Translate

26 Mei 2019

Ibadah Raya 26 Mei 2019. DOA PUASA


Ibadah Raya 26 Mei 2019.   
DOA PUASA:

Ester 4:15-16
4:15 Maka Ester menyuruh menyampaikan jawab ini kepada Mordekhai:
4:16 "Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangku pun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati."

Dalam kitab Ester bangsa Yahudi pernah mengadakan puasa masal.
Ini terjadi sebab pada waktu itu orang-orang Yahudi yang ada dikota Susan sedang menghadapi ancaman akan dimusnakan.

Siapakah tokoh dibalik semuanya ini?
Orang yang merencanakan ingin memusnakan orang Yahudi ini adalah Haman bin Hamedata orang Agak.

Agak ini adalah sebutan bagi orang Amalek.
Dalam zamannya raja Saul, Saul pernah disuruh Allah untuk memusnakan suku Amalek, tapi ia membiarkan rajanya yang bernama Agak ini hidup.

1 Sam 15:2-3,8
15:2 Beginilah firman TUHAN semesta alam: Aku akan membalas apa yang dilakukan orang Amalek kepada orang Israel, karena orang Amalek menghalang-halangi mereka, ketika orang Israel pergi dari Mesir.
15:3 Jadi pergilah sekarang, kalahkanlah orang Amalek, tumpaslah segala yang ada padanya, dan janganlah ada belas kasihan kepadanya. Bunuhlah semuanya, laki-laki maupun perempuan, kanak-kanak maupun anak-anak yang menyusu, lembu maupun domba, unta maupun keledai."
15:8 Agag, raja orang Amalek, ditangkapnya hidup-hidup, tetapi segenap rakyatnya ditumpasnya dengan mata pedang.

Kemudian Samuel membunuhnya Ayat 32-33
15:32 Lalu berkatalah Samuel: "Bawa ke mari Agag, raja Amalek itu." Dengan gembira Agag pergi kepadanya, sebab pikirnya: "Sesungguhnya, kepahitan maut telah lewat."
15:33 Tetapi kata Samuel: "Seperti pedangmu membuat perempuan-perempuan kehilangan anak, demikianlah ibumu akan kehilangan anak di antara perempuan-perempuan." Sesudah itu Samuel mencincang Agag di hadapan TUHAN di Gilgal.

Suku Amalek ini berasal dari keturunan Esau, sedangkan Esau kita tahu adalah orang yang pernah menghinakan hak kesulungan dengan menukarnya dengan makanan.

Kej 36:9-13
36:9 Inilah keturunan Esau, bapa orang Edom, di pegunungan Seir.
36:10 Nama anak-anaknya ialah: Elifas, anak Ada isteri Esau; Rehuel, anak Basmat isteri Esau.
36:11 Anak-anak Elifas ialah Téman, Omar, Zefo, Gaetam dan Kenas.
36:12 Timna adalah gundik Elifas anak Esau; ia melahirkan Amalek bagi Elifas. Itulah cucu-cucu Ada isteri Esau.
36:13 Inilah anak-anak Rehuel: Nahat, Zerah, Syama dan Miza. Itulah cucu-cucu Basmat isteri Esau.

Kej 25:29-34
25:29 Pada suatu kali Yakub sedang memasak sesuatu, lalu datanglah Esau dengan lelah dari padang.
25:30 Kata Esau kepada Yakub: "Berikanlah kiranya aku menghirup sedikit dari yang merah-merah itu, karena aku lelah." Itulah sebabnya namanya disebutkan Edom.
25:31 Tetapi kata Yakub: "Juallah dahulu kepadaku hak kesulunganmu."
25:32 Sahut Esau: "Sebentar lagi aku akan mati; apakah gunanya bagiku hak kesulungan itu?"
25:33 Kata Yakub: "Bersumpahlah dahulu kepadaku." Maka bersumpahlah ia kepada Yakub dan dijualnyalah hak kesulungannya kepadanya.
25:34 Lalu Yakub memberikan roti dan masakan kacang merah itu kepada Esau; ia makan dan minum, lalu berdiri dan pergi. Demikianlah Esau memandang ringan hak kesulungan itu.

Akhirnya Esau ini juga kehilangan hak kesulungan, pada waktu akan menerima berkat dia ditolak.

Kej 27:30-38
27:30 Setelah Ishak selesai memberkati Yakub, dan baru saja Yakub keluar meninggalkan Ishak, ayahnya, pulanglah Esau, kakaknya, dari berburu.
27:31 Ia juga menyediakan makanan yang enak, lalu membawanya kepada ayahnya. Katanya kepada ayahnya: "Bapa, bangunlah dan makan daging buruan masakan anakmu, agar engkau memberkati aku."
27:32 Tetapi kata Ishak, ayahnya, kepadanya: "Siapakah engkau ini?" Sahutnya: "Akulah anakmu, anak sulungmu, Esau."
27:33 Lalu terkejutlah Ishak dengan sangat serta berkata: "Siapakah gerangan dia, yang memburu binatang itu dan yang telah membawanya kepadaku? Aku telah memakan semuanya, sebelum engkau datang, dan telah memberkati dia; dan dia akan tetap orang yang diberkati."
27:34 Sesudah Esau mendengar perkataan ayahnya itu, meraung-raunglah ia dengan sangat keras dalam kepedihan hatinya serta berkata kepada ayahnya: "Berkatilah aku ini juga, ya bapa!"
27:35 Jawab ayahnya: "Adikmu telah datang dengan tipu daya dan telah merampas berkat yang untukmu itu."
27:36 Kata Esau: "Bukankah tepat namanya Yakub, karena ia telah dua kali menipu aku. Hak kesulunganku telah dirampasnya, dan sekarang dirampasnya pula berkat yang untukku." Lalu katanya: "Apakah bapa tidak mempunyai berkat lain bagiku?"
27:37 Lalu Ishak menjawab Esau, katanya: "Sesungguhnya telah kuangkat dia menjadi tuan atas engkau, dan segala saudaranya telah kuberikan kepadanya menjadi hambanya, dan telah kubekali dia dengan gandum dan anggur; maka kepadamu, apa lagi yang dapat kuperbuat, ya anakku?"
27:38 Kata Esau kepada ayahnya: "Hanya berkat yang satu itukah ada padamu, ya bapa? Berkatilah aku ini juga, ya bapa!" Dan dengan suara keras menangislah Esau.

Ibn 12:16-17
12:16 Janganlah ada orang yang menjadi cabul atau yang mempunyai nafsu yang rendah seperti Esau, yang menjual hak kesulungannya untuk sepiring makanan.
12:17 Sebab kamu tahu, bahwa kemudian, ketika ia hendak menerima berkat itu, ia ditolak, sebab ia tidak beroleh kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya, sekalipun ia mencarinya dengan mencucurkan air mata.

Orang Amalek ini pula yang menghalang-halangi perjalanan orang Israel pada waktu bangsa Israel berada di Rafidim.

Kel 17:8-15
17:8 Lalu datanglah orang Amalek dan berperang melawan orang Israel di Rafidim.
17:9 Musa berkata kepada Yosua: "Pilihlah orang-orang bagi kita, lalu keluarlah berperang melawan orang Amalek, besok aku akan berdiri di puncak bukit itu dengan memegang tongkat Allah di tanganku."
17:10 Lalu Yosua melakukan seperti yang dikatakan Musa kepadanya dan berperang melawan orang Amalek; tetapi Musa, Harun dan Hur telah naik ke puncak bukit.
17:11 Dan terjadilah, apabila Musa mengangkat tangannya, lebih kuatlah Israel, tetapi apabila ia menurunkan tangannya, lebih kuatlah Amalek.
17:12 Maka penatlah tangan Musa, sebab itu mereka mengambil sebuah batu, diletakkanlah di bawahnya, supaya ia duduk di atasnya; Harun dan Hur menopang kedua belah tangannya, seorang di sisi yang satu, seorang di sisi yang lain, sehingga tangannya tidak bergerak sampai matahari terbenam.
17:13 Demikianlah Yosua mengalahkan Amalek dan rakyatnya dengan mata pedang.
17:14 Kemudian berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Tuliskanlah semuanya ini dalam sebuah kitab sebagai tanda peringatan, dan ingatkanlah ke telinga Yosua, bahwa Aku akan menghapuskan sama sekali ingatan kepada Amalek dari kolong langit."
17:15 Lalu Musa mendirikan sebuah mezbah dan menamainya: "TUHANlah panji-panjiku!"
Perang melawan orang Amalek ini terjadi sedemian rupa, sebab dalam perang ini Yosua diperintahkan Musa untuk maju berperang, sedangkan Musa akan berdiri dipuncak bukit dengan memegang tongkat Allah. Ayat 9

17:9 Musa berkata kepada Yosua: "Pilihlah orang-orang bagi kita, lalu keluarlah berperang melawan orang Amalek, besok aku akan berdiri di puncak bukit itu dengan memegang tongkat Allah di tanganku."

Yang diperbuat Musa ini adalah menopang kekuatan pasukan tentara Israel yang berada di medan peperangan. Dalam peristiwa ini kita lihat peran dari Harun dan Hur, dua orang ini ikut andil dalam kemenangan ini, sebab tangan Musa tidak selamanya bisa bertahan untuk mengangkat tongkat Allah. Itu sebabnya mereka berdua menyokong tangan Musa, sehingga tangan itu dapat bertahan sampai matahari terbenam. Ayat 11-12

17:11 Dan terjadilah, apabila Musa mengangkat tangannya, lebih kuatlah Israel, tetapi apabila ia menurunkan tangannya, lebih kuatlah Amalek.
17:12 Maka penatlah tangan Musa, sebab itu mereka mengambil sebuah batu, diletakkanlah di bawahnya, supaya ia duduk di atasnya; Harun dan Hur menopang kedua belah tangannya, seorang di sisi yang satu, seorang di sisi yang lain, sehingga tangannya tidak bergerak sampai matahari terbenam.

Suatu kerja sama yang manis antara mereka bertiga.
Harun dan Hur ini bagaikan tiang dalam rumah Tuhan (sokoguru dalam bait suci Allah)

Why 3:12
3:12 Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ; dan padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, nama kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru.

Orang yang disebut sokoguru ini adalah orang-orang yang menang.
Orang Amalek yang dihadapi oleh orang Israel ini adalah roh kedagingan.
Sebagaimana Esau yang tidak dapat mengendalikan keinginan dagingnya pada waktu itu, sehingga ia rela melepaskan hak kesulungannya hanya dengan sepiring makanan.
Rohnya orang Amalek ini muncul kembali dalam zamanya Ester, yaitu dalam wujud seorang yang bernama Agak bin Hamindata.
Orang ini tidak suka melihat kesejahteraan bangsa Yahudi yang ada dikota Susan, itu sebabnya kemudian ia merencanakan untuk memusnakan bangsa Yahudi.

Ester 3:4-6
3:4 Setelah mereka menegor dia berhari-hari dengan tidak didengarkannya juga, maka hal itu diberitahukan merekalah kepada Haman untuk melihat, apakah sikap Mordekhai itu dapat tetap, sebab ia telah menceritakan kepada mereka, bahwa ia orang Yahudi.
3:5 Ketika Haman melihat, bahwa Mordekhai tidak berlutut dan sujud kepadanya, maka sangat panaslah hati Haman,
3:6 tetapi ia menganggap dirinya terlalu hina untuk membunuh hanya Mordekhai saja, karena orang telah memberitahukan kepadanya kebangsaan Mordekhai itu. Jadi Haman mencari ikhtiar memunahkan semua orang Yahudi, yakni bangsa Mordekhai itu, di seluruh kerajaan Ahasyweros.

Haman mencari ikhtiar memusnakan semua orang Yahudi.
Hal ini diawali karena Mordekahi tidak mau berlutut untuk menyembah kepada Haman. Bagi orang Yahudi merupakan pantangan untuk menyembah manusia selain menyembah Allah.

Jadi awalnya itu dari penyembahan. Ester 3:2, 13-15.
3:2 Dan semua pegawai raja yang di pintu gerbang istana raja berlutut dan sujud kepada Haman, sebab demikianlah diperintahkan raja tentang dia, tetapi Mordekhai tidak berlutut dan tidak sujud.
3:13 Surat-surat itu dikirimkan dengan perantaraan pesuruh-pesuruh cepat ke segala daerah kerajaan, supaya dipunahkan, dibunuh dan dibinasakan semua orang Yahudi dari pada yang muda sampai kepada yang tua, bahkan anak-anak dan perempuan-perempuan, pada satu hari juga, pada tanggal tiga belas bulan yang kedua belas -- yakni bulan Adar --, dan supaya dirampas harta milik mereka.
3:14 Salinan surat itu harus diundangkan di dalam tiap-tiap daerah, lalu diumumkan kepada segala bangsa, supaya mereka bersiap-siap untuk hari itu.
3:15 Maka dengan tergesa-gesa berangkatlah pesuruh-pesuruh cepat itu, atas titah raja, dan undang-undang itu dikeluarkan di dalam benteng Susan. Sementara itu raja serta Haman duduk minum-minum, tetapi kota Susan menjadi gempar.

Semua pegawai raja harus menyembah Haman, ini perintah raja.
Nanti akan ada paksaan untuk harus menyembah kepada penguasa tunggal yang berkuasa pada waktu itu, itulah si Antikrist.
Semua orang dipaksa harus menyembah kepadanya kalau tidak dibunuh.

Why 13:8, 12-15
13:8 Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih.
13:12 Dan seluruh kuasa binatang yang pertama itu dijalankannya di depan matanya. Ia menyebabkan seluruh bumi dan semua penghuninya menyembah binatang pertama, yang luka parahnya telah sembuh.
13:13 Dan ia mengadakan tanda-tanda yang dahsyat, bahkan ia menurunkan api dari langit ke bumi di depan mata semua orang.
13:14 Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya di depan mata binatang itu. Dan ia menyuruh mereka yang diam di bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu.
13:15 Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh.

Apa yang direncanakan oleh Haman ini adalah menubuatkan tentang apa yang bakal terjadi nanti yang akan dihadapi oleh gereja Tuhan pada zaman Antikrist.
Jadi puasa masal yang dihimbaukan oleh Ester ini adalah untuk mendaptkan nyawanya kembali, sebab mereka terancam untuk dimusnakan.

Ester 7:3-4
7:3 Maka jawab Ester, sang ratu: "Ya raja, jikalau hamba mendapat kasih raja dan jikalau baik pada pemandangan raja, karuniakanlah kiranya kepada hamba nyawa hamba atas permintaan hamba, dan bangsa hamba atas keinginan hamba.
7:4 Karena kami, hamba serta bangsa hamba, telah terjual untuk dipunahkan, dibunuh dan dibinasakan. Jikalau seandainya kami hanya dijual sebagai budak laki-laki dan perempuan, niscaya hamba akan berdiam diri, tetapi malapetaka ini tiada taranya di antara bencana yang menimpa raja."

Puasa masal yang dilakukan Ester bersama orang Yahudi pada waktu itu tujuannya adalah untuk memperoleh keselamatan dari ancaman akan dimusnakan. Ini bukan perkara biasa, sebab ini menyangkut keselamatan orang banyak.

Dalam hal ini Ester mempertaruhkan nyawanya, sebab barang siapa berani mengadap raja tanpa dipanggil, hanya satu hukumnya yaitu mati!

Ester 4:10-11
4:10 Akan tetapi Ester menyuruh Hatah memberitahukan kepada Mordekhai:
4:11 "Semua pegawai raja serta penduduk daerah-daerah kerajaan mengetahui bahwa bagi setiap laki-laki atau perempuan, yang menghadap raja di pelataran dalam dengan tiada dipanggil, hanya berlaku satu undang-undang, yakni hukuman mati. Hanya orang yang kepadanya raja mengulurkan tongkat emas, yang akan tetap hidup. Dan aku selama tiga puluh hari ini tidak dipanggil menghadap raja."

Kita melihat kuasa dari doa puasa dapat mengubah keadaan.
Hati raja Ahasyweros dijamah oleh Tuhan, sehingga Ester diperkenan untuk menghadap raja.

Ester 5:2-3
5:2 Ketika raja melihat Ester, sang ratu, berdiri di pelataran, berkenanlah raja kepadanya, sehingga raja mengulurkan tongkat emas yang di tangannya ke arah Ester, lalu mendekatlah Ester dan menyentuh ujung tongkat itu.
5:3 Tanya raja kepadanya: "Apa maksudmu, hai ratu Ester, dan apa keinginanmu? Sampai setengah kerajaan sekalipun akan diberikan kepadamu."

Raja menawarkan harta kekayaannya, separuh dari kekayaannya raja, ini bukan jumlah yang sedikit.
Dalam berpuasa Tuhan ingin melihat apa tujuan dari puasa dari seseorang itu. Jangan sampai nanti kita berpuasa kemudian kita ditolak oleh Tuhan, karena tidak sesuai dengan yang dikehendaki Tuhan.

Yak 4:3
4:3 Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.

Ayat ini bicara soal doa yang salah.
Ada rencana untuk memuaskan keinginan hawanafsu. Ini jelas tidak didengar oleh Tuhan.
Kalau Ester berpuasa tujuannya bukan untuk mendapatkan sesuatu yang sifatnya lahiriah.

Apa artinya suatu kekayaan, kalau jiwanya terancam akan dibinasakan?
Sekarang apa tujuannya kita berpuasa, Tuhan mendengarkan doa kita, jika keinginan hati kita sesuai dengan rencana Tuhan.
Dalam puasa kita merasakan manusia jasmani kita akan semakin merosot, tetapi manusia bathiniah kami dibaharui dari sehari kesehari.

2 Kor 4:16-18
4:16 Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.
4:17 Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.
4:18 Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.

Raja Daud berkata: Ketika ia berpuasa ia merasakan lututnya melentuk dan badannya menjadi kurus, lemak-lemaknya habis. Maz 109:24
109:24 Lututku melentuk oleh sebab berpuasa, dan badanku menjadi kurus, habis lemaknya.

Jasmani boleh merosot, tetapi rohani kita dibaharui.
Tuhan Yesus memberkati.