Translate

26 Des 2013

Ibadah Natal. 25 Des 2013. Padang kang sejati, kang madangi saben wong, iya iku kang rawuh ing jagat.



Padang kang sejati, kang madangi saben wong, iya iku kang rawuh ing jagat.

Yoh 1:9
Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.

Ada tiga bagian terdapat didalam ayat ini:
Pertama: Terang yang sesungguhnya. Padang kang sejati (TBD).

Bicara tentang terang, ada tida benda terang dilangit: Yaitu matahari, bulan dan bintang-bintang.
Matahari adalah gambar dari Allah Bapa. Bulan adalah gambar dari Allah Anak. Bintang-bintang gambar dari Roh Kudus.
Ketiga benda ini yang ada pada perempuan yang di kitab
Wahyu 12:1
Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.

Perempuan ini adalah bayangan dari gereja Tuhan yang disalut dengan matahari (kasih dari Bapa), dan berdiri diatas bulan (penebusan lewat darah-Nya Yesus) diatas kepalanya ada sebuah mahkota dari dua belas bintang.

Ini berarti Allah Tri Tunggal menyatu didalam kehidupan gereja yang sempurna.
Bicara mengenai tiga terang ini, maka yang paling terang adalah matahari.

Didalam kitab Mazmur 84:12 bani Korah menyanyikan lagu yang judulnya: Rindu kepada kediaman Allah. Dalam salah satu baitnya ia mengatakan: Tuhan Allah adalah matahari dan perisai.
Mazmur 84:12
12 Sebab TUHAN Allah adalah matahari dan perisai; kasih dan kemuliaan Ia berikan; Ia tidak menahan kebaikan dari orang yang hidup tidak bercela.

Jadi kalau perempuan ini disalut dengan matahari, itu berarti terangnya Allah Bapa telah menyalut gereja Tuhan.
Tandanya kalau gereja itu bersalut dengan matahari, maka harus bisa membuktikan bahwa ia harus berjalan dalam terang, sebab Allah itu terang.
1 Yoh 1:5-7
5 Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.
6 Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan kita tidak melakukan kebenaran.
7 Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.

Terang yang sesungguhnya yang menerangi setiap orang sedang datang kedalam dunia. Terang sesungguhnya; berarti ada terang yang palsu! Siapa yang dimaksudkan dengan terang yang palsu ini?
2 Kor 11:13-15 .
13 Sebab orang-orang itu adalah rasul-rasul palsu, pekerja-pekerja curang, yang menyamar sebagai rasul-rasul Kristus.
14 Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang.
15 Jadi bukanlah suatu hal yang ganjil, jika pelayan-pelayannya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran. Kesudahan mereka akan setimpal dengan perbuatan mereka.

Iblis menyamar sebagai malaikat terang. Gereja Tuhan dihadapkan dengan penyamaran, dan yang menyamar ini adalah Iblis.
Dahulu kala sebelum Iblis jatuh kedalam dosa, namanya disebut Bintang Timur, Putra Fajar. Riwayat Iblis ditulis dalam kitab nabi Yesaya, dari asalnya dia dan mengapa sampai dia menjadi Iblis.
Yes 14:12-15
12 "Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!
13 Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara.
14 Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi!
15 Sebaliknya, ke dalam dunia orang mati engkau diturunkan, ke tempat yang paling dalam di liang kubur.

Bintang Timur Putra Fajar. Itu nama dari penghulu Malaikat sebelum dia jatuh. Iblis bukan terang yang sejati! Yang disebut sebagai terang yang sejati adalah Tuhan Yesus. Why 22:16
"Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang."

Yesus adalah Bintang Timur yang gilang gemilang, kalau Iblis hanya disebut sebagai bintang timur saja. Yesus adalah terang yang sesungguhnya (padang kang sejati)

KEDUA: YANG MENERANGI SETIAP ORANG.

Setiap orang harus diterangi dengan terang ini. Mengapa manusia perlu diterangi? Dalam Injl
Yoh 1:5
Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

Hati manusia ini dikuasai kegelapan.
Ayub berkata
Ayub 30:26
"Tetapi, ketika aku mengharapkan yang baik, maka kejahatanlah yang datang; ketika aku menantikan terang, maka kegelapanlah yang datang."

Bandingkan
Roma 7:15-25
15 Sebab apa yang aku perbuat, aku tidak tahu. Karena bukan apa yang aku kehendaki yang aku perbuat, tetapi apa yang aku benci, itulah yang aku perbuat.
16 Jadi jika aku perbuat apa yang tidak aku kehendaki, aku menyetujui, bahwa hukum Taurat itu baik.
17 Kalau demikian bukan aku lagi yang memperbuatnya, tetapi dosa yang ada di dalam aku.
18 Sebab aku tahu, bahwa di dalam aku, yaitu di dalam aku sebagai manusia, tidak ada sesuatu yang baik. Sebab kehendak memang ada di dalam aku, tetapi bukan hal berbuat apa yang baik.
19 Sebab bukan apa yang aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat, yang aku perbuat.
20 Jadi jika aku berbuat apa yang tidak aku kehendaki, maka bukan lagi aku yang memperbuatnya, tetapi dosa yang diam di dalam aku.
21 Demikianlah aku dapati hukum ini: jika aku menghendaki berbuat apa yang baik, yang jahat itu ada padaku.
22 Sebab di dalam batinku aku suka akan hukum Allah,
23 tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku.
24 Aku, manusia celaka! Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini?
25 Syukur kepada Allah! oleh Yesus Kristus, Tuhan kita. Jadi dengan akal budiku aku melayani hukum Allah, tetapi dengan tubuh insaniku aku melayani hukum dosa.

Kegelapan lebih berpengaruh dalam hidup manusia.
Selanjutnya Rasul Paulus mengingatkan kita, agar tidak bersekutu dengan perbuatan-perbuatan gelap, sebab kita ini adalah anak-anak terang.
Ef 5:8-12
8 Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang,
9 karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran,
10 dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan.
11 Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu.
12 Sebab menyebutkan sajapun apa yang dibuat oleh mereka di tempat-tempat yang tersembunyi telah memalukan.

Tuhan Yesus telah melepaskan kita dari kuasa gelap.
Kol 1:13-14
13 Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih;
14 di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa.

Kita telah dipindahkan kedalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih.
Ini menunjuk pada Kerajaan Terang seperti yang dikatakan oleh Rasul Petrus.
1 Pet 2:9-10
9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:
10 kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.

Terang itu menerangi setiap orang: Yesus adalah Terang Dunia.

Yoh 8:12
Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

Ketiga: Terang itu sedang datang kedunia.
Yoh 1:10-11.
10 Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya.
11 Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.

Apakah dengan penolakan dari pihak Israel itu kemudian maksud Allah datang kedunia ini harus dibatalkan? Tidak! Sebab dikatakan dalam
Yoh 1:12
12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

Kita orang percaya disebut sebagai anak-anak Allah: kejadian ini lewat proses diadopsi.
2 Kor 6:18
18 Dan Aku akan menjadi Bapamu, dan kamu akan menjadi anak-anak-Ku laki-laki dan anak-anak-Ku perempuan demikianlah firman Tuhan, Yang Mahakuasa."

Betapa bahagianya kita disebut sebagai anak-anak Allah, ini merupakan kasih karunia Allah. Keadaan sebagai anak-anak Allah itu hanya setingkat lebih rendah dari pada Dia yaitu Kristus. Tetapi apabila nanti Dia menyatakan diri-Nya, kita akan diubah dalam sekejab mata dan kita akan menjadi sama dengan Dia.
Kita akan diubah dari anak-anak Allah menjadi mempelai perempuan Kristus, Untuk itu ada himbauan selanjutnya agar kita boleh menguduskan diri.
1 Yoh 3:1-3.
1 Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Dia.
2 Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.
3 Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci.

Terang itu sedang datang kedalam dunia. Mari kita sambut terang itu agar menerangi hati kita, yang mungkin disaat-saat sekarang ini sedang dirundung kegelapan.
Kita mau memperhatikan terang itu yang bercahaya didalam kegelapan, sampai kegelapan itu dikuasainya.
Terang yang sedang datang itu adalah firman nubuatan. Firman yang disampaikan para nabi, dan itu sama dengan pelita yang bercahaya ditempat gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar didalam hatimu.
2 Pet 1:19
19 Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.

Terang itu bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan Bintang Timur terbit bersinar di dalam hatimu. Bintang Timur yang disebut oleh Rasul Petrus ini adalah terang yang sesungguhnya yang dibutuhkan oleh setiap orang untuk menerangi hatinya yang gelap.

Semoga berita Natal tahun 2013 ini boleh menerangi hati kita semua. Tuhan Yesus memberkati. Ibadah Natal 25 Des 2013.