Translate

19 Agu 2018

Ibadah Raya 19 Agustus 2018. AJAKAN JURUSELAMAT



Ibadah Raya 19 Agustus 2018.
AJAKAN JURUSELAMAT

Mat 11:25-30 UNDANGAN YESUS = SUARA SERULING.
11:25 Pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil.
11:26 Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu.
11:27 Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorang pun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorang pun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.
11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.
11:29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.
11:30 Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan."

Ada dua macam cara Tuhan menyampaikan ajaranNya, pertama dengan suara seruling dan yang kedua dengan ratapan.

Mat 11:17
11:17 Kami meniup seruling bagimu, tetapi kamu tidak menari, kami menyanyikan kidung duka, tetapi kamu tidak berkabung.
Suara ratapan, seperti Yesus mengecam beberapa kota
Mat 11:20-24
11:20 Lalu Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya:
11:21 "Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung.
11:22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.
11:23 Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini.
11:24 Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu."

Kidung duka / ratapan adalah kabar yang keras.
Tuhan Yesus telah menyuarakan suara yang keras yang ditujukan kepada 3 kota, yaitu Khorazim – Betsaida – dan Kapernaum.
“Celakalah engkau Khorazim! Celakakah engkau Betsaida! Dan Kapernaum.

Mengapa Tuhan sampai mengatakan celaka kepada kota-kota ini? Sedangkan kota-kota ini adalah kota-kota Kristen. Disitu Tuhan paling banyak melakukan mujizat, tapi orang-orangnya tidak bertobat.
Sebagai perbandingan Tuhan tunjuk dua kota yang mengalami mujizat dan sudah lama bertobat, itulah kota Tirus dan Sidon.

Jadi maksud Tuhan menyatakan mujizatNya, agar kehidupan orang tersebut mau bertobat.
Mujizat adalah salah satu cara Tuhan untuk menarik kehidupan seseorang itu datang dalam pertobatan.

Kis 19:11-12
19:11 Oleh Paulus Allah mengadakan mujizat-mujizat yang luar biasa,
19:12 bahkan orang membawa saputangan atau kain yang pernah dipakai oleh Paulus dan meletakkannya atas orang-orang sakit, maka lenyaplah penyakit mereka dan keluarlah roh-roh jahat.

Jadi kalau Tuhan menunjuk kota kota Tirus dan Sidon, itu adalah kota-kota yang penduduknya akan bertobat dan berkabung jika terjadi mujizat.
Pengikutan kita pada Tuhan itu harus ditandai dengan pertobatan, sebab jika tidak ada pertobatan pasti akan tertimpa hukuman.

Luk 13:1-5
13:1 Pada waktu itu datanglah kepada Yesus beberapa orang membawa kabar tentang orang-orang Galilea, yang darahnya dicampurkan Pilatus dengan darah korban yang mereka persembahkan.
13:2 Yesus menjawab mereka: "Sangkamu orang-orang Galilea ini lebih besar dosanya dari pada dosa semua orang Galilea yang lain, karena mereka mengalami nasib itu?
13:3 Tidak! kata-Ku kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian.
13:4 Atau sangkamu kedelapan belas orang, yang mati ditimpa menara dekat Siloam, lebih besar kesalahannya dari pada kesalahan semua orang lain yang diam di Yerusalem?
13:5 Tidak! kata-Ku kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian."

  Peringatan Tuhan kepada beberapa kota ini mengingatkan kita juga, agar kita dalam beribadah ini tidak main-main tapi serius.
“Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikan sampai ke langit?”
Satu kota lagi yaitu Kapernaum.Dikota ini Tuhan Yesus pernah menyembuhkan seorang hamba yang lumpuh. Perwira Kapernaum ini memiliki iman yang luar biasa.

Mat 8:10
8:10 Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorang pun di antara orang Israel.

Iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di Israel. Tapi mengapa kota ini diancam akan diturunkan sampai kedunia orang mati?
Karena tidak bertobat.
Suara ratapan adalah berita yang keras untuk memperingatkan orang Kristen agar bertobat sungguh-sungguh.
Kalau orang Kapernaum menyangka akan dinaikan ke langit, mungkin karena banyak terjadi mujizat disana, namun itu bukan suatu jaminan untuk kemudian hidupnya akan dinaikannya sampai kelangit, sebaliknya akan diturunkan.

Kalau Tuhan membandingkan kota ini dengan kota Sodom, ini berarti praktek-praktek dosa itu masih terjadi dikota ini, sama seperti yang diperbuat oleh orang-orang Sodom pada waktu itu.
Khorazim – Betsaida dan Kapernaum, ini menunjuk kota-kota/negara-negara Kristen, dimana seharusnya negara-negara itu menunjukan kehidupan Kristen yang benar, tapi hidup mereka tidak ubahnya seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah.
Biarlah hal ini mengingatkan kita agar kita hidup benar sebagai orang percaya yang bertobat.

Peringatan Tuhan kepada kota-kota ini juga merupakan peringatan Tuhan kepada kita, agar kita boleh meninjau kembali pertobatan kita.
Suara seruling adalah berita Injil yang enak didengar, sebab didalamnya ada janji Tuhan untuk mengangkat beban dan segala keberatan hati manusia.
Seperti yang Tuhan Yesus firmankan: “Marilah kepadaKu semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberikan kelegaan kepadamu.”
Beban berat itu juga yang dimaksud adalah dosa / kesalahan kita. Seperti yang dikatakan Daud dalam

Maz 38:5
38:5 sebab kesalahanku telah menimpa kepalaku; semuanya seperti beban berat yang menjadi terlalu berat bagiku.

Ajakan Tuhan disini untuk meletakan beban-beban dosa yang kerap kali menghalangi kita sehingga kita tidak dapat berlari dengan kencang.

1 Ibn 12:1
12:1 Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.
Letih lesu dan berbeban berat:
Orang yang letih lesu ini diundang untuk datang kepada Tuhan buat dengar firmanNya.  

Yes 50:4
50:4 Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid.
Dengan mendengarkan Firman Tuhan, semangat yang tadinya sudah loyo dikuatkan kembali. Contoh : Kehidupan Yunus.

Yun 2:7
2:7 Ketika jiwaku letih lesu di dalam aku, teringatlah aku kepada TUHAN, dan sampailah doaku kepada-Mu, ke dalam bait-Mu yang kudus.
Perjalanan jauh bisa membuat seorang letih dan lesu.

Yes 57:10
57:10 Oleh perjalananmu yang jauh engkau sudah letih lesu, tetapi engkau tidak berkata: "Tidak ada harapan!" Engkau mendapat kekuatan yang baru, dan sebab itu engkau tidak menjadi lemah.

Perjalanan jauh = persoalan yang berkepanjangan, ini yang membuat letih lesu.
Tidak ada harapan! Ini perkataan orang yang mengalami putus asa.
Kalau saja orang itu menyimpan FA dalam hatinya, maka dia akan menerima kekuatan yang berlimpah-limpah dari Tuhan.

2 Kor 4:7-10
4:7 Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami.
4:8 Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa;
4:9 kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa.
4:10 Kami senantiasa membawa kematian Yesus di dalam tubuh kami, supaya kehidupan Yesus juga menjadi nyata di dalam tubuh kami.

Tuhan lewat firmanNya akan memulihkan keadaan saudara saat ini.
Tuhan Yesus memberkati.