Translate

5 Nov 2019

Ibadah Raya 3 November 2019. Masa Tua Gideon


Ibadah Raya 3 November 2019.
Masa Tua Gideon
Hak 8:22-27
(22)Kemudian berkatalah orang Israel kepada Gideon: "Biarlah engkau memerintah kami, baik engkau baik anakmu maupun cucumu, sebab engkaulah yang telah menyelamatkan kami dari tangan orang Midian."
 (23)Jawab Gideon kepada mereka: "Aku tidak akan memerintah kamu dan juga anakku tidak akan memerintah kamu tetapi TUHAN yang memerintah kamu." 
(24)Selanjutnya kata Gideon kepada mereka: "Satu hal saja yang kuminta kepadamu: Baiklah kamu masing-masing memberikan anting-anting dari jarahannya." Karena musuh itu beranting-anting mas, sebab mereka orang Ismael. 
(25)Jawab mereka: "Kami mau memberikannya dengan suka hati." Dan setelah dihamparkan sehelai kain, maka masing-masing melemparkan anting-anting dari jarahannya ke atas kain itu. 
(26)Adapun berat anting-anting emas yang dimintanya itu ada seribu tujuh ratus syikal emas, belum terhitung bulan-bulanan, perhiasan telinga dan pakaian kain ungu muda yang dipakai oleh raja-raja Midian, dan belum terhitung kalung rantai yang ada pada leher unta mereka. 
(27)Kemudian Gideon membuat efod dari semuanya itu dan menempatkannya di kotanya, di Ofra. Di sanalah orang Israel berlaku serong dengan menyembah efod itu; inilah yang menjadi jerat bagi Gideon dan seisi rumahnya. 

Masa tua Gideon terkena jerat, karena membuat patung efod. Ia ingin mengenang saat ia menjadi pemimpin, namun bangsa Israel jatuh dalam penyembahan efod.

Apakah dimasa tua kita masih menyenangkan Tuhan?

Yang mengakhiri masa tuanya dengan baik
Nuh
Kej 9:28-29
(28)Nuh masih hidup tiga ratus lima puluh tahun sesudah air bah. 
(29)Jadi Nuh mencapai umur sembilan ratus lima puluh tahun, lalu ia mati.

Ia hidup bergaul dengan Allah sampai mencapai umur 950.
Kej 6:9
(9)Inilah riwayat Nuh: Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya; dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah. 

Abraham
Kej 25:7-8
(7)Abraham mencapai umur seratus tujuh puluh lima tahun, (8)lalu ia meninggal. Ia mati pada waktu telah putih rambutnya, tua dan suntuk umur, maka ia dikumpulkan kepada kaum leluhurnya. 

Iskhak
Kej 35:28-29
(28)Adapun umur Ishak seratus delapan puluh tahun. 
(29)Lalu meninggallah Ishak, ia mati dan dikumpulkan kepada kaum leluhurnya; ia tua dan suntuk umur, maka Esau dan Yakub, anak-anaknya itu, menguburkan dia.

Yakub
Kej 49:33
(33)Setelah Yakub selesai berpesan kepada anak-anaknya, ditariknyalah kakinya ke atas tempat berbaring dan meninggallah ia, maka ia dikumpulkan kepada kaum leluhurnya.

Langkah awal Gideon indah, namun langkah akhirnya tidak. 
Awal hidupnya disebut sebagai pahlawan gagah berani. 

Hak 6:12
(12)Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya dan berfirman kepadanya, demikian: "TUHAN menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani."

Hati-hati dengan jerat Iblis, biasanya Tuhan akan memperingatkan terlebih dahulu sebelum terjatuh dalam dosa.

Gideon menyebabkan bangsa Israel jatuh dalam penyembahan berhala (ay 27). Namun Gideon tidak sadar.

Bagi bangsa Israel, Gideon adalah penyelamat mereka. Mereka berharap Gideon menjadi hakim, namun Gideon menolak  (Ay 22-23). Tapi hati Gideon ingin akan emas (ay 24)

Kejatuhan manusia kebanyakan adalah harta, tahta dan wanita.

Gideon jatuh dosa pula dengan wanita.
Hak 8:29-30
(29)Lalu Yerubaal bin Yoas pergilah dan diam di rumahnya sendiri. 
(30)Gideon mempunyai tujuh puluh anak laki-laki, semuanya anak kandungnya, sebab ia beristeri banyak

Masa tua Gideon diakhiri dengan suram. 
Anak-anaknya saling membunuh.
Hak 9:5, 56,57
(5)Ia pergi ke rumah ayahnya di Ofra, lalu membunuh saudara-saudaranya, anak-anak Yerubaal, tujuh puluh orang, di atas satu batu. Tetapi Yotam, anak bungsu Yerubaal tinggal hidup, karena ia menyembunyikan diri.
(56)Demikianlah Allah membalaskan kejahatan yang dilakukan oleh Abimelekh kepada ayahnya, yaitu pembunuhan atas ketujuh puluh saudaranya; 
(57)juga segala kejahatan orang-orang Sikhem ditimpakan kembali oleh Allah kepada kepala mereka sendiri. Demikianlah kutuk Yotam bin Yerubaal mengenai mereka.

Bukan langkah pertama yang menentukan, tapi langkah akhir.
Langkah kita diamat-amati oleh Allah.
Ayub 31: 4
(4)Bukankah Allah yang mengamat-amati jalanku dan menghitung segala langkahku? 

Tuhan menetapkan langkah orang
Mzm 37:23-24
(23)TUHAN menetapkan langkah-langkah orang
yang hidupnya berkenan kepada-Nya;
(24)apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak,
sebab TUHAN menopang tangannya.

Ayub 14:16,17
(16)Sungguhpun Engkau menghitung langkahku, Engkau tidak akan memperhatikan dosaku;
(17)pelanggaranku akan dimasukkan di dalam pundi-pundi yang dimeteraikan, dan kesalahanku akan Kaututup dengan lepa. 

Contoh kehidupan yang baik
2 Raj 18:1-8
(1)Maka dalam tahun ketiga zaman Hosea bin Ela, raja Israel, Hizkia, anak Ahas raja Yehuda menjadi raja. 
(2)Ia berumur dua puluh lima tahun pada waktu ia menjadi raja dan dua puluh sembilan tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Abi, anak Zakharia.
(3)Ia melakukan apa yang benar di mata TUHAN, tepat seperti yang dilakukan Daud, bapa leluhurnya. 
(4)Dialah yang menjauhkan bukit-bukit pengorbanan dan yang meremukkan tugu-tugu berhala dan yang menebang tiang-tiang berhala dan yang menghancurkan ular tembaga yang dibuat Musa, sebab sampai pada masa itu orang Israel memang masih membakar korban bagi ular itu yang namanya disebut Nehustan. 
(5)Ia percaya kepada TUHAN, Allah Israel, dan di antara semua raja-raja Yehuda, baik yang sesudah dia maupun yang sebelumnya, tidak ada lagi yang sama seperti dia. 
(6)Ia berpaut kepada TUHAN, tidak menyimpang dari pada mengikuti Dia dan ia berpegang pada perintah-perintah TUHAN yang telah diperintahkan-Nya kepada Musa. 
(7)Maka TUHAN menyertai dia; ke manapun juga ia pergi berperang, ia beruntung. Ia memberontak kepada raja Asyur dan tidak lagi takluk kepadanya. 
(8)Dialah yang mengalahkan orang Filistin sampai ke Gaza dan memusnahkan daerahnya, baik menara-menara penjagaan maupun kota-kota yang berkubu.


Gideon membuat patung emas efod.
Sementara Hizkia menghancurkan Nehustan , yang adalah patung ular tembaga yang dibuat Musa.
Bil 21:8-9
(8)Maka berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Buatlah ular tedung dan taruhlah itu pada sebuah tiang; maka setiap orang yang terpagut, jika ia melihatnya, akan tetap hidup." 
(9)Lalu Musa membuat ular tembaga dan menaruhnya pada sebuah tiang; maka jika seseorang dipagut ular, dan ia memandang kepada ular tembaga itu, tetaplah ia hidup.

Hizkia sebagai orang benar saat jatuh sakit.
Yes 38:1-8
(1)Pada hari-hari itu Hizkia jatuh sakit dan hampir mati. Lalu datanglah nabi Yesaya bin Amos dan berkata kepadanya: "Beginilah firman TUHAN: Sampaikanlah pesan terakhir kepada keluargamu, sebab engkau akan mati, tidak akan sembuh lagi." 
(2)Lalu Hizkia memalingkan mukanya ke arah dinding dan ia berdoa kepada TUHAN. 
(3)Ia berkata: "Ah TUHAN, ingatlah kiranya, bahwa aku telah hidup di hadapan-Mu dengan setia dan dengan tulus hati dan bahwa aku telah melakukan apa yang baik di mata-Mu." Kemudian menangislah Hizkia dengan sangat. 
(4)Maka berfirmanlah TUHAN kepada Yesaya: 
(5)"Pergilah dan katakanlah kepada Hizkia: Beginilah firman TUHAN, Allah Daud, bapa leluhurmu: Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu. Sesungguhnya Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi, 
(6)dan Aku akan melepaskan engkau dan kota ini dari tangan raja Asyur dan Aku akan memagari kota ini. 
(7)Inilah yang akan menjadi tanda bagimu dari TUHAN, bahwa TUHAN akan melakukan apa yang telah dijanjikan-Nya: 
(8)Sesungguhnya, bayang-bayang pada penunjuk matahari buatan Ahas akan Kubuat mundur ke belakang sepuluh tapak yang telah dijalaninya." Maka pada penunjuk matahari itu mataharipun mundurlah ke belakang sepuluh tapak dari jarak yang telah dijalaninya. 

Tuhan menolong orang yang hidup benar, seperti Tuhan menolong Hizkia. Tuhan akan menolong kita,  bila kita hidup berkenan menuruti firmanNya.

Waktu batas usia seseorang ditentukan oleh Allah.
Ayub 14:5
(5)Jikalau hari-harinya sudah pasti, dan jumlah bulannya sudah tentu pada-Mu, dan batas-batasnya sudah Kautetapkan, sehingga tidak dapat dilangkahinya,