalu mereka berkata-kata melawan Allah dan Musa: "Mengapa kamu memimpin kami keluar dari Mesir? Supaya kami mati di padang gurun ini? Sebab di sini tidak ada roti dan tidak ada air, dan akan makanan hambar ini kami telah muak."
6  Lalu TUHAN menyuruh ular-ular tedung ke antara bangsa itu, yang memagut mereka, sehingga banyak dari orang Israel yang mati.
7  Kemudian datanglah bangsa itu mendapatkan Musa dan berkata: "Kami telah berdosa, sebab kami berkata-kata melawan TUHAN dan engkau; berdoalah kepada TUHAN, supaya dijauhkan-Nya ular-ular ini dari pada kami." Lalu Musa berdoa untuk bangsa itu.
8  Maka berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Buatlah ular tedung dan taruhlah itu pada sebuah tiang; maka setiap orang yang terpagut, jika ia melihatnya, akan tetap hidup."
9  Lalu Musa membuat ular tembaga dan menaruhnya pada sebuah tiang; maka jika seseorang dipagut ular, dan ia memandang kepada ular tembaga itu, tetaplah ia hidup.

Mengapa sampai Allah mengirim ular-ular tedung untuk mematuk mereka sehingga banyak yang tewas waktu itu?
Karena mereka bicara seenaknya saja, mereka mengatakan:
"Mengapa kamu memimpin kami keluar dari Mesir? Supaya kami mati di padang gurun ini? Sebab di sini tidak ada roti dan tidak ada air, dan akan makanan hambar ini kami telah muak."

Yang dimaksud makanan hambar adalah Manna (FT).
Kalau orang Kristen sudah mulai bosan dengan FT, maka Tuhan ijinkan mereka terkena pencobaan.
Ams 13:13
13   Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan.

Ular tembaga ini adalah bayangan dari Tuhan Yesus ketika Ia ditinggikan dikayu salib; barang siapa percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Bicara soal ular: binatang ini termasuk binatang paling cerdik.  
Kej 3:1
1   Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: "Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?"

Kecerdikan Iblis untuk menjatuhkan nikah dari Adam & Hawa.
Rasul Paulus pernah menggunakan ular ini sebagai contoh untuk menipu jemaat di Korintus. Dan yang dimaksud adalah kecerdikan dari rasul-rasul palsu.
2 Kor 11:3, 13-15.
3 Tetapi aku takut, kalau-kalau pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan kamu yang sejati kepada Kristus, sama seperti Hawa diperdayakan oleh ular itu dengan kelicikannya.

13  Sebab orang-orang itu adalah rasul-rasul palsu, pekerja-pekerja curang, yang menyamar sebagai rasul-rasul Kristus.
14  Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang.
15  Jadi bukanlah suatu hal yang ganjil, jika pelayan-pelayannya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran. Kesudahan mereka akan setimpal dengan perbuatan mereka.

Allah menghukum ular dengan berjalan menggunakan perutnya.
Kej 3:14-15
14  Lalu berfirmanlah TUHAN Allah kepada ular itu: "Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan; dengan perutmulah engkau akan menjalar dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu.
15  Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

Yang dimaksud dengan keturunannya disini adalah Kristus yang akan meremukan kepala Iblis.

Jadi ular dalam Alkitab merupakan lambang kebohongan dan penipuan.
Mat 23:33
33 Hai kamu ular-ular, hai kamu keturunan ular beludak! Bagaimanakah mungkin kamu dapat meluputkan diri dari hukuman neraka?

Tuhan Yesus menyebut orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat sebagai keturunan ular beludak. Jadi yang dimaksud dengan keturunan ular yang Allah sebutkan dalam kitab Kejadian; itu menunjuk ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi.

Mereka menjadi lawan dari ajaran yang Tuhan Yesus ajarkan, mereka selalu menghalang-halangi pekerjaan Tuhan. Dan yang memagut tumit keturunan Adam adalah kematian Kristus dikayu salib, tapi Kristus ternyata tidak mati terus melainkan dibangkitkan oleh Allah Bapa.
Kebangkitan Yesus berarti kemenangan atas Iblis.

Didalam kitab Wahyu ular ini disebut sebagai ular tua.
Why 12:9
9 Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.

Why 20:2
2  ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya,

Dengan berjalannya waktu, maka usia ular itu sudah menjadi tua. Dan semakin cerdik dengan akal dan tipu dayanya.
Makin tua berarti makin matang.

Nah menyadari keberadaan Iblis menjadi semakin cerdik ini kita sebagai anak-anak Tuhan dituntut untuk banyak membekali diri dengan firman Tuhan agar kita tidak mudah tertipu oleh Iblis.

Sama seperti yang dikatakan rasul Paulus; untuk memadamkan anak panah berapi dari si Jahat kita harus memakai perisai iman.
Iman datang dari mendengarkan Firman Tuhan.
Kita harus lebih cerdik dari Iblis.
Mat 10:16
16 "Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.

Anak Tuhan boleh cerdik tapi hati harus tetap tulus.

Tuhan Yesus memberkati.