Translate

12 Feb 2014

Pendalaman Alkitab, 11 Feb 2014. Amos 9:11-15. Pemulihan



PEMULIHAN
Amos 9:11-15
11 "Pada hari itu Aku akan mendirikan kembali pondok Daud yang telah roboh; Aku akan menutup pecahan dindingnya, dan akan mendirikan kembali reruntuhannya; Aku akan membangunnya kembali seperti di zaman dahulu kala,
12 supaya mereka menguasai sisa-sisa bangsa Edom dan segala bangsa yang Kusebut milik-Ku," demikianlah firman TUHAN yang melakukan hal ini.
13 "Sesungguhnya, waktu akan datang," demikianlah firman TUHAN, "bahwa pembajak akan tepat menyusul penuai dan pengirik buah anggur penabur benih; gunung-gunung akan meniriskan anggur baru dan segala bukit akan kebanjiran.
14 Aku akan memulihkan kembali umat-Ku Israel: mereka akan membangun kota-kota yang licin tandas dan mendiaminya; mereka akan menanami kebun-kebun anggur dan minum anggurnya; mereka akan membuat kebun-kebun buah-buahan dan makan buahnya.
15 Maka Aku akan menanam mereka di tanah mereka, dan mereka tidak akan dicabut lagi dari tanah yang telah Kuberikan kepada mereka," firman TUHAN, Allahmu.


Pada hari itu: ini menunjuk adanya suatu nubuatan.
Kitab Amos ini ditulis sekitar 760-755 SM.
Pondok Daud = Pondok (ibu) Sokh, sukka: artinya tempat bernaung sementara, diterjemahkan gubuk.
Ada yang menafsirkan Pondok Daud yang dibangun ini adalah dipulihkan puji-pujian, sebab Daud terkenal dengan mazmurnya.
Apakah salah kalau menafsir seperti itu? Sebab buktinya gereja-gereja berlomba-lomba membenahi puji-pujiannya. Lewat puji-pujian jemaat disukakan .

Ada ayat mengatakan :”Yang Kudus yang bersemayam diatas pujian-pujian orang Israel.”
Maz 22:4.
 Padahal Engkaulah Yang Kudus yang bersemayam di atas puji-pujian orang Israel.

Tapi ayat ini tidak hanya dapat diartikan tentang pemulihan dalam bidang puji-pujian saja, sebab sebenarnya ayat ini menubuatkan tentang pemulihan yang dikerjakan oleh Kristus, sebab Daud ini menggambarkan pribadi Kristus yang akan membangunkan kembali Pondok Daud yang roboh itu.
Sebab pengertian pondok itu adalah tempat bernaung sementara.

Pemulihan Pondok Daud dalam PB langsung dihubungkan dengan kedatangan Tuhan Yesus.
Kis 15:13-18.
13 Setelah Paulus dan Barnabas selesai berbicara, berkatalah Yakobus: "Hai saudara-saudara, dengarkanlah aku:
14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.
15 Hal itu sesuai dengan ucapan-ucapan para nabi seperti yang tertulis:
16 Kemudian Aku akan kembali dan membangunkan kembali pondok Daud yang telah roboh, dan reruntuhannya akan Kubangun kembali dan akan Kuteguhkan,
17 supaya semua orang lain mencari Tuhan dan segala bangsa yang tidak mengenal Allah, yang Kusebut milik-Ku demikianlah firman Tuhan yang melakukan semuanya ini,
18 yang telah diketahui dari sejak semula.

Sokh, Sukka = gubuk.
Gubuk yang dibangun Yakub untuk ternaknya, dinamakan Sukot.
Kej 33:17
17 Tetapi Yakub berangkat ke Sukot, lalu mendirikan rumah, dan untuk ternaknya dibuatnya gubuk-gubuk. Itulah sebabnya tempat itu dinamai Sukot.

Jadi Sukot itu artinya penggembalaan. Sukot itu kemudian dikenal sebagai tempat Israel berkemah setelah mereka berangkat dari Raamses pada waktu meninggalkan Mesir.
Kel 12:37
37 Kemudian berangkatlah orang Israel dari Raamses ke Sukot, kira-kira enam ratus ribu orang laki-laki berjalan kaki, tidak termasuk anak-anak.

Sukot = berarti kios, atau bilik, dan menurunkan namanya pada pesta musim gugur yang dikenal Tabernakel (kamus Alkitab)

Jadi Pondok Daud yang roboh ini menunjuk bangunan gubuk sementara yang nantinya akan dirombak oleh Tuhan, seperti yang dikatakan Rs Paulus dalam
2 Kor 5:1-10
1 Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia.
2 Selama kita di dalam kemah ini, kita mengeluh, karena kita rindu mengenakan tempat kediaman sorgawi di atas tempat kediaman kita yang sekarang ini,
3 sebab dengan demikian kita berpakaian dan tidak kedapatan telanjang.
 4 Sebab selama masih diam di dalam kemah ini, kita mengeluh oleh beratnya tekanan, karena kita mau mengenakan pakaian yang baru itu tanpa menanggalkan yang lama, supaya yang fana itu ditelan oleh hidup.
 5 Tetapi Allahlah yang justru mempersiapkan kita untuk hal itu dan yang mengaruniakan Roh, kepada kita sebagai jaminan segala sesuatu yang telah disediakan bagi kita.
6 Maka oleh karena itu hati kami senantiasa tabah, meskipun kami sadar, bahwa selama kami mendiami tubuh ini, kami masih jauh dari Tuhan,
7 — sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat —
 8 tetapi hati kami tabah, dan terlebih suka kami beralih dari tubuh ini untuk menetap pada Tuhan.
9 Sebab itu juga kami berusaha, baik kami diam di dalam tubuh ini, maupun kami diam di luarnya, supaya kami berkenan kepada-Nya.
10 Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.

Amos 9:11a “Aku akan menutup pecahan dindingnya”

Ini menunjuk kerajaan Israel yang pernah pecah akibat pemberontakan oleh Yerobeam.
Akibatnya terasa sekali dimana bangsa Israel terlibat dalam penyembahan berhala.
1 Raj 12:30 
30 Maka hal itu menyebabkan orang berdosa, sebab rakyat pergi ke Betel menyembah patung yang satu dan ke Dan menyembah patung yang lain.

Apa tujuan Tuhan membangun kembali Pondok Daud yang sudah runtuh itu?
Amos 9:12
12 supaya mereka menguasai sisa-sisa bangsa Edom dan segala bangsa yang Kusebut milik-Ku," demikianlah firman TUHAN yang melakukan hal ini.

Mereka= Ini menunjuk Israel, bangsa yang sudah dipulihkan kembali oleh Tuhan. Umat Tuhan yang mengalami pemulihan. Ada tugas bagi mereka, yaitu menguasai sisa-sisa bangsa Edom
Bangsa Edom ini adalah keturunan Esau yang pernah menghalang-halangi perjalan bangsa Israel ketika menuju ke Kanaan.
Bil 20:14-21
14 Kemudian Musa mengirim utusan dari Kadesh kepada raja Edom dengan pesan: "Beginilah perkataan saudaramu Israel: Engkau tahu segala kesusahan yang telah menimpa kami,
15 bahwa nenek moyang kami pergi ke Mesir, dan kami lama diam di Mesir dan kami dan nenek moyang kami diperlakukan dengan jahat oleh orang Mesir;
16 bahwa kami berteriak kepada TUHAN, dan Ia mendengarkan suara kami, mengutus seorang malaikat dan menuntun kami keluar dari Mesir. Sekarang ini kami ada di Kadesh, sebuah kota di tepi perbatasanmu.
17 Izinkanlah kiranya kami melalui negerimu; kami tidak akan berjalan melalui ladang-ladang dan kebun-kebun anggurmu dan kami tidak akan minum air sumurmu; jalan besar saja akan kami jalani dengan tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri, sampai kami melalui batas daerahmu."
18 Tetapi orang Edom berkata kepada mereka: "Tidak boleh kamu melalui daerah kami, nanti kami keluar menjumpai kamu dengan pedang!"
19 Lalu berkatalah orang Israel kepadanya: "Kami akan berjalan melalui jalan raya, dan jika kami dan ternak kami minum airmu, maka kami akan membayar uangnya, asal kami diizinkan lalu dengan berjalan kaki, hanya itu saja."
20 Tetapi jawab mereka: "Tidak boleh kamu lalu." Maka keluarlah orang Edom menghadapi mereka dengan banyak rakyatnya dan dengan tentara yang kuat.
21 Ketika orang Edom tidak mau mengizinkan orang Israel lalu dari daerahnya, maka orang Israel menyimpang meninggalkannya.

Jadi Edom ini adalah bayangan dari penghalang perjalanan rohani kita.
Gal 5:7-10
7 Dahulu kamu berlomba dengan baik. Siapakah yang menghalang-halangi kamu, sehingga kamu tidak menuruti kebenaran lagi?
8 Ajakan untuk tidak menurutinya lagi bukan datang dari Dia, yang memanggil kamu.
 9 Sedikit ragi sudah mengkhamirkan seluruh adonan.
10 Dalam Tuhan aku yakin tentang kamu, bahwa kamu tidak mempunyai pendirian lain dari pada pendirian ini. Tetapi barangsiapa yang mengacaukan kamu, ia akan menanggung hukumannya, siapapun juga dia.
Dahulu kamu berlomba dengan baik, siapakah yang menghalang-halangi kamu (sandungan) sehingga tidak menuruti kebenaran lagi.

Pemulihan Pondok Daud. Orang-orang Kristen mula-mula menanggapi pemulihan ini dalam arti kata terlalu sempit.
Band
Kis 1:6-7
6 Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?"
7 Jawab-Nya: "Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.

Menjadi kerajaan seperti pada jaman dahulu; tapi lambat laun mereka mengerti, bahwa kerajaan yang dimaksud oleh Yesus adalah kerajaan yang lain sama sekali, yaitu yang pertama kerajaan rohani.
Yoh 18:33-37
33 Maka kembalilah Pilatus ke dalam gedung pengadilan, lalu memanggil Yesus dan bertanya kepada-Nya: "Engkau inikah raja orang Yahudi?"
34 Jawab Yesus: "Apakah engkau katakan hal itu dari hatimu sendiri, atau adakah orang lain yang mengatakannya kepadamu tentang Aku?"
35 Kata Pilatus: "Apakah aku seorang Yahudi? Bangsa-Mu sendiri dan imam-imam kepala yang telah menyerahkan Engkau kepadaku; apakah yang telah Engkau perbuat?"
36 Jawab Yesus: "Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi Kerajaan-Ku bukan dari sini."
37 Maka kata Pilatus kepada-Nya: "Jadi Engkau adalah raja?" Jawab Yesus: "Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini, supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku."

Ayat 35:”Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini.”

Jadi pemulihan Pondok Daud tidak dapat diartikan tentang pemulihan kerajaan di dunia ini, sebab yang dimaksud Tuhan Yesus bahwa nanti Dia akan datang sebagai raja diatas segala raja.
Why 15:3
3 Dan mereka menyanyikan nyanyian Musa, hamba Allah, dan nyanyian Anak Domba, bunyinya: "Besar dan ajaib segala pekerjaan-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa! Adil dan benar segala jalan-Mu, ya Raja segala bangsa!

Why 17:14
14 Mereka akan berperang melawan Anak Domba. Tetapi Anak Domba akan mengalahkan mereka, karena Ia adalah Tuan di atas segala tuan dan Raja di atas segala raja. Mereka bersama-sama dengan Dia juga akan menang, yaitu mereka yang terpanggil, yang telah dipilih dan yang setia."

Why 19:16
16 Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan."

Tuhan memulihkan keadaan mereka:
Amos 9:13-14
13 "Sesungguhnya, waktu akan datang," demikianlah firman TUHAN, "bahwa pembajak akan tepat menyusul penuai dan pengirik buah anggur penabur benih; gunung-gunung akan meniriskan anggur baru dan segala bukit akan kebanjiran.
14 Aku akan memulihkan kembali umat-Ku Israel: mereka akan membangun kota-kota yang licin tandas dan mendiaminya; mereka akan menanami kebun-kebun anggur dan minum anggurnya; mereka akan membuat kebun-kebun buah-buahan dan makan buahnya.

Band
Im 26:5
5 Lamanya musim mengirik bagimu akan sampai kepada musim memetik buah anggur dan lamanya musim memetik buah anggur akan sampai kepada musim menabur. Kamu akan makan makananmu sampai kenyang dan diam di negerimu dengan aman tenteram.

Musim mengirik – ke musim memetik.
Apabila umat Allah hidup menurut kehendak Allah, maka Allah akan memberkati mereka dengan hasil yang baik.
Petani akan cukup mempunyai pekerjaan sepanjang tahun, sebab waktu mengirik akan berlangsung sampai panen anggur dan panen anggur sampai waktu menabur. Ini menunjuk masa kelimpahan. Tuhan memulihkan umat-Nya sampai berkelimpahan.

Band
Yer 24:5-7
5 "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Sama seperti buah ara yang baik ini, demikianlah Aku akan memperhatikan untuk kebaikannya orang-orang Yehuda yang Kubawa dari tempat ini ke dalam pembuangan, ke negeri orang-orang Kasdim.
6 Maka Aku akan mengarahkan mata-Ku kepada mereka untuk kebaikan mereka, dan Aku akan membawa mereka kembali ke negeri ini. Aku akan membangun mereka, bukan meruntuhkannya; Aku akan menanam, bukan mencabutnya.
7 Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya.

Band
Amos 9:15
15 Maka Aku akan menanam mereka di tanah mereka, dan mereka tidak akan dicabut lagi dari tanah yang telah Kuberikan kepada mereka," firman TUHAN, Allahmu.

Bagian akhir dari kitab Amos mengatakan: “Aku akan menanam mereka ditanah mereka dan mereka tidak akan dicabut lagi dari tanah yang telah Ku berikan kepada mereka.”
Ditanam bukan dicabut: Kita adalah tanaman yang ditanam sendiri oleh Allah.
Maz 92:14-16
14 mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita.
15 Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar,
16 untuk memberitakan, bahwa TUHAN itu benar, bahwa Ia gunung batuku dan tidak ada kecurangan pada-Nya.

Ditanam dirumah Tuhan berarti memberi hidupnya untuk digembalakan, sehingga mengalami pertumbuhan rohani yang baik.
Kol 2:7
7 Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.

Tuhan Yesus memberkati.

Suara nyanyian: Biarlah segenap bumi memuji Dia karena kebesaran-Nya. Karena jalan Tuhan adalah kasih dan kebenaran. Percayalah akan Dia, yang telah menyelamatkan kita, dari Lumpur dosa, ku ingin Dia selalu menjamah dalam hidupku.