Translate

7 Des 2014

Pendalaman Alkitab. 5 Desember 2014. Serban Dengan Pelat Emas

 Mengukir pada patam




Pendalaman Alkitab.  5 Desember 2014
SERBAN DENGAN PLAT EMAS.
KEL 28:36-38
36  Juga haruslah engkau membuat patam dari emas murni dan pada patam itu kau ukirkanlah, diukirkan seperti meterai: Kudus bagi TUHAN.
37  Haruslah patam itu engkau beri bertali ungu tua, dan haruslah itu dilekatkan pada serban, di sebelah depan serban itu.
38  Patam itu haruslah ada pada dahi Harun, dan Harun harus menanggung akibat kesalahan terhadap segala yang dikuduskan oleh orang Israel, yakni terhadap segala persembahan kudusnya; maka haruslah patam itu tetap ada pada dahinya, sehingga TUHAN berkenan akan mereka.

Patam = plat.
Pada plat itu ada terukir kata: “Kudus Bagi Tuhan”
Mengapa Imam Besar harus menggunakan plat ini?
Maksudnya untuk menanggung segala kesalahan / dosa dari hal-hal yang tidak suci, dimana orang-orang Israel itu harus di sucikan.

Tugas dari Imam Besar ini adalah sebagai seorang pengantara yang menghubungkan antara manusia dengan Allah.

Ayat-ayat yang ada hubungannya dengan plat/meterai:
Why 7:3
3 katanya: "Janganlah merusakkan bumi atau laut atau pohon-pohon sebelum kami memeteraikan hamba-hamba Allah kami pada dahi mereka!"

Why 14:1
1  Dan aku melihat: sesungguhnya, Anak Domba berdiri di bukit Sion dan bersama-sama dengan Dia seratus empat puluh empat ribu orang dan di dahi mereka tertulis nama-Nya dan nama Bapa-Nya.

Why 22:4
4 dan mereka akan melihat wajah-Nya, dan nama-Nya akan tertulis di dahi mereka.

Anak-anak Allah dimeterai pada dahinya nama dari Bapa dan nama dari Anak.

Pada plat itu diukir huruf yang tidak dapat dihapus.
Begitu dengan nama Tuhan itu akan di ukirkan pada pikiran anak-anak Allah.
Ini suatu penetrapan yang tidak bisa diubah, jadi kehidupan suci itu perlu di tetapkan.

Bukan kesucian yang labil, kesucian itu penting terjadi pada gereja-Nya.
Dimana zaman akhir ini yang mana Allah akan mencurahkan hukumannya, dan hukuman itu tidak terkena pada orang-orang pilihannya, sebab mereka telah menggunakan meterai atas dahinya. Ketetapan ini tidak bisa berubah.

Kebaikan – kesucian begitu juga dengan kejahatan dan  kenajisan.

Pada antikrist juga ada meterai yaitu 666 yang dimeteraikan pada dahinya dan tanganya. Ini juga merupakan ketetapan dari antikrist.

Itu sebabnya jangan ibadah kita lemah, harus ada isinya, seperti isi dalam Ruangan Suci yaitu persekutuan dengan Firman Allah = Meja Roti Pertunjukkan
Urapan dan kepenuhan Roh Kudus = Pelita Mas dan penyembahan = Mezbah Dupa.

Hidup yang disalut dengan iman – harap dan kasih, agar kita tidak terkena meterainya antikrist. Itu sebabnya kita harus mengenakan meterai dari Allah.

Why 7:3
3 katanya: "Janganlah merusakkan bumi atau laut atau pohon-pohon sebelum kami memeteraikan hamba-hamba Allah kami pada dahi mereka!"

Meterai dari Allah itu terlebih dahulu harus terjadi. 144.000 hamba-hamba Allah yang mendapatkan meterai, artinya mendapat jaminan dari Allah.

Why 14:1-5
1  Dan aku melihat: sesungguhnya, Anak Domba berdiri di bukit Sion dan bersama-sama dengan Dia seratus empat puluh empat ribu orang dan di dahi mereka tertulis nama-Nya dan nama Bapa-Nya.
2  Dan aku mendengar suatu suara dari langit bagaikan desau air bah dan bagaikan deru guruh yang dahsyat. Dan suara yang kudengar itu seperti bunyi pemain-pemain kecapi yang memetik kecapinya.
3  Mereka menyanyikan suatu nyanyian baru di hadapan takhta dan di depan keempat makhluk dan tua-tua itu, dan tidak seorangpun yang dapat mempelajari nyanyian itu selain dari pada seratus empat puluh empat ribu orang yang telah ditebus dari bumi itu.
4  Mereka adalah orang-orang yang tidak mencemarkan dirinya dengan perempuan-perempuan, karena mereka murni sama seperti perawan. Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Mereka ditebus dari antara manusia sebagai korban-korban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba itu.
5  Dan di dalam mulut mereka tidak terdapat dusta; mereka tidak bercela.

Meterai pada dahi  : 144.000 perawan ditebus dari bumi dan manusia.

Jadi hukum alam dan manusia itu tidak berlaku bagi mereka.
Tuhan akan lepaskan dari hukum-hukum alam dan manusia.
Jadi
Gereja Tuhan nanti tidak lagi dibebani oleh dosa, sehingga nanti akan mengikuti jejak dari Anak Domba = mati dan bangkit.
144.000 orang ini menduduki kedudukan khusus dalam tubuh Kristus, sedangkan pada kita itu lain, tapi ada juga dalam pembentukan tubuh itu.

Rm 11:25-29
25  Sebab, saudara-saudara, supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai, aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini: Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk.
26  Dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis: "Dari Sion akan datang Penebus, Ia akan menyingkirkan segala kefasikan dari pada Yakub.
27  Dan inilah perjanjian-Ku dengan mereka, apabila Aku menghapuskan dosa mereka."
28  Mengenai Injil mereka adalah seteru Allah oleh karena kamu, tetapi mengenai pilihan mereka adalah kekasih Allah oleh karena nenek moyang.
29  Sebab Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya.

Rm 11:11
11 Maka aku bertanya: Adakah mereka tersandung dan harus jatuh? Sekali-kali tidak! Tetapi oleh pelanggaran mereka, keselamatan telah sampai kepada bangsa-bangsa lain, supaya membuat mereka cemburu.

Orang Israel yang tegar tengkuk.

2 Tes 2:3-4
3  Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa,
4  yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah.

Antikrist yang akan berkuasa di Yerusalem.
Why 13:15-18 Tanda dari antikrist 666.
15  Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh.
16  Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya,
17  dan tidak seorangpun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.
18  Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.

Menghadapi kenyataan dari pekerjaan antikrist ini, maka janganlah kita lamban.
Ibr 5:10-14
10  dan Ia dipanggil menjadi Imam Besar oleh Allah, menurut peraturan Melkisedek.
11  Tentang hal itu banyak yang harus kami katakan, tetapi yang sukar untuk dijelaskan, karena kamu telah lamban dalam hal mendengarkan.
12  Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras.
13  Sebab barangsiapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran, sebab ia adalah anak kecil.
14  Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.

Agar kita terhindar dari zaman antikrist, kita mau tingkatkan rohani kita lewat pengajaran Imam Besar.
Bicara soal Imam Besar ini kita diingatkan akan hubungan Ibrahim dengan Melkisedek, pada waktu itu ia menyerahkan 1/10.          
Kej 14:17-20
17  Setelah Abram kembali dari mengalahkan Kedorlaomer dan para raja yang bersama-sama dengan dia, maka keluarlah raja Sodom menyongsong dia ke lembah Syawe, yakni Lembah Raja.
18  Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi.
19  Lalu ia memberkati Abram, katanya: "Diberkatilah kiranya Abram oleh Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi,
20  dan terpujilah Allah Yang Mahatinggi, yang telah menyerahkan musuhmu ke tanganmu." Lalu Abram memberikan kepadanya sepersepuluh dari semuanya.

Tuhan meghendaki kita tidak seperti kanak-kanak lagi yang bisa diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, tetapi menjadi dewasa penuh. Ef 4:14-16
14  sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,
15  tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.
16  Dari pada-Nyalah seluruh tubuh,  —  yang rapi tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota  —  menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.

Plat itu ditulis dengan bahasa Ibrani “Kesucian Tuhan”
Itu sebetulnya nama Tuhan, seperti nama yang ditulis pada dahi.
Nama itu sudah diplokamirkan oleh Tuhan Yesus pada manusia.
Kalau dulu nama sebutan itu : “Aku ada yang Aku ada”

Dalam doa imamatnya Tuhan Yesus berkata:
“Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang”
Yoh 17:6
5  Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu.

Nama itu diberikan / di capkan supaya kepastian menjadi milik Tuhan itu jelas.

Kis 2:36 Nama dari Tuhan Yesus Kristus.
36 Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."

Mat 12:21 Orang kafir hidupnya akan ada pengharapan karena didalam nama-Nya.
21 Dan pada-Nyalah bangsa-bangsa akan berharap."

Ef 2:11-13,16 Bangsa kafir tanpa pengharpan, sekarang dilibatkan dalam nama-Nya.
11  Karena itu ingatlah, bahwa dahulu kamu  —  sebagai orang-orang bukan Yahudi menurut daging, yang disebut orang-orang tak bersunat oleh mereka yang menamakan dirinya "sunat," yaitu sunat lahiriah yang dikerjakan oleh tangan manusia,  —
12  bahwa waktu itu kamu tanpa Kristus, tidak termasuk kewargaan Israel dan tidak mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan yang dijanjikan, tanpa pengharapan dan tanpa Allah di dalam dunia.
13  Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu "jauh," sudah menjadi "dekat" oleh darah Kristus.
16  dan untuk memperdamaikan keduanya, di dalam satu tubuh, dengan Allah oleh salib, dengan melenyapkan perseteruan pada salib itu.

Mat 18:5 Nama dalam anak yang diterima itu.
6  Dan barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku."

Bila kita berhimpun dalam nama-Nya : dua tiga orang, Tuhan ada ditengah-tengahnya.
Dua = suami istri.
Tiga = keluarga.

Mat 18:20
20 Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka."

Rm 8:31-32 Namanya yang disertakan berkat-berkat-Nya.
31  Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?
32  Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia?

Kalau rumah tangga itu rukun / bersatu itu merupakan penampung berkat, tapi kalau rumah tangga itu saling bertentangan itu = menolak berkat.

Mark 9:39 Mujizat dengan nama-Nya.
39 Tetapi kata Yesus: "Jangan kamu cegah dia! Sebab tidak seorangpun yang telah mengadakan mujizat demi nama-Ku, dapat seketika itu juga mengumpat Aku.

Mark 16:17-18 Mengusir setan demi nama-Ku
17  Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,
18  mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."

Yoh 16:23-27 Berdoa demi nama-Nya pasti berhasil.
23  Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku.
24  Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.
25  Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu.
26  Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,
27  sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.

Yoh 20:31 Beroleh hidup dalam nama-Nya.
31 tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.

Rm 10:13 Selamat juga menyeru nama-Nya.
12 Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan.

Yak 5:14 Mengoles minyak didalam nama-Nya.
13 Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan.

1 Yoh 2:12 Diampuni oleh sebab nama-Nya.
12  Aku menulis kepada kamu, hai anak-anak, sebab dosamu telah diampuni oleh karena nama-Nya.

1 Yoh 5:13 Percaya dalam nama Anak-Nya.
13  Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal.

Kol 3:17 Segala sesuatu dalam nama-Nya.
17 Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

Nama untuk kita adalah penanggung dari segala kesalahan kita.
Pil 2:7-11 Segala lidah akan mengaku bahwa Yesus Kristus itu Tuhan bagi kemulyaan Allah Bapa.
7  melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.
8  Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.
9  Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,
10  supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,
11  dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Why 5:8-14 Segala mahluk di Sorga - di bumi dan di bawah bumi semua memuja Tuhan.
8  Ketika Ia mengambil gulungan kitab itu, tersungkurlah keempat makhluk dan kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Anak Domba itu, masing-masing memegang satu kecapi dan satu cawan emas, penuh dengan kemenyan: itulah doa orang-orang kudus.
9  Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.
10  Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi."
11  Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-ribu laksa,
12  katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian!"
13  Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"
14  Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin". Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.

Mahluk yang tertinggi di Sorga adalah 4 Zat, kemudian 24 tua-tua dan orang-orang suci serta semua orang yang di sorga itu menyembah Dia.

Tuhan Yesus memberkati.