Translate

23 Feb 2015

Ibadah Raya. 22 Februari 2015. Kedua Saksi Tuhan



Ibadah Raya.  22 Februari 2015
KEDUA SAKSI TUHAN.
Why 11:3-14
3   Dan Aku akan memberi tugas kepada dua saksi-Ku, supaya mereka bernubuat sambil berkabung, seribu dua ratus enam puluh hari lamanya.
4  Mereka adalah kedua pohon zaitun dan kedua kaki dian yang berdiri di hadapan Tuhan semesta alam.
5  Dan jikalau ada orang yang hendak menyakiti mereka, keluarlah api dari mulut mereka menghanguskan semua musuh mereka. Dan jikalau ada orang yang hendak menyakiti mereka, maka orang itu harus mati secara itu.
6  Mereka mempunyai kuasa menutup langit, supaya jangan turun hujan selama mereka bernubuat; dan mereka mempunyai kuasa atas segala air untuk mengubahnya menjadi darah, dan untuk memukul bumi dengan segala jenis malapetaka, setiap kali mereka menghendakinya.
7  Dan apabila mereka telah menyelesaikan kesaksian mereka, maka binatang yang muncul dari jurang maut, akan memerangi mereka dan mengalahkan serta membunuh mereka.
8  Dan mayat mereka akan terletak di atas jalan raya kota besar, yang secara rohani disebut Sodom dan Mesir, di mana juga Tuhan mereka disalibkan.
9  Dan orang-orang dari segala bangsa dan suku dan bahasa dan kaum, melihat mayat mereka tiga setengah hari lamanya dan orang-orang itu tidak memperbolehkan mayat mereka dikuburkan.
10  Dan mereka yang diam di atas bumi bergembira dan bersukacita atas mereka itu dan berpesta dan saling mengirim hadiah, karena kedua nabi itu telah merupakan siksaan bagi semua orang yang diam di atas bumi.
11  Tiga setengah hari kemudian masuklah roh kehidupan dari Allah ke dalam mereka, sehingga mereka bangkit dan semua orang yang melihat mereka menjadi sangat takut.
12  Dan orang-orang itu mendengar suatu suara yang nyaring dari sorga berkata kepada mereka: "Naiklah ke mari!" Lalu naiklah mereka ke langit, diselubungi awan, disaksikan oleh musuh-musuh mereka.
13  Pada saat itu terjadilah gempa bumi yang dahsyat dan sepersepuluh bagian dari kota itu rubuh, dan tujuh ribu orang mati oleh gempa bumi itu dan orang-orang lain sangat ketakutan, lalu memuliakan Allah yang di sorga.

Pada saat antikrist berkuasa nanti, Tuhan akan memberi tugas kepada 2 saksi-Nya. Tugas apa?
Bernubuat sambil berkabung. Lamanya mereka bernubuat 1260 hari = 42 bulan = 3 ½ tahun. Itu menunjuk waktu antikrist berkuasa dimuka bumi ini.

Bernubuat: Ini bukan nubuat biasa; sebab dikatakan bahwa nubuat itu akan berakhir. 1 Kor 13:8-10
8  Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.
9  Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna.
10  Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap.

Nubuat yang dimaksud adalah nubuat firman Allah, dan inilah nubuat yang tidak pernah salah.
Why 1:2-3
2  Yohanes telah bersaksi tentang firman Allah dan tentang kesaksian yang diberikan oleh Yesus Kristus, yaitu segala sesuatu yang telah dilihatnya.
3  Berbahagialah ia yang membacakan dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktunya sudah dekat.

Jadi tugas dari 2 saksi Tuhan ini adalah untuk menyampaikan firman Allah. Firman Allah yang bagaimana?
Firman Allah yang memberi kekuatan kepada mereka yang tertinggal pada masa aniaya antikrist.

Itu sebabnya sekarang ini kita harus terlatih dengan firman yang sanggup menolong dan menguatkan kita disaat kita sedang dalam pencobaan.
2 kor 4:7-9
7  Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami.
8   Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa;
9  kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa.

Kekuatan yang berlimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami.
Pencobaan besar yang akan menimpa seluruh manusia di dunia ini sudah pernah dikatakan Tuhan kepada jemaat di Filadelfia.
Why 3:10
10  Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Akupun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi.

Ada janji Tuhan untuk melindungi mereka yang menuruti firman Tuhan.

Penderitaan yang dimaksud itu akan dialami oleh anak-anak Tuhan yang ada diseluruh dunia.
1 Pet 5:8-9
8   Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.
9  Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.

Pencobaan-pencobaan yang kita alami adalah pencobaan biasa.
1 Kor 10:13
13  Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Kita dilatih untuk menghadapi pencobaan-pencobaan sekarang ini, dan tujuannya adalah supaya iman kita boleh semakin teguh.
Sama seperti pengakuan Ayub.
Ayb 23:10
10 Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas.

Emas yang diuji dengan api:
1 Pet 1:6-7
6   Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan.
7  Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu  —  yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api  —  sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.

Kalau dikatakan pencobaan biasa, maka akan ada pencobaan yang luar biasa, dan itulah yang terjadi di zaman antikrist.
Itu sebabnya Tuhan merasa perlu mengutus 2 saksinya.

Siapakah ke dua saksi ini?
Why 11:4
4 Mereka adalah kedua pohon zaitun dan kedua kaki dian yang berdiri di hadapan Tuhan semesta alam.

Kedua pohon zaitun dan kedua kaki dian.
Untuk mengetahui ini kita akan bandingkan dengan kitab          
 Zac 4:1-14.
1  Datanglah kembali malaikat yang berbicara dengan aku itu, lalu dibangunkannyalah aku seperti seorang yang dibangunkan dari tidurnya.
2  Maka berkatalah ia kepadaku: "Apa yang engkau lihat?" Jawabku: "Aku melihat: tampak sebuah kandil, dari emas seluruhnya, dan tempat minyaknya di bagian atasnya; kandil itu ada tujuh pelitanya dan ada tujuh corot pada masing-masing pelita yang ada di bagian atasnya itu.
3  Dan pohon zaitun ada terukir padanya, satu di sebelah kanan tempat minyak itu dan satu di sebelah kirinya."
4  Lalu berbicaralah aku, kataku kepada malaikat yang berbicara dengan aku itu: "Apakah arti semuanya ini, tuanku?"
5  Maka berbicaralah malaikat yang berbicara dengan aku itu, katanya kepadaku: "Tidakkah engkau tahu, apa arti semuanya ini?" Jawabku: "Tidak, tuanku!"
6  Maka berbicaralah ia, katanya: "Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.
7  Siapakah engkau, gunung yang besar? Di depan Zerubabel engkau menjadi tanah rata. Ia akan mengangkat batu utama, sedang orang bersorak: Bagus! Bagus sekali batu itu!"
8  Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku, demikian:
9  "Tangan Zerubabel telah meletakkan dasar Rumah ini, dan tangannya juga akan menyelesaikannya. Maka kamu akan mengetahui, bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku kepadamu.
10  Sebab siapa yang memandang hina hari peristiwa-peristiwa yang kecil, mereka akan bersukaria melihat batu pilihan di tangan Zerubabel. Yang tujuh ini adalah mata TUHAN, yang menjelajah seluruh bumi."
11   Lalu berbicaralah aku kepadanya: "Apakah arti kedua pohon zaitun yang di sebelah kanan dan di sebelah kiri kandil ini?"
12  Untuk kedua kalinya berbicaralah aku kepadanya: "Apakah arti kedua dahan pohon zaitun yang di samping kedua pipa emas yang menyalurkan cairan emas dari atasnya itu?"
13  Ia menjawab aku: "Tidakkah engkau tahu, apa arti semuanya ini?" Jawabku: "Tidak, tuanku!"
14  Lalu ia berkata: "Inilah kedua orang yang diurapi yang berdiri di dekat Tuhan seluruh bumi!"

Antara kitab Zakharia 4 dengan Wahyu 11 ini ternyata ada hubungannya; sebab dikatakan kedua pohon zaitun yang menunjuk pada kedua kedua orang yang diurapi yang berdiri dekat Tuhan seluruh bumi. (ayat 14).

Kandil emas =  bicara tentang Roh Kudus yang sanggup memberi kekuatan kepada Zerubabel yang pada waktu itu mengalami keputusasaan ketika menghadapi orang-orang yang mengganggu pembangunan Rumah Allah di Yerusalem. (ayat 6).
“Bukan dengan kuat dan gagah, melainkan oleh Roh-Ku juga ia itu akan jadi.”
Zerubabel bangun kembali, dan dengan kekuatan Roh Tuhan ia meneruskan pekerjaan pembangunan Rumah Allah.

Hambatan dan rintangan telah dilaluinya.
Pembangunan Rumah Allah dilanjutkan sampai selesai, karena dorongan dorongan yang disampaikan oleh nabi Hagai dan Zakharia.

Kembali kepada dua saksi di kitab Wahyu 11, siapakah mereka ini?
Yang pertama nabi yang diberi kuasa untuk menutup langit supaya jangan turun hujan. Dan hujanpun tidak turun selama 3 ½ tahun.
Siapakah yang dimaksudkan?
1 Raj 17:1
  1  Lalu berkatalah Elia, orang Tisbe, dari Tisbe-Gilead, kepada Ahab: "Demi Tuhan yang hidup, Allah Israel, yang kulayani, sesungguhnya tidak akan ada embun atau hujan pada tahun-tahun ini, kecuali kalau kukatakan."

Bandingkan: Yak 5:17
17 Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujanpun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan.

Yang kedua: Nabi yang diberi kuasa oleh Allah untuk mengubah air menjadi darah. Kel 7:17-19
17  Sebab itu beginilah firman TUHAN: Dari hal yang berikut akan kauketahui, bahwa Akulah TUHAN. Lihat, dengan tongkat yang di tanganku ini akan kupukul air yang di sungai Nil dan air itu akan berubah menjadi darah,
18  dan ikan yang dalam sungai Nil akan mati, sehingga sungai Nil akan berbau busuk; maka orang Mesir akan segan meminum air dari sungai Nil ini."
19  TUHAN berfirman kepada Musa: "Katakanlah kepada Harun: Ambillah tongkatmu, ulurkanlah tanganmu ke atas segala air orang Mesir, ke atas sungai, selokan, kolam dan ke atas segala kumpulan air yang ada pada mereka, supaya semuanya menjadi darah, dan akan ada darah di seluruh tanah Mesir, bahkan dalam wadah kayu dan wadah batu."

Ini menunjuk nabi Musa.
Kedua nabi ini ditugaskan oleh Allah pada zaman antikrist nanti, agar mereka bernubuat sambil berkabung.
Ini tugas yang berat! Sebab tujuan dari nubuat ini agar dapat memberikan kekuatan kepada mereka yang tertinggal pada masa aniaya antikrist, agar mereka tidak menyangkal nama Tuhan.
Sebab pada waktu itu akan terjadi siksaan dan aniaya yang hebat, seperti yang di nubuatkan oleh Tuhan Yesus.
Mat 24:9-13, 21-22.
9  Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku,
10  dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci.
11  Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.
12  Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin.
13  Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.
21  Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi.
22  Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan waktu itu akan dipersingkat.

Tugas dari dua nabi ini berat, sebab mereka harus terus bernubuat sampai tugasnya selesai, yaitu selama 3 ½ tahun.

Untuk zaman sekarang tugas untuk bernubuat ini adalah tugas dari para hamba-hamba Tuhan untuk menyuarakan firman nubuatan kepada umat Tuhan, seperti yang dikatakan oeleh Rasul Petrus.
2 Pet 1:19-21
 19  Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.
20  Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri,
21  sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah

Oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara batas nama Allah!
Bukan berbicara menurut maunya sendiri.

Semoga Allah Roh Kudus memenuhi pikiran kita dengan hikmat-Nya sehingga kita boleh mengerti akan kebenaran firman Tuhan.
Tuhan Yesus memberkati.