Translate

14 Des 2014

Pendalaman Alkitab. 12 Desember 2014. Tampal Dada Hukum



Pendalaman Alkitab.  12 Desember 2014
TAMPAL DADA HUKUM.

Kel 28:15-30
15  Haruslah engkau membuat tutup dada pernyataan keputusan: buatan seorang ahli. Buatannya sama dengan baju efod, demikianlah harus engkau membuatnya, yakni dari emas, kain ungu tua, kain ungu muda, kain kirmizi dan lenan halus yang dipintal benangnya haruslah engkau membuatnya.
16  Haruslah itu empat persegi, lipat dua, sejengkal panjangnya dan sejengkal lebarnya.
17  Haruslah kautatah itu dengan permata tatahan, empat jajar permata: permata yaspis merah, krisolit, malakit, itulah jajar yang pertama;
18  jajar yang kedua: permata batu darah, lazurit, yaspis hijau;
19  jajar yang ketiga: permata ambar, akik, kecubung,
20  jajar yang keempat: permata pirus, krisopras dan nefrit. Dengan berikatkan emas, demikianlah permata-permata itu dalam tatahannya.
21  Sesuai dengan nama para anak Israel, permata itu haruslah dua belas banyaknya; dan pada tiap-tiap permata haruslah ada, diukirkan seperti meterai, nama salah satu suku dari yang dua belas itu.
22  Juga haruslah kaubuat untuk tutup dada itu untai berpilin, yang buatannya sebagai tali berjalin, dari emas murni.
23  Juga haruslah kaubuat untuk tutup dada itu dua gelang emas dan kedua gelang itu harus kaupasang pada kedua ujung tutup dada.
24  Haruslah kedua untai emas yang berjalin itu kaupasang pada kedua gelang itu, pada ujung tutup dada.
25  Kedua ujung lain dari kedua untai berjalin itu haruslah kaupasang pada kedua ikat emas itu, demikianlah kaupasang pada tutup bahu baju efod, di sebelah depannya.
26  Haruslah engkau membuat dua gelang emas dan membubuhnya pada kedua ujung tutup dada itu, pada pinggirnya yang sebelah dalam, yang berhadapan dengan baju efod.
27  Juga haruslah engkau membuat dua gelang emas dan memasangnya pada kedua tutup bahu baju efod, di sebelah bawah pada bagian depan, dekat ke tempat persambungannya, di sebelah atas sabuk baju efod.
28  Kemudian haruslah tutup dada itu dengan gelangnya diikatkan kepada gelang baju efod dengan memakai tali ungu tua, sehingga tetap di atas sabuk baju efod, dan tutup dada itu tidak dapat bergeser dari baju efod.
29  Demikianlah di atas jantungnya harus dibawa Harun nama para anak Israel pada tutup dada pernyataan keputusan itu, apabila ia masuk ke dalam tempat kudus, supaya menjadi tanda peringatan yang tetap di hadapan TUHAN.
30  Dan di dalam tutup dada pernyataan keputusan itu haruslah kautaruh Urim dan Tumim; haruslah itu di atas jantung Harun, apabila ia masuk menghadap TUHAN, dan Harun harus tetap membawa keputusan bagi orang Israel di atas jantungnya, di hadapan TUHAN.

Tampal dada hukum ini tempatnya ada diatas jantung. Kalau ini dilihat dari anggota tubuh, maka ini adalah bagian yang penting.

Sebelum mata itu memperhatikan pakaian yang lain, maka pertama-tama yang menarik perhatian orang adalah tampal dada ini, bagian yang terindah, lebih dari pakaian lain-lain.

Ini harus menarik perhatian kita yang terutama, karena bentuk wujudnya yang paling indah, juga letaknya yang menarik perhatian itu. Ini merupakan tampal dada persegi empat, yaitu sejengkal.

Warnanya = warnanya efod, seperti juga warna pada ikat pinggang.
Karena warnanya berbagai-bagai itulah yang menjadi daya tarik kita. Begitu juga dengan warna dari pribadi Kristus.

Khusus pada tampal dada ini ada warna alamiah yang dipancarkan oleh 12 batu-batu permata yang berharga.                           Kel 28:17-20
17  Haruslah kautatah itu dengan permata tatahan, empat jajar permata: permata yaspis merah, krisolit, malakit, itulah jajar yang pertama;
18  jajar yang kedua: permata batu darah, lazurit, yaspis hijau;
19  jajar yang ketiga: permata ambar, akik, kecubung,
20  jajar yang keempat: permata pirus, krisopras dan nefrit. Dengan berikatkan emas, demikianlah permata-permata itu dalam tatahannya.

Batu-batu itu punya daya tarik yang memikat, terutama Tuhan sangat tertarik, sebab letaknya tidak terlalu jauh antara dada dengan mata.
Ef 5:27
27 supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.

Jemaat itu menarik perhatian Tuhan yaitu sidang mempelai perempuan – Nya.
Kita diajar untuk menggunakan mata kita melihat pengajaran yang dibukakan lebih dari hal-hal yang lain, seperti perhatian kita pada dada ini.

Kalau Tuhan (Imam Besar) itu tertarik dengan tampal dada itu, lebih-lebih kita harus tertarik untuk masuk dalam pembentukan tubuh Kristus.

Tampal dada ini persoalan hati. Kalau plat itu ada pada kepala = pikiran.
Yohanes pernah bersandar pada dada Yesus, seperti menjadi buah hatinya Tuhan.
Yoh 13:23
23 Seorang di antara murid Yesus, yaitu murid yang dikasihi-Nya, bersandar dekat kepada-Nya, di sebelah kanan-Nya.

Ini merupakan kegenapan dari tampal dada Imam Besar.

Why 1 s/d fs 12 (Peti Perjanjian dengan isinya yang murni)
 Why 13 s/d 22 (Peti Perjanjian dengan isinya yang palsu )

Ini kitab buah karya Yohanes, rasul yang dikasihi Tuhan.
Why 21  =  Yerusalem Baru.
Why 18  =  perempuan Babil = sundal besar.
Yohanes yang pernah mendengar detak jantungnya Tuhan (detak kasih) pada waktu Yohanes ini bersandar pada dada Tuhan.

Itu sebabnya kasih kita harus ditingkatkan sehingga rohani kita bisa merasakan detak kasihnya Tuhan.
Kita harus ada pengalaman terkena cengkraman kasihnya Tuhan.

Ukuran dari Tampal Dada itu sejengkal (=23 cm)
Panjang tubuh dari kaki sampai dengan leher = 7 jengkal.

Kol 1:18, 24 Kristus sebagai kepala dan sidang-Nya sebagai tubuh.
18 Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu.
24 Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang pada penderitaan Kristus, untuk tubuh-Nya, yaitu jemaat.

Dalam tubuh manusia ini ada pengertian rohani.
Realisasi dari sidang menjadi sidang mempelai perempuan Tuhan itu berjalan dalam kurun waktu 7.000 tahun (= sejengkal) = 1.000 tahun. 7.000 thn berarti masuk dalam kerajaan 1.000 thn.

Kota Yerusalem Baru = 4 segi.
Mempelai itu hasil dari ciptaan Tuhan, seperti Tuhan menciptakan manusia pada hari ke 6, tapi selengkapnya dengan perhentian itu = hari ke 7.
Kej 2:1-3
1 Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya.
2  Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu.
3  Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu.

Kej 1:31
31  Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.

Untuk menyempurnakan pekerjaan-Nya itu termasuk hari ke 7 (ayat 3)
Setelah 7.000 thn baru Yerusalem Baru.

Tuhan itu memperhatikan seluruh bentuk tubuh-Nya mulai dari kaki sampai sampai dengan kepala.
Kid 6:4-7 Wajah diperhatikan
4  Cantik engkau, manisku, seperti kota Tirza, juita seperti Yerusalem, dahsyat seperti bala tentara dengan panji-panjinya.
5  Palingkanlah matamu dari padaku, sebab aku menjadi bingung karenanya. Rambutmu bagaikan kawanan kambing yang bergelombang turun dari Gilead.
6  Gigimu bagaikan kawanan domba, yang keluar dari tempat pembasuhan, yang beranak kembar semuanya, yang tak beranak tak ada.
7  Bagaikan belahan buah delima pelipismu di balik telekungmu.


Kid 7:1-5 Pandangan Tuhan dalam bentuk tubuh.
1  Betapa indah langkah-langkahmu dengan sandal-sandal itu, puteri yang berwatak luhur! Lengkung pinggangmu bagaikan perhiasan, karya tangan seniman.
2  Pusarmu seperti cawan yang bulat, yang tak kekurangan anggur campur. Perutmu timbunan gandum, berpagar bunga-bunga bakung.
3  Seperti dua anak rusa buah dadamu, seperti anak kembar kijang.
4  Lehermu bagaikan menara gading, matamu bagaikan telaga di Hesybon, dekat pintu gerbang Batrabim; hidungmu seperti menara di gunung Libanon, yang menghadap ke kota Damsyik.
5  Kepalamu seperti bukit Karmel, rambut kepalamu merah lembayung; seorang raja tertawan dalam kepang-kepangnya.
6  Betapa cantik, betapa jelita engkau, hai tercinta di antara segala yang disenangi.
7  Sosok tubuhmu seumpama pohon korma dan buah dadamu gugusannya.
8  Kataku: "Aku ingin memanjat pohon korma itu dan memegang gugusan-gugusannya Kiranya buah dadamu seperti gugusan anggur dan nafas hidungmu seperti buah apel.
9  Kata-katamu manis bagaikan anggur!" Ya, anggur itu mengalir kepada kekasihku dengan tak putus-putusnya, melimpah ke bibir orang-orang yang sedang tidur!
10  Kepunyaan kekasihku aku, kepadaku gairahnya tertuju.
11  Mari, kekasihku, kita pergi ke padang, bermalam di antara bunga-bunga pacar!
12  Mari, kita pergi pagi-pagi ke kebun anggur dan melihat apakah pohon anggur sudah berkuncup, apakah sudah mekar bunganya, apakah pohon-pohon delima sudah berbunga! Di sanalah aku akan memberikan cintaku kepadamu!
13  Semerbak bau buah dudaim; dekat pintu kita ada pelbagai buah-buah yang lezat, yang telah lama dan yang baru saja dipetik. Itu telah kusimpan bagimu, kekasihku!

12 permata itu menunjuk 12 rasul:
Pada Yerusalem Baru itu ada 2x 12 = Why 21:12-16
12  Dan temboknya besar lagi tinggi dan pintu gerbangnya dua belas buah; dan di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua belas malaikat dan di atasnya tertulis nama kedua belas suku Israel.
13  Di sebelah timur terdapat tiga pintu gerbang dan di sebelah utara tiga pintu gerbang dan di sebelah selatan tiga pintu gerbang dan di sebelah barat tiga pintu gerbang.
14  Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.
15  Dan ia, yang berkata-kata dengan aku, mempunyai suatu tongkat pengukur dari emas untuk mengukur kota itu serta pintu-pintu gerbangnya dan temboknya.
16  Kota itu bentuknya empat persegi, panjangnya sama dengan lebarnya. Dan ia mengukur kota itu dengan tongkat itu: dua belas ribu stadia; panjangnya dan lebarnya dan tingginya sama.

Yerusalem Baru yang punya ukuran 4 segi.
12 Rasul hujan awal = 12 suku Israel (ayat 12)
12 Rasul hujan akhir = 12 Rasul Anak Domba (ayat 14)

Mengapa ada 12 Rasul hujan awal dan 12 Rasul hujan akhir ?
Why 4:4
4 Dan sekeliling takhta itu ada dua puluh empat takhta, dan di takhta-takhta itu duduk dua puluh empat tua-tua, yang memakai pakaian putih dan mahkota emas di kepala mereka.

Pada tampal dada itu ada 2 benda yang bernama Urim dan Tumim.
Kel 28:30
30  Dan di dalam tutup dada pernyataan keputusan itu haruslah kautaruh Urim dan Tumim; haruslah itu di atas jantung Harun, apabila ia masuk menghadap TUHAN, dan Harun harus tetap membawa keputusan bagi orang Israel di atas jantungnya, di hadapan TUHAN.

Urim = artinya Cahaya/ terang.
Tumim = artinya kesempurnaan, itulah hukuman.

Cahaya yang lemah lembut yang membukakan, dan juga kesempurnaan.
Ibr 4:12-13 Firman Allah itu hidup dan kuat.
12  Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.
13  Dan tidak ada suatu makhlukpun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab.

Firman Allah itu pekerjaannya seperti Tumim: pekerjaan yang menyempurnakan / hukuman.
Pekerjaannya seperti Urim : terang, tidak ada yang tersembunyi dihadapan-Nya.

Pakaian Imam: Kel 28::40-43
40  Juga bagi anak-anak Harun haruslah kaubuat kemeja-kemeja dan haruslah kaubuat ikat-ikat pinggang bagi mereka, dan destar-destar haruslah kaubuat bagi mereka untuk menjadi perhiasan kemuliaan.
41  Maka semuanya itu haruslah kaukenakan kepada abangmu Harun bersama-sama dengan anak-anaknya, kemudian engkau harus mengurapi, mentahbiskan dan menguduskan mereka, sehingga mereka dapat memegang jabatan imam bagi-Ku.
42  Buatlah celana-celana lenan bagi mereka untuk menutupi daging auratnya: celana itu haruslah dari pinggang sampai paha panjangnya.
43  Harun dan anak-anaknya haruslah memakainya, apabila mereka masuk ke dalam Kemah Pertemuan atau apabila mereka datang ke mezbah untuk menyelenggarakan kebaktian di tempat kudus, supaya mereka jangan membawa kesalahan kepada dirinya, lalu mati. Itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya baginya dan bagi keturunannya."

Ini pakaian pelayanan yang harus dipakai, agar jangan mati:
Ini merupakan pakaian pelayanan (khusus) bukan pakaian sembarangan.

Kalau ada pakaian Imam Besar, disini ada pakaian Imam-imam.
Kalau Imam Besar itu Tuhan Yesus, maka disediakan jabatan imam-imam.
Ibr 4:14
14 Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita.

Jadi Imam-imam tidak hanya pada Perjanjian Lama, tapi juga pada zaman gereja-Nya.
1 Pet 2:9 Imamat yang rajani.
9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

Jadi untuk gereja Tuhan harus ada pekerjaan Imamat yang menjadikan kita jadi imam dan raja.
Why 1:6
5 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya,  —  bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.

Why 5:9-10
9  Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.
10  Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi."

Jadi pakaian Imam itu menunjuk kedudukan imam dalam tubuh Kristus.
Pakaian Imam = Pakaian putih.
Kalau Imam Besar Harun masuk Ruang Maha Suci ia tidak boleh pakai pakaian lain kecuali pakaian putih ini.
Mat 17:1-2
1  Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes saudaranya, dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendiri saja.
2  Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka; wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang.

Pakaian putih yang dipakai oleh Tuhan Yesus juga dipakai oleh sidang mempelainya.
Why 12:1
1  Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.

Pakaian dalam yang menutup daging = menghentikan nafsu daging.
Pengetrapannya ada dalam Injil Mat 19:13-15 (“Tampal dada Imam Besar”)
13  Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan mendoakan mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu.
14  Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga."

Anak-anak jangan dilarang datang kepada-Ku.
Ini kegenapannya pada Why 12 anak laki-laki lahir yang disambar dan dibawa kepada tahta Allah (kerajaan Sorga).

Hal ini terjadi sebagai ketentuan Tuhan, yaitu Anak itu yang punya kerajaan Sorga.

Suasana anak-anak itu harus ada dalam gereja Tuhan .
Itulah kehidupan yang suka menyeru / memuji nama Tuhan  dengan kepolosannya.
Itu merupakan keadaan gereja Tuhan yang bisa mengalahkan lawan.

Mat 21:12-16
12  Lalu Yesus masuk ke Bait Allah dan mengusir semua orang yang berjual beli di halaman Bait Allah. Ia membalikkan meja-meja penukar uang dan bangku-bangku pedagang merpati
13  dan berkata kepada mereka: "Ada tertulis: Rumah-Ku akan disebut rumah doa. Tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun."
14  Maka datanglah orang-orang buta dan orang-orang timpang kepada-Nya dalam Bait Allah itu dan mereka disembuhkan-Nya.
15  Tetapi ketika imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat melihat mujizat-mujizat yang dibuat-Nya itu dan anak-anak yang berseru dalam Bait Allah: "Hosana bagi Anak Daud!" hati mereka sangat jengkel,
16  lalu mereka berkata kepada-Nya: "Engkau dengar apa yang dikatakan anak-anak ini?" Kata Yesus kepada mereka: "Aku dengar; belum pernahkah kamu baca: Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu Engkau telah menyediakan puji-pujian?"

Ayat 15 : anak-anak yang berseru dalam Bait Allah.

Kalau ada penyembuhan mata buta dibukakan dan timpang berjalan; ini praktek penyucian dalam sidang.

Kalau ada perkara-perkara ini, maka ada pembukaan mata = Meja Roti Pertunjukkan.
Timpang dibuat jalan (=laku yang sehat) = Pelita Mas
Anak-anak memuji Tuhan = Mezbah Dupa

Maz 8:3 Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu kau letakkan dasar kekuatan untuk lawanmu.

Kita diajar untuk memperhatikan anak .
Maz 127:1-5
1 Nyanyian ziarah Salomo. Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga.
2  Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah  —  sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur.
3  Sesungguhnya, anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada TUHAN, dan buah kandungan adalah suatu upah.
4  Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda.
5  Berbahagialah orang yang telah membuat penuh tabung panahnya dengan semuanya itu. Ia tidak akan mendapat malu, apabila ia berbicara dengan musuh-musuh di pintu gerbang.

Membangun rumah= rumah tangga/nikah.
Nikah disini dibicarakan, sebab nanti akan bicara soal buah nikah.
Kalau Tuhan tidak menjaga kota:
Kota = lebih besar dari pada rumah.
Kota ini menunjuk gereja Tuhan yang lebih besar daripada rumah tangga.

Ayat 2 = Pada waktu tidur : Ini bicara soal penyerahan.
Sama seperti yang dialami Yusuf pada saat ia meragukan keperawanan Maria, itu Tuhan sadarkan lewat mimpinya pada waktu tidur.

Menjaga kota= mengatur gereja dengan kekuatan sendiri.
Gereja yang terbangun dengan sia-sia sebab tidak ada isi = seperti anak-anak itu menjadi isi / milik pusaka.
Anak-anak dalam gereja itu = sidang jemaat.

Anak panah yang punya tempat yang khusus (ayat 5) = adalah wadah bagi perkembangan rohani dari sidang jemaat.
Sidang jemaat itu bagaikan terlindung.
Anak-anak yang kita anggap sebagai pusaka dari Tuhan.

Itu sebabnya murid-murid Tuhan tidak mengerti soal anak-anak yang dibawa kepada Tuhan.
Sebenarnya sidang jemaat itu bisa dipakai oleh Tuhan untuk pembangunan tubuh Kristus.

Tuhan Yesus memberkati.