Translate

12 Agu 2018

Ibadah Pendalaman Alkitab 10 Agustus 2018. NASEHAT – NASEHAT


Ibadah Pendalaman Alkitab 10 Agustus 2018.
NASEHAT – NASEHAT:
1 Tes 5:12-22

5:12 Kami minta kepadamu, saudara-saudara, supaya kamu menghormati mereka yang bekerja keras di antara kamu, yang memimpin kamu dalam Tuhan dan yang menegor kamu;
5:13 dan supaya kamu sungguh-sungguh menjunjung mereka dalam kasih karena pekerjaan mereka. Hiduplah selalu dalam damai seorang dengan yang lain.
5:14 Kami juga menasihati kamu, saudara-saudara, tegorlah mereka yang hidup dengan tidak tertib, hiburlah mereka yang tawar hati, belalah mereka yang lemah, sabarlah terhadap semua orang.
5:15 Perhatikanlah, supaya jangan ada orang yang membalas jahat dengan jahat, tetapi usahakanlah senantiasa yang baik, terhadap kamu masing-masing dan terhadap semua orang.
5:16 Bersukacitalah senantiasa.
5:17 Tetaplah berdoa.
5:18 Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.
5:19 Janganlah padamkan Roh,
5:20 dan janganlah anggap rendah nubuat-nubuat.
5:21 Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.
5:22 Jauhkanlah dirimu dari segala jenis kejahatan.

Sesuai dengan judulnya, bagian yang akan kita bahas ini berisi nasehat-nasehat.
Nasehat-nasehat ini ditujukan kepada Jemaat di Tesalonika. Seperti yang kita ketahui bahwa Rasul Paulus telah mengutus Timotius ke Tesalonika ini dengan maksud untuk menguatkan iman dari jemaat Tesalonika agar imannya tidak goyah dalam menghadapi kesusahan-kesusahan yang terjadi pada waktu itu.

1 Tes 3:1-3
3:1 Kami tidak dapat tahan lagi, karena itu kami mengambil keputusan untuk tinggal seorang diri di Atena.
3:2 Lalu kami mengirim Timotius, saudara yang bekerja dengan kami untuk Allah dalam pemberitaan Injil Kristus, untuk menguatkan hatimu dan menasihatkan kamu tentang imanmu,
3:3 supaya jangan ada orang yang goyang imannya karena kesusahan-kesusahan ini. Kamu sendiri tahu, bahwa kita ditentukan untuk itu.

Dalam nasehatnya rasul Paul menyarankan agar jemaat Tesalonika ini menghormati orang yang memimpin mereka dalam Tuhan dan yang menegor mereka, agar jemaat Tesalonika ini menjunjung dalam kasih karena pekerjaan mereka.

1 Tes 5:12-13
5:12 Kami minta kepadamu, saudara-saudara, supaya kamu menghormati mereka yang bekerja keras di antara kamu, yang memimpin kamu dalam Tuhan dan yang menegor kamu;
5:13 dan supaya kamu sungguh-sungguh menjunjung mereka dalam kasih karena pekerjaan mereka. Hiduplah selalu dalam damai seorang dengan yang lain.

Di gereja Tesalonika ini rasul Paulus menunjuk Timotius dan mempercaya sebagai seorang gembala yang tugasnya menyampaikan FA kepada mereka.
Tugas dari seorang pemimpin jemaat ini bagaikan memberi penyahutan, seperti tugas seorang Imam Besar. Ia menjadi wakil Allah, Allah berbicara lewat dia, untuk itu kita diajar menghormati serta menjunjung seorang pemimpin karena pekerjaan mereka.

Ibn 13:7
13:7 Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka.

Nasehat selanjutnya mengatakan:
1 Tes 5:14
5:14 Kami juga menasihati kamu, saudara-saudara, tegorlah mereka yang hidup  tidak tertib, hiburlah mereka yang tawar hati, belalah mereka yang lemah, sabarlah terhadap semua orang.

Hidup tidak tertib = tidak menuruti perintah (TL)
Wong kang kurang tata lakune (BD)
Dalam Jemaat itu ada banyak sifat-sifat orang yang berbeda, nah kalau ada yang tidak benar tindakannya, orang itu perlu ditegor, dinasehati dengan lemah lembut dan dengan pengajaran.

Gal 6:1
6:1 Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan.

2 Tim 4:2
4:2 Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.

Titus 1:10-13 Tegor dengan tegas.
1:10 Karena sudah banyak orang hidup tidak tertib, terutama di antara mereka yang berpegang pada hukum sunat. Dengan omongan yang sia-sia mereka menyesatkan pikiran.
1:11 Orang-orang semacam itu harus ditutup mulutnya, karena mereka mengacau banyak keluarga dengan mengajarkan yang tidak-tidak untuk mendapat untung yang memalukan.
1:12 Seorang dari kalangan mereka, nabi mereka sendiri, pernah berkata: "Dasar orang Kreta pembohong, binatang buas, pelahap yang malas."
1:13 Kesaksian itu benar. Karena itu tegorlah mereka dengan tegas supaya mereka menjadi sehat dalam iman,

Dibalik tegoran itu ada kasih. Why 3:19
3:19 Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah!

Hiburlah mereka yang tawar hati. (Kuatkan orang yang tawar hati) TL.
Tawar hati disalin dalam bahasa daerah = cilik atine.
Penyakit tawar hati ini bisa membuat seorang kehilangan kekuatannya.

Ams 24:10
24:10 Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu.
Pada masa kesesakan banyak orang yang tawar hatinya.
Rasul Paulus tidak tawar hati walaupun dalam kesukaran.

2 Kor 4:1,16
4:1 Oleh kemurahan Allah kami telah menerima pelayanan ini. Karena itu kami tidak tawar hati.

Dalam kesempatan lain rasul Paulus menasehatkan kepada jemaat yang ada di Efesus agar tidak tawar hati melihat kesesakan  yang dialami rasul Paulus.

Ef 3:13
3:13 Sebab itu aku minta kepadamu, supaya kamu jangan tawar hati melihat kesesakanku karena kamu, karena kesesakanku itu adalah kemuliaanmu.
Hiburlah mereka yang tawar hati! 1 Tes 5:14

5:14 Kami juga menasihati kamu, saudara-saudara, tegorlah mereka yang hidup dengan tidak tertib, hiburlah mereka yang tawar hati, belalah mereka yang lemah, sabarlah terhadap semua orang.

Ini berarti orang yang menghibur itu adalah orang yang mempunyai pengalaman tidak tawar hati walaupun dalam kesesakan.
Yos 1:9 Janganlah kecut dan tawar hati.
1:9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi."

Lain lagi dengan pengalaman Yosua, ia mendapatkan firman langsung dari Tuhan, yaitu tatkala hendak memimpin bangsa Israel untuk memasuki tanah Kanaan.
Sebagai orang muda yang belum berpengalaman, tentunya dalam hati ia bertanya-tanya bagaimana nanti jika menghadapi kesukaran-kesukaran dengan bangsa Israel yang dipimpinnya.

Tapi Tuhan datang tepat waktu, dengan firmanNya DIA berkata:
Kuatkan dan teguhkanlah hatimu. Janganlah kecut dan tawar hati, sebab Tuhan Allahmu menyertai engkau, kemanapun engkau pergi.
Jadi tawar hati itu adalah senjata Iblis untuk melumpuhkan iman kita.
Kita pergunakan perisai iman dan pedang Roh untuk melawan Iblis.

1 Pet 5:7-9
5:7 Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.
5:8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.
5:9 Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.

Ef 6:16-17
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,