Translate

14 Jan 2017

Ibadah Pendalaman Alkitab. 13 Januari 2017. PANGLIMA BALA TENTARA TUHAN



Ibadah Pendalaman Alkitab 13 Januari 2017
PANGLIMA BALA TENTARA TUHAN:
Yos 5:13-15
5:13 Ketika Yosua dekat Yerikho, ia melayangkan pandangnya, dilihatnya seorang laki-laki berdiri di depannya dengan pedang terhunus di tangannya. Yosua mendekatinya dan bertanya kepadanya: "Kawankah engkau atau lawan?"
5:14 Jawabnya: "Bukan, tetapi akulah Panglima Balatentara TUHAN. Sekarang aku datang." Lalu sujudlah Yosua dengan mukanya ke tanah, menyembah dan berkata kepadanya: "Apakah yang akan dikatakan tuanku kepada hambanya ini?"
5:15 Dan Panglima Balatentara TUHAN itu berkata kepada Yosua: "Tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat engkau berdiri itu kudus." Dan Yosua berbuat demikian.

Perjumpaan Yosua dengan Panglima Bala Tentara Tuhan ini menjadi begitu penting untuk kita perhatikan, sebab dari sinilah segala sesuatu itu dimulai. Kalau kita membaca tentang runtuhnya tembok Yerikho, itu tidak bisa dipisahkan dengan peristiwa perjumpaan ini. Sebab yang memimpin bangsa Israel perang dengan musuh-musuhnya itu sesungguhnya adalah Panglima Bala Tentara Tuhan ini.

Dalam Alkitab kita mengenal nama-nama malaikat seperti Gabriel dan Mikhael.
Gabriel adalah malaikat yang diutus oleh Allah untuk mengabarkan khabar damai dan kabar sukacita, seperti yang pernah terjadi pada Maria.                                                                                                                               Luk 1:26-27                                                           1:26 Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret,
1:27 kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria.

Sedangkan Mikhael adalah malaikat perang.
Yudas 9                                                                   1:9 Tetapi penghulu malaikat, Mikhael, ketika dalam suatu perselisihan bertengkar dengan Iblis mengenai mayat Musa, tidak berani menghakimi Iblis itu dengan kata-kata hujatan, tetapi berkata: "Kiranya Tuhan menghardik engkau!"

Why 12:7-9
12:7 Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu  dibantu oleh malaikat-malaikatnya,
12:8 tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga.
12:9 Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.

Malaikat yang menemui Yosua waktu itu adalah Mikhael. Itulah sebabnya dia menyebut dirinya Panglima Bala tentara Tuhan.  Dengan pedang terhunus berarti siap untuk berperang.

Dalam kitab Maleakhi disitu disebut 22 kali kata Firman Tuhan semesta alam (serwa sekalian alam). Dalam bahasa daerah disebut Yehova Gustine Balatentra. Jadi Tuhan itu adalah pahlawan perang.
Kel 15:3 TUHAN itu pahlawan perang; TUHAN, itulah nama-Nya.

Yang berperang untuk orang Israel adalah Tuhan.
Yos 10:14 Belum pernah ada hari seperti itu, baik dahulu maupun kemudian, bahwa TUHAN mendengarkan permohonan seorang manusia secara demikian, sebab yang berperang untuk orang Israel ialah TUHAN.

DIAlah yang berperang ganti kamu.
Yos 23:10
23:10 Satu orang saja dari pada kamu dapat mengejar seribu orang, sebab TUHAN Allahmu, Dialah yang berperang bagi kamu, seperti yang dijanjikan-Nya kepadamu.

Jadi perjumpaan Yosua dengan Panglima Bala Tentara Tuhan ini adalah kuncinya dari kemenangan yang diraih oleh Yosua dan umat Israel.

Begitu pentingnya perjumpaan dengan Tuhan. Sebab kemenangan Israel ada dalam perjumpaan ini, begitu pula dengan kita jika ingin meraih kemenangan, belajarlah mengadakan perjumpamaan dengan Tuhan, khususnya dipagi hari sebelum kita beraktifitas.

Apa yang dikatakan Panglima Bala Tentara Tuhan waktu itu?
“Tanggalkanlah kasutmu darai kakimu, sebab temat engkau berdiri itu kudus.”
Kata-kata yang sama juga pernah diucapkan Tuhan kepada Musa ketika Musa pertama kali berjumpa dengan Tuhan digunung Horeb.

Kel 3:1-6
3:1 Adapun Musa, ia biasa menggembalakan kambing domba Yitro, mertuanya, imam di Midian. Sekali, ketika ia menggiring kambing domba itu ke seberang padang gurun, sampailah ia ke gunung Allah, yakni gunung Horeb.
3:2 Lalu Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya di dalam nyala api yang keluar dari semak duri. Lalu ia melihat, dan tampaklah: semak duri itu menyala, tetapi tidak dimakan api.
3:3 Musa berkata: "Baiklah aku menyimpang ke sana untuk memeriksa penglihatan yang hebat itu. Mengapakah tidak terbakar semak duri itu?"
3:4 Ketika dilihat TUHAN, bahwa Musa menyimpang untuk memeriksanya, berserulah Allah dari tengah-tengah semak duri itu kepadanya: "Musa, Musa!" dan ia menjawab: "Ya, Allah."
3:5 Lalu Ia berfirman: "Janganlah datang dekat-dekat: tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat, di mana engkau berdiri itu, adalah tanah yang kudus."
3:6 Lagi Ia berfirman: "Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub." Lalu Musa menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah.

Musa adalah pendahulu Yosua, sedangkan Yosua adalah penerusnya.  Kalau Musa mengawali pelayanannya dengan berjumpa dengan Tuhan, begitu pula dengan Yosua.

Perjumpaan ini begitu penting, dan ini juga harus dialami bagi setiap imam yang mau melayani Tuhan. Jangan melakukan pekerjaan Tuhan tanpa perjumpaan dengan Tuhan lewat doa.
Itulah sebabnya ada firman yang mengatakan: “Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!”
Yes 55:6

Saat Anda membaca Firman Tuhan ini , Tuhan sedang menampilkan diri sebagai Panglima Bala Tentara Tuhan, dan ini berarti Tuhan bersedia memimpin peperangan yang sedang Anda hadapi saat ini.

Mengapa Firman Tuhan bicara soal peperangan?
Kita hidup tidak pernah berhenti dengan masalah, tapi Tuhan berjanji akan memimpin Anda dalam mengahadapi peperangan-peperangan rohani itu.

Tuhan bersedia memimpin peperangan kita, asal kita harus tahu syaratnya:
Apa syaratnya? “Tanggalkanlah kasutmu dari kakimu!

Ini bicara mengenai pendiran lama. Suatu pendirian yang salah tidak perlu harus dipertahankan. Jangan dipakai lagi!
Tuhan tidak suka melihat kita masih memakai pendirian yang lama, sebab segala yang lama (usang) itu telah dekat dengan kemusnaan.

Ibr 8:13
8:13 Oleh karena Ia berkata-kata tentang perjanjian yang baru, Ia menyatakan yang pertama sebagai perjanjian yang telah menjadi tua. Dan apa yang telah menjadi tua dan usang, telah dekat kepada kemusnahannya.

Baik Musa maupun Yosua telah mendapat perintah yang sama, yaitu tanggalkanlah kasutmu dari kakimu.
Kaki bicara soal tingkah laku. Sering Tuhan menemukan tingkah laku yang tidak baik dari anak-anak Tuhan.

Yer 16:17
 16:17 Sebab Aku mengamat-amati segala tingkah langkah mereka; semuanya itu tidak tersembunyi dari pandangan-Ku, dan kesalahan mereka pun tidak terlindung di depan mata-Ku.

 Tuhan mau agar kita bertobat dari langkah-langkah yang salah:
Yer 25:5
25:5 Kata mereka: Bertobatlah masing-masing kamu dari tingkah langkahmu yang jahat dan dari perbuatan-perbuatanmu yang jahat; maka kamu akan tetap diam di tanah yang diberikan TUHAN kepadamu dan kepada nenek moyangmu, dari selama-lamanya sampai selama-lamanya.

Yer 32:39
32:39 Aku akan memberi mereka satu hati dan satu tingkah langkah, sehingga mereka takut kepada-Ku sepanjang masa untuk kebaikan mereka dan anak-anak mereka yang datang kemudian.

Tuhan Yesus memberkati