Translate

28 Agu 2016

Ibadah Pendalaman Alkitab. 26 Agustus 2016. Keselamatan Dan Hari Tuhan



Ibadah Pendalaman Alkitab
26 Agustus 2016
KESELAMATAN DAN HARI TUHAN.

Zef 3:9-20.
3:9 "Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih, supaya sekaliannya mereka memanggil nama TUHAN, beribadah kepada-Nya dengan bahu-membahu.
3:10 Dari seberang sungai-sungai negeri Etiopia orang-orang yang memuja Aku, yang terserak-serak, akan membawa persembahan kepada-Ku.
3:11 Pada hari itu engkau tidak akan mendapat malu karena segala perbuatan durhaka yang kaulakukan terhadap Aku, sebab pada waktu itu Aku akan menyingkirkan dari padamu orang-orangmu yang ria congkak, dan engkau tidak akan lagi meninggikan dirimu di gunung-Ku yang kudus.
3:12 Di antaramu akan Kubiarkan hidup suatu umat yang rendah hati dan lemah, dan mereka akan mencari perlindungan pada nama TUHAN,
3:13 yakni sisa Israel itu. Mereka tidak akan melakukan kelaliman atau berbicara bohong; dalam mulut mereka tidak akan terdapat lidah penipu; ya, mereka akan seperti domba yang makan rumput dan berbaring dengan tidak ada yang mengganggunya."

3:14. Bersorak-sorailah, hai puteri Sion, bertempik-soraklah, hai Israel! Bersukacitalah dan beria-rialah dengan segenap hati, hai puteri Yerusalem!
3:15 TUHAN telah menyingkirkan hukuman yang jatuh atasmu, telah menebas binasa musuhmu. Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antaramu; engkau tidak akan takut kepada malapetaka lagi.
3:16 Pada hari itu akan dikatakan kepada Yerusalem: "Janganlah takut, hai Sion! Janganlah tanganmu menjadi lemah lesu.
3:17 TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai,
3:18 seperti pada hari pertemuan raya." "Aku akan mengangkat malapetaka dari padamu, sehingga oleh karenanya engkau tidak lagi menanggung cela.
3:19 Sesungguhnya pada waktu itu Aku akan bertindak terhadap segala penindasmu, tetapi Aku akan menyelamatkan yang pincang, mengumpulkan yang terpencar dan akan membuat mereka yang mendapat malu menjadi kepujian dan kenamaan di seluruh bumi.
3:20 Pada waktu itu Aku akan membawa kamu pulang, yakni pada waktu Aku mengumpulkan kamu, sebab Aku mau membuat kamu menjadi kenamaan dan kepujian di antara segala bangsa di bumi dengan memulihkan keadaanmu di depan mata mereka," firman TUHAN.

Kitab Zef 3:9-20 ini terbagi menjadi 3 bagian:

Pertama :Zef 3:9-13   = Kaum sisa dipulihkan dan Yerusalem disucikan.

Kedua :   Zef 3:14-17 = Umat bergembira ria dengan Allah ditengah-tengah mereka.

Ketiga  :  Zef 3:18-20 = Janji pemulihan terakhir.

Kita mulai dengan pertama:
Kaum sisa dipulihkan dan Yerusalem disucikan.
Dalam ayat 9 dikatakan: Tetapi sesudah itu......
Sesudah apa? Sesudah penghakiman atas Rumah Allah ( 1 Pet 4:17-18 ) = Hukuman atas Yerusalem.

1 Petrus 4:17-18 (TB) 
17 Karena sekarang telah tiba saatnya penghakiman dimulai, dan pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi. Dan jika penghakiman itu dimulai pada kita, bagaimanakah kesudahannya dengan mereka yang tidak percaya pada Injil Allah? 
18 Dan jika orang benar hampir-hampir tidak diselamatkan, apakah yang akan terjadi dengan orang fasik dan orang berdosa?  

Ayat itu kemudian dilanjutkan "Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa yakni bibir yang bersih, supaya sekaliannya mereka memanggil nama Tuhan, beribadah kepada-Nya dengan bahu-membahu (sama sebahu) =tolong menolong.

Ayat ini bicara soal penyucian yang dialami oleh Gereja Tuhan.
Tuhan menyucikan kita lewat didikan dan hajaran, seperti seorang ayah menghajar anaknya dengan maksud agar anaknya tidak menjadi anak-anak haram. 

Ibr 12:5-13
5  Dan sudah lupakah kamu akan nasihat yang berbicara kepada kamu seperti kepada anak-anak: "Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan-Nya;  
6 karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak." 
7 Jika kamu harus menanggung ganjaran; Allah memperlakukan kamu seperti anak. Di manakah terdapat anak yang tidak dihajar oleh ayahnya? 
8 Tetapi, jikalau kamu bebas dari ganjaran, yang harus diderita setiap orang, maka kamu bukanlah anak, tetapi anak-anak gampang.
9 Selanjutnya: dari ayah kita yang sebenarnya kita beroleh ganjaran, dan mereka kita hormati; kalau demikian bukankah kita harus lebih taat kepada Bapa segala roh, supaya kita boleh hidup?
10 Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya.
11 Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.
12 Sebab itu kuatkanlah tangan yang lemah dan lutut yang goyah; 
13 dan luruskanlah jalan bagi kakimu, sehingga yang pincang jangan terpelecok, tetapi menjadi sembuh. 

Pada ayat ke 10 dikatakan tentang hasil dari hajaran yaitu: Supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya.

Sesudah penyucian (Zef 3:9) Tuhan memberikan bibir lain, supaya dengan bibir yang baru itu kita boleh memanggil nama Tuhan.

Nama Tuhan tidak boleh disebut dengan sia-sia. 
Kel 20:7
Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan. 

Setiap orang yang menyebut nama Tuhan, hendaklah meninggalkan kejahatan. (2 Tim 2:19)

Nama Tuhan itu begitu kudus, itu sebabnya orang yang menyebut nama-Nya harus meninggalkan kejahatan.

Selanjutnya dalam Zef 3:10 nama Etiopia disebut kembali. Tadinya dalam Zef 2:12 Orang Etiopia ini diancam  dengan pedangnya Tuhan. Tapi dalam Zef 3:10 disini orang Etiopia disebut kembali, tapi bukan yang akan menerima hukuman
sebaliknya dikatakan orang-orang yang memuja Allah, yang datang dengan membawa persembahan kepada Tuhan.

Tidak hanya Gereja Tuhan (orang dalam) saja yang dipulihkan, tapi juga orang-orang diluar (Etiopia).
Tuhan masih memberikan kesempatan kepada mereka yang ada diluar sana untuk disatukan menjadi kawanan domba yang tergembala dalam satu penggembalaan. 

Yoh 10:16 (domba lain).
Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.

Siapakah yang dimaksud domba-domba lain disini?
Tuhan Yesus datang ke dunia ini sebenarnya hanya diutus untuk mencari domba yang hilang dari umat Israel. 

Mat 15:24.
Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."

Perempuan ini berasal dari Kanaan (bangsa kafir). Tuhan jadikan orang Etiopia sebagai penyembah Allah, dan datang dengan membawa persembahan kepada Tuhan.

HASIL DARI PEDANG  YANG MENGOREKSI KEHIDUPAN KITA, maka kita akan menjadi pemuja-pemuja Allah, dan tahu membawa PERSEMBAHAN KEPADA TUHAN.
Tuhan itu ingin dipuja, dan Dia mau supaya manusia ini menjadi pemuja-Nya.

Maz 149:5-6
5 Biarlah orang-orang saleh beria-ria dalam kemuliaan, biarlah mereka bersorak-sorai di atas tempat tidur mereka! 
6. Biarlah pujian pengagungan Allah ada dalam kerongkongan mereka, dan pedang bermata dua di tangan mereka, 

Selain pujian ada juga persembahan: Artinya tangan kita tidak kosong, seperti apa yang diperbuat oleh orang-orang Majus ketika datang ke Betlehem untuk menyaksikan kelahiran bayi Yesus.

Mat 2:11 
 Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Mereka pun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur. 

Bukan hanya menyembah Tuhan, tapi juga mempersembahkan suatu persembahan.

Siapa yang pernah menyangka kalau orang Etiopia ini dapat diubahkan. Sebab Tuhan sendiri pernah mengatakan "Dapatkah orang Etiopia mengganti kulitnya?"

Sepertinya orang Etiopia ini tidak mungkin berubah, tapi dalam Zefanya 3:10 dikatakan bahwa orang Etiopia benar-benar telah berubah.

Orang Etiopia ini ternyata sebelumnya adalah:
1.- Orang durhaka terhadap Tuhan.
2.- Orang yang congkak.
3.- Orang yang suka meninggikan diri.
Tuhan sudah menyingkirkan sifat-sifat yang tidak baik itu dari orang Etiopia. Zef 3:11

Kemudian Tuhan ubahkan orang seperti Etiopia ini menjadi seorang yang memiliki kerendahan hati dan kelemahlembutan.

Ayat 12. 
Dan orang yang mencari perlindungan Tuhan pada nama Tuhan.
Mereka tidak lagi menjadi seorang penipu ( ayat 13). Tetapi mereka sekarang menjadi domba-domba yang yang mau digembalakan (makan rumput dan berbaring dengan tidak ada yang mengganggunya).

Ini suatu kehidupan yang tahu berpasrah diri kepada Gembala Yang Baik untuk digembalakan.

Kalau kehidupan itu tahu merendahkan diri dihadapan Tuhan dan beribadah kepada-Nya, maka Tuhan akan membuat murkan-Nya itu padam.

2 Taw 30:8.
Sekarang, janganlah tegar tengkuk seperti nenek moyangmu. Serahkanlah dirimu kepada TUHAN dan datanglah ke tempat kudus yang telah dikuduskan-Nya untuk selama-lamanya, serta beribadahlah kepada TUHAN, Allahmu, supaya murka-Nya yang menyala-nyala undur dari padamu. 

Orang Etiopia ini benar-benar telah menerima anugerah Tuhan yang begitu besar, sebab kalau kita baca dalam kitab nabi Yeh 30:9 disitu dikatakan: Tuhan akan mengirimkan utusan-Nya berangkat dengan cepat-cepat untuk mengejutkan Etiopia yang lagi bersenang-senang.

Sebab Tuhan waktu itu juga lagi menghukum Mesir (dunia)ini.

Nama Etiopia ini ternyata menyimpan suatu misteri yang perlu dibukakan.
Etiopia ini ternyata dijadikan perbandingan dengan bangsa Israel, dalam sebuah ayat dikatakan:
"Bukankah kamu sama seperti orang Etiopia bagi-Ku, hai orang Israel?" Amos 9:7.

Orang Isarel punya pengalaman dituntun keluar oleh Tuhan dari Mesir, begitu pula dengan orang Etiopia.

Yes 18:1-7. Ini merupakan ucapan ilahi terhadap Etiopia.
1 Wahai! Negeri dengingan sayap di seberang sungai-sungai Etiopia, 
2. yang mengirim duta-duta melalui laut dalam perahu-perahu pandan mengarungi permukaan air! Pergilah, hai utusan-utusan yang tangkas, kepada bangsa yang jangkung dan berkulit mengkilap, kepada kaum yang ditakuti dekat dan jauh, yakni bangsa yang berkekuatan ulet dan lalim, yang negerinya dilintasi sungai-sungai! 
3 Hai semua penduduk dunia, hai orang-orang yang mendiami bumi! Apabila panji-panji dinaikkan di gunung-gunung, lihatlah; apabila sangkakala ditiup, dengarlah! 
4 Sebab beginilah firman TUHAN kepadaku: "Aku akan menjenguk dari tempat kediaman-Ku dengan tidak bergerak, seperti hawa panas yang mendidih waktu panas terik, seperti kabut embun di panas musim menuai." 
5 Sebab sebelum musim buah, apabila waktu berbunga sudah berakhir, dan gugusan putik menjadi buah anggur yang hendak masak, maka TUHAN akan mengerat ranting-rantingnya dengan pisau pemangkas, dan menyisihkan carang-carangnya dengan memancungnya. 
6 Semuanya itu akan ditinggalkan bertumpuk-tumpuk bagi burung-burung buas di pegunungan, dan bagi binatang-binatang di hutan. Pada musim panas burung-burung buas akan bermukim di situ dan segala binatang hutan pada musim dingin. 
7 Pada waktu itu juga persembahan akan disampaikan kepada TUHAN semesta alam dari kaum yang jangkung dan berkulit mengkilap, dan dari kaum yang ditakuti dekat dan jauh, yakni bangsa yang berkekuatan ulet dan lalim, yang negerinya dilintasi sungai-sungai, ke tempat nama TUHAN semesta alam, yaitu gunung Sion. 

Ternyata Etiopia diperhatikan Tuhan. Walaupun secara lahiriah keadaannya sedemikian rupa, tapi Tuhan memberikan kesempatan agar orang Etiopia ini masuk dalam rencana Allah.

KAPAN TERJADI MASA PEMULIHAN BAGI ORANG ETHIOPIA?
Pada masa sebelum musim buah, apabila waktu berbunga sudah berakhir. 
(Yes 18:5).

Tuhan tunjuk waktu: waktu musim berbunga sudah berakhir = berarti musim berbuah sudah tiba.
Apa yang Tuhan kerjakan bagi tanaman anggur-Nya.

Tuhan akan mengerat dengan pisau pemangkas. Band: Yoh 15:1-2
1 "Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
2 Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.

Orang Etiopia dapat mempersembahkan persembahannya bagi Tuhan, setelah mengalami pemangkasan. Demikian pula kita.
Yes 18:4
Sebab beginilah firman TUHAN kepadaku: "Aku akan menjenguk dari tempat kediaman-Ku dengan tidak bergerak, seperti hawa panas yang mendidih waktu panas terik, seperti kabut embun di panas musim menuai." 

Ini menunjuk sikap seriusnya Tuhan. Seperti hawa panas terik, seperti kabut embun dipanas musim menuai.

Ayat ini bicara tentang murka Tuhan yang bakal dituangkan atas muka bumi ini begitu dasyat.
Pada waktu Tuhan membuka meterai yang ke enam, dikatakan disitu "Terjadilah gempa bumi yang dasyat, disusul dengan matahari menjadi hitam seperti rambut, dan bulan jadi seperti darah. Bintang-bintang dilangit berguguran, kemudian langit menyusut seperti gulungan kitab, dan gunung-gunung bergeser, pulau-pulau berpindah dari tempatnya. Ini suatu kejadian yang sangat hebat.
Why 6:12-14.

ayat 15-17 : Keputus-asaan melanda semua orang, mulai dari raja sampai budak, orang-orang kaya, orang-orang berkuasa, semua lari cari perlindungan dicelah-celah gunung, kemudian mereka berkata pada gunung-gunung dan kepada batu-batu karang itu: "Runtuhlah menimpa kami, dan sembunyikanlah kami terhadap DIA yang duduk diatas tahta (Bapa) dan terhadap murka Anak Domba (Yesus).

Kalau mereka takut memandang wajah DIA yang duduk diatas tahta dan takut terhadap murka Anak Domba, sebaliknya bagi kita hari itu adalah hari dimana kita boleh memuji dan menyembah DIA. 

Why 5:11-14. 
11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-ribu laksa,
12 katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian!" 
13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"
14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin". Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah. 

Why 8:3-4,6-13
3 Maka datanglah seorang malaikat lain, dan ia pergi berdiri dekat mezbah dengan sebuah pedupaan emas. Dan kepadanya diberikan banyak kemenyan untuk dipersembahkannya bersama-sama dengan doa semua orang kudus di atas mezbah emas di hadapan takhta itu. 
4 Maka naiklah asap kemenyan bersama-sama dengan doa orang-orang kudus itu dari tangan malaikat itu ke hadapan Allah.
6 Dan ketujuh malaikat yang memegang ketujuh sangkakala itu bersiap-siap untuk meniup sangkakala. 
7 Lalu malaikat yang pertama meniup sangkakalanya dan terjadilah hujan es, dan api, bercampur darah; dan semuanya itu dilemparkan ke bumi; maka terbakarlah sepertiga dari bumi dan sepertiga dari pohon-pohon dan hanguslah seluruh rumput-rumputan hijau. 
8 Lalu malaikat yang kedua meniup sangkakalanya dan ada sesuatu seperti gunung besar, yang menyala-nyala oleh api, dilemparkan ke dalam laut. Dan sepertiga dari laut itu menjadi darah,
9 dan matilah sepertiga dari segala makhluk yang bernyawa di dalam laut dan binasalah sepertiga dari semua kapal.
10 Lalu malaikat yang ketiga meniup sangkakalanya dan jatuhlah dari langit sebuah bintang besar, menyala-nyala seperti obor, dan ia menimpa sepertiga dari sungai-sungai dan mata-mata air.
11 Nama bintang itu ialah Apsintus. Dan sepertiga dari semua air menjadi apsintus, dan banyak orang mati karena air itu, sebab sudah menjadi pahit. 
12  Lalu malaikat yang keempat meniup sangkakalanya dan terpukullah sepertiga dari matahari dan sepertiga dari bulan dan sepertiga dari bintang-bintang, sehingga sepertiga dari padanya menjadi gelap dan sepertiga dari siang hari tidak terang dan demikian juga malam hari. 
13 Lalu aku melihat: aku mendengar seekor burung nasar terbang di tengah langit dan berkata dengan suara nyaring: "Celaka, celaka, celakalah mereka yang diam di atas bumi oleh karena bunyi sangkakala ketiga malaikat lain, yang masih akan meniup sangkakalanya." 

Pada saat Gereja Tuhan dibawa dalam suatu penyembahan yang tertinggi (banyak kemenyan) untuk dipersembahkan, maka naiklah asap penyembahan itu dihadapan Allah.

Selanjutnya Firman Allah memberitahukan tentang nasib dunia ini. Why 8:5 "Meledaklah bunyi guruh, disertai halilintar dan gempa bumi."
Kemudian disusul dengan kejadian-kejadian yang mengerikan. (Ayat 6-13)

Apa yang ditulis dalam kitab Wahyu ini akan segera digenapi. Kita masih punya waktu sekarang ini untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi hari yang dasyat itu.

Gunakan waktu Anda dengan baik! Mari kita mau menjadi orang yang bijak, tahu akan waktu bahwa waktu sekarang ini adalah waktu yang jahat!. 

Ef 5:15-17.
15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,
16 dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.  
17 Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. 

Amin. Tuhan Yesus memberkati.