Translate

16 Jun 2019

Karunia-Karunia Roh Kudus Ibadah Raya 16 Juni 2019


Karunia-Karunia Roh Kudus
Ibadah Raya 16 Juni 2019


Wahyu 21:1-2 (TB)
1 Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan laut pun tidak ada lagi.
2 Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.

Selain tujuan Roh Kudus yaitu untuk kuasa dan kegerakan rohani, tapi juga sebagai hiasan untuk gerejaNya, berupa karunia-karunia. Gereja (kita) harus "berdandan" supaya siap memyambut kedatangan Mempelai Surga.

Kita harus berusaha menarik mempelai Pria Surga, yaitu dengan "berdandan".
Setelah dipenuhkan Roh Kudus, kita tidak boleh berhenti. Kita ambil contoh Jemaat Korintus.
Awalnya jemaat Korintus mengalami perpecahan

1 Korintus 1:10 (TB)  Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir.

Ada perselisihan/ pro - kontra
1 Korintus 3:1-9 (TB) 
1 Dan aku, saudara-saudara, pada waktu itu tidak dapat berbicara dengan kamu seperti dengan manusia rohani, tetapi hanya dengan manusia duniawi, yang belum dewasa dalam Kristus.
2 Susulah yang kuberikan kepadamu, bukanlah makanan keras, sebab kamu belum dapat menerimanya. Dan sekarang pun kamu belum dapat menerimanya.
3 Karena kamu masih manusia duniawi. Sebab, jika di antara kamu ada iri hati dan perselisihan bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi dan bahwa kamu hidup secara manusiawi?
4 Karena jika yang seorang berkata: "Aku dari golongan Paulus," dan yang lain berkata: "Aku dari golongan Apolos," bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi yang bukan rohani?
5 Jadi, apakah Apolos? Apakah Paulus? Pelayan-pelayan Tuhan yang olehnya kamu menjadi percaya, masing-masing menurut jalan yang diberikan Tuhan kepadanya.
6 Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan. 
7 Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, melainkan Allah yang memberi pertumbuhan.
8 Baik yang menanam maupun yang menyiram adalah sama; dan masing-masing akan menerima upahnya sesuai dengan pekerjaannya sendiri.
9 Karena kami adalah kawan sekerja Allah; kamu adalah ladang Allah, bangunan Allah.

Dosa dalam jemaat Korintus: perpecahan, percabulan, perselisihan, dsb
1 Korintus 5:1-5 (TB)
1  Memang orang mendengar, bahwa ada percabulan di antara kamu, dan percabulan yang begitu rupa, seperti yang tidak terdapat sekalipun di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, yaitu bahwa ada orang yang hidup dengan isteri ayahnya.
2 Sekalipun demikian kamu sombong. Tidakkah lebih patut kamu berdukacita dan menjauhkan orang yang melakukan hal itu dari tengah-tengah kamu?
3 Sebab aku, sekalipun secara badani tidak hadir, tetapi secara rohani hadir, aku — sama seperti aku hadir — telah menjatuhkan hukuman atas dia, yang telah melakukan hal yang semacam itu.
4 Bilamana kita berkumpul dalam roh, kamu bersama-sama dengan aku, dengan kuasa Yesus, Tuhan kita,
5 orang itu harus kita serahkan dalam nama Tuhan Yesus kepada Iblis, sehingga binasa tubuhnya, agar rohnya diselamatkan pada hari Tuhan.

Perselisihan dalam gereja hingga dibawa ke meja pengadilan

1 Korintus 6:1-3 (TB)
1 Apakah ada seorang di antara kamu, yang jika berselisih dengan orang lain, berani mencari keadilan pada orang-orang yang tidak benar, dan bukan pada orang-orang kudus?
2 Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang kudus akan menghakimi dunia? Dan jika penghakiman dunia berada dalam tangan kamu, tidakkah kamu sanggup untuk mengurus perkara-perkara yang tidak berarti?
3 Tidak tahukah kamu, bahwa kita akan menghakimi malaikat-malaikat? Jadi apalagi perkara-perkara biasa dalam hidup kita sehari-hari.

Banyak cacat cela pada jemaat Korintus,begitu juga ada dalam gereja jaman sekarang.
Walaupum jemaat Korintus penuh kejelekan, tapi Tuhan memberikan karunia-karunia Roh Kudus.

1 Korintus 12:1-11 (TB) 
1 Sekarang tentang karunia-karunia Roh. Aku mau, saudara-saudara, supaya kamu mengetahui kebenarannya.
2 Kamu tahu, bahwa pada waktu kamu masih belum mengenal Allah, kamu tanpa berpikir ditarik kepada berhala-berhala yang bisu.
3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: "Terkutuklah Yesus!" dan tidak ada seorang pun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus.
4 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh.
5 Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan.
6 Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.
7 Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.
8 Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan.
9 Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan.
10 Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.
11 Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.

Kita meminta karunia pada Tuhan, tapi Tuhan yang menghendaki,  dan bila Tuhan memberikan kepada kita,kita harus siap dimanapun Tuhan tempatkan.

Tujuan jabatan-jabatan untuk membangun Tubuh Kristus
Efesus 4:11-12 (TB)
11 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,
12 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,

Doa Syafaat Yesus, supaya ada kesatuan murid-muridNya ( hamba-hamba Tuhan dan jemaat).

Yohanes 17:11, 20-21 (TB)
11  Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.
20 Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka;
21 supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

Yohanes 17:22-23 (TB) 
22 Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:
23 Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

Tuhan menginginkan agar gerejaNya bersatu, dan sampai saat ini masih belum bersatu. Kita usahakan di gereja lokal dulu untuk menjadi satu.

Karunia Roh Kudus untuk melengkapi orang kudus untuk pelayanan dalam pembangunan Tubuh Kristus.
Melayani pekerjaan Tuhan harus mutlak dilengkapi dengan karunia-karunia dari Roh Kudus.

Karunia Roh Kudus diberikan untuk kepentingan bersama
1 Korintus 12:7 (TB)  Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.

Diberikan supaya tidak terjadi perpecahan
1 Korintus 12:22-27 (TB)
22 Malahan justru anggota-anggota tubuh yang nampaknya paling lemah, yang paling dibutuhkan.
23 Dan kepada anggota-anggota tubuh yang menurut pemandangan kita kurang terhormat, kita berikan penghormatan khusus. Dan terhadap anggota-anggota kita yang tidak elok, kita berikan perhatian khusus.
24 Hal itu tidak dibutuhkan oleh anggota-anggota kita yang elok. Allah telah menyusun tubuh kita begitu rupa, sehingga kepada anggota-anggota yang tidak mulia diberikan penghormatan khusus,
25 supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan.
26 Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita.
27 Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.
Supaya gereja utuh, Tuhan memberikan karunia dan jabatan salam gereja.

Talenta apa yang Tuhan berikan, untuk melayaniNya? Hendaknya kita pakai dan kembangkan.
Jangan melayani Tuhan tanpa talenta.

Karunia= belas kasihan = pemberian sebagai tanda kasih dari Allah kepada manusia
Mengaruniai= menyatakan kasih kepada siapa yang diberi, suatu tanda kasih.
Karunia yang Tuhan berikan pada kita merupakan suatu perhiasan rohani, bisa berupa bakat dan talenta.

Tuhan menaruh belas kasihan kepada siapa yang dikehendakinya

Roma 9:18 (TB)  Jadi Ia menaruh belas kasihan kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan Ia menegarkan hati siapa yang dikehendaki-Nya.

Tuhan menegarkan hati seseorang karena sudah berkali-kali diperingatkan, tetapi tidak mau dengar-dengaran. Seperti Firaun yang berulang kali diperingatkan melalui tulah- tulah tapi masih berkeras hati, sehingga Tuhan menegarkan hatinya.

Kita harus berusaha menarik perhatian Tuhan supaya mendapat karunia Roh Kudus. Melakukan hal yang disenangi Tuhan, yaitu lebih sungguh-sungguh lagi beribadah kepada Tuhan, membangun hubungan yang intim.

Jika ada kerinduan untuk melayani demi pembangunan Tubuh Kristus, Tuhan pasti akan memberi karunia-karunia Roh Kudus.