Translate

11 Sep 2016

Ibadah Raya. 11 September 2016. Ibadah Dengan Segala Tantangannya



Ibadah Raya. 11 September 2016

IBADAH DENGAN SEGALA TANTANGANNYA:
2 Tim3:12
3:12 Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Kristus Yesus akan menderita aniaya,

Ayat diatas menyadarkan kita bahwa ibadah yang kita kerjakan itu seringkali dihadapkan dengan tantangan / rintangan.
Adakalanya dalam ibadah kita tidak kita tidak menghadapi rintangan apa-apa, tapi kadang kita dihadapkan dengan rintangan.

Kita akan melihat dalam penjelasan FT berikut tentang ibadah yang dikehendaki oleh Tuhan, dan ibadah yang dikerjakan oleh orang-orang Kristen pada umumnya.
Ada dua macam ibadah yang bisa kita lihat  dari contoh berikut ini.

Kel 8:25-28
8:25 Lalu Firaun memanggil Musa dan Harun serta berkata: "Pergilah, persembahkanlah korban kepada Allahmu di negeri ini."
8:26 Tetapi Musa berkata: "Tidak mungkin kami berbuat demikian, sebab korban yang akan kami persembahkan kepada TUHAN, Allah kami, adalah kekejian bagi orang Mesir. Apabila kami mempersembahkan korban yang menjadi kekejian bagi orang Mesir itu, di depan mata mereka, tidakkah mereka akan melempari kami dengan batu?
8:27 Kami harus pergi ke padang gurun tiga hari perjalanan jauhnya untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allah kami, seperti yang difirmankan-Nya kepada kami."
8:28 Lalu kata Firaun: "Baik, aku akan membiarkan kamu pergi untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allahmu, di padang gurun; hanya janganlah kamu pergi terlalu jauh. Berdoalah untuk aku."

Untuk bisa beribadah kepada Tuhan, bangsa Israel harus menembusi berbagai macam kesukaran.
Sejak awal waktu Musa dan Harus minta izin kepada Firaun untuk membawa bangsa Israel beribadah kepada Tuhan di padang tiah, Firaun tidak mengijinkannya.

Kel 5:1-5 Ijin untuk beribadah:
5:1 Kemudian Musa dan Harun pergi menghadap Firaun, lalu berkata kepadanya: "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Biarkanlah umat-Ku pergi untuk mengadakan perayaan bagi-Ku di padang gurun."
5:2 Tetapi Firaun berkata: "Siapakah TUHAN itu yang harus kudengarkan firman-Nya untuk membiarkan orang Israel pergi? Tidak kenal aku TUHAN itu dan tidak juga aku akan membiarkan orang Israel pergi."
5:3 Lalu kata mereka: "Allah orang Ibrani telah menemui kami; izinkanlah kiranya kami pergi ke padang gurun tiga hari perjalanan jauhnya, untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allah kami, supaya jangan nanti mendatangkan kepada kami penyakit sampar atau pedang."
5:4 Tetapi raja Mesir berkata kepada mereka: "Musa dan Harun, mengapakah kamu bawa-bawa bangsa ini melalaikan pekerjaannya? Pergilah melakukan pekerjaanmu!"
5:5 Lagi kata Firaun: "Lihat, sekarang telah terlalu banyak bangsamu di negeri ini, masakan kamu hendak menghentikan mereka dari kerja paksanya!"

Ibadah itu merupakan perayaan, tapi bukan perayaan secara jasmani, tapi rohani. Orang Kristen adakalanya melaksanakan ibadah yang masih berciri khas keduniawian. Ibadah yang benar itu harus keluar dari Mesir: Artinya tidak nampak ciri-ciri keduniawian.

Kel 8:25
8:25 Lalu Firaun memanggil Musa dan Harun serta berkata: "Pergilah, persembahkanlah korban kepada Allahmu di negeri ini."

Firaun mau agar bangsa Israel melaksanakan ibadahnya di Mesir.
Mesir adalah gambaran dari dunia ini. Sedangkan Firaun gambaran dari Iblis si penguasa dunia ini. Jadi Iblis tidak suka kalau anak-anak Tuhan itu meninggalkan dunia ini dengan segala pengaruhnya.

1 Yoh 2:15-17
2:15 Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu.
2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.
2:17 Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

Selama anak-anak Tuhan itu tidak mau keluar dari dunia ini, maka Iblislah yang menguasai mereka. Pada hal FT mengatakan:
Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Serupa = mirip.
Kalau beribadah masih meniru cara-cara dunia, bukankah ini yang disebut serupa/mirip dengan dunia ini?
Yang Tuhan kehendaki adalah beribadah di Padang Tiah, yang memakan waktu 3 hari.

Kel 8:27
8:27 Kami harus pergi ke padang gurun tiga hari perjalanan jauhnya untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allah kami, seperti yang difirmankan-Nya kepada kami."

Ibadah di Padang Tiah / Padang Gurun ini menunjuk perjalanan Salib, sebab angka 3 itu menunjuk angka kematian serta kebangkitan Kristus.

1 Kor 1:18
1:18 Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.

Firaun tidak memberi ijin ibadah di Padang Tiah/Padang Gurun.
Jadi hambatan pertama untuk menghalangi ibadah kita adalah jalan salib = masih suka tinggal di Mesir (kedagingan).

Yang kedua:
Diberikan kesibukan:
Kel 5:6-21
5:6 Pada hari itu juga Firaun memerintahkan kepada pengerah-pengerah bangsa itu dan kepada mandur-mandur mereka sendiri:
5:7 "Tidak boleh lagi kamu memberikan jerami kepada bangsa itu untuk membuat batu bata, seperti sampai sekarang; biarlah mereka sendiri yang pergi mengumpulkan jerami,
5:8 tetapi jumlah batu bata, yang harus dibuat mereka sampai sekarang, bebankanlah itu juga kepada mereka dan jangan menguranginya, karena mereka pemalas. Itulah sebabnya mereka berteriak-teriak: Izinkanlah kami pergi mempersembahkan korban kepada Allah kami.
5:9 Pekerjaan orang-orang ini harus diperberat, sehingga mereka terikat kepada pekerjaannya dan jangan mempedulikan perkataan dusta."
5:10 Maka para pengerah bangsa itu dan para mandurnya pergi dan berkata kepada mereka: "Beginilah kata Firaun: Aku tidak memberi jerami lagi kepadamu.
5:11 Pergilah kamu sendiri mengambil jerami, di mana saja kamu mendapatnya, tetapi pekerjaanmu sedikit pun tidak boleh kurang."
5:12 Lalu berseraklah bangsa itu ke seluruh tanah Mesir untuk mengumpulkan tunggul gandum sebagai pengganti jerami.
5:13 Dan pengerah-pengerah itu mendesak mereka dengan berkata: "Selesaikan pekerjaanmu, yaitu tugas sehari, seperti pada waktu ada jerami."
5:14 Lalu pengerah-pengerah Firaun memukul mandur-mandur Israel, yang mereka angkat, sambil bertanya: "Mengapakah kamu pada hari ini tidak menyelesaikan jumlah batu bata yang harus kamu buat seperti kemarin?"
5:15 Sesudah itu pergilah para mandur Israel kepada Firaun dan mengadukan halnya kepadanya: "Mengapakah tuanku berlaku seperti itu terhadap hamba-hambamu ini?
5:16 Jerami tidak diberikan lagi kepada hamba-hambamu ini tetapi walaupun begitu, kami diperintahkan: Buatlah batu bata. Dan dalam pada itu hamba-hambamu ini dipukuli, padahal rakyat tuankulah yang bersalah."
5:17 Tetapi ia berkata: "Pemalas kamu, pemalas! Itulah sebabnya kamu berkata: Izinkanlah kami pergi mempersembahkan korban kepada TUHAN!
5:18 Jadi sekarang, pergilah, bekerja! Jerami tidak akan diberikan lagi kepadamu, tetapi jumlah batu bata yang sama harus kamu serahkan."
5:19 Maka mengertilah para mandur Israel, bahwa mereka ada dalam keadaan susah, karena dikatakan kepada mereka: "Kamu tidak boleh mengurangi jumlah batu bata pada tiap-tiap hari."
5:20 Waktu mereka meninggalkan Firaun berjumpalah mereka dengan Musa dan Harun, yang sedang menantikan mereka,
5:21 lalu mereka berkata kepada keduanya: "Kiranya TUHAN memperhatikan perbuatanmu dan menghukumkan kamu, karena kamu telah membusukkan nama kami kepada Firaun dan hamba-hambanya dan dengan demikian kamu telah memberikan pisau kepada mereka untuk membunuh kami."

Firaun memberikan kepada bangsa Israel kesibukan bahkan bertambah sibuk.
Ini cara Iblis untuk menjauhkan kita dengan Tuhan, yaitu dengan cara memberikan kesibukan.
Kesibukan juga merupakan penghambat / penghalang dalam kita mau beribadah kepada Tuhan.

Hambatan yang ke tiga: Ibadah yang tidak terlalu jauh.
Kel 8:28
8:28 Lalu kata Firaun: "Baik, aku akan membiarkan kamu pergi untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allahmu, di padang gurun; hanya janganlah kamu pergi terlalu jauh. Berdoalah untuk aku."

Firaun mengijinkan Israel beribadah, tapi tidak boleh terlalu jauh.
Apa artinya ini?
Iblis akan mebiarkan anak-anak Tuhan beribadah, jika ibadahnya itu masih disekitar Mesir. Jangan terlalu jauh dari Mesir.

Iblis akan membiarkan anak-anak Tuhan beribadah, tapi dengan syarat..... Jangan terlalu jauh!
Artinya jangan terlalu mendalam.

Ada anggapan orang Kristen mengatakan: “Untuk apa sih PA? (Pendalaman Alkitab). Itu kan untuk hamba-hamba Tuhan, untuk para imam (sedangkan imam-imam sendiri masih banyak yang tidak berminat datang ke PA). Nggak usah telalu dalam mengenal FT.                                                                                   Ini tipuan Iblis!

Iblis tahu jika saudara mendalami FT maka berarti saudara akan mematahkan tipu muslihat Iblis. Ini merupakan cara Iblis untuk menghambat ibadah saudara. Ini merupakan tipuan Iblis, supaya kita jangan maju dan mendalami FT.

Tindakan Firaun itu dikatakan tindakan bijaksana, tapi itu sebenarnya merupakan tipu muslihat Iblis.
Kel 1:8-14.
1:8 Kemudian bangkitlah seorang raja baru memerintah tanah Mesir, yang tidak mengenal Yusuf.
1:9 Berkatalah raja itu kepada rakyatnya: "Bangsa Israel itu sangat banyak dan lebih besar jumlahnya dari pada kita.
1:10 Marilah kita bertindak dengan bijaksana terhadap mereka, supaya mereka jangan bertambah banyak lagi dan -- jika terjadi peperangan -- jangan bersekutu nanti dengan musuh kita dan memerangi kita, lalu pergi dari negeri ini."
1:11 Sebab itu pengawas-pengawas rodi ditempatkan atas mereka untuk menindas mereka dengan kerja paksa: mereka harus mendirikan bagi Firaun kota-kota perbekalan, yakni Pitom dan Raamses.
1:12 Tetapi makin ditindas, makin bertambah banyak dan berkembang mereka, sehingga orang merasa takut kepada orang Israel itu.
1:13 Lalu dengan kejam orang Mesir memaksa orang Israel bekerja,
1:14 dan memahitkan hidup mereka dengan pekerjaan yang berat, yaitu mengerjakan tanah liat dan batu bata, dan berbagai-bagai pekerjaan di padang, ya segala pekerjaan yang dengan kejam dipaksakan orang Mesir kepada mereka itu.

Bandingkan: Ef 6:10-11
6:10 Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya.
6:11 Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis;

Kita bisa tahan melawan tipu muslihat Iblis, apabila kita mengenakan perlengkapan senjata Allah.
Firaun tidak membiarkan Israel untuk beribadah kepada Allah:
Kel 8:32
8:32 Tetapi sekali ini pun Firaun tetap berkeras hati; ia tidak membiarkan bangsa itu pergi.

Kel 9:7
9:7 Lalu Firaun menyuruh orang ke sana dan sesungguhnyalah dari ternak orang Israel tidak ada seekor pun yang mati.

Tetapi Firaun tetap berkeras hati dan tidak mau membiarkan bangsa itu pergi.
Kel 9:35
9:35 Berkeraslah hati Firaun, sehingga ia tidak membiarkan orang Israel pergi -- seperti yang telah difirmankan TUHAN dengan perantaraan Musa.

Kel 10:20
10:20 Tetapi TUHAN mengeraskan hati Firaun, sehingga tidak mau membiarkan orang Israel pergi.

Ayat 27:
10:27 Tetapi TUHAN mengeraskan hati Firaun, sehingga dia tidak mau membiarkan mereka pergi.

Firaun tidak membiarkan bangsa Israel pergi beribadah: Begitu kokohnya Iblis untuk menghalang-halangi umat Tuhan untuk beribadah kepada Tuhan.
Mungkin Anda berkata: Saya berhasil untuk datang beribadah pada hari Minggu ini. Apakah itu berarti Anda lolos dari halangan Iblis?

Iblis akan tetap berusaha untuk menggagalkan ibadahnya anak-anak Tuhan.
Itu sebabnya dalam perumpamaan Si Penabur dikatakan ada 4 tempat yang menjadi sasaran taburan FT.

Mark 4:3-9, 13-20.
4:3 "Dengarlah! Adalah seorang penabur keluar untuk menabur.
4:4 Pada waktu ia menabur sebagian benih itu jatuh di pinggir jalan, lalu datanglah burung dan memakannya sampai habis.
4:5 Sebagian jatuh di tanah yang berbatu-batu, yang tidak banyak tanahnya, lalu benih itu pun segera tumbuh, karena tanahnya tipis.
4:6 Tetapi sesudah matahari terbit, layulah ia dan menjadi kering karena tidak berakar.
4:7 Sebagian lagi jatuh di tengah semak duri, lalu makin besarlah semak itu dan menghimpitnya sampai mati, sehingga ia tidak berbuah.
4:8 Dan sebagian jatuh di tanah yang baik, ia tumbuh dengan suburnya dan berbuah, hasilnya ada yang tiga puluh kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang seratus kali lipat."
4:9 Dan kata-Nya: "Siapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!"
Ayat 13-20:
4:13 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Tidakkah kamu mengerti perumpamaan ini? Kalau demikian bagaimana kamu dapat memahami semua perumpamaan yang lain?
4:14 Penabur itu menaburkan firman.
4:15 Orang-orang yang di pinggir jalan, tempat firman itu ditaburkan, ialah mereka yang mendengar firman, lalu datanglah Iblis dan mengambil firman yang baru ditaburkan di dalam mereka.
4:16 Demikian juga yang ditaburkan di tanah yang berbatu-batu, ialah orang-orang yang mendengar firman itu dan segera menerimanya dengan gembira,
4:17 tetapi mereka tidak berakar dan tahan sebentar saja. Apabila kemudian datang penindasan atau penganiayaan karena firman itu, mereka segera murtad.
4:18 Dan yang lain ialah yang ditaburkan di tengah semak duri, itulah yang mendengar firman itu,
4:19 lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan dan keinginan-keinginan akan hal yang lain masuklah menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah.
4:20 Dan akhirnya yang ditaburkan di tanah yang baik, ialah orang yang mendengar dan menyambut firman itu lalu berbuah, ada yang tiga puluh kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, dan ada yang seratus kali lipat."

Jika ada anak-anak Tuhan bisa membawa pulang FT dan menyimpannya dalam hatinya, itu merupakan keberhasilan dalam ibadah.Seperti benih itu jatuh ditanah yang subur,  kemudian berbuah-buah banyak.

Kol 3:16
3:16 Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.

Dalam Terjemahan Lama ayat ini lebih jelas pengertiannya:
Biarlah perkataan Kristus itu diam didalam dirimu dengan limpahnya. Dengan segala hikmad ajar-mengajar dan nasehat menasehatkan sama sendiri, dengan mazmur dan puji-pujian dan .....

Berbuah-buah lebat berarti melimpah (FA), melaksanakan FT dalam hidup sehari-hari, menjadi pelaku Firman Tuhan.
Yak 1:22
1:22 Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.

Kita kembali pada tema diatas: 2 Tim 3:12
Ayat ini bicara dari hal ibadah yang harus membayar harga yang mahal, apa itu? Yaitu menembusi tantangan dan rintangan sampai beroleh kemenangan.

Mari kita tembusi segala tantangan dan rintangan untuk mencapai ibadah yang berkemenangan.
Tuhan Yesus memberkati Anda sekalian.
Selamat menjalankan Firman Tuhan.