Translate

19 Jan 2014

Pengajaran Tabernakel: Ibadah Raya 19 Januari 2014.



Rev.F.G.Van Gessel dan istri

Pengajaran Tabernakel: Ibadah Raya 19 Januari 2014.

PENDAHULUAN.

Pada abad 19 sebenarnya sudah ada publikasi mengenai Tabernakel kurang lebih tahun 1857 oleh Dr Koolberg. Kemudian pada tahun 1907 disusul oleh buku yang dikarang oleh Yohanes D.
Lepas dari pengajaran yang tepbublikasikan, ada pengajaran Tabernakel yang disampaikan oleh Pdt FG van Gessel. Beliau dilahirkan pada tahun 1892 dan dipanggil Tuhan pada tahun 1958, makamnya ada di Jayapura.
Almarhum adalah keturunan Indo Belanda. Beliau menerima ilham pengajaran Mempelai/Tabernakel di Indonesia.
Pada tahun 1936 ada lebih kurang 40 hamba-hamba Tuhan dibawah pimpinan Pdt van Gessel ini mengadakan doa puasa di Pacet, kabupaten Mojokerto (kaki gunung Welirang).
Tujuan rombongan ini kesana karena dorongan untuk mendapatkan pembukaan Firman Allah. Sepulangnya dari sana Pdt van Gessel duduk diteras rumah dengan membaca Injil
Yohanes 1:14.
Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Dikatakan disitu bahwa: Firman itu telah menjelma menjadi daging dan bertabernakel diantara kita dan kita telah melihat kemuliaan-Nya yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Dan ayat ini kemudian menjadi sumber dari pembukaan Firman Allah sampai sekarang ini dan waktu yang akan datang.

Untuk memulai sesuatu yang besar Tuhan mulai dari yang terkecil. Dari mulai satu ayat ini kemudian mencapai seluruh Alkitab yang berjumlah 66 buku.

Apa yang tertulis didalam Alkitab tidak perlu ditambah atau dikurang.
Why 22:18-19
18 Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: "Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini.
19 Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini."

2 Pet 1:20-21
20 Nubuat didalam kitab suci tidak boleh ditafsir oleh akal sendiri. 20 Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri,
21 sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.

Jadi Alkitab tidak boleh ditafsirkan tetapi itu merupakan hasil pembukaan Firman Tuhan (ilham). Jadi khotbah itu diuji dengan pembuktian ayat.
Pengajaran Tabernakel ini bukan tafsiran, tapi suatu ilham.

Dalam usia 66 tahun beliau menyusun Alkitab dalam susunan Tabernakel.
Contoh:
Matius fs 1 s/d 4 – terkena Pintu Gerbang.
Pengertiannya : menerima Tuhan Yesus.
Mat fs 1-4 kesimpulannya adalah menerima Tuhan Yesus sebagai raja.
Silsilah Tuhan Yesus dimulai dari Abraham. Ia dilahirkan sebagai Raja sebab Ia keturunan Raja. Pada waktu Yesus dibaptis, Ia terima mahkota Raja yaitu Roh Kudus. Kemampuannya Ia sebagai Putra mahkota: Ia diuji oleh raja Herodes.
Kemampuannya Ia sebagai Raja : Ia diuji oleh Iblis (raja penguasa dunia ini).

Matius menampilkan pribadi Tuhan sebagai Raja, itu disebelah kanan. Kalau Markus menampilkan pribadi Yesus sebagai hamba. Ini disebelah kiri. Sedang Lukas menampilkan pribadi Yesus sebagai Anak Manusia (dibawah). Dan Yohanes menampilkan pribadi Yesus sebagai Anak Allah (diatas)

Ini membentuk garis Horizontal dan vertical, dan akhirnya berbentuk salib.

Yoh 1:14
Firman menjadi daging = pribadi Yesus.

Kalau ayat ini dijadikan titik tolak sebagai pembukaan Tabernakel, maka Pdt van Gessel mulai dari Yesus, mulai dari Alfa dan berakhir pada Omega.

Istilah Skenos itu menjadi alasan pengajaran Tabernakel. Yesus itu bertabernakel diantara kita. Skenos = bertabernakel, bertempat tinggal. Skene = Tabernakel. Jadi Tabernakel itu adalah pribadi Tuhan Yesus.

Why 21:2-3
Yerusalem Baru = Tabernakel Allah di tengah-tengah manusia.
2 Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.
3 Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: "Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka.

Sementara Yerusalem Baru turun : “Lihatlah Tabernakel itu ada diantara manusia” Jadi mempelai perempuan itu juga Tabernakel.

Harganya mempelai perempuan itu seharga Tabernakel.
Tuhan mau agar mempelai perempuan itu sederajat dengan-Nya.
Kalau mempelai laki-laki itu sempurna, maka Tuhan kehendaki mempelai perempuan-Nya juga serupa.
Ef 5:25-27
25 Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya
26 untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air firman,
27 supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.

Perhatian mempelai laki-laki terhadap mempelai perempuan-Nya sangat mendalam, seperti dikatakan dalam :
Kid 7:1-5
1 Betapa indah langkah-langkahmu dengan sandal-sandal itu, puteri yang berwatak luhur! Lengkung pinggangmu bagaikan perhiasan, karya tangan seniman.
2 Pusarmu seperti cawan yang bulat, yang tak kekurangan anggur campur. Perutmu timbunan gandum, berpagar bunga-bunga bakung.
3 Seperti dua anak rusa buah dadamu, seperti anak kembar kijang.
4 Lehermu bagaikan menara gading, matamu bagaikan telaga di Hesybon, dekat pintu gerbang Batrabim; hidungmu seperti menara di gunung Libanon, yang menghadap ke kota Damsyik.
5 Kepalamu seperti bukit Karmel, rambut kepalamu merah lembayung; seorang raja tertawan dalam kepang-kepangnya.

Hal ini seperti ketika Tuhan memeriksa 7 sidang dengan ketajaman mata-Nya.
Why 1:10-16
10 Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala,
11 katanya: "Apa yang engkau lihat, tuliskanlah di dalam sebuah kitab dan kirimkanlah kepada ketujuh jemaat ini: ke Efesus, ke Smirna, ke Pergamus, ke Tiatira, ke Sardis, ke Filadelfia dan ke Laodikia."
12 Lalu aku berpaling untuk melihat suara yang berbicara kepadaku. Dan setelah aku berpaling, tampaklah kepadaku tujuh kaki dian dari emas.
13 Dan di tengah-tengah kaki dian itu ada seorang serupa Anak Manusia, berpakaian jubah yang panjangnya sampai di kaki, dan dadanya berlilitkan ikat pinggang dari emas.
14 Kepala dan rambut-Nya putih bagaikan bulu yang putih metah, dan mata-Nya bagaikan nyala api.
15 Dan kaki-Nya mengkilap bagaikan tembaga membara di dalam perapian; suara-Nya bagaikan desau air bah.
16 Dan di tangan kanan-Nya Ia memegang tujuh bintang dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam bermata dua, dan wajah-Nya bersinar-sinar bagaikan matahari yang terik.

PERJANJIAN BARU:
Empat Injil : menampilkan pribadi Yesus sebagai mempelai laki-laki Sorga.
Kisah Rasul-rasul s/d Wahyu: menampilkan sejarah gereja permulaan.
Kemudian menyusul jemaat Roma, Korintus dst. Jadi dari Kis Rsl s/d Wahyu itu bicara soal pribadi jemaat dan pribadi perseorangan.

Wahyu : kitab nubuatan. Nubuatan dari gereja sempurna.
Wahyu : sejarah gereja akhir.

Kalau Kis Rsl sejarah gereja permulaan .
Roma s/d Yehuda : sejarah gereja pertengahan.

Pengajaran mempelai/pengajaran Tabernakel ini juga disebut Pengajaran Tubuh Kristus. Organisme bukan organisasi seperti yang kita lihat didalam
Yoh 1:14 “Firman itu menjadi daging (sarx).”

Sarx dalam bahasa Ibrani artinya daging atau tubuh. Secara kiasannya adalah tata lahir. Disana bicara soal daging atau badan = tubuh ./ Soma (somah) = tubuh dalam arti yang luas namun masih sinkrun dengan sarx.

1 Kor 11:24
24 dan sesudah itu Ia mengucap syukur atasnya; Ia memecah-mecahkannya dan berkata: "Inilah tubuh-Ku, yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!" Inilah tubuhKu (soma)

Yoh 6:54
54 Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.

Makan daging-Ku (Sarx)

Gereja yang makan minum perjamuan suci. Istilah darah dalam 1Kor 11 dan Yoh 6 itu sama, yaitu haima. Soma =tubuh, persamaanya adalam dalam Tubuh Kristus.
1 Kor 12:12
12 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.

Ayat ini bicara soal satu tubuh (soma), dan ini indentik dengan sarx. Jadi sasaran pengajaran mempelai ini adalah bersatu. Oleh pengajaran ini kita menjadi kesatuan anggota tubuh. Jiwa dari anggota tubuh ini persatuan – perdamaian dan kerukunan.

Ef 2: 11-22. darah Yesus yang merukunkan
11 Karena itu ingatlah, bahwa dahulu kamu — sebagai orang-orang bukan Yahudi menurut daging, yang disebut orang-orang tak bersunat oleh mereka yang menamakan dirinya "sunat," yaitu sunat lahiriah yang dikerjakan oleh tangan manusia, —
12 bahwa waktu itu kamu tanpa Kristus, tidak termasuk kewargaan Israel dan tidak mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan yang dijanjikan, tanpa pengharapan dan tanpa Allah di dalam dunia.
13 Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu "jauh," sudah menjadi "dekat" oleh darah Kristus.
14 karena Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan,
15 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,
16 dan untuk memperdamaikan keduanya, di dalam satu tubuh, dengan Allah oleh salib, dengan melenyapkan perseteruan pada salib itu.
17 Ia datang dan memberitakan damai sejahtera kepada kamu yang "jauh" dan damai sejahtera kepada mereka yang "dekat,"
18 karena oleh Dia kita kedua pihak dalam satu Roh beroleh jalan masuk kepada Bapa.
19 Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah,
20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.
21 Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapi tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan.
22 Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh.

Ef 4:4 Dipanggil menjadi satu tubuh dan satu Roh
satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu,

Kalau Tabernakel itu dibangun, maka maksudnya agar Tuhan tinggal di Tabernakel itu sendiri.
Kel 25:8
8 Dan mereka harus membuat tempat kudus bagi-Ku, supaya Aku akan diam di tengah-tengah mereka.

Tabernakel ini dibuat untuk mengakrabkan hubungan antara Allah dan manusia.
Kel 29:45
45 Aku akan diam di tengah-tengah orang Israel dan Aku akan menjadi Allah mereka.

Im 26:11-12
11 Aku akan menempatkan Kemah Suci-Ku di tengah-tengahmu dan hati-Ku tidak akan muak melihat kamu.
12 Tetapi Aku akan hadir di tengah-tengahmu dan Aku akan menjadi Allahmu dan kamu akan menjadi umat-Ku.

Kalau ada Tabernakel Allah tidak menjadi muak. Ibadah orang Israel tanpa Tabernakel Allah menjadi muak, seperti ibadahnya jemaat Laodekia, dikatakan: dingin tidak panas pun tidak; sehingga Tuhan ancam akan meludahkan dari mulut-Nya.
Why 3:15-16.
15 Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas!
16 Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.

Tabernakel ini maksudnya proses kehidupan Kristen menuju kesempurnaan. Ada iman – harap dan kasih, supaya Allah tidak muak.

Dalam PB, Rasul-rasul menulis suratnya dengan menyitir Tabernakel. Ruangan Maha Suci: 1.000 ha = 1.000 TAHUN DAMAI (Why 20) Ruangan Suci : 2.000 ha = 2.000 TAHUN ZAMAN GEREJA. 120 murid = 120X50 (yobel) = 6.000 thn. Yobel ke 120 = 50 thn terakhir dari 6.000 thn Jangan terlambat! Kalau kita tidak siap dalam pelayanan nanti akan ditinggal oleh Tuhan.

Tabernakel yang dibuat itu harus sesuai dengan apa yang dilihat yaitu Tabernakel di Sorga. Tabernakel ini adalah sorga mini.
Yoh 21:25
25 Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.

Kel 25:8-9 yang dilihat Musa
8 Dan mereka harus membuat tempat kudus bagi-Ku, supaya Aku akan diam di tengah-tengah mereka.
9 Menurut segala apa yang Kutunjukkan kepadamu sebagai contoh Kemah Suci dan sebagai contoh segala perabotannya, demikianlah harus kamu membuatnya."

Why 4:1-6 yang dilihat Yohanes
1 Kemudian dari pada itu aku melihat: Sesungguhnya, sebuah pintu terbuka di sorga dan suara yang dahulu yang telah kudengar, berkata kepadaku seperti bunyi sangkakala, katanya: Naiklah ke mari dan Aku akan menunjukkan kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini.
2 Segera aku dikuasai oleh Roh dan lihatlah, sebuah takhta terdiri di sorga, dan di takhta itu duduk Seorang.
3 Dan Dia yang duduk di takhta itu nampaknya bagaikan permata yaspis dan permata sardis; dan suatu pelangi melingkungi takhta itu gilang-gemilang bagaikan zamrud rupanya.
4 Dan sekeliling takhta itu ada dua puluh empat takhta, dan di takhta-takhta itu duduk dua puluh empat tua-tua, yang memakai pakaian putih dan mahkota emas di kepala mereka.
5 Dan dari takhta itu keluar kilat dan bunyi guruh yang menderu, dan tujuh obor menyala-nyala di hadapan takhta itu: itulah ketujuh Roh Allah.
6 Dan di hadapan takhta itu ada lautan kaca bagaikan kristal; di tengah-tengah takhta itu dan di sekelilingnya ada empat makhluk penuh dengan mata, di sebelah muka dan di sebelah belakang.

Persamaan apa yang dilihat Musa dan Yohanes? Musa menulis 5 buku permulaan. Yohanes menulis 5 buku terakhir.

Yang dilihat Yohanes: 4 mahluk = 4 tiang ( dilihat Musa)
( dilihat Yohanes) 24 tahta = 12 ketul roti ( dilihat Musa)
( dilihat Yohanes) Ada laut kaca = kolam pembasuhan ( dilihat Musa)
Yang dilihat Yohanes adalah Sorga dalam wujud yang original.
Why 8:3 (Mezbah Dupa)
3 Maka datanglah seorang malaikat lain, dan ia pergi berdiri dekat mezbah dengan sebuah pedupaan emas. Dan kepadanya diberikan banyak kemenyan untuk dipersembahkannya bersama-sama dengan doa semua orang kudus di atas mezbah emas di hadapan takhta itu.

Why 6:9 (Mezbah Bakaran)
9 Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang kelima, aku melihat di bawah mezbah jiwa-jiwa mereka yang telah dibunuh oleh karena firman Allah dan oleh karena kesaksian yang mereka miliki

Berlanjut ke minggu depan
Kiranya Tuhan memberi kerinduan lebih lagi untuk mempelajari Tabernakel
Tuhan Yesus memberkati!