Translate

11 Jan 2015

Ibadah Raya. 11 Januari 2015. Sangkakala Ke 5 Dibunyikan



SANGKAKALA KE 5 DIBUNYIKAN.

Why 9:1-12
1   Lalu malaikat yang kelima meniup sangkakalanya, dan aku melihat sebuah bintang yang jatuh dari langit ke atas bumi, dan kepadanya diberikan anak kunci lobang jurang maut.
2  Maka dibukanyalah pintu lobang jurang maut itu, lalu naiklah asap dari lobang itu bagaikan asap tanur besar, dan matahari dan angkasa menjadi gelap oleh asap lobang itu.
3  Dan dari asap itu berkeluaranlah belalang-belalang ke atas bumi dan kepada mereka diberikan kuasa sama seperti kuasa kalajengking-kalajengking di bumi.
4  Dan kepada mereka dipesankan, supaya mereka jangan merusakkan rumput-rumput di bumi atau tumbuh-tumbuhan ataupun pohon-pohon, melainkan hanya manusia yang tidak memakai meterai Allah di dahinya.
5  Dan mereka diperkenankan bukan untuk membunuh manusia, melainkan hanya untuk menyiksa mereka lima bulan lamanya, dan siksaan itu seperti siksaan kalajengking, apabila ia menyengat manusia.
6  Dan pada masa itu orang-orang akan mencari maut, tetapi mereka tidak akan menemukannya, dan mereka akan ingin mati, tetapi maut lari dari mereka.
7  Dan rupa belalang-belalang itu sama seperti kuda yang disiapkan untuk peperangan, dan di atas kepala mereka ada sesuatu yang menyerupai mahkota emas, dan muka mereka sama seperti muka manusia,
8  dan rambut mereka sama seperti rambut perempuan dan gigi mereka sama seperti gigi singa,
9  dan dada mereka sama seperti baju zirah, dan bunyi sayap mereka bagaikan bunyi kereta-kereta yang ditarik banyak kuda, yang sedang lari ke medan peperangan.
10  Dan ekor mereka sama seperti kalajengking dan ada sengatnya, dan di dalam ekor mereka itu terdapat kuasa mereka untuk menyakiti manusia, lima bulan lamanya.
11  Dan raja yang memerintah mereka ialah malaikat jurang maut; namanya dalam bahasa Ibrani ialah Abadon dan dalam bahasa Yunani ialah Apolion.
12  Celaka yang pertama sudah lewat. Sekarang akan menyusul dua celaka lagi.

Pada waktu malaikat ke 5 meniup sangkakala, maka yang terjadi adalah sebuah bintang yang jatuh dari langit keatas bumi.
Kepadanya diberikan anak kunci lobang jurang maut.
Lubang jurang maut ini dalam bahasa Yunani disebut “abussos” yang artinya:
1.- Jurang yang tak terukur kedalamnya.
2.- Dibawah dunia.
3.- Daerah yang paling rendah.
4.- Jurang maut neraka.
Rm 10:7
7  atau: "Siapakah akan turun ke jurang maut?," yaitu: untuk membawa Kristus naik dari antara orang mati.

Luk 8:31
31 Lalu setan-setan itu memohon kepada Yesus, supaya Ia jangan memerintahkan mereka masuk ke dalam jurang maut.

Bintang yang jatuh dari langit keatas bumi.
Siapakah bintang yang jatuh ini ?
Yang jelas ini bukan bintang biasa yang ada dilangit biru sana.
Sebab bintang itu diberikan kuasa untuk melepaskan belalang-belalang dari jurang maut.

Apakah bintang ini Iblis?
Sebab Iblis adalah malaikat yang jatuh, seperti yang dikatakan
Yesaya 14:12-15.
12  "Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!
13  Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara.
14  Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi!
15  Sebaliknya, ke dalam dunia orang mati engkau diturunkan, ke tempat yang paling dalam di liang kubur.

Tuhan Yesus juga pernah mengatakan bahwa Iblis itu seperti kilat yang jatuh dari langit.
Luk 10:18
18 Lalu kata Yesus kepada mereka: "Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit.

Rasul Petrus juga mengatakan hal yang sama tentang malaikat yang berbuat dosa yang dilemparkan ke neraka.
2 Pet 2:4
4  Sebab jikalau Allah tidak menyayangkan malaikat-malaikat yang berbuat dosa tetapi melemparkan mereka ke dalam neraka dan dengan demikian menyerahkannya ke dalam gua-gua yang gelap untuk menyimpan mereka sampai hari penghakiman;

Surat Yudas ayat 6 juga menyebutkan tentang malaikat-malaikat yang tidak taat.

Kembali pada Why 9: Mengapa Tuhan mengutus malaikat ini untuk membuka pintu lubang Abussos (jurang maut)
Kalau dia malaikat jahat mengapa dipakai untuk melaksanakan hukuman Allah?

Tapi Allah itu berdaulat untuk memakai siapa saja untuk melaksanakan perintah / hukuman-Nya
Contoh: Allah memakai Nebukatnezar Raja Babel.
Yer 25:9
9 sesungguhnya, Aku akan mengerahkan semua kaum dari utara  —  demikianlah firman TUHAN  —  menyuruh memanggil Nebukadnezar, raja Babel, hamba-Ku itu; Aku akan mendatangkan mereka melawan negeri ini, melawan penduduknya dan melawan bangsa-bangsa sekeliling ini, yang akan Kutumpas dan Kubuat menjadi kengerian, menjadi sasaran suitan dan menjadi ketandusan untuk selama-lamanya.

Sekarang kita akan melihat isi dari jurang maut ini: Why 9:2-6.
Belalang-belalang yang diberikan kuasa sama seperti kuasa kalajengking-kalajengking di bumi.

Belalang adalah binatang perusak tanaman.
Ul 28:38
38 Banyak benih yang akan kaubawa ke ladang, tetapi sedikit hasil yang akan kaukumpulkan, sebab belalang akan menghabiskannya.

Masih ingatkah kita tentang tulah belalang? Kel 10:3-6,14-15.
3  Lalu Musa dan Harun pergi menghadap Firaun dan berkata kepadanya: "Beginilah firman TUHAN, Allah orang Ibrani: Berapa lama lagi engkau menolak untuk merendahkan dirimu di hadapan-Ku? Biarkanlah umat-Ku pergi supaya mereka beribadah kepada-Ku.
4  Sebab jika engkau menolak membiarkan umat-Ku pergi, maka besok Aku akan mendatangkan belalang-belalang ke dalam daerahmu;
5  belalang itu akan menutupi permukaan bumi, sehingga orang tidak dapat melihat tanah; belalang itu akan memakan habis sisa yang terluput, yang masih tinggal bagimu dari hujan es itu, bahkan akan memakan habis segala pohonmu yang tumbuh di padang.
6  Belalang itu akan memenuhi rumahmu, rumah semua pegawaimu, rumah semua orang Mesir seperti yang belum pernah dilihat oleh bapamu dan nenek moyangmu, sejak mereka lahir ke bumi sampai hari ini." Lalu berpalinglah ia dan keluar meninggalkan Firaun.

Yoel 1:4 (Jenis-jenis belalang)
4 Apa yang ditinggalkan belalang pengerip telah dimakan belalang pindahan, apa yang ditinggalkan belalang pindahan telah dimakan belalang pelompat, dan apa yang ditinggalkan belalang pelompat telah dimakan belalang pelahap.

Semua jenis belalang ini merupakan binatang perusak tanaman-tanaman.
Tuhan berjanji kepada umat-Nya untuk melindungi tanaman-tanaman mereka, asal umat Allah kembali kepada-Nya.
Mal 3:11
11 Aku akan menghardik bagimu belalang pelahap, supaya jangan dihabisinya hasil tanahmu dan supaya jangan pohon anggur di padang tidak berbuah bagimu, firman TUHAN semesta alam.

Kalau belalang sesungguhnya yang menjadi sasaran adalah tanaman-tanaman  / pohon-pohonan. Tapi belalang dalam Why 9 ini justru dilarang untuk merusak tanaman-tanaman, juga tumbuh-tumbuhan di bumi, melainkan hanya manusia yang tidak memakai meterai Allah di dahinya.
Jadi sasaran belalang-belalang ini adalah manusia yang tidak memakai meterai Allah.
Why 7:1-3 meterai pada dahi.
1  Kemudian dari pada itu aku melihat empat malaikat berdiri pada keempat penjuru bumi dan mereka menahan keempat angin bumi, supaya jangan ada angin bertiup di darat, atau di laut atau di pohon-pohon.
2  Dan aku melihat seorang malaikat lain muncul dari tempat matahari terbit. Ia membawa meterai Allah yang hidup; dan ia berseru dengan suara nyaring kepada keempat malaikat yang ditugaskan untuk merusakkan bumi dan laut,
3  katanya: "Janganlah merusakkan bumi atau laut atau pohon-pohon sebelum kami memeteraikan hamba-hamba Allah kami pada dahi mereka!"

Meterai pada dahi ini tidak lain adalah membaharui cara berpikir kita.
Ef 4:23
23 supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu,

Orang-orang yang termeterai dengan meterai Allah ini adalah orang-orang yang telah dibaharui roh dan pikirannya, dan mengenakan manusia baru (ayat 24)
24 dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.

Belalang ini diberi kuasa untuk menyiksa manusia yang tidak memakai meterai pada dahinya. Dan siksaan itu seperti tersengat kalajengking
Why 9:5
5  Dan mereka diperkenankan bukan untuk membunuh manusia, melainkan hanya untuk menyiksa mereka lima bulan lamanya, dan siksaan itu seperti siksaan kalajengking, apabila ia menyengat manusia.

Kalajengking ini termasuk binatang yang berbisa, segolongan dengan ular berbisa, dan binatang-binatang ini sudah ditaklukan oleh kuasa Tuhan.
Luk 10:19
19  Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu.

Sengat kalajengking yang menyiksa manusia selama 5 bulan.
Rupa belalang: Why 9:7-10
7  Dan rupa belalang-belalang itu sama seperti kuda yang disiapkan untuk peperangan, dan di atas kepala mereka ada sesuatu yang menyerupai mahkota emas, dan muka mereka sama seperti muka manusia,
8  dan rambut mereka sama seperti rambut perempuan dan gigi mereka sama seperti gigi singa,
9  dan dada mereka sama seperti baju zirah, dan bunyi sayap mereka bagaikan bunyi kereta-kereta yang ditarik banyak kuda, yang sedang lari ke medan peperangan.
10  Dan ekor mereka sama seperti kalajengking dan ada sengatnya, dan di dalam ekor mereka itu terdapat kuasa mereka untuk menyakiti manusia, lima bulan lamanya.

Belalang ini mempunyai rupa kombinasi. Antara lain:
Kuda-manusia-singa & kalajengking.
Jadi ini merupakan mahluk yang aneh. Dan mahluk-mahluk ini diperintahkan oleh seorang raja malaikat jurang maut, namanya Abadon (Ibrani) Apolion (Yun) Artinya : Pembinasa.
Alkitab mengatakan bahwa si pembinasa itu adalah antikrist.
Mat 24:15-22
15  "Jadi apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman yang disampaikan oleh nabi Daniel  —  para pembaca hendaklah memperhatikannya  —
16  maka orang-orang yang di Yudea haruslah melarikan diri ke pegunungan.
17  Orang yang sedang di peranginan di atas rumah janganlah ia turun untuk mengambil barang-barang dari rumahnya,
18  dan orang yang sedang di ladang janganlah ia kembali untuk mengambil pakaiannya.
19  Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu.
20  Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat.
21  Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi.
22  Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan waktu itu akan dipersingkat.

Kita kan terhindar dari belalang ini jika kita menerima meterai Allah.

Semoga Roh Kudus memberikan pencerahan dalam hati kita semua untuk dapat mengerti akan firman Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati.