Translate

6 Jan 2019

Bible Camp 46 30 Des 2018- 1 Jan 2019



Bible Camp 46
30 Des 2018- 1 Jan 2019

2 Taw 20 : Kemenangan atas Moab dan Amon.
Kata kemenangan itu berkaitan dengan peperangan.
Siapa yang lagi berperang?
Jika kita lihat judul / perikop fs 20 ini, kita pasti menduga yang berperang adalah Yosafat bersama dengan suku Yehuda.
Tapi yang sebenarnya bukan Yosafat dan suku Yehuda yang perang, melainkan Allah.

2 Taw 20:15 b
“Janganlah kamu takut dan terkejut karena laskar yang besar ini, sebab bukan kamu yang akan berperang melainkan Allah.

Ayat 17 = Dalam peperangan ini tidak usah kamu bertempur, hai Yehuda dan Yerusalem, tinggalah berdiri ditempatmu, dan lihatlah bagaimana Tuhan memberikan kemenangankepadamu. Janganlah kamu takut dan terkejut. Majulah besok menghadapi mereka, Tuhan akan menyertai kau.

Rasa takut itu menguasai pikiran dan hati Yosafat ayat 3,4.

20:3 Yosafat menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari TUHAN. Ia menyerukan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa.
20:4 Dan Yehuda berkumpul untuk meminta pertolongan dari pada TUHAN. Mereka datang dari semua kota di Yehuda untuk mencari TUHAN.

Yosafat mengambil keputusan untuk mencari Tuhan, dia mengajak orang-orang Yehuda untuk berpuasa dan mencari Tuhan.
Rasa takut bisa hinggap kepada siapa saja:
Ada yang takut menghadapi masa depan, takut mengahadapi hari tua.
Apa kata FT untuk hari tua kita?

Maz 71:9
71:9 Janganlah membuang aku pada masa tuaku, janganlah meninggalkan aku apabila kekuatanku habis.

Ini merupakan doanya Daud, agar Tuhan tidak membuang dia pada masa tuanya.
Apa janji Tuhan bagi orang-orang percaya dihari tuanya? Bukan dibuang, melainkan masih diberikan kesempatan untuk berbuah-buah.

Maz 92:13-16
92:13 Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon;
92:14 mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita.
92:15 Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar,
92:16 untuk memberitakan, bahwa TUHAN itu benar, bahwa Ia gunung batuku dan tidak ada kecurangan pada-Nya.

Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar.
Tuhan berjanji lewat firmanNya, sampai masa tuamu Aku tetap DIA.

Yes 46:4
46:4 Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.
Masa depan sungguh ada.

Ams 23:18
23:18 Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang.

Ayat ini juga berlaku bagi orang-orang muda, jangan kwatir menghadapi hari depanmu.

MATAKU TERTUJU KEPADAMU.
2 Taw 20:12
20:12 Ya Allah kami, tidakkah Engkau akan menghukum mereka? Karena kami tidak mempunyai kekuatan untuk menghadapi laskar yang besar ini, yang datang menyerang kami. Kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan, tetapi mata kami tertuju kepada-Mu."

Dalam doanya Yosafat mengatakan: “Kami tidak mempunyai kekuatan untuk menghadapi laskar yang besar ini, yang datang menyerang kami.”
Disini Yosafat mengakui keterbatasannya sebagai manusia yang lemah yang tidak berdaya. Dia lari kepada Tuhan dan matanya tertuju kepada Tuhan.
FA mengatakan bahwa Allah akan memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tidak berdaya.

Yes 40:28-31
40:28 Tidakkah kautahu, dan tidakkah kaudengar? TUHAN ialah Allah kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung; Ia tidak menjadi lelah dan tidak menjadi lesu, tidak terduga pengertian-Nya.
40:29 Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.
40:30 Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung,
40:31 tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Dia akan menjadikan kita seperti Rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya, dia tidak menjadi lesu dan lelah.
Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung.
Sandungan ini yang sudah banyak memakan korban.
Biarlah matamu terus memandang kedepan.

Ams 4:25-27
4:25 Biarlah matamu memandang terus ke depan dan tatapan matamu tetap ke muka.
4:26 Tempuhlah jalan yang rata dan hendaklah tetap segala jalanmu.
4:27 Janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, jauhkanlah kakimu dari kejahatan.

Tatapan matamu tetap kemuka, agar tidak tersandung.
Jika mata kita tetap tertuju kepada Tuhan, maka pasti ada jawaban dari Tuhan.
Tuhan menjawab doa Yosafat.

2 Taw 20:14-19
20:14 Lalu Yahaziel bin Zakharia bin Benaya bin Matanya, seorang Lewi dari bani Asaf, dihinggapi Roh TUHAN di tengah-tengah jemaah,
20:15 dan berseru: "Camkanlah, hai seluruh Yehuda dan penduduk Yerusalem dan tuanku raja Yosafat, beginilah firman TUHAN kepadamu: Janganlah kamu takut dan terkejut karena laskar yang besar ini, sebab bukan kamu yang akan berperang melainkan Allah.
20:16 Besok haruslah kamu turun menyerang mereka. Mereka akan mendaki pendakian Zis, dan kamu akan mendapati mereka di ujung lembah, di muka padang gurun Yeruel.
20:17 Dalam peperangan ini tidak usah kamu bertempur. Hai Yehuda dan Yerusalem, tinggallah berdiri di tempatmu, dan lihatlah bagaimana TUHAN memberikan kemenangan kepadamu. Janganlah kamu takut dan terkejut. Majulah besok menghadapi mereka, TUHAN akan menyertai kamu."
20:18 Lalu berlututlah Yosafat dengan mukanya ke tanah. Seluruh Yehuda dan penduduk Yerusalem pun sujud di hadapan TUHAN dan menyembah kepada-Nya.
20:19 Kemudian orang Lewi dari bani Kehat dan bani Korah bangkit berdiri untuk menyanyikan puji-pujian bagi TUHAN, Allah Israel, dengan suara yang sangat nyaring.
20:17 Dalam peperangan ini tidak usah kamu bertempur. Dan lihatlah bagaimana Tuhan memberikan kemenangan kepadamu.

Hal yang serupa juga pernah dialami oleh bangsa Israel ketika dikejar-kejar oleh tentara Firaun.

Kel 14:13-14
14:13 Tetapi berkatalah Musa kepada bangsa itu: "Janganlah takut, berdirilah tetap dan lihatlah keselamatan dari TUHAN, yang akan diberikan-Nya hari ini kepadamu; sebab orang Mesir yang kamu lihat hari ini, tidak akan kamu lihat lagi untuk selama-lamanya.
14:14 TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja."

Tuhan berperang untuk kita dan kita akan berdiam saja.

2 Taw 20:20 Keesokan harinya pagi-pagi mereka maju menuju padang gurun Tekoa. Ketika mereka hendak berangkat, berdirilah Yosafat, dan berkata: "Dengar, hai Yehuda dan penduduk Yerusalem! Percayalah kepada TUHAN, Allahmu, dan kamu akan tetap teguh! Percayalah kepada nabi-nabi-Nya, dan kamu akan berhasil!"

Percayalah kepada Tuhan Allah mu, dan kamu akan tetap teguh! Percayalah kepada nabi-nabiNya kamu akan berhasil.
Tetap teguh tidak goyah.

1 Kor 15:58
15:58 Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

1 Kor 16:13
16:13 Berjaga-jagalah! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikaplah sebagai laki-laki! Dan tetap kuat!

Hendaklah kamu bertambah teguh didalam Tuhan.
Kol 2:6-7
2:6 Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia.
2:7 Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.

Selanjutnya kita akan melihat tentang kuasa didalam puji-pujian:

2 Taw 20:21
20:21 Setelah ia berunding dengan rakyat, ia mengangkat orang-orang yang akan menyanyi nyanyian untuk TUHAN dan memuji TUHAN dalam pakaian kudus yang semarak pada waktu mereka keluar di muka orang-orang bersenjata, sambil berkata: "Nyanyikanlah nyanyian syukur bagi TUHAN, bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya!"

Yosafat mengangkat orang-orang yang akan menyanyi nyanyian untuk Tuhan .  Betapa besar arti memuji Tuhan dengan benar. Mereka bukan sekedar bisa memuji Tuhan, tapi disertai dengan tahbisan yang benar = memuji Tuhan dengan pakaian kudus.
Pada saat mereka memuji Tuhan, dibuatlah penghadang terhadap bani Amon dan Moab. Mereka saling bunuh membunuh, tampaklah semua telah menjadi bangkai

LEMBAH PUJIAN:
Itu adalah nama tempat dimana para biduan Tuhan menaikan pujian bagi Tuhan, setelah itu mereka masuk ke Yerusalem dengan gambus dan kecapi dan nafiri, lalu menuju kerumah Tuhan.
Cerita tentang peperangan melawan bani Amon dan Moab ini diakhiri dengan akhir yang indah.
Semoga peperangan yang saudara hadapi juga berakhir diakhir tahun 2018 ini, sehingga tahun 2019 menjadi tahun kemenangan bagi kita.

2 Taw 20:22-30
20:22 Ketika mereka mulai bersorak-sorai dan menyanyikan nyanyian pujian, dibuat TUHANlah penghadangan terhadap bani Amon dan Moab, dan orang-orang dari pegunungan Seir, yang hendak menyerang Yehuda, sehingga mereka terpukul kalah.
20:23 Lalu bani Amon dan Moab berdiri menentang penduduk pegunungan Seir hendak menumpas dan memunahkan mereka. Segera sesudah mereka membinasakan penduduk Seir, mereka saling bunuh-membunuh.
20:24 Ketika orang Yehuda tiba di tempat peninjauan di padang gurun, mereka menengok ke tempat laskar itu. Tampaklah semua telah menjadi bangkai berhantaran di tanah, tidak ada yang terluput.
20:25 Lalu Yosafat dan orang-orangnya turun untuk menjarah barang-barang mereka. Mereka menemukan banyak ternak, harta milik, pakaian dan barang-barang berharga. Yang mereka rampas itu lebih banyak dari pada yang dapat dibawa. Tiga hari lamanya mereka menjarah barang-barang itu, karena begitu banyaknya.
20:26 Pada hari keempat mereka berkumpul di Lembah Pujian. Di sanalah mereka memuji TUHAN, dan itulah sebabnya orang menamakan tempat itu Lembah Pujian hingga sekarang.
20:27 Lalu pulanglah sekalian orang Yehuda dan Yerusalem dengan Yosafat di depan. Mereka kembali ke Yerusalem dengan sukacita, karena TUHAN telah membuat mereka bersukacita karena kekalahan musuh mereka.
20:28 Mereka masuk ke Yerusalem dengan gambus dan kecapi dan nafiri, lalu menuju rumah TUHAN.
20:29 Ketakutan yang dari Allah menghinggapi semua kerajaan negeri-negeri lain, ketika mereka mendengar, bahwa TUHAN yang berperang melawan musuh-musuh Israel.
20:30 Dan kerajaan Yosafat amanlah, karena Allahnya mengaruniakan keamanan kepadanya di segala penjuru.