Translate

12 Nov 2016

Ibadah Pendalaman Alkitab. 11 November 2016. Kitab Daniel:Arti Nama Hamba- Hamba Allah



Ibadah Pendalaman Alkitab.11November 2016
ARTI NAMA HAMBA-HAMBA Allah:
Dan 1:6-7
1:6 Di antara mereka itu ada juga beberapa orang Yehuda, yakni Daniel, Hananya, Misael dan Azarya.
1:7 Pemimpin pegawai istana itu memberi nama lain kepada mereka: Daniel dinamainya Beltsazar, Hananya dinamainya Sadrakh, Misael dinamainya Mesakh dan Azarya dinamainya Abednego.

Daniel = Arti namanya adalah hakimKu. Diganti dengan : Beltsazar =
Bel = dewa tertinggi Babel melindungi hidupnya.
Hananya = Arti namanya adalah Tuhan menunjukkan kasih karunia. Diganti dengan Sadrakh = Hamba Aku (dewa bulan).
Misael = Arti namanya adalah siapa yang setara dengan Allah? Diganti dengan: Mesakh = Bayangan pangeran atau “Siapa ini?
Azarya = Arti namanya adalah Tuhan menolong. Diganti dengan Abednego = Hamba Nego (dewa hikmad atau bintang fajar)

Sebagai penduduk Babel, mereka kini mempunyai tanggung jawab penuh. Sekalipun telah memperoleh nama-nama baru, pemuda-pemuda Yahudi ini menetapkan bahwa mereka akan tetap setia kepada Allah yang Esa dan Benar.

 Dan 3:24-25
3:24 Kemudian terkejutlah raja Nebukadnezar lalu bangun dengan segera; berkatalah ia kepada para menterinya: "Bukankah tiga orang yang telah kita campakkan dengan terikat ke dalam api itu?" Jawab mereka kepada raja: "Benar, ya raja!"
3:25 Katanya: "Tetapi ada empat orang kulihat berjalan-jalan dengan bebas di tengah-tengah api itu; mereka tidak terluka, dan yang keempat itu rupanya seperti anak dewa!"

Perhatikan: Bahwa nama dari ketiga pemuda ini sesuai dengan kelepasan yang dikaruniakan Allah kepada mereka.
Saat menghadapi pencobaan (api pencobaan) Tuhan menunjukkan kasih karunia-Nya (arti nama dari Hananya)

Saat berhadapan dengan kekuasaan Nebukadnezar, mereka tetap berpegang bahwa “Siapa yang setara dengan Allah?” Arti nama dari Misael.
Jika tidak ada manusia yang menolongnya, maka “Tuhan menolong” =Arti nama dari Azarya.

Jadi nama-nama yang asli dari mereka itu sebenarnya mengandung arti yang positif, tapi diganti oleh Nebukadnezar. Dan semua nama-nama itu berbau Babel.

Api itu dipanaskan 7 X lebih panas. Dan 3:19
3:19 Maka meluaplah kegeraman Nebukadnezar, air mukanya berubah terhadap Sadrakh, Mesakh dan Abednego; lalu diperintahkannya supaya perapian itu dibuat tujuh kali lebih panas dari yang biasa.

Kegeraman Nebukadnezar ini menunjuk geramnya Iblis.
Geram berarti marah sekali!
Dalam kitab Why 12:12 dikatakan: Iblis telah turun dalam geramnya yang dasyat!

Mengapa?
Karena dia telah dikalahkan oleh malaikat Mikhael.
Why 12:7-9, 12
12:7 Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu  dibantu oleh malaikat-malaikatnya,
12:8 tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga.
12:9 Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.
12:12 Karena itu bersukacitalah,  hai sorga dan hai kamu sekalian yang diam di dalamnya,  celakalah kamu, hai bumi dan laut!  karena Iblis telah turun kepadamu,  dalam geramnya yang dahsyat,  karena ia tahu, bahwa waktunya sudah singkat."

Naga = Iblis tidak lagi mendapat tempat di Sorga, sebab sudah dikalahkan, dan dia dicampakkan kebumi.

Pada waktu dia jatuh kebumi, maka amarahnya dilampiaskan kepada perempuan yang baru melahirkan Anak Laki-laki, tapi kepada perempuan itu diberikan kedua sayap burung nazar yang besar, supaya ia terbang kepadang gurun dimana ia dipelihara selama satu masa, dua masa dan setengah masa   (3 ½) tahun.

Why 12:13-14
12:13 Dan ketika naga itu sadar, bahwa ia telah dilemparkan di atas bumi, ia memburu perempuan yang melahirkan Anak laki-laki itu.
12:14 Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

Iblis tidak berhenti sampai disitu, sekarang ia melampiaskan amarahnya kepada keturunan dari perempuan itu, yaitu orang-orang yang menuruti hukum-hukum Allah, dan memilki kesaksian Yesus. Ada satu kekurangan dari mereka, yaitu mereka tidak memiliki kehidupan dalam penyembahan.
        
Menuruti hukum-hukum Allah = terkena Meja Roti Sajian.
Memiliki kesaksian Yesus = terkena Pelita Mas.

Penyembahan = terkena Mezbah Dupa.
Why 12:17
12:17 Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus.

Perempuan yang dibawa ke Padang Gurun ini menunjuk gereja Tuhan yang pada zaman Antikrist nanti diungsikan, sedangkan yang tertinggal itu adalah anak-anak Tuhan yang tidak mau disucikaan hidupnya, sehingga mengalami zaman Antikrist. Bandingkan :
Why 11:1-2                                                            11:1 Kemudian diberikanlah kepadaku sebatang buluh, seperti tongkat pengukur rupanya, dengan kata-kata yang berikut: "Bangunlah dan ukurlah Bait Suci Allah dan mezbah dan mereka yang beribadah di dalamnya.
11:2 Tetapi kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar, janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya."

Mezbah disini menunjuk Mezbah Dupa = hidup didalam penyembahan.
Kita harus perhatikan hidup penyembahan kita, jangan sampai nanti pada saat pengangkatan kita masih belum siap.

Kembali pada kitab Daniel:
Dan 3:24-25
3:24 Kemudian terkejutlah raja Nebukadnezar lalu bangun dengan segera; berkatalah ia kepada para menterinya: "Bukankah tiga orang yang telah kita campakkan dengan terikat ke dalam api itu?" Jawab mereka kepada raja: "Benar, ya raja!"
3:25 Katanya: "Tetapi ada empat orang kulihat berjalan-jalan dengan bebas di tengah-tengah api itu; mereka tidak terluka, dan yang keempat itu rupanya seperti anak dewa!"

Siapakah orang yang keempat ini?
Mungkin saja malaikat Tuhan, atau manifestasi penjelmaan dari Kristus yang diutus untuk melindungi 3 pemuda ini dan mendampinginya mereka pada saat pencobaan yang hebat itu.

Api yang dipakai untuk menghukum ke 3 hamba Tuhan ini bicara dari hal api pencobaan:
1 Pet 4:12
4:12 Saudara-saudara yang kekasih, janganlah kamu heran akan nyala api siksaan yang datang kepadamu sebagai ujian, seolah-olah ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu.

Api yang dipanaskan 7 X lipat ini menggambarkan pencobaan yang hebat. Tuhan mendampingi anak-anaknya disaat menghadapi pencobaan seberat apapun.
2 Kor 4:7-9
4:7 Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami.
4:8 Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa;
4:9 kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa.

Pada saat pencobaan datang pada kita, yang penting harus kita kerjakan adalah, kita harus tetap tinggal didalam firman-Nya, tetap menuruti firman-Nya, karena ada janji Tuhan untuk melindungi kita pada saat pencobaan datang pada kita.

Why 3:10
3:10 Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi.

Ayat ini kalau kita simpulkan bunyinya sebagai berikut: Tuhan akan melindungi kita dalam pencobaan, asalkan kita tetap didalam firman-Nya.

Jika dalam pencobaan seberat apapun, apakah kita harus berhenti dalam pelayanan?
Kita mau lihat jemaat di Makedonia: 2 Kor 8:1-5
8:1 Saudara-saudara, kami hendak memberitahukan kepada kamu tentang kasih karunia yang dianugerahkan kepada jemaat-jemaat di Makedonia.
8:2 Selagi dicobai dengan berat dalam pelbagai penderitaan, sukacita mereka meluap dan meskipun mereka sangat miskin, namun mereka kaya dalam kemurahan.
8:3 Aku bersaksi, bahwa mereka telah memberikan menurut kemampuan mereka, bahkan melampaui kemampuan mereka.
8:4 Dengan kerelaan sendiri mereka meminta dan mendesak kepada kami, supaya mereka juga beroleh kasih karunia untuk mengambil bagian dalam pelayanan kepada orang-orang kudus.
8:5 Mereka memberikan lebih banyak dari pada yang kami harapkan. Mereka memberikan diri mereka, pertama-tama kepada Allah, kemudian oleh karena kehendak Allah juga kepada kami.

Pencobaan tidak harus menghentikan kita dalam mengasihi Tuhan.            
Rahasia apa yang ada pada jemaat di Makedunia ini, sehingga mereka dapat melakukan yang sedemikian rupa?
Mereka memberikan diri mereka pertama kepada Allah, kemudian oleh karena kehendak Allah juga kepada kami. Jadi ini merupakan penyerahan hidup yang total.

Sekarang kita melihat pernyataan dari ke tiga pemuda tadi:
Dan 3:17-18
3:17 Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja;
3:18 tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu."

Seandainya tidak ada Allah yang melepaskan mereka, mereka tetap tidak mau menyembah patung emas. Ini berarti mereka siap bayar harga sekalipun harus mati.
Tekat seperti itulah yang membuat orang yang ke empat itu hadir dalam dapur api, sehingga mereka tidak merasa kepanasan. Api pencobaan yang begitu dasyat sekalipun tidak terasa, jika kita disertai/didampingi oleh Tuhan.
Tubuh mereka tidak mempan oleh api.
Api pencobaan itu tidak dapat menghancurkan mereka, sebaliknya dengan api itu kita diuji.

1 Pet 1:6-7.
1:6 Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan.
1:7 Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu -- yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api -- sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.

Kemurnian iman kita diuji oleh api.
Ayub 23:10                                                             23:10 Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas.

Rambut dikepala mereka tidak hangus: Dan 3:27
3:27 Dan para wakil raja, para penguasa, para bupati dan para menteri raja datang berkumpul; mereka melihat, bahwa tubuh orang-orang ini tidak mempan oleh api itu, bahwa rambut di kepala mereka tidak hangus, jubah mereka tidak berubah apa-apa, bahkan bau kebakaran pun tidak ada pada mereka.

Ayat yang senada dengan ini diucapkan oleh Tuhan Yesus dalam
Injil Luk 12:4-9
12:4 Aku berkata kepadamu, hai sahabat-sahabat-Ku, janganlah kamu takut terhadap mereka yang dapat membunuh tubuh dan kemudian tidak dapat berbuat apa-apa lagi.
12:5 Aku akan menunjukkan kepada kamu siapakah yang harus kamu takuti. Takutilah Dia, yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan orang ke dalam neraka. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, takutilah Dia!
12:6 Bukankah burung pipit dijual lima ekor dua duit? Sungguhpun demikian tidak seekor pun dari padanya yang dilupakan Allah,
12:7 bahkan rambut kepalamu pun terhitung semuanya. Karena itu jangan takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.
12:8 Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah.
12:9 Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal di depan malaikat-malaikat Allah.

Luk 21:17-19
21:17 dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku.
21:18 Tetapi tidak sehelai pun dari rambut kepalamu akan hilang.
21:19 Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu."

Rambut dikepalamupun terhitung semuanya.
Ini berarti kalau Tuhan melindungi kita, Dia akan melindungi segenap hidup kita, sampai pada bagian-bagian yang tersembunyi sekalipun Tuhan melindunginya.

Jubah mereka tidak berubah apa-apa, bahkan tidak ada bau kebakaran.
Ini berarti api pencobaan itu tidak sanggup mengubah jubah = (jubah kebenaran)
Yes 61:10
61:10 Aku bersukaria di dalam TUHAN, jiwaku bersorak-sorai di dalam Allahku, sebab Ia mengenakan pakaian keselamatan kepadaku dan menyelubungi aku dengan jubah kebenaran, seperti pengantin laki-laki yang mengenakan perhiasan kepala dan seperti pengantin perempuan yang memakai perhiasannya.

Kebenaran itu sudah menjadi ikat pinggangnya.
Ef 6:14
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan
,
Kebenaran itu melekat, tidak bisa dilepaskan.
Jubah mereka tidak ada bau api:
Jubah yang tidak ada bau api ini menunjuk kebenaran yang sejati tidak ada kepalsuan.

Dan 3:17
3:17 Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja;

Api disini menunjuk api hukuman Allah akan  membinasakan Iblis – Antikrist dan Nabi palsunya dalam api yag menyala-nyala, demikian juga dengan orang yang tidak didapati namanya tertulis dalam kitab kehidupan.

Why 20:10, 12, 15.
20:10 dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.
20:12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.
20:15 Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.

Tuhan Yesus memberkati kita semua.