Translate

24 Mar 2015

Ibadah Raya. 22 Maret 2015. Nabi Palsu


Ibadah Raya. 22 Maret 2015
NABI PALSU

Why 13:11-18 Binatang yang keluar dari dalam bumi.
11   Dan aku melihat seekor binatang lain keluar dari dalam bumi dan bertanduk dua sama seperti anak domba dan ia berbicara seperti seekor naga.
12  Dan seluruh kuasa binatang yang pertama itu dijalankannya di depan matanya. Ia menyebabkan seluruh bumi dan semua penghuninya menyembah binatang pertama, yang luka parahnya telah sembuh.
13  Dan ia mengadakan tanda-tanda yang dahsyat, bahkan ia menurunkan api dari langit ke bumi di depan mata semua orang.
14  Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya di depan mata binatang itu. Dan ia menyuruh mereka yang diam di bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu.
15  Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh.
16  Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya,
17  dan tidak seorangpun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.
18  Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.

Binatang ini menyerupai anak domba, tapi kalau bicara seperti naga.
Hal ini mengingatkan kita akan perkataan Tuhan Yesus didalam Injil Mat 7:15-23 tentang pengajaran sesat.
15   "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.
16  Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
17  Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.
18  Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.
19  Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
20  Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.
21  Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
22  Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
23  Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

Tuhan Yesus mengingatkan kepada murid-murid-Nya tentang nabi-nabi palsu yang menyamar seperti domba tetapi sesungguhnya mereka adalah srigala yang buas. Srigala yang menyamar seperti domba.
Untuk mengenalinya Tuhan Yesus tunjukan ciri-cirinya, yaitu pada buah-buahnya: “Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.” (ayat 16a-20)

Jadi binatang yang keluar dari dalam bumi ini menunjuk pada nabi palsu.
Tuhan Yesus berpesan agar waspada dengan munculnya nabi-nabi palsu ini.
Mat 24:11
11  Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.

Korbannya begitu banyak!
Pekerjaan nabi palsu ini adalah menyesatkan manusia.
Penyesatan ini akan bermunculan.
Tuhan Yesus pernah mengingatkan murid-murid-Nya:
Mat 24:4-5
4  Jawab Yesus kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!
5  Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.

Dengan cara bagaimanakah nabi-nabi palsu bekerja untuk dapat menyesatkan banyak orang?
Dengan membuat mujizat dan tanda-tanda yang dasyat.
 Mat 24:24
24 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.

Itu sebabnya jangan sampai kita tertipu oleh apa yang diperbuat nabi-nabi palsu ini.
Bandingkan Why 13:13-14
13  Dan ia mengadakan tanda-tanda yang dahsyat, bahkan ia menurunkan api dari langit ke bumi di depan mata semua orang.
14  Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya di depan mata binatang itu. Dan ia menyuruh mereka yang diam di bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu.

Kita sebagai orang Kristen diperingatkan agar jangan tertarik dengan mujizat saja, sebab nabi palsu juga dapat membuat mujizat, bahkan berkuasa juga untuk menurunkan api dari langit didepan mata semua orang. ( cat: hati-hati kalau nonton tv dimana Anda sedang menyaksikan pertunjukan magic ) itu sama seperti yang diperbuat oleh nabi-nabi palsu.

Apa saja yang dikerjakan oleh nabi-nabi palsu ini?
Kita lihat surat 2 Pet 2:1-3
1   Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka.
2  Banyak orang akan mengikuti cara hidup mereka yang dikuasai hawa nafsu, dan karena mereka Jalan Kebenaran akan dihujat.
3   Dan karena serakahnya guru-guru palsu itu akan berusaha mencari untung dari kamu dengan ceritera-ceritera isapan jempol mereka. Tetapi untuk perbuatan mereka itu hukuman telah lama tersedia dan kebinasaan tidak akan tertunda.

Mereka akan memasukan pengajaran sesat yang membinasakan.
Menyangkal penebusan yang menebus mereka.

Dua hal ini kita bahas lebih dahulu:
Pertama :
Pengajaran sesat yang membinasakan! Jangan sekali-kali kita meremehkan pengajaran sesat, sebab ini akan membinasakan banyak orang.

Mengapa Iblis menggunakan nabi palsu untuk menyerang gereja Tuhan dengan ajaran sesatnya?
Sebab Iblis tahu bahwa gereja Tuhan akan mencapai kesempurnaan dengan pengajaran yang sehat.

Itu sebabnya Tuhan Yesus menasehati kita lewat  pengajaran firman-Nya, agar kita waspada terhadap nabi palsu.
Nabi palsu ini lewat pengajaran palsunya yang menyesatkan, ini yang harus kita waspadai.
Kita mau melihat peringatan lain yang disampaikan oleh rasul Yohanes lewat suratannya.
2 Yoh 7-11.
7  Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus.
8  Waspadalah, supaya kamu jangan kehilangan apa yang telah kami kerjakan itu, tetapi supaya kamu mendapat upahmu sepenuhnya.
9  Setiap orang yang tidak tinggal di dalam ajaran Kristus, tetapi yang melangkah keluar dari situ, tidak memiliki Allah. Barangsiapa tinggal di dalam ajaran itu, ia memiliki Bapa maupun Anak.
10  Jikalau seorang datang kepadamu dan ia tidak membawa ajaran ini, janganlah kamu menerima dia di dalam rumahmu dan janganlah memberi salam kepadanya.
11  Sebab barangsiapa memberi salam kepadanya, ia mendapat bagian dalam perbuatannya yang jahat.

Rasul Yohanes mengajak kita untuk bersikap tegas terhadap si penyesat / nabi palsu.
Rasul Yohanes bicara soal pengajaran ayat 10.
  Jikalau seorang datang kepadamu dan ia tidak membawa ajaran ini, janganlah kamu menerima dia di dalam rumahmu dan janganlah memberi salam kepadanya.

Disini kita diajarkan untuk setia pada satu pengajaran; “kalau ada orang membawa pengajaran lain jangan diterima, dan jangan memberi salam kepada orang itu.”

Kita diajar untuk berpegang pada pengajaran yang sehat.
2 Tes 2:15
15  Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.

2 Tim 1:13
13  Peganglah segala sesuatu yang telah engkau dengar dari padaku sebagai contoh ajaran yang sehat dan lakukanlah itu dalam iman dan kasih dalam Kristus Yesus.

2 Tim 3:14
14  Tetapi hendaklah engkau tetap berpegang pada kebenaran yang telah engkau terima dan engkau yakini, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu.

Itu pembahasan yang pertama tentang pengajaran sesat yang membinasakan.

Sekarang yang kedua :
Menyangkal penebus yang menebus mereka.

Bicara soal penebusan ini menyangkut soal korbannya Kristus.
Menyangkal penebusan ini berarti merendahkan korbannya Kristus.
Seperti yang tertulis didalam surat Ibr 10:26-31
26  Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu.
27  Tetapi yang ada ialah kematian yang mengerikan akan penghakiman dan api yang dahsyat yang akan menghanguskan semua orang durhaka.
28  Jika ada orang yang menolak hukum Musa, ia dihukum mati tanpa belas kasihan atas keterangan dua atau tiga orang saksi.
29  Betapa lebih beratnya hukuman yang harus dijatuhkan atas dia, yang menginjak-injak Anak Allah, yang menganggap najis darah perjanjian yang menguduskannya, dan yang menghina Roh kasih karunia?
30  Sebab kita mengenal Dia yang berkata: "Pembalasan adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan." Dan lagi: "Tuhan akan menghakimi umat-Nya."
31  Ngeri benar, kalau jatuh ke dalam tangan Allah yang hidup.

Menyangkal penebusan = menginjak-injak Anak Allah, menganggap najis darah perjanjian yang menguduskannya dan menghina Roh kasih karunia (ayat 29)
29  Betapa lebih beratnya hukuman yang harus dijatuhkan atas dia, yang menginjak-injak Anak Allah, yang menganggap najis darah perjanjian yang menguduskannya, dan yang menghina Roh kasih karunia?

Ini dikatakan kepada orang Kristen yang sengaja berbuat dosa sesudah memperoleh pengetahuan yang benar.aytat 26

Bagaimana Anda merespon apa yang dikatakan oleh firman Allah, jangan bermain-main dalam dosa.

Tuhan Yesus memberkati kita semua.