Translate

8 Mar 2020

Ibadah raya 8 Maret 2020. Cara Tuhan Menggembalakan Domba-DombaNya

Ibadah Raya 8 Maret 2020. 
Cara Tuhan Menggembalakan Domba-DombaNya
Yes 40:9-10

40:9 Hai Sion, pembawa kabar baik, naiklah ke atas gunung yang tinggi! Hai Yerusalem, pembawa kabar baik, nyaringkanlah suaramu kuat-kuat, nyaringkanlah suaramu, jangan takut! Katakanlah kepada kota-kota Yehuda: "Lihat, itu Allahmu!"
40:10 Lihat, itu Tuhan ALLAH, Ia datang dengan kekuatan dan dengan tangan-Nya Ia berkuasa. Lihat, mereka yang menjadi upah jerih payah-Nya ada bersama-sama Dia, dan mereka yang diperoleh-Nya berjalan di hadapan-Nya.
40:11 Seperti seorang gembala Ia menggembalakan kawanan ternak-Nya dan menghimpunkannya dengan tangan-Nya; anak-anak domba dipangku-Nya, induk-induk domba dituntun-Nya dengan hati-hati.

Dalam penggembalaan itu dijumpai anak-anak domba dan induk-induk domba, anak-anak domba itu dipangkunya dan induk-induk domba itu dituntunnya.
Karena masih kanak-kanak maka domba-domba ini dipangkunya.

Dalam terjemahan lama disalin = dipangku lengannya dan ditaruhnya akan dia pada ribaannya (dibopong lan digendong) BD, ini berarti didekap = diberi kehangatan dan rasa aman.
Induk domba dituntunnya dengan hati-hati dengan hati-hati. Induk domba ini mendapat perhatian extra, karena induk domba ini sedang menyusui anak-anaknya, jadi kodisinya begitu lemah. Baik anak-anak domba serta induknya sangat diperhatikan Tuhan.

Saya teringat pesan Tuhan kepada rasul Petrus untuk menggembalakan kawanan domba Allah. Yoh 21:15-19
21:15 Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku."
21:16 Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku."
21:17 Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku.
21:18 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ketika engkau masih muda engkau mengikat pinggangmu sendiri dan engkau berjalan ke mana saja kaukehendaki, tetapi jika engkau sudah menjadi tua, engkau akan mengulurkan tanganmu dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ke tempat yang tidak kaukehendaki."
21:19 Dan hal ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana Petrus akan mati dan memuliakan Allah. Sesudah mengatakan demikian Ia berkata kepada Petrus: "Ikutlah Aku."

Pada pesan pertama Tuhan Yesus mengatakan “Feed my lambs” = Berilah makan anak-anak domba-Ku.
Lambs = disini disebut domba muda, domba yang lemah. Dalam bahasa daerah BD = dikatakan “Angona para cempe-Ku”

Pesan kedua : “Tend my sheep”
Tend = menjaga, memperhatikan.
Sheep = domba yang dewasa.
Dalam bahasa daerah (Jawa) dikatakan : “Angona para wedus-Ku”

Pada pesan ketiga : “Feed my sheep” = Berilah makan domba yang dewasa.
Firman Tuhan menyatakan perbedaan antara menghadapi domba yang muda dengan domba yang sudah dewasa.

Anak domba itu dipangkunya, induk domba itu dituntunnya dengan hati-hati / perlahan-lahan.
Dari sini kita melihat bahwa pekerjaan menggembala itu tidak mudah, seperti yang dihadapi oleh rasul Paulus.
1 Kor 3:1-3
3:1 Dan aku, saudara-saudara, pada waktu itu tidak dapat berbicara dengan kamu seperti dengan manusia rohani, tetapi hanya dengan manusia duniawi, yang belum dewasa dalam Kristus.
3:2 Susulah yang kuberikan kepadamu, bukanlah makanan keras, sebab kamu belum dapat menerimanya. Dan sekarang pun kamu belum dapat menerimanya.
3:3 Karena kamu masih manusia duniawi. Sebab, jika di antara kamu ada iri hati dan perselisihan bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi dan bahwa kamu hidup secara manusiawi?
Iri hati dan perselisihan itu tandanya dari manusia duniawi.
Anak Tuhan yang sudah dewasa rohaninya tidak suka berselisih tidak suka iri hati.
Band: Yak 3:14-18.

3:14 Jika kamu menaruh perasaan iri hati dan kamu mementingkan diri sendiri, janganlah kamu memegahkan diri dan janganlah berdusta melawan kebenaran!
3:15 Itu bukanlah hikmat yang datang dari atas, tetapi dari dunia, dari nafsu manusia, dari setan-setan.
3:16 Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat.
3:17 Tetapi hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik.
3:18 Dan buah yang terdiri dari kebenaran ditaburkan dalam damai untuk mereka yang mengadakan damai.

Dua perlakuan Tuhan terhadap domba-domba-Nya:
Dipangkunya / di bopong & digendong anak-anak domba-Nya.
Dituntunnya induk-induk domba = domba-domba yang sudah dewasa.
Untuk domba yang sudah dewasa ini ada perintah dari Tuhan : “Agar menjaga dan memperhatikan”
Disini tugas seorang gembala menjadi semakin berat, bukan cuma memberi makan, tapi menjaga dan memperhatikan.

Tugas dari seorang pemimpin  (gembala) adalah berjaga-jaga atas jiwamu.
Band: Ibn 13:17
13:17 Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu.

Selain menaikan doa syafaat, seorang gembala itu dituntut memberi makan.
Bagian ketiga pesan Tuhan Yesus: 
Feed my sheep = berilah makan domba-domba dewasa.
Orang yang sudah dewasa rohaninya itu diberikan makanan yang keras.

Ibn 5:13-14
5:13 Sebab barangsiapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran, sebab ia adalah anak kecil.
5:14 Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.
Kristen kanak-kanak belum bisa menerima makanan yang keras.
Kita sedang dipersiapkan untuk menjadi mempelai perempuan Tuhan, dan seorang calon mempelai itu sudah harus dewasa rohaninya, itu sebabnya kita dilatih untuk makan firman Allah yang keras.
Rohani kita tidak boleh pasif, harus bertumbuh.
Ibn 6:1-3
6:1 Sebab itu marilah kita tinggalkan asas-asas pertama dari ajaran tentang Kristus dan beralih kepada perkembangannya yang penuh. Janganlah kita meletakkan lagi dasar pertobatan dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, dan dasar kepercayaan kepada Allah,
6:2 yaitu ajaran tentang pelbagai pembaptisan, penumpangan tangan, kebangkitan orang-orang mati dan hukuman kekal.
6:3 Dan itulah yang akan kita perbuat, jika Allah mengizinkannya.

Marilah kita tinggalkan azas2 pertama dari ajaran tentang Kristus dan beralih kepada perkembangannya yang penuh.
Beralih = pindah dari kelas yang ada sekatang, beralih kekelas yang lebih tinggi. Hal serupa seperti yang dikatakan rasul Petrus dalam suratannya.
2  Pet 1:5-11 Dari iman menuju kasih.

1:5 Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan,
1:6 dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan,
1:7 dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang.
1:8 Sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah, kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita.
1:9 Tetapi barangsiapa tidak memiliki semuanya itu, ia menjadi buta dan picik, karena ia lupa, bahwa dosa-dosanya yang dahulu telah dihapuskan.
1:10 Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung.
1:11 Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki Kerajaan kekal, yaitu Kerajaan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.

Kalau saudara sudah pernah tahu soal ini, maka rasul Petrus berpesan untuk mengingatkan saudara. Jika firman Tuhan itu diulang, maksudnya untuk memberi kepastian kepadamu.
2 Pet 1:12-15

1:12 Karena itu aku senantiasa bermaksud mengingatkan kamu akan semuanya itu, sekalipun kamu telah mengetahuinya dan telah teguh dalam kebenaran yang telah kamu terima.
1:13 Aku menganggap sebagai kewajibanku untuk tetap mengingatkan kamu akan semuanya itu selama aku belum menanggalkan kemah tubuhku ini.
1:14 Sebab aku tahu, bahwa aku akan segera menanggalkan kemah tubuhku ini, sebagaimana yang telah diberitahukan kepadaku oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.
1:15 Tetapi aku akan berusaha, supaya juga sesudah kepergianku itu kamu selalu mengingat semuanya itu.

 Pil 3:1b.
3:1b Menuliskan hal ini lagi kepadamu tidaklah berat bagiku dan memberi kepastian kepadamu.
Kesimpulan:
Apakah saudara masih seperti anak-anak domba? Ata apakah saudara sudah menjadi domba yang sudah dewasa?
Baik yang anak-anak dan yang dewasa kedua-duanya membutuhkan penggembalaan.

Tuhan Yesus memberkati.