Translate

15 Okt 2017

Ibadah PA. 13 Oktober 2017. Keluaran Pasal 5



Ibadah PA. 13 Oktober 2017
KELUARAN FASAL 5:
5:1 Kemudian Musa dan Harun pergi menghadap Firaun, lalu berkata kepadanya: "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Biarkanlah umat-Ku pergi untuk mengadakan perayaan bagi-Ku di padang gurun."
5:2 Tetapi Firaun berkata: "Siapakah TUHAN itu yang harus kudengarkan firman-Nya untuk membiarkan orang Israel pergi? Tidak kenal aku TUHAN itu dan tidak juga aku akan membiarkan orang Israel pergi."
5:3 Lalu kata mereka: "Allah orang Ibrani telah menemui kami; izinkanlah kiranya kami pergi ke padang gurun tiga hari perjalanan jauhnya, untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allah kami, supaya jangan nanti mendatangkan kepada kami penyakit sampar atau pedang."
5:4 Tetapi raja Mesir berkata kepada mereka: "Musa dan Harun, mengapakah kamu bawa-bawa bangsa ini melalaikan pekerjaannya? Pergilah melakukan pekerjaanmu!"
5:5 Lagi kata Firaun: "Lihat, sekarang telah terlalu banyak bangsamu di negeri ini, masakan kamu hendak menghentikan mereka dari kerja paksanya!"
5:6 Pada hari itu juga Firaun memerintahkan kepada pengerah-pengerah bangsa itu dan kepada mandur-mandur mereka sendiri:
5:7 "Tidak boleh lagi kamu memberikan jerami kepada bangsa itu untuk membuat batu bata, seperti sampai sekarang; biarlah mereka sendiri yang pergi mengumpulkan jerami,
5:8 tetapi jumlah batu bata, yang harus dibuat mereka sampai sekarang, bebankanlah itu juga kepada mereka dan jangan menguranginya, karena mereka pemalas. Itulah sebabnya mereka berteriak-teriak: Izinkanlah kami pergi mempersembahkan korban kepada Allah kami.
5:9 Pekerjaan orang-orang ini harus diperberat, sehingga mereka terikat kepada pekerjaannya dan jangan mempedulikan perkataan dusta."
5:10 Maka para pengerah bangsa itu dan para mandurnya pergi dan berkata kepada mereka: "Beginilah kata Firaun: Aku tidak memberi jerami lagi kepadamu.
5:11 Pergilah kamu sendiri mengambil jerami, di mana saja kamu mendapatnya, tetapi pekerjaanmu sedikit pun tidak boleh kurang."
5:12 Lalu berseraklah bangsa itu ke seluruh tanah Mesir untuk mengumpulkan tunggul gandum sebagai pengganti jerami.
5:13 Dan pengerah-pengerah itu mendesak mereka dengan berkata: "Selesaikan pekerjaanmu, yaitu tugas sehari, seperti pada waktu ada jerami."
5:14 Lalu pengerah-pengerah Firaun memukul mandur-mandur Israel, yang mereka angkat, sambil bertanya: "Mengapakah kamu pada hari ini tidak menyelesaikan jumlah batu bata yang harus kamu buat seperti kemarin?"
5:15 Sesudah itu pergilah para mandur Israel kepada Firaun dan mengadukan halnya kepadanya: "Mengapakah tuanku berlaku seperti itu terhadap hamba-hambamu ini?
5:16 Jerami tidak diberikan lagi kepada hamba-hambamu ini tetapi walaupun begitu, kami diperintahkan: Buatlah batu bata. Dan dalam pada itu hamba-hambamu ini dipukuli, padahal rakyat tuankulah yang bersalah."
5:17 Tetapi ia berkata: "Pemalas kamu, pemalas! Itulah sebabnya kamu berkata: Izinkanlah kami pergi mempersembahkan korban kepada TUHAN!
5:18 Jadi sekarang, pergilah, bekerja! Jerami tidak akan diberikan lagi kepadamu, tetapi jumlah batu bata yang sama harus kamu serahkan."
5:19 Maka mengertilah para mandur Israel, bahwa mereka ada dalam keadaan susah, karena dikatakan kepada mereka: "Kamu tidak boleh mengurangi jumlah batu bata pada tiap-tiap hari."
5:20 Waktu mereka meninggalkan Firaun berjumpalah mereka dengan Musa dan Harun, yang sedang menantikan mereka,
5:21 lalu mereka berkata kepada keduanya: "Kiranya TUHAN memperhatikan perbuatanmu dan menghukumkan kamu, karena kamu telah membusukkan nama kami kepada Firaun dan hamba-hambanya dan dengan demikian kamu telah memberikan pisau kepada mereka untuk membunuh kami."
5:22 Lalu Musa kembali menghadap TUHAN, katanya: "Tuhan, mengapakah Kauperlakukan umat ini begitu bengis? Mengapa pula aku yang Kauutus?
5:23 Sebab sejak aku pergi menghadap Firaun untuk berbicara atas nama-Mu, dengan jahat diperlakukannya umat ini, dan Engkau tidak melepaskan umat-Mu sama sekali."
5:24 Tetapi TUHAN berfirman kepada Musa: "Sekarang engkau akan melihat, apa yang akan Kulakukan kepada Firaun; sebab dipaksa oleh tangan yang kuat ia akan membiarkan mereka pergi, ya dipaksa oleh tangan yang kuat ia akan mengusir mereka dari negerinya."

Kitab Keluaran fasal 5 ini terkena Halaman.
Mulai fasal 5 s/d 11 ditulis dalam pikiran Halaman.

Sifat-sifat Halaman ialah ada 3:
1.- Halaman itu adalah tempat terbuka dimana tidak ada perlindungan untuk panas matahari, hujan lebat, angin deras dan embun sejuk.
2.- Di Halaman itu terdapat alat-alat yang terbuat dari tembaga, yang menunjuk kepada hukuman.
3.- Menurut kitab Wahyu 11:2 Halaman itu akan diserahkan kepada orang kafir dan akan di injak-injak mereka selama 42 bulan.
Jika kita amengkuti uraian ini selanjutnya, maka kita akan mendapat kenyataan bahwa Keluaran fasal 5 s/d 11 sungguh-sunguh mempunyai sifat seperti diatas. Didalam fasal ini 10 bela dicurahkan sebagai pehukuman.

Orang-orang Mesir (kafir) menginjak-injak orang Israel.
Tuhan membiarkan umat-Nya Israel dihina Firaun seolah-olah mereka tidak mempunyai perlindungan.

Fasal 5 s/d 11 ini menggambarkan keadaan akhir zaman, dimana orang-orang Israel rohani yaitu orang-orang Kristen akan mengalami hal-hal yang hebat disekelililing mereka, sebab mereka dikeluarkan dari dunia ini.
Satu tabiat akan tersingkap dan kita akan mendapat pemandangan yang ngeri yang berlarut-larut dinyatakan oleh 10 bela ditinjau secara rohani.
Seluruh buku Keluaran secara rohani menunjuk kepada dua perkara ialah:                    
1.- Keluarnya orang-orang yang mau percaya dari keduniawian untuk memulai sesatu kehidupan yag baru didalam Tuhan, ini digambarkan dalam fasal 1 s/d 4, dan fasal 12:38 s/d fasal 40.
2.- Keluarnya gereja yang sempurna dari dunia ini.
Bagian ini digambarkan dalam fasa 5 s/d fasal 12:37

Berhubung kita sekarang masuk ke fasal 5 ini, maka dengan sendirinya kita akan menerangkan tentang keluarnya gereja yang sempurna dari dunia (berlangsung sampai pada fasal 11.

Mengapa bagian ini dicantumkan dalam fasal ini?
Mengapa justru dalam permulaan dari buku keluaran ini?
Sebab-sebabnya ialah karena pengetahuan tentang halaman dengan segala akibat-akibatnya perlu diketahui oleh orang-orang percaya yang mendorong mereka selekas mungkin keluar dari tempat yang berbahaya ini.

Jika bahaya-bahaya ini tidak diperlihatkan oleh Tuhan kepada kita, maka kemungkinan yang kita tidak memperhatikan pengajaran-pengajaran selanjutnya, dan kita akan tinggal senang-senang saja ditempat yang bahaya ini.
Musa menghadap Firaun:
Sebelum Musa mengahadap Firaun, ia telah mengadakan 3 macam tanda dihadapan tua-tua dan bani Israel.
1.- Tanda tongkat menjadi ular = tanda yang menunjukkan kuasa Roh Suci.
2.- Tanda tangan menjadi kusta= menunjuk kepada keampunan dosa dan kesembuhan ilahi, ini menunjuk kepada Anak Allah.
3.- Tanda air menjadi darah = Tanda kepada pehukuman atas kehidupan yang menunjuk kepada Allah Bapa.

Ketiga tanda ini adalah tiga oknum Allah.
Tiga tanda diatas menunjuk kepada penginjilan. Dan penginjilan ini telah dilakukan sejak zaman Rasul-rasul dan gereja pertama.

Penginjilan artinya membawa khabar kerajaan Sorga kepada orang-orang yang mau percaya, dengan mengadakan tanda-tanda heran diantara mereka.
Pekerjaan penginjilan masih berjalan sampai saat ini, tetapi dengan cara bekerja semacam ini saja gereja tidak bisa menjadi sempurna, dan tidak bisa keluar dari dunia.

Untuk menyempurnakan gereja dan untuk mengeluarkannya dari dunia ini harus diambil tindakan-tindakan yang lebih tegas dan hebat.
Dan tindakan-tindakan yang harus diambil itu sekarang digambarkan oleh berhadapannya Musa dengan Firaun.

Firaun gambarnya Iblis. Dan Iblislah yang menahan gereja itu keluar dari dunia ini. 
2 Tes 2:6-7
2:6 Dan sekarang kamu tahu apa yang menahan dia, sehingga ia baru akan menyatakan diri pada waktu yang telah ditentukan baginya.
2:7 Karena secara rahasia kedurhakaan telah mulai bekerja, tetapi sekarang masih ada yang menahan. Kalau yang menahannya itu telah disingkirkan,

Musa adalah bayangan Sabda Allah, dan Harun adalah bayangan dari Roh Kudus. Dan kedua orang ini ditugaskan Allah membawa bangsa Israel keluar dari Mesir, demikian Sabda Allah da Roh Kuduslah yang ditinggalkan Allah untuk gerejanya agar boleh menjadi sempurna.
Dan Sabda dan Roh Kuduslah yang ditugaskan untuk menghukum dunia dan Iblis serta membawa keluar gereja ini dari dunia.

Ketika Sodom dan Gomora hendak dimusnakan, maka Tuhan mengirim 2 malaikat kesana untuk melihat dan memeriksa Sodom & Gomora untuk mengeluarkan Lot dan keluarganya.

Dan 2 malaikat ini tidak lain dari pada Anak Allah (sabda) dan Roh Kudus.
Kej 19:1
19:1 Kedua malaikat itu tiba di Sodom pada waktu petang. Lot sedang duduk di pintu gerbang Sodom dan ketika melihat mereka, bangunlah ia menyongsong mereka, lalu sujud dengan mukanya sampai ke tanah,

Kegerakan secara besar-besaran yang diselenggarakan pada akhir zaman ini oleh pdt-pdt besar dengan mengemukakan Sabda Allah dan Roh Kudus yang luar biasa dilapangan terbuka, menyatakan pehukuman-pehukuman atas Iblis dan dunia, agar jiwa-jiwa yang dirusak Iblis dan penyakit dan kesusahan itu mendapat kelepasan dan keselamatan baik secara jasmani maupun secara rohani. Inilah kegerakan rohani secara besar-besaran.

Kegerakan rohani secara besar-besaran ini akan membawa berlaksa-laksa bahkan berjuta-juta jiwa bertobat kepada keselamatan untuk dikeluarkan dari dunia ini.
Kegerakan secara besar-besaran ini sekarang digambarkan oleh berhadapannya Musa dan Harun dengan Firaun, sehingga terjadilah 10 bela yang maha dasyat.

Musa meminta kepada Firaun secara langsung agar ia suka melepaskan Israel. Demikianlah FA dan RK pada akhirnya akan minta agar Iblis melepaskan orang-orang Kristen dari perhambaan dosa, dari penyakit dan kesusahan-kesusahan, yaitu dengan jalan menghukum Iblis secara langsung.

Pertentangan Musa dan Harun dengan Firaun terus memuncak sehinggga 10 bela dicurahkan keatas Mesir dan Firaun.
Demikianlah pada akhir zaman ini pdt-pdt besar akan menyampaikan FA dan menunjukan kuasa RK yang semakin lama semakin menghebat, sehingga segala bala nanti dicurahkan keatas dunia dan Iblis.

Israel musti keluar dari Mesir untuk mengadakan pesta bagi Allah, dan Firaun mencegahnya dengan sekuat tenaganya.

Pesta apakah itu sebenarnya?
Didalam kitab suci terdapat 3 macam pesta besar bagi Israel yang dinamakan 3 masa raya:
1.- Im 23: 1-14 Pesta Paskah.....dan pesta ini menunjukkan kematian Tuhan Yesus disalib.
2.- Im 23:15-32 Pesta Pantekosta....yaitu turunnya Roh Kudus.
Kedua pesta ini telah digenapi dan dirayakan tiap tahun oleh bangsa Israel dan orang Kristen.
3.- Im 23:33-44 Pesta Pondok Daun.....Walaupun pesta ini tiap tahun dirayakan, namun belum digenapi.

Pesta yang terakhir inilah yang perlu dirayakan oleh orang-orang Israel diluar Mesir.
Pesta pondok daun-daun:
Pesta pondok daun-daun ini adalah pesta panen atau pesta nikah, dan pesta ini dimulai tanggal 15 bulan Tisjrie.

Dibawah ini kita akan menerangkan cara bagaimana pesta ini ini harus dirayakan dan segala arti rohaninya, karena pesta mengandung arti simbolis.
1.- Pada hari yang pertama orang-orang Israel harus mengambil tangkai-tangkai pohon pilhan dan membuat pondok-pondok dari daun-daun dan tangkai-tangkainya.
Hal ini menunjuk bahwa orang Kristen hanya untuk sementara saja tinggal didunia ini sebagai orang-orang asing, rumah mereka yang kekal adalah didalam Sorga. 

Pil 3:20-21
3:20 Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat,
3:21 yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuh-Nya yang mulia, menurut kuasa-Nya yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diri-Nya.

2.- Malam pertama dan kedua diadakan arak-arakan dengan obor.
Dan ini menunjukan bahwa perjalanan anak-anak Tuhan dunia ini tidak didalam gelap, melainkan dalam terang Roh Kudus dan FA.

3.- Selanjutnya orang-orang Israel harus bergirang dan bersenang-senang, menyanyi-nyanyi dan memuji-muji nama Tuhan. Kenapa?
Sebab inilah pesta yang terakhir yang besar dan teristimewa, ini menunjukan gereja yang sempurna.

4.- Pada hari yang ke 8 diadakan pemungutan dari semua hasil ladang dan kebun anggur. Pesta ini menunjuk pada panen rohani dari jiwa-jiwa yaitu hasil dari pekerjaan Tuhan pada akhir zaman ini, hasil dari kegerakan rohani secara  
besar-besaran.Sebagaian dari hasil itu akan dikorbankan kepada Allah dan hal ini menunjukan bahwa sebagian dari jiwa-jiwa pada akhir zaman ini akan tergolong pada gereja sempurna, dan yang lain akan ditinggalkan sebagai perawan bodoh yang masuk dalam zaman Antikrist.

5.- Menurut tradisi pada pesta ini dipilih 2 pasang penganten, mereka musti
berganti-ganti membaca hukum Musa selama pesta itu berlangsung.

Jadi pesta pondok daun-daun ini menunju pesta nikah Anak Domba yaitu pesta nikah antara gereja sempurna dengan penganten Sorga.
Kristus dan Pesta Anak Domba:
Orang yang mau dan terpilih menjadi penganten ini haruslah kenal dan cinta FA, harus bergemar dengan FA.

Baik penganten perempuan maupun penganten laki-laki haruslah penuh dengan FA, FA harus mendarah daging. Why 19:7-9
19:7 Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.
19:8 Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih!" [Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus.]
19:9 Lalu ia berkata kepadaku: "Tuliskanlah: Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba." Katanya lagi kepadaku: "Perkataan ini adalah benar, perkataan-perkataan dari Allah."

Hari Penghabisan dikatakan korban curahan:
Maka orang banyak ramai-ramai membawa bokor emas kedalam sumber Siloam, dan semestinya setibanya di Kolam itu mereka harus mengisi bokor itu dengan air sambil membaca 

Yes 12:3
12:3 Maka kamu akan menimba air dengan kegirangan dari mata air keselamatan.

Kamu akan menciduk air dengan sukacita dari pancaran air keselamatan. Air itu kemudian dicampur dengan anggur lalu dicurahkan kehadapan Tuhan, sambil berseru memuji nama Tuhan.
Bagian dari pesta ini menunjuk kepada petualangan Roh Kudus pada akhir zaman ini, yaitu hujan akhir.

Dalam Injil Yoh 7: 2,10,14, 37-39 Tuhan datang pada kita.
7:2 Ketika itu sudah dekat hari raya orang Yahudi, yaitu hari raya Pondok Daun.
7:10 Tetapi sesudah saudara-saudara Yesus berangkat ke pesta itu, Ia pun pergi juga ke situ, tidak terang-terangan tetapi diam-diam.
7:14 Waktu pesta itu sedang berlangsung, Yesus masuk ke Bait Allah lalu mengajar di situ.
7:37 Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!
7:38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."
7:39 Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.

Pesta ini ketika keadaan sedang ramai-ramainya yaitu ditengah-tengah pesta ini, Tuhan Yesus melihat bagaimana orang-orang Israel merayakan pesta ini dan mengikutinya sampai pada bagian yang terakhir. Maka Tuhan Yesus tidak tahan hatinya melihat orang-orang Israel merayakansuatu pesta yang mereka tidak mengerti arti rohaninya, maka berserulah IA: “Barang siapa haus biarlah ia datang kepadaKu dan minum.”

Tuhan Yesus ingin agar mereja masuk dalam pesta yang sebenarnya yaitu dipenuhkan degan kuasa Roh Kudus (air hidup).  Pesta panen ini akan dimulai dengan hujan akhir, dan akan dilangsungkan dalam kerajaan 1.000 tahun, dimana pesta pernikahan dilangsungkan dari domba Allah.

Ul 16:13-17
16:13 Hari raya Pondok Daun haruslah kaurayakan tujuh hari lamanya, apabila engkau selesai mengumpulkan hasil tempat pengirikanmu dan tempat pemerasanmu.
16:14 Haruslah engkau bersukaria pada hari rayamu itu, engkau ini dan anakmu laki-laki serta anakmu perempuan, hambamu laki-laki dan hambamu perempuan, dan orang Lewi, orang asing, anak yatim dan janda yang di dalam tempatmu.
16:15 Tujuh hari lamanya harus engkau mengadakan perayaan bagi TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih TUHAN; sebab TUHAN, Allahmu, akan memberkati engkau dalam segala hasil tanahmu dan dalam segala usahamu, sehingga engkau dapat bersukaria dengan sungguh-sungguh.
16:16 Tiga kali setahun setiap orang laki-laki di antaramu harus menghadap hadirat TUHAN, Allahmu, ke tempat yang akan dipilih-Nya, yakni pada hari raya Roti Tidak Beragi, pada hari raya Tujuh Minggu dan pada hari raya Pondok Daun. Janganlah ia menghadap hadirat TUHAN dengan tangan hampa,
16:17 tetapi masing-masing dengan sekedar persembahan, sesuai dengan berkat yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu."
 
Zakh 14:16-19
14:16 Maka semua orang yang tinggal dari segala bangsa yang telah menyerang Yerusalem, akan datang tahun demi tahun untuk sujud menyembah kepada Raja, TUHAN semesta alam, dan untuk merayakan hari raya Pondok Daun.
14:17 Tetapi bila mereka dari kaum-kaum di bumi tidak datang ke Yerusalem untuk sujud menyembah kepada Raja, TUHAN semesta alam, maka kepada mereka tidak akan turun hujan.
14:18 Dan jika kaum Mesir tidak datang dan tidak masuk menghadap, maka kepada mereka akan turun tulah yang ditimpakan TUHAN kepada bangsa-bangsa yang tidak datang untuk merayakan hari raya Pondok Daun.
14:19 Itulah hukuman dosa Mesir dan hukuman dosa segala bangsa yang tidak datang untuk merayakan hari raya Pondok Daun.

Menunjukan tempat dimana pesta ini akan diadakan yaitu tempat yang ditunjukan oleh Tuhan sendiri.
Tempat itu bukan didunia ini, melainkan di Yerusalem Baru yang turun dari Sorga. 

Why 21:2
21:2 Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.
Dalam ayat-ayat ini kita membaca bahwa barang siapa yang tidak turut dalam pesta ini, akan terkena bela yang hebat.

Perintah Allah yang harus disampaikan Musa kepada Firaun ialah melepaskan Israel pergi menyembah Allah, yaitu mengadakan pesta panen yang heran ini. Demikian pada akhir zaman ini kabar yang patent yang kita kabarkan ialah kabar tentang keluarnya gereja sempurna dari dunia untuk masuk pesta pernikahan Anak Domba yang heran itu.

Kel 5:2 Firaun menyahut tidak kenal Allah, dan tidak akan melepaskan Israel.
Siapakah Firaun ini?
Orang yang menyangkal Allah dan berani melawan Allah. Secara rohani Firaun ini adalah gambarnya Iblis / setan.
Iblis adalah  mahluk yang sombong dan tinggi hati yang berani melawan Allah.                                                                                  Yes 28:11-19 Menerangkan asal usul setan:
28:11 Lalu datanglah firman TUHAN kepadaku:
28:12 "Hai anak manusia, ucapkanlah suatu ratapan mengenai raja Tirus dan katakanlah kepadanya: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Gambar dari kesempurnaan engkau, penuh hikmat dan maha indah.
28:13 Engkau di taman Eden, yaitu taman Allah penuh segala batu permata yang berharga: yaspis merah, krisolit dan yaspis hijau, permata pirus, krisopras dan nefrit, lazurit, batu darah dan malakit. Tempat tatahannya diperbuat dari emas dan disediakan pada hari penciptaanmu.
28:14 Kuberikan tempatmu dekat kerub yang berjaga, di gunung kudus Allah engkau berada dan berjalan-jalan di tengah batu-batu yang bercahaya-cahaya.
28:15 Engkau tak bercela di dalam tingkah lakumu sejak hari penciptaanmu sampai terdapat kecurangan padamu.
28:16 Dengan dagangmu yang besar engkau penuh dengan kekerasan dan engkau berbuat dosa. Maka Kubuangkan engkau dari gunung Allah dan kerub yang berjaga membinasakan engkau dari tengah batu-batu yang bercahaya.
28:17 Engkau sombong karena kecantikanmu, hikmatmu kaumusnahkan demi semarakmu. Ke bumi kau Kulempar, kepada raja-raja engkau Kuserahkan menjadi tontonan bagi matanya.
28:18 Dengan banyaknya kesalahanmu dan kecurangan dalam dagangmu engkau melanggar kekudusan tempat kudusmu. Maka Aku menyalakan api dari tengahmu yang akan memakan habis engkau. Dan Kubiarkan engkau menjadi abu di atas bumi di hadapan semua yang melihatmu.
28:19 Semua di antara bangsa-bangsa yang mengenal engkau kaget melihat keadaanmu. Akhir hidupmu mendahsyatkan dan lenyap selamanya engkau."

Setan adalah seorang kerub yang menudungi. Kemudian ia dicampakan ke bumi karena ia ingin lebih tinggi dari Allah. 

1 Yoh 5:19
5:20 Akan tetapi kita tahu, bahwa Anak Allah telah datang dan telah mengaruniakan pengertian kepada kita, supaya kita mengenal Yang Benar; dan kita ada di dalam Yang Benar, di dalam Anak-Nya Yesus Kristus. Dia adalah Allah yang benar dan hidup yang kekal.

Dunia dalam kuasanya Luk 4:6
4:6 Kata Iblis kepada-Nya: "Segala kuasa itu serta kemuliaannya akan kuberikan kepada-Mu, sebab semuanya itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikannya kepada siapa saja yang kukehendaki.

Dunia ditawarkan kepada Tuhan Yesus, tapi Tuhan Yesus menolaknya, maka Antikrist akan menerimanya.
Firaun membandel seperti Setan biasa membandel atas FA.
Dimana-mana kalau kita mengusir Setan, sering terasa Setan ini membandel, tidak mau melepaskan orang sakit atau susah walaupun kita usir dalam nama Tuhan.