Translate

25 Mar 2018

Ibadah Raya 25 Maret 2018 . Berita Prapaskah



Ibadah Raya 25 Maret 2018
Berita Prapaskah

Kita dibawa untuk mengenang penderitaan Tuhan.
Lukas 22:1-2
1 Hari raya Roti Tidak Beragi, yang disebut Paskah, sudah dekat.
2 Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat mencari jalan, bagaimana mereka dapat membunuh Yesus, sebab mereka takut kepada orang banyak.

Berita Perjanjian Lama akan segera digenapkan. Yesus harus ditangkap, sengsara dan disalib adalah untuk penggenapan Perjanjian Lama.
Hari Raya Roti Tak Beragi awalnya untuk memperingati Paskah bagi bangsa Israel.

Kel 12:5-8
5  Anak dombamu itu harus jantan, tidak bercela, berumur setahun; kamu boleh ambil domba atau kambing.
6 Kamu harus mengurungnya sampai hari yang keempat belas bulan ini; lalu seluruh jemaah Israel yang berkumpul, harus menyembelihnya pada waktu senja.
7 Kemudian dari darahnya haruslah diambil sedikit dan dibubuhkan pada kedua tiang pintu dan pada ambang atas, pada rumah-rumah di mana orang memakannya.
8 Dagingnya harus dimakan mereka pada malam itu juga; yang dipanggang mereka harus makan dengan roti yang tidak beragi beserta sayur pahit.

Anak Domba Jantan tak bercela menunjuk Yesus.
Domba disembelih waktu senja, darah disapukan pada ambang pintu. Pada waktu malam Tuhan memerintahkan Malaikat El-maut bila malaikat melihat tanda darah maka malaikat itu melewatinya. Kegenapan dalam Perjanjian Baru adalah darah Kristus. Yang menerima korban Kristus tidak akan binasa

Yohanes 3:16
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Yang menerima akan diselamatkan.
Domba disembelih waktu senja, artinya menjelang malam, bicara mengenai waktu akhir jaman. Jadi sekarang ini waktu menjelang malam, anak-anak Tuhan harus mengerti korban Kristus dan harus selalu mengingat .

Dikatakan bahwa darahNya dibubuhkan pada kedua tiang pintu dan tiang diatas, bicara mengenai perlindungan atas rumah tangga.
Jika seorang percaya akan Yesus maka seisi rumah akan diselamatkan. Bila ada keluarga yang belum percaya kita harus sungguh-sungguh memenangkan dan bersaksi supaya mereka juga diselamatkan.

Keluaran 12:13 Tanda Darah
13.  Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal: Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah Mesir.

Tanda darah ini penting, bisa menyelamatkan rumah tangga.Bila ada tanda darah maka anak sulung akan selamat. Bila tidak semua anak sulung akan mengalami kematian.
Kegenapannya dalam Perjanjian Baru yaitu apakah menerima atau menolak korban Kristus.

Yohanes 3:16-18
16  Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.
18 Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.

Pengorbanan Yesus menanggung hukuman dan kutukan kita.
Yesaya 53:2-8
2 Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknya pun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupa pun tidak, sehingga kita menginginkannya.
3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kita pun dia tidak masuk hitungan.
4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.
5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
6  Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.
7 Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.

Tulang Tuhan tidak diremukkan , karena sebelumnya ditikam lambungNya dan keluar darah dan air sehingga membuktikan bahwa Ia sudah mati, sedangkan penjahat-penjahat disampingnya tulangnya diremukkan. Oleh karena itu Tuhan bisa bangkit. Tulang bicara mengenai kebangkitan.

Dia diremukkan karena kejahatan kita.
Saat Yesus dibawa dipersidangan, dituduh, Ia tidak membela diri, tidak bersungut-sungut, Ia diam. Semua sudah dinubuatkan jauh-jauh hari.

Agar terhindar dari hukuman, semua rumah harus diberi tanda darah.
Iblis paling takut dengan darah Yesus.


Wahyu 12:11-12
11 Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut.
12 Karena itu bersukacitalah, hai sorga dan hai kamu sekalian yang diam di dalamnya, celakalah kamu, hai bumi dan laut! karena Iblis telah turun kepadamu, dalam geramnya yang dahsyat, karena ia tahu, bahwa waktunya sudah singkat."

Iblis dikalahkan dan jatuh di bumi. Iblis adalah penguasa di udara, yang mengajar manusia untuk berbuat jahat. Dan senjata kita untuk melawan Iblis adalah darah Yesus.

Karena itu Perjamuan Suci tidak hanya saat Paskah, tapi setiap ibadah. Semakin mengerti akan Firman Tuhan, iblis semakin takut akan anak Tuhan.

Bila menerima selamat ,dan sebaliknya mengalami kematian bila menolak .
Keluaran 12:29-33
29  Maka pada tengah malam TUHAN membunuh tiap-tiap anak sulung di tanah Mesir, dari anak sulung Firaun yang duduk di takhtanya sampai kepada anak sulung orang tawanan, yang ada dalam liang tutupan, beserta segala anak sulung hewan.
30 Lalu bangunlah Firaun pada malam itu, bersama semua pegawainya dan semua orang Mesir; dan kedengaranlah seruan yang hebat di Mesir, sebab tidak ada rumah yang tidak kematian.
31 Lalu pada malam itu dipanggilnyalah Musa dan Harun, katanya: "Bangunlah, keluarlah dari tengah-tengah bangsaku, baik kamu maupun orang Israel; pergilah, beribadahlah kepada TUHAN, seperti katamu itu.
32 Bawalah juga kambing dombamu dan lembu sapimu, seperti katamu itu, tetapi pergilah! Dan mohonkanlah juga berkat bagiku."
33 Orang Mesir juga mendesak dengan keras kepada bangsa itu, menyuruh bangsa itu pergi dengan segera dari negeri itu, sebab kata mereka: "Nanti kami mati semuanya."

Orang Mesir semua ketakutan dan menyuruh bangsa Israel  keluar dari Mesir. Orang percaya harusnya ada bukti keluar dari pengaruh dunia. Dunia ini penuh dengan pengaruh kejahatan dan kenajisan. Kita harus membiasakan diri tanpa dipengaruhi dunia. Ibadah harus murni yang berkenan bagi Tuhan.

1 Petrus 1:18-21
18  Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,
19 melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.
20 Ia telah dipilih sebelum dunia dijadikan, tetapi — karena kamu — Ia baru menyatakan diri-Nya pada zaman akhir.
21 Oleh Dialah kamu percaya kepada Allah, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan yang telah memuliakan-Nya, sehingga imanmu dan pengharapanmu tertuju kepada Allah.

Begitu mahal sekali harga darah Yesus, bila kita menerima penebusan oleh darah Kristus, maka hidup kita menjadi mahal, senilai darah Kristus .

Bila kita mengerti ini maka kita akan berhenti berbuat dosa, karena hidup ini mahal, semahal darah yang telah menebus.

Selain tanda darah dalam perayaan Paskah, juga ada 3 hal
Keluaran 12:8 Dagingnya harus dimakan mereka pada malam itu juga; yang dipanggang mereka harus makan dengan roti yang tidak beragi beserta sayur pahit.

1.DAGING YANG DIPANGGANG
Menunjuk sengsara Kristus waktu di salib
 Dia menyediakan tubuhnya untuk dipanggang.

Ada 4 kali pemberitaan tentang sengsara Kristus
Matius 16:21   Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.

Matius 17:22-23
22  Pada waktu Yesus dan murid-murid-Nya bersama-sama di Galilea, Ia berkata kepada mereka: "Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia
23 dan mereka akan membunuh Dia dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan." Maka hati murid-murid-Nya itu pun sedih sekali.

Matius 20:17-19
17 Ketika Yesus akan pergi ke Yerusalem, Ia memanggil kedua belas murid-Nya tersendiri dan berkata kepada mereka di tengah jalan:
18 "Sekarang kita pergi ke Yerusalem dan Anak Manusia akan diserahkan kepada imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, dan mereka akan menjatuhi Dia hukuman mati.
19 Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya Ia diolok-olokkan, disesah dan disalibkan, dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan."

Matius 26:1-2
1  Setelah Yesus selesai dengan segala pengajaran-Nya itu, berkatalah Ia kepada murid-murid-Nya:
2 "Kamu tahu, bahwa dua hari lagi akan dirayakan Paskah, maka Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan."

Yesus mengulang terus pemberitaan Salib supaya murid-muridNya dan kita terus mengingat pengorbananNya.

2. ROTI YANG TAK BERAGI
1 Korintus 5:6-8
6  Kemegahanmu tidak baik. Tidak tahukah kamu, bahwa sedikit ragi mengkhamiri seluruh adonan?
7 Buanglah ragi yang lama itu, supaya kamu menjadi adonan yang baru, sebab kamu memang tidak beragi. Sebab anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus.
8 Karena itu marilah kita berpesta, bukan dengan ragi yang lama, bukan pula dengan ragi keburukan dan kejahatan, tetapi dengan roti yang tidak beragi, yaitu kemurnian dan kebenaran.

Dalam makan perjamuan suci, kita memperingati kesengsaraan Tuhan,  hati kita harus bersih,murni dan benar. Setiap orang yang mengerti dan percaya akan korbanNya Kristus boleh minum Perjamuan Suci. Bila ada dosa jangan makan Perjamuan Suci.

Melayani dengan tidak sungguh-sungguh berarti menghina korbanNya Kristus.
Penderitaan Yesus sangat berat, tubuhNya hancur. Ia merasakan penderitaan luar biasa. Janganlah kita mengeluh akan sakit kita.

3. SAYUR PAHIT
Saat Tuhan di salib, Ia kehausan, Ia meminta minum, tapi tidak diberi air,melainkan air yang pahit

Yohanes 19:28-30
28 Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia — supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci —: "Aku haus!"
29 Di situ ada suatu bekas penuh anggur asam. Maka mereka mencucukkan bunga karang, yang telah dicelupkan dalam anggur asam, pada sebatang hisop lalu mengunjukkannya ke mulut Yesus.
30 Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.

Bila kita menyimpan kepahitan maka susah dilupakan. Ayub juga pernah berkata bosan hidup karena jiwanya kepahitan.
Apakah kita juga pernah mengucapkan hal yang sama? Bosan hidup karena kepahitan akan pasangan, keluarga, anak?

Ayub 10:1   "Aku telah bosan hidup, aku hendak melampiaskan keluhanku, aku hendak berbicara dalam kepahitan jiwaku.
Kepahitan bisa membuat bosan hidup.
Bila kita sudah pernah mengatakan bosan hidup. minta ampun pada Tuhan. Tuhan telah mengetahui setiap hidup kita.

Keluaran 1:13-14
13 Lalu dengan kejam orang Mesir memaksa orang Israel bekerja,
14 dan memahitkan hidup mereka dengan pekerjaan yang berat, yaitu mengerjakan tanah liat dan batu bata, dan berbagai-bagai pekerjaan di padang, ya segala pekerjaan yang dengan kejam dipaksakan orang Mesir kepada mereka itu.

Kepahitan harus diobati. Kepahitan itu ada akarnya, seperti tanaman, dan hidup. Karena itu orang susah menghilangkan kepahitan, karena ada akarnya.

Ibrani 12:5  Dan sudah lupakah kamu akan nasihat yang berbicara kepada kamu seperti kepada anak-anak: "Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan-Nya;

Akar pahit bisa menimbulkan kerusuhan
Mari kita introspeksi apakah ada kepahitan dalam diri kita, tidak ada satupun dari manusia yang sempurna. Manusia tidak bisa mencabut kepahitan sendiri.

Efesus 4:31  Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan.

Kepahitan dilepaskan melalui pergumulan,  Tuhan yang mampu melepaskan.
Kepahitan adalah racun. Buang kepahitan.
Pada akhir penderitaannya Tuhan meminum "kepahitan" kita.

Mazmur 69:21 Bahkan, mereka memberi aku makan racun, dan pada waktu aku haus, mereka memberi aku minum anggur asam.

Hanya darah Yesus yang bisa melepaskan kita dari racun/ kepahitan.
Tuhan Yesus memberkati.