Translate

7 Agu 2016

Ibadah Raya. 7 Agustus 2016.Keluarga Hosea Sebagai Gambaran Israel Yang Tidak Setia



Ibadah Raya. 7 Agustus. 2016
Keluarga Hosea Sebagai Gambaran Israel Yang Tidak Setia

Hos 2:15, 18-19.
2:15 Maka pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN, engkau akan memanggil Aku: Suamiku, dan tidak lagi memanggil Aku: Baalku!
2:18 Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku untuk selama-lamanya dan Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam keadilan dan kebenaran, dalam kasih setia dan kasih sayang.
2:19 Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam kesetiaan, sehingga engkau akan mengenal TUHAN.

Bangsa Israel dimata Tuhan adalah bagaikan istri-Nya.
Ayat ini  bicara tentang hubungan suami istri atara Israel dengan Allah.
Engkau akan memanggil Aku “Suami-Ku”, Aku akan menjadikan engkau istri-Ku untuk selama-lamanya.

Sasaran akhir dari ibadah kita adalah hubungan pernikahan.
Mangapa Allah bicara soal hubungan pernikahan?
Sebelumnya hubungan antara umat Allah dengan Allahnya mengalamai gangguan, dimana pada waktu itu umat Allah telah menyimpang dari kebenaran, mereka telah melakukan perzinahan rohani, dengan jalan menyembah berhala (Baal).

Hos 2:16, 12.
2:16 Lalu Aku menjauhkan nama para Baal dari mulutmu, maka nama mereka tidak lagi disebut.
2:12 Dan Aku akan menghukum dia karena hari-hari ketika dia membakar korban untuk para Baal, berhias dengan anting-antingnya dan kalungnya, dan mengikuti para kekasihnya dan melupakan Aku," demikianlah firman TUHAN.

Allah itu selain sifat-Nya Kasih, tetapi Allah adalah Allah cemburuan.
Kapan Allah cemburu kepada umat-Nya? Yaitu jika umat-Nya menyembah berhala.
Firma-Nya mengatakan: “Jangan ada padamu illah lain dihadapan-Ku”

Kel 20:3-6
20:3 Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
20:4 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.
20:5 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
20:6 tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.

Pada zaman nabi Hosea, bangsa Israel terlibat penyembahan berhala. Hal ini dimata Tuhan bagaikan suatu perzinahan rohani.

Hos 2:1-4
2:1 "Adukanlah ibumu, adukanlah, sebab dia bukan isteri-Ku, dan Aku ini bukan suaminya; biarlah dijauhkannya sundalnya dari mukanya, dan zinahnya dari antara buah dadanya,
2:2 supaya jangan Aku menanggalkan pakaiannya sampai dia telanjang, dan membiarkan dia seperti pada hari dia dilahirkan, membuat dia seperti padang gurun, dan membuat dia seperti tanah kering, lalu membiarkan dia mati kehausan.
2:3 Tentang anak-anaknya, Aku tidak menyayangi mereka, sebab mereka adalah anak-anak sundal.
2:4 Sebab ibu mereka telah menjadi sundal; dia yang mengandung mereka telah berlaku tidak senonoh. Sebab dia berkata: Aku mau mengikuti para kekasihku, yang memberi roti dan air minumku, bulu domba dan kain lenanku, minyak dan minumanku.

Untuk menyadarkan umat-Nya Allah sampai menyuruh nabi Hosea menikahi seorang perempuan pelacur yang bernama Gomer binti Diblaim

Hos 1:2-9
1:2 Ketika TUHAN mulai berbicara dengan perantaraan Hosea, berfirmanlah Ia kepada Hosea: "Pergilah, kawinilah seorang perempuan sundal dan peranakkanlah anak-anak sundal, karena negeri ini bersundal hebat dengan membelakangi TUHAN."
1:3 Maka pergilah ia dan mengawini Gomer binti Diblaim, lalu mengandunglah perempuan itu dan melahirkan baginya seorang anak laki-laki.
1:4 Kemudian berfirmanlah TUHAN kepada Hosea: "Berilah nama Yizreel kepada anak itu, sebab sedikit waktu lagi maka Aku akan menghukum keluarga Yehu karena hutang darah Yizreel dan Aku akan mengakhiri pemerintahan kaum Israel.
1:5 Maka pada waktu itu Aku akan mematahkan busur panah Israel di lembah Yizreel."
1:6 Lalu perempuan itu mengandung lagi dan melahirkan seorang anak perempuan. Berfirmanlah TUHAN kepada Hosea: "Berilah nama Lo-Ruhama kepada anak itu, sebab Aku tidak akan menyayangi lagi kaum Israel, dan sama sekali tidak akan mengampuni mereka.
1:7 Tetapi Aku akan menyayangi kaum Yehuda dan menyelamatkan mereka demi  Tuhan, Allah mereka. Aku akan mnyelamatkan mereka bukan dengan panah atau pedang, dengan alat perang atau dengan kuda dan orang-orang berkuda."
1:8 Sesudah menyapih Lo-Ruhama, mengandunglah perempuan itu lagi dan melahirkan seorang anak laki-laki.
1:9 Lalu berfirmanlah Ia: "Berilah nama Lo-Ami kepada anak itu, sebab kamu ini bukanlah umat-Ku dan Aku ini bukanlah Allahmu."

Kejadian ini nampaknya janggal / gak masuk akal, mengapa Tuhan menyuruh seorang nabi mengawini seorang perempuan sundal.
Ini adalah suatu bayangan bagaimana bangsa Israel berbuat zinah dengan mengadakan penyembahan kepada Baal, sehingga menimbulkan sakit hatinya Tuhan.

Dari pernikahan dengan Gomer ini, Hosea mendapatkan 3 anak.

Yang pertama diberi nama Yizreel yang artinya = Allah menceraiberaikan.
Yang kedua diberi nama Lo-Ruhama, artinya = Tidak dikasihi.
Yang ketiga diberi nama Lo-Ami, artinya = Bukan umat-Ku.

Karena dosa perzinahan rohani yang diperbuat oleh Israel, maka Allah menceraiberaikan (Yizreel). Ini menunjuk kehidupan Kristen yang tidak tergembalakan. Sama seperti yang dikatakan dalam kitab nabi Nehemia.

Neh 1:8-9
1:8 Ingatlah akan firman yang Kaupesan kepada Musa, hamba-Mu itu, yakni: Bila kamu berubah setia, kamu akan Kucerai-beraikan di antara bangsa-bangsa.
1:9 Tetapi, bila kamu berbalik kepada-Ku dan tetap mengikuti perintah-perintah-Ku serta melakukannya, maka sekalipun orang-orang buanganmu ada di ujung langit, akan Kukumpulkan mereka kembali dan Kubawa ke tempat yang telah Kupilih untuk membuat nama-Ku diam di sana.

Karena berubah setia maka Allah mencerai beraikan mereka diantara bangsa-bangsa dibumi ini. Tapi jika mereka mau berbalik / bertobat kepada Allah, maka Allah berjanji akan memulihkan mereka.

Bandingkan: Yer 29:10-14
29:10 Sebab beginilah firman TUHAN: Apabila telah genap tujuh puluh tahun bagi Babel, barulah Aku memperhatikan kamu. Aku akan menepati janji-Ku itu kepadamu dengan mengembalikan kamu ke tempat ini.
29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.
29:12 Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu;
29:13 apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati,
29:14 Aku akan memberi kamu menemukan Aku, demikianlah firman TUHAN, dan Aku akan memulihkan keadaanmu dan akan mengumpulkan kamu dari antara segala bangsa dan dari segala tempat ke mana kamu telah Kuceraiberaikan, demikianlah firman TUHAN, dan Aku akan mengembalikan kamu ke tempat yang dari mana Aku telah membuang kamu. --

Hos 1:10-11
1:10 Tetapi kelak, jumlah orang Israel akan seperti pasir laut, yang tidak dapat ditakar dan tidak dapat dihitung. Dan di tempat di mana dikatakan kepada mereka: "Kamu ini bukanlah umat-Ku," akan dikatakan kepada mereka: "Anak-anak Allah yang hidup."
1:11 Orang Yehuda dan orang Israel akan berkumpul bersama-sama dan akan mengangkat bagi mereka satu pemimpin, lalu mereka akan menduduki negeri ini, sebab besar hari Yizreel itu.

Anak kedua diberi nama Lo-Ruhama. Artinya = Tidak dikasihi! Berarti dibenci.
Mal 1:2-5
1:2 "Aku mengasihi kamu," firman TUHAN. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah Engkau mengasihi kami?" "Bukankah Esau itu kakak Yakub?" demikianlah firman TUHAN. "Namun Aku mengasihi Yakub,
1:3 tetapi membenci Esau. Sebab itu Aku membuat pegunungannya menjadi sunyi sepi dan tanah pusakanya Kujadikan padang gurun."
1:4 Apabila Edom berkata: "Kami telah hancur, tetapi kami akan membangun kembali reruntuhan itu," maka beginilah firman TUHAN semesta alam: "Mereka boleh membangun, tetapi Aku akan merobohkannya; dan orang akan menyebutkannya daerah kefasikan dan bangsa yang kepadanya TUHAN murka sampai selama-lamanya."
1:5 Matamu akan melihat dan kamu sendiri akan berkata: "TUHAN maha besar sampai di luar daerah Israel."

Allah mengasihi Yakub tapi membenci Esau. Jadi ada yang dikasihi juga ada yang dibenci.
Ada alasan bagi Allah membenci Esau, karena Esau sudah memandang rendah hak kesulungan.

Kej 25:34
25:34 Lalu Yakub memberikan roti dan masakan kacang merah itu kepada Esau; ia makan dan minum, lalu berdiri dan pergi. Demikianlah Esau memandang ringan hak kesulungan itu.

Kej 27:34-35,38.
27:34 Sesudah Esau mendengar perkataan ayahnya itu, meraung-raunglah ia dengan sangat keras dalam kepedihan hatinya serta berkata kepada ayahnya: "Berkatilah aku ini juga, ya bapa!"
27:35 Jawab ayahnya: "Adikmu telah datang dengan tipu daya dan telah merampas berkat yang untukmu itu."
27:38 Kata Esau kepada ayahnya: "Hanya berkat yang satu itukah ada padamu, ya bapa? Berkatilah aku ini juga, ya bapa!"

Dan dengan suara keras menangislah Esau.
Lo-Ruhama = Tidak dikasihi. Ada yang dikasihi ada yang dibenci Allah.
Esau ini orang yang dibenci Allah sebab perbuatannya dalam memandang rendah hak kesulungan.
Kemudian dikatakan, Esau ini akan selalu mengalami kegagalan.

Mal 1:4
1:4 Apabila Edom berkata: "Kami telah hancur, tetapi kami akan membangun kembali reruntuhan itu," maka beginilah firman TUHAN semesta alam: "Mereka boleh membangun, tetapi Aku akan merobohkannya; dan orang akan menyebutkannya daerah kefasikan dan bangsa yang kepadanya Tuhan murka sampai selama-lamanya.

Hal yang serupa juga dikatakan oleh nabi Yeremia dan nabi Yehezkiel.
Yer 49:17-18
49:17 Edom akan menjadi ketandusan; setiap orang yang melewatinya akan merasa ngeri dan bersuit karena segala pukulan yang dideritanya.            
49:18 Seperti pada waktu ditunggangbalikkannya Sodom dan Gomora dan kota-kota tetangganya -- firman TUHAN -- maka seorang pun tidak akan diam lagi di sana dan seorang manusia pun tidak akan tinggal lagi di dalamnya.

Yeh 25:12-14
25:12 Beginilah firman Tuhan ALLAH: "Oleh karena Edom membalaskan dendam kesumat terhadap kaum Yehuda dan membuat kesalahan besar dengan melakukan pembalasan terhadap mereka,
25:13 oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH, Aku akan mengacungkan tangan-Ku melawan Edom dan melenyapkan dari padanya manusia dan binatang dan Aku membuatnya menjadi reruntuhan; dari Téman sampai Dedan mereka akan mati rebah oleh pedang.
25:14 Aku akan melakukan pembalasan-Ku terhadap Edom dengan tangan umat-Ku Israel. Dan mereka akan memperlakukan Edom selaras dengan murka-Ku dan amarah-Ku, dan mereka akan mengetahui, bahwa Akulah yang membalas, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

Anak ketiga : Lo-Ami = bukan umat-Ku.
Kalau Allah sampai mengatakan bukan umat-Ku, itu disebabkan tingkah laku dan perbuatan Israel yang sudah tidak lagi mencerminkan tingkah lakunya umat Allah. Sedangkan kita menjadi umat Allah itu lewat proses ketebusan yang dkerjakan Yesus dikayu salib.

Umat ketebusan itu mahal harganya:
1 Pet 2:9-10
2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:
2:10 kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.

Umat = artinya Para penganut sesuatu agama.
Hos 1:10-12                                                       1:10 Tetapi kelak, jumlah orang Israel akan seperti pasir laut, yang tidak dapat ditakar dan tidak dapat dihitung. Dan di tempat di mana dikatakan kepada mereka: "Kamu ini bukanlah umat-Ku," akan dikatakan kepada mereka: "Anak-anak Allah yang hidup."
1:11 Orang Yehuda dan orang Israel akan berkumpul bersama-sama dan akan mengangkat bagi mereka satu pemimpin, lalu mereka akan menduduki negeri ini, sebab besar hari Yizreel itu.
1:12 Katakanlah kepada saudara-saudaramu laki-laki: "Ami!" dan kepada saudara-saudaramu perempuan: "Ruhama!"

Kalau kita membaca Hos 2:1-14 sepertinya Allah sedang marah. Tetapi pada ayat 15-22 kembali Allah menunjukan kasih-Nya.

Apa yang Ia katakan tentang Lo-Ruhama dan Lo-Ami ini: Hos 2:20-22
Aku akan menyayangi Lo- Ruhama, kepada Lo-Ami Aku berkata : Umat-Ku Engkau!
2:20 Maka pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN, Aku akan mendengarkan langit, dan langit akan mendengarkan bumi.
2:21 Bumi akan mendengarkan gandum, anggur dan minyak, dan mereka ini akan mendengarkan Yizreel.
2:22 Aku akan menaburkan dia bagi-Ku di bumi, dan akan menyayangi Lo-Ruhama, dan Aku berkata kepada Lo-Ami: Umat-Ku engkau! dan ia akan berkata: Allahku!"
Kepada yang terceraiberai Tuhan satukan kembali.

Kepada orang yang tadinya tidak dikasihani sekarang dikasihani.
Kepada orang yang tadinya disebut bukan umat Allah, sekarang disebut: Umat-Ku engkau!
Tuhan adalah Tuhan yang menghendaki terjadinya Tranformasi (perubahan bentuk)

2 Kor 5:17
5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Why 21:5
21:5 Ia yang duduk di atas takhta itu berkata: "Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru!" Dan firman-Nya: "Tuliskanlah, karena segala perkataan ini adalah tepat dan benar."

Setelah mendengarkan uraian FT, dan kemudian timbul dalam hati saudara ingin terjadinya suatu perubahan, maka sekarang inilah waktunya untuk mengalami transformasi.

2 Kor 6:2
6:2 Sebab Allah berfirman:  "Pada waktu Aku berkenan, Aku akan mendengarkan engkau,  dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau."  Sesungguhnya, waktu ini adalah waktu perkenanan itu; sesungguhnya, hari ini adalah hari penyelamatan itu.

Pagi hari ini Allah menjanjikan 3 perkara:
Pertama: Yang terceraiberai akan dipersatukan kembali.
Kedua    : Yang tadinya dibenci oleh Tuhan, sekarang dikasihani-Nya.
Ketiga    : Yang tadinya dikatakan bukan umat Allah, sekarang Allah berkata: Umat-Ku engkau!

Allah selalu menyediakan hari yang baru bagi kita. Seperti yang dikatakan dalam kitab Ratapan.

Rat 3:22-23
3:22 Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya,
3:23 selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!

Tuhan Yesus memberkati Anda semua.