Translate

10 Jun 2018

Ibadah Raya. 10 Juni 2018 Ucapan Syukur Atas Anugrah Tuhan.



Ibadah Raya. 10 Juni 2018
Ucapan Syukur Atas Anugrah Tuhan.

1 Korintus 1:4-9 (TB) 
4 Aku senantiasa mengucap syukur kepada Allahku karena kamu atas kasih karunia Allah yang dianugerahkan-Nya kepada kamu dalam Kristus Yesus.
5 Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal: dalam segala macam perkataan dan segala macam pengetahuan,
6 sesuai dengan kesaksian tentang Kristus, yang telah diteguhkan di antara kamu.
7 Demikianlah kamu tidak kekurangan dalam suatu karunia pun sementara kamu menantikan penyataan Tuhan kita Yesus Kristus.
8 Ia juga akan meneguhkan kamu sampai kepada kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus.
9 Allah, yang memanggil kamu kepada persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita, adalah setia.


Ucapan syukur Rasul Paulus ditujukan pada Allah karena anugrahNya kepada jemaat di Korintus.

Anugrah = pemberian, ganjaran pada pihak atas ke pihak bawah.

Kita menerima anugrah dari Allah. Anugrah yang diterima jemaat Korintus adalah perhiasan rohani / karunia rohani (ay 5-7). Hal ini tidak terjadi pada jemaat lain, jadi merupakan anugrah Tuhan yang luar biasa.

Psl 12,13,14 berbicara tentang karunia-karunia rohani kepada Jemaat Korintus yang dulunya kacau, ada perselisihan, tidak tertib,dsb. Latar belakang mereka adalah orang dagang/ pengusaha yang belum bertobat. Kebiasaan mereka adalah ingin menonjol, memerintah, memamerkan kekayaan, penuh dengan berbagai macam dosa, persundalan, penyembahan berhala,dsb

Oleh anugrah Tuhan, jemaat Korintus dipulihkan. Orang Kristen harus mengalami keubahan atau dipulihkan. Mengalami pengalaman seperti yang dialami jemaat Korintus.

Dahulunya kita najis, tapi setelah berjumpa dengan  Yesus, hidup ini dibaharui.

Riwayatnya bangsa Israel ditemukan Tuhan, sepeti bayi yang baru lahir dan dibuang dipinggir jalan, ditemukan Tuhan, dimandikan, dibersihkan, dipelihara sehingga  tumbuh hingga menjadi dewasa.

Yehezkiel 16:1-3 (TB) 
1 Lalu datanglah firman TUHAN kepadaku:
2 "Hai anak manusia, beritahukanlah kepada Yerusalem perbuatan-perbuatannya yang keji
3 dan katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH kepada Yerusalem: Asalmu dan kelahiranmu ialah dari tanah Kanaan; ayahmu ialah orang Amori dan ibumu orang Heti.

"Asalmu dan kelahiranmu ialah dari tanah Kanaan; ayahmu ialah orang Amori dan ibumu orang Heti."

 Suku Amori dan Heti adalah 2 suku bangsa yang mendiami tanah Kanaan. Sebenarnya mereka harus ditumpas, tapi dibiarkan hidup oleh bangsa Israel. AkhIrnya Bangsa Israel kehidupannya tercampur.
Bangsa Israel terpengaruh oleh dosa2 bangsa Kanaan, yang bukan orang percaya.

Darimana asal usul kita? Kita adalah bangsa kafir.

Efesus 2:11-22
11 Karena itu ingatlah, bahwa dahulu kamu — sebagai orang-orang bukan Yahudi menurut daging, yang disebut orang-orang tak bersunat oleh mereka yang menamakan dirinya "sunat", yaitu sunat lahiriah yang dikerjakan oleh tangan manusia, —
12 bahwa waktu itu kamu tanpa Kristus, tidak termasuk kewargaan Israel dan tidak mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan yang dijanjikan, tanpa pengharapan dan tanpa Allah di dalam dunia.
 13 Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu "jauh", sudah menjadi "dekat" oleh darah Kristus.
14 Karena Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan,
15  sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera, 
16 dan untuk memperdamaikan keduanya, di dalam satu tubuh, dengan Allah oleh salib, dengan melenyapkan perseteruan pada salib itu.
17 Ia datang dan memberitakan damai sejahtera kepada kamu yang "jauh" dan damai sejahtera kepada mereka yang "dekat", 
18  karena oleh Dia kita kedua pihak dalam satu Roh beroleh jalan masuk kepada Bapa.
19 Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah,
20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.
21 Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapi tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan.
22 Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh.

Kedua pihak = bangsa Kafir dan Bangsa Israel telah disatukan. Dahulu kita jauh, menjadi dekat oleh  korban Kritus. Akan terjadi penyatuan tubuh Kristus, satu dalam tubuh dan Roh.

1 Petrus 2:9-10 (TB)
9  Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:
10 kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.

Tuhan menemukan kita, seperti bayi yang baru lahir dan dibuang

Yehezkiel 16:4-6 (TB) 
4 Kelahiranmu begini: Waktu engkau dilahirkan, pusatmu tidak dipotong dan engkau tidak dibasuh dengan air supaya bersih; juga dengan garam pun engkau tidak digosok atau dibedungi dengan lampin.
5 Tidak seorang pun merasa sayang kepadamu sehingga diperbuatnya hal-hal itu kepadamu dari rasa belas kasihan; malahan engkau dibuang ke ladang, oleh karena orang pandang enteng kepadamu pada hari lahirmu.
6 Maka Aku lalu dari situ dan Kulihat engkau menendang-nendang dengan kakimu sambil berlumuran darah dan Aku berkata kepadamu dalam keadaan berlumuran darah itu: Engkau harus hidup.

Adakah kebanggaan bila kita melihat keadaan kita yang dahulu?

 "ENGKAU HARUS HIDUP"

Apa tujuan Tuhan  mengungkap masa lalu?agar kita sadar hidup kita dahulu dan mensyukuri anugrahNya.
Tuhan telah menemukan kita dan kita boleh hidup . Mati dalam dosa, hidup dalan roh

Dibuang= menunjuk jiwa yang tidak terpakai
Bangsa Israel pernah dibuang karena mereka tidak setia. Mereka dibuang di Babel.

2 Raja-raja 24:15-16 (TB) 
15 Ia mengangkut Yoyakhin ke dalam pembuangan ke Babel, juga ibunda raja, isteri-isteri raja, pegawai-pegawai istananya dan orang-orang berkuasa di negeri itu dibawanya sebagai orang buangan dari Yerusalem ke Babel.
16 Semua orang yang gagah perkasa, tujuh ribu orang banyaknya, para tukang dan para pandai besi, seribu orang banyaknya, sekalian pahlawan yang sanggup berperang, dibawa oleh raja Babel sebagai orang buangan ke Babel.

Apakah kita pernah merasa dibuang ? Setiap orang Kristen yang tidak melekat pada pokok maka akan dibuang.

Yohanes 15:6-7 (TB)
6  Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.
7 Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Yang tidak melekat akan menjadi ranting yang kering dan akan dibuang dan dibakar
 Caranya supaya melekat adalah bangun hubungan dengan Tuhan, berdoa dan membaca alkitab

Doa Daud " janganlah membuang aku"

Mazmur 27:9 (TB)  Janganlah menyembunyikan wajah-Mu kepadaku, janganlah menolak hamba-Mu ini dengan murka; Engkaulah pertolonganku, janganlah membuang aku dan janganlah meninggalkan aku, ya Allah penyelamatku!

Dosa memisahkan kita dengan Tuhan,sehingga kita merasa terbuang.

Mazmur 51:13 Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!

Perasaan Daud saat ia jatuh dalam dosa perzinahan , mengingatkan kita untuk selalu berhati-hati dalam perbuatan. Daud jatuh dalam dosa dan merasa terbuang .

Tuhan tidak membuang kita, tapi ia menemukan kita.

Setelah ditemukan ALLAH kita menjadi tumbuh dewasa.
Kita menjadi dewasa rohani karena pemeliharaan rohani.

Yehezkiel 16:7-8 (TB) 
7 dan jadilah besar seperti tumbuh-tumbuhan di ladang! Engkau menjadi besar dan sudah cukup umur, bahkan sudah sampai pada masa mudamu. Maka buah dadamu sudah montok, rambutmu sudah tumbuh, tetapi engkau dalam keadaan telanjang bugil.
8 Maka Aku lalu dari situ dan Aku melihat engkau, sungguh, engkau sudah sampai pada masa cinta berahi. Aku menghamparkan kain-Ku kepadamu dan menutupi auratmu. Dengan sumpah Aku mengadakan perjanjian dengan engkau, demikianlah firman Tuhan ALLAH, dan dengan itu engkau Aku punya.

Sudah dewasa tapi telanjang, jadi memalukan.Tuhan menutup aurat kita.

 " ENGKAU AKU PUNYA"

Kita sudah dimiliki oleh Tuhan. Oleh karena itu, kalau hendak berbuat sesuatu kita harus ingat, bahwa kita ini milik Tuhan.

Yehezkiel 16:9-14
9 Aku membasuh engkau dengan air untuk membersihkan darahmu dari padamu dan Aku mengurapi engkau dengan minyak.
10 Aku mengenakan pakaian berwarna-warna kepadamu dan memberikan engkau sandal-sandal dari kulit lumba-lumba dan tutup kepala dari lenan halus dan selendang dari sutera.
11 Dan Aku menghiasi engkau dengan perhiasan-perhiasan dan mengenakan gelang pada tanganmu dan kalung pada lehermu.
12 Dan Aku mengenakan anting-anting pada hidungmu dan anting-anting pada telingamu dan mahkota kemuliaan di atas kepalamu.
13 Dengan demikian engkau menghias dirimu dengan emas dan perak, pakaianmu lenan halus dan sutera dan kain berwarna-warna; makananmu ialah tepung yang terbaik, madu dan minyak dan engkau menjadi sangat cantik, sehingga layak menjadi ratu.
14 Dan namamu termasyhur di antara bangsa-bangsa karena kecantikanmu, sebab sangat sempurna adanya, oleh karena semarak perhiasan-Ku yang Kuberikan kepadamu, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

TUHAN melengkapi kita dengan setiap perhiasan. Dulunya bayi yang dibuang, sekarang didandani.

1 Korintus 13:11 (TB)  Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu.

Kita harus meninggalkan masa kanak-kanak, karena nanti kelak akan menikah dengan mempelai Pria Surgawi.
Rohani harus menjadi dewasa, saat ini adalah masa pertunangan .
Tuhan memberikan perhiasan rohani/ karunia-karunia, supaya saat Tuhan datang kita tidak bercacat.

1 Korintus 1:7-8 (TB)  Demikianlah kamu tidak kekurangan dalam suatu karunia pun sementara kamu menantikan penyataan Tuhan kita Yesus Kristus.
Ia juga akan meneguhkan kamu sampai kepada kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus.

Mintalah karunia pada Tuhan !

Rasul Paulus rindu supaya hati terbuka sehingga bisa melakukan Firman Tuhan.
Kiranya  pembukaan  Firman Tuhan selama ini yang kita dapat, dapat membuat kita mempraktekkanNya lebih lagi.

Tuhan Yesus memberkati!