Translate

4 Mei 2019

Ibadah Pendalaman Alkitab 3 Mei 2019 KETEGARAN HATI


Ibadah Pendalaman Alkitab 3 Mei 2019
KETEGARAN HATI

Tuhan berulang kali memperingatkan Bangsa Israel dengan berbagai cara, misalnya kekeringan, tidak ada hujan, penyakit, serta musibah-musibah, dan Bangsa Israel masih keras hati/ tegar tengkuk.

Amos 4:6-13 (TB)
6 "Sekalipun Aku ini telah memberi kepadamu gigi yang tidak disentuh makanan di segala kotamu dan kekurangan roti di segala tempat kediamanmu, namun kamu tidak berbalik kepada-Ku," demikianlah firman TUHAN.
7 "Aku pun telah menahan hujan dari padamu, ketika tiga bulan lagi sebelum panen; Aku menurunkan hujan ke atas kota yang satu dan tidak menurunkan hujan ke atas kota yang lain; ladang yang satu kehujanan, dan ladang, yang tidak kena hujan, menjadi kering;
8 penduduk dua tiga kota pergi terhuyung-huyung ke satu kota untuk minum air, tetapi mereka tidak menjadi puas; namun kamu tidak berbalik kepada-Ku," demikianlah firman TUHAN.
9 "Aku telah memukul kamu dengan hama dan penyakit gandum, telah melayukan taman-tamanmu dan kebun-kebun anggurmu, pohon-pohon ara dan pohon-pohon zaitunmu dimakan habis oleh belalang, namun kamu tidak berbalik kepada-Ku," demikianlah firman TUHAN.
10 "Aku telah melepas penyakit sampar ke antaramu seperti kepada orang Mesir; Aku telah membunuh terunamu dengan pedang pada waktu kudamu dijarah; Aku telah membuat bau busuk perkemahanmu tercium oleh hidungmu; namun kamu tidak berbalik kepada-Ku," demikianlah firman TUHAN.
11 "Aku telah menjungkirbalikkan kota-kota di antara kamu, seperti Allah menjungkirbalikkan Sodom dan Gomora, sehingga kamu menjadi seperti puntung yang ditarik dari kebakaran, namun kamu tidak berbalik kepada-Ku," demikianlah firman TUHAN.
12 "Sebab itu demikianlah akan Kulakukan kepadamu, hai Israel. — Oleh karena Aku akan melakukan yang demikian kepadamu, maka bersiaplah untuk bertemu dengan Allahmu, hai Israel!"
13 Sebab sesungguhnya, Dia yang membentuk gunung-gunung dan menciptakan angin, yang memberitahukan kepada manusia apa yang dipikirkan-Nya, yang membuat fajar dan kegelapan dan yang berjejak di atas bukit-bukit bumi — TUHAN, Allah semesta alam, itulah nama-Nya.

Ada 5 kali Tuhan timpakan bencana,tapi tetap Bangsa Israel tidak mau bertobat. Tuhan menunggu, sampai akhirnya kesabaran Tuhan habis....."maka bersiaplah untuk bertemu dengan Allahmu, hai Israel"

PERTAMA : Kelaparan (ay 6)
KEDUA : kekeringan (ay 7)
KETIGA : hama dan penyakit gandum (ay 9), bicara mengenai kesusahan karena panen gagal
KEEMPAT  : Kesakitan / penyakit sampar ( ay 10)
KELIMA : Gempa / kehancuran ( ay 11)

Maksud Tuhan mengijinkan pencobaan terjadi adalah untuk menyadarkan kehidupan yang tidak bertobat.

Ada kalimat yang diulang hingga 5 kali "namun kamu tidak berbalik kepada-Ku"

Dalam pengulangan / refrain ada pokok pikiran, yaitu pada bagian ini Israel tidak mempedulikan apa yang Allah lakukan terhadap mereka.

Seperti Yesus yang  harus 3 kali menanyakan "Petrus, apakah engkau mengasihiKu?"
Itulah cara Tuhan dan dibalik itu ada kasihNya.

Refrain dalam bahasa Ibrani= Syub,artinya berpaling atau berbaik pada Tuhan sambil menyesal dan bertobat sehingga terjadi perubahan hidup.
Hal ini tidak harus dialami oleh jiwa baru tapi semua perlu pertobatan, karena Tuhan masih menemukan hal-hal yang tidak berkenan.

Tuhan menunggu pertobatan
Pertobatan =penyesalan

Kisah Para Rasul 3:19 (TB)  Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan,
TL = Sebab itu hendaklah kamu menyesal dan bertobat.

Tuhan menunggu perubahan hidup umatNya.
Yang terjadi saat itu sungguh mengerikan seperti Tuhan menghajar Sodom dan Gomora.

Allah menghajar dengan malapetaka adalah supaya mereka mengaku dosa.
Imamat 26:40-42 (TB)
40  Tetapi bila mereka mengakui kesalahan mereka dan kesalahan nenek moyang mereka dalam hal berubah setia yang dilakukan mereka terhadap Aku dan mengakui juga bahwa hidup mereka bertentangan dengan Daku
41 — Aku pun bertindak melawan mereka dan membawa mereka ke negeri musuh mereka — atau bila kemudian hati mereka yang tidak bersunat itu telah tunduk dan mereka telah membayar pulih kesalahan mereka,
42 maka Aku akan mengingat perjanjian-Ku dengan Yakub; juga perjanjian dengan Ishak dan perjanjian-Ku dengan Abraham pun akan Kuingat dan negeri itu akan Kuingat juga. 

Dosa berubah setia seperti Musa yang tidak bisa masuk ke Tanah Kanaan.
Ulangan 32:48-52 (TB)
48  Pada hari itulah juga TUHAN berfirman kepada Musa:
49 "Naiklah ke atas pegunungan Abarim, ke atas gunung Nebo, yang di tanah Moab, di tentangan Yerikho, dan pandanglah tanah Kanaan yang Kuberikan kepada orang Israel menjadi miliknya,
50 kemudian engkau akan mati di atas gunung yang akan kaunaiki itu, supaya engkau dikumpulkan kepada kaum leluhurmu, sama seperti Harun, kakakmu, sudah meninggal di gunung Hor dan dikumpulkan kepada kaum leluhurnya —
51 oleh sebab kamu telah berubah setia terhadap Aku di tengah-tengah orang Israel, dekat mata air Meriba di Kadesh di padang gurun Zin, dan oleh sebab kamu tidak menghormati kekudusan-Ku di tengah-tengah orang Israel.
52 Engkau boleh melihat negeri itu terbentang di depanmu, tetapi tidak boleh masuk ke sana, ke negeri yang Kuberikan kepada orang Israel."

Tuhan tidak suka karena Musa emosi dan tidak memghormati kekudusan Tuhan. Bukan hanya umat saja yang dihukum Tuhan , tapi pemimpin juga.

Contoh lain yang tidak setia  adalah Raja Saul.
1 Tawarikh 10:13-14 (TB) 
13 Demikianlah Saul mati karena perbuatannya yang tidak setia terhadap TUHAN, oleh karena ia tidak berpegang pada firman TUHAN, dan juga karena ia telah meminta petunjuk dari arwah,
14 dan tidak meminta petunjuk TUHAN. Sebab itu TUHAN membunuh dia dan menyerahkan jabatan raja itu kepada Daud bin Isai.

Ia tidak meminta petunjuk pada Tuhan, tapi pada dukun. Tuhan membunuh nya karena tidak setia.

Markus 8:38 (TB)  Sebab barangsiapa malu karena Aku dan karena perkataan-Ku di tengah-tengah angkatan yang tidak setia dan berdosa ini, Anak Manusia pun akan malu karena orang itu apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan Bapa-Nya, diiringi malaikat-malaikat kudus."

Tuhan ingin kita pisah dari pengaruh dunia/ dosa, karena kita adalah umat Allah kita diambil dari tengah-tengah orang yang tidak setia.

Yesus menyebut orang Farisi sebagai angkatan yang tidak setia.
Matius 12:38-39 (TB)
38  Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus: "Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu."
39 Tetapi jawab-Nya kepada mereka: "Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.

Dosa tidak setia mengundang amarah Tuhan. Tuhan menanti umatnya bertobat,sampai sekarang.

Yehezkiel 18:23 (TB)  Apakah Aku berkenan kepada kematian orang fasik? demikianlah firman Tuhan ALLAH. Bukankah kepada pertobatannya supaya ia hidup?

Jadi orang yang tidak bertobat, adalah mati dalam dosa, sudah tidak dapat peka terhadap Firman Tuhan. Orang yang bertobat adalah hidup.

Efesus 2:1-10 (TB) 
1 Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu.
2 Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka.
3 Sebenarnya dahulu kami semua juga terhitung di antara mereka, ketika kami hidup di dalam hawa nafsu daging dan menuruti kehendak daging dan pikiran kami yang jahat. Pada dasarnya kami adalah orang-orang yang harus dimurkai, sama seperti mereka yang lain.
4 Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita,
5 telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita — oleh kasih karunia kamu diselamatkan --
6 dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga,
7 supaya pada masa yang akan datang Ia menunjukkan kepada kita kekayaan kasih karunia-Nya yang melimpah-limpah sesuai dengan kebaikan-Nya terhadap kita dalam Kristus Yesus.
8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,
9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.
10 Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

 Tanpa pertobatan kita adalah mati dalam dosa.
Yehezkiel 18:30-32 (TB)  Oleh karena itu Aku akan menghukum kamu masing-masing menurut tindakannya, hai kaum Israel, demikianlah firman Tuhan ALLAH. Bertobatlah dan berpalinglah dari segala durhakamu, supaya itu jangan bagimu menjadi batu sandungan, yang menjatuhkan kamu ke dalam kesalahan.
31  Buangkanlah dari padamu segala durhaka yang kamu buat terhadap Aku dan perbaharuilah hatimu dan rohmu! Mengapakah kamu akan mati, hai kaum Israel?
32 Sebab Aku tidak berkenan kepada kematian seseorang yang harus ditanggungnya, demikianlah firman Tuhan ALLAH. Oleh sebab itu, bertobatlah, supaya kamu hidup!"

" Bertobatlah, supaya kamu hidup!"
Jangan sembunyikan dosa!
Amsal 28:13 (TB)  Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi.

Adakah dosa yang masih kita sembunyikan?
Amos 4:12 (TB)  "Sebab itu demikianlah akan Kulakukan kepadamu, hai Israel. — Oleh karena Aku akan melakukan yang demikian kepadamu, maka bersiaplah untuk bertemu dengan Allahmu, hai Israel!"