Translate

29 Okt 2017

Ibadah Pendalaman Alkitab. 27 Oktober 2017. Keluaran 6:1-9.


Ibadah Pendalaman Alkitab. 
27 Oktober 2017.

Keluaran 6:1-9.
6:1 Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Akulah TUHAN.
6:2 Aku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi dengan nama-Ku TUHAN Aku belum menyatakan diri.
6:3 Bukan saja Aku telah mengadakan perjanjian-Ku dengan mereka untuk memberikan kepada mereka tanah Kanaan, tempat mereka tinggal sebagai orang asing,
6:4 tetapi Aku sudah mendengar juga erang orang Israel yang telah diperbudak oleh orang Mesir, dan Aku ingat kepada perjanjian-Ku.
6:5 Sebab itu katakanlah kepada orang Israel: Akulah TUHAN, Aku akan membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir, melepaskan kamu dari perbudakan mereka dan menebus kamu dengan tangan yang teracung dan dengan hukuman-hukuman yang berat.
6:6 Aku akan mengangkat kamu menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu, supaya kamu mengetahui, bahwa Akulah, TUHAN, Allahmu, yang membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir.
6:7 Dan Aku akan membawa kamu ke negeri yang dengan sumpah telah Kujanjikan memberikannya kepada Abraham, Ishak dan Yakub, dan Aku akan memberikannya kepadamu untuk menjadi milikmu; Akulah TUHAN."
6:8 Lalu Musa mengatakan demikian kepada orang Israel, tetapi mereka tidak mendengarkan Musa karena mereka putus asa dan karena perbudakan yang berat itu.

Allah meyakinkan kepada Musa atas kelepasan bangsa Israel sungguh-sungguh akan dikerjakan. Tuhan sudah terikat janji kepada nenek moyang bangsa Israel bahwa Kanaan akan diberikan kepada mereka.
Kita lihat hubungan Tuhan Yesus dengan manusia yang tertulis didalam PL.

1.- Kej 22:14 Yehova Yereh = Tuhan mengadakan.
22:14 Dan Abraham menamai tempat itu: "TUHAN menyediakan"; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang: "Di atas gunung TUHAN, akan disediakan."

2.- Kel 15:26 Yehova Rapha = Tuhan Tabibku.
15:26 firman-Nya: "Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan apa yang benar di mata-Nya, dan memasang telingamu kepada perintah-perintah-Nya dan tetap mengikuti segala ketetapan-Nya, maka Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit mana pun, yang telah Kutimpakan kepada orang Mesir; sebab Aku TUHANlah yang menyembuhkan engkau."

3.- Kel 17:15 Yehova Missi   = Tuhan panjiku.
17:15 Lalu Musa mendirikan sebuah mezbah dan menamainya: "TUHANlah panji-panjiku!"

4.- Hak 6:24 Yehova Shalom = Tuhan kedamainku. (Tuhan keselamatanku)
6:24 Lalu Gideon mendirikan mezbah di sana bagi TUHAN dan menamainya: TUHAN itu keselamatan. Mezbah itu masih ada sampai sekarang di Ofra, kota orang Abiezer.               

5.-Maz 23:1 Yehova Raah = Tuhan gembalaku.
23:1 Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.

6.- Yer 23:5-6  Yehova Tsibkenu = Tuhan kebenaranku.(keadilanku)
23:5 Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan menumbuhkan Tunas adil bagi Daud. Ia akan memerintah sebagai raja yang bijaksana dan akan melakukan keadilan dan kebenaran di negeri.
23:6 Dalam zamannya Yehuda akan dibebaskan, dan Israel akan hidup dengan tenteram; dan inilah namanya yang diberikan orang kepadanya: TUHAN keadilan kita.

7.- Yeh 48:35 Yehova Shammah = Tuhan sudah ada disitu.(Tuhan hadir disitu)
48:35 Jadi keliling kota itu adalah delapan belas ribu hasta. Sejak hari itu nama kota itu ialah: TUHAN HADIR DI SITU."

7 nama dari Tuhan sebagai nama peringatan.
Kel 6:6-7
6:6 Aku akan mengangkat kamu menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu, supaya kamu mengetahui, bahwa Akulah, TUHAN, Allahmu, yang membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir.
6:7 Dan Aku akan membawa kamu ke negeri yang dengan sumpah telah Kujanjikan memberikannya kepada Abraham, Ishak dan Yakub, dan Aku akan memberikannya kepadamu untuk menjadi milikmu; Akulah TUHAN."

Ada 7 rencana Allah:
1.- Aku akan membawa kamu keluar dari Mesir. (Kelepasan orang percaya)
2.- Aku akan melepaskan kamu dari perhambaan. (Rencana Tuhan melepaskan manusia dari perhambaan dosa)
3.- Aku akan menebus kamu. (Ini menunjuk Ketebusan oleh darah Yesus dikayu salib)
4.- Aku akan mengangkat kamu jadi umat-Ku. (Ini menunjuk suatu pengangkatan orang-orang percaya sebagai umat pilihan Allah).
5.- Aku akan menjadi Allahmu (Ini menunjuk bahwa Allah merupakan Allah yang harus disembah)
6.-Aku akan membawa kamu kenegeri perjanjian. (Ini adalah suatu negeri yang disediakan untuk orang-orang percaya)
7.-Aku akan memberi pusaka kepadamu. (Tuhan akan memberikan hak milik / warisan yang disediakan Tuhan untuk orang yang setia)

Tujuh perkara ini merupakan hal-hal yang tercantum dalam Injil Tuhan, dan merupakan 7 pokok intisari dari kabar keselamatan.
Apakah bangsa Israel mau mendengarkan perkataan ini?
Ayat 8:
6:8 Lalu Musa mengatakan demikian kepada orang Israel, tetapi mereka tidak mendengarkan Musa karena mereka putus asa dan karena perbudakan yang berat itu.

Firman Tuhan tidak dapat masuk dalam hidup bangsa Israel.
Bangsa Israel tidak bisa menerima firman Tuhan sebab beban terlampau berat.
Begitu juga dengan manusia yang dalam keadaan sibuk oleh perkara dunia, perhambaan dunia, dalam keadaan gelap mereka ada dalam belenggu dosa.

Kel 6:10-12
6:10 "Pergilah menghadap, katakanlah kepada Firaun, raja Mesir, bahwa ia harus membiarkan orang Israel pergi dari negerinya."
6:11 Tetapi Musa berkata di hadapan TUHAN: "Orang Israel sendiri tidak mendengarkan aku, bagaimanakah mungkin Firaun akan mendengarkan aku, aku seorang yang tidak petah lidahnya!"
6:12 Demikianlah TUHAN telah berfirman kepada Musa dan Harun, serta mengutus mereka kepada orang Israel dan kepada Firaun, raja Mesir, dengan membawa perintah supaya orang Israel dibawa keluar dari Mesir.

Allah mengutus Musa menghadap Firaun untuk kedua kalinya. Jika Musa mau, Tuhan akan menyertakan kuasa-Nya.
Jadi Tuhan selalu mau mengulang rencana-Nya.

Musa mau merendahkan diri. Ini menunjuk kerendahan diri dihadapan Tuhan sebagai pelayan Tuhan.
Kita boleh merendahkan diri, tapi jangan kecil hati.

Kel 6:13-26 Silsilah siapakah Harun dan Musa sebenarnya:
6:13 Inilah para kepala kaum keluarga mereka: Anak-anak Ruben anak sulung Israel: Henokh, Palu, Hezron dan Karmi; itulah kaum-kaum Ruben.
6:14 Anak-anak Simeon: Yemuel, Yamin, Ohad, Yakhin, Zohar, dan Saul, anak seorang perempuan Kanaan; itulah kaum-kaum Simeon.
6:15 Inilah nama anak-anak Lewi menurut urutan kelahirannya: Gerson, Kehat dan Merari. Umur Lewi seratus tiga puluh tujuh tahun.
6:16 Anak-anak Gerson: Libni dan Simei, menurut kaum mereka.
6:17 Anak-anak Kehat: Amram, Yizhar, Hebron dan Uziel. Umur Kehat seratus tiga puluh tiga tahun.
6:18 Anak-anak Merari: Mahli dan Musi. Itulah kaum-kaum Lewi menurut urutannya.
6:19 Dan Amram mengambil Yokhebed, saudara ayahnya, menjadi isterinya, dan perempuan ini melahirkan Harun dan Musa baginya. Umur Amram seratus tiga puluh tujuh tahun.
6:20 Anak-anak Yizhar: Korah, Nefeg dan Zikhri.
6:21 Anak-anak Uziel: Misael, Elsafan dan Sitri.
6:22 Dan Harun mengambil Eliseba, anak perempuan Aminadab, saudara perempuan Nahason, menjadi isterinya, dan perempuan ini melahirkan baginya Nadab, Abihu, Eleazar dan Itamar.
6:23 Anak-anak Korah: Asir, Elkana dan Abiasaf; itulah kaum-kaum orang Korah.
6:24 Eleazar, anak Harun, mengambil salah seorang anak perempuan Putiel menjadi isterinya dan perempuan ini melahirkan Pinehas baginya. Itulah para kepala kaum keluarga orang Lewi menurut kaum mereka.
6:25 Itulah Harun dan Musa, yang diperintahkan TUHAN: "Bawalah orang Israel keluar dari tanah Mesir menurut pasukan mereka."
6:26 Merekalah yang berbicara kepada Firaun, raja Mesir, supaya mereka membawa orang Israel keluar dari Mesir. Itulah Musa dan Harun.

Harun dan Musa ini adalah keturunan Lewi.
Tuhan menunjukan keturunan Lewi ini untuk memimpin pekerjaan Allah ditengah-tengah suku Israel.

Kel 6:27-29
6:27 Pada waktu TUHAN berfirman kepada Musa di tanah Mesir,
6:28 TUHAN berfirman kepadanya: "Akulah TUHAN; katakanlah kepada Firaun, raja Mesir, segala yang Kufirmankan kepadamu."
6:29 Tetapi Musa berkata di hadapan TUHAN: "Bukankah aku ini seorang yang tidak petah lidahnya, bagaimanakah mungkin Firaun akan mendengarkan aku?"

Tuhan menyatakan diri-Nya kembali “AKULAH TUHAN”
Musa sudah 6 kali mengatakan tidak sanggup!
1.- Kel 3:11
3:11 Tetapi Musa berkata kepada Allah: "Siapakah aku ini, maka aku yang akan menghadap Firaun dan membawa orang Israel keluar dari Mesir?"
2.- Kel 4:10
4:10 Lalu kata Musa kepada TUHAN: "Ah, Tuhan, aku ini tidak pandai bicara, dahulu pun tidak dan sejak Engkau berfirman kepada hamba-Mu pun tidak, sebab aku berat mulut dan berat lidah."
3.- Kel 4:13
4:13 Tetapi Musa berkata: "Ah, Tuhan, utuslah kiranya siapa saja yang patut Kauutus."
4.- Kel 5:22
5:22 Lalu Musa kembali menghadap TUHAN, katanya: "Tuhan, mengapakah Kauperlakukan umat ini begitu bengis? Mengapa pula aku yang Kauutus?
5.- Kel 6:11
6:11 Tetapi Musa berkata di hadapan TUHAN: "Orang Israel sendiri tidak mendengarkan aku, bagaimanakah mungkin Firaun akan mendengarkan aku, aku seorang yang tidak petah lidahnya!"
6.- Kel 6:29
6:29 Tetapi Musa berkata di hadapan TUHAN: "Bukankah aku ini seorang yang tidak petah lidahnya, bagaimanakah mungkin Firaun akan mendengarkan aku?"

Angka 6 adalah angka manusia.
Pada fasal 7:1-2 adalah yang ke 7 kalinya Tuhan memerintahkan Musa.
7:1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Lihat, Aku mengangkat engkau sebagai Allah bagi Firaun, dan Harun, abangmu, akan menjadi nabimu.
7:2 Engkau harus mengatakan segala yang Kuperintahkan kepadamu, dan Harun, abangmu, harus berbicara kepada Firaun, supaya dibiarkannya orang Israel itu pergi dari negerinya.

Pada bagian ini Musa dijadikan Allah dihadapan Firaun.
Kel 4:16 Musa menjadi Allah bagi Harun.
4:16 Ia harus berbicara bagimu kepada bangsa itu, dengan demikian ia akan menjadi penyambung lidahmu dan engkau akan menjadi seperti Allah baginya.