Translate

11 Nov 2018

Ibadah Pendalaman Alkitab 9 November 2018. ORA ET LABORA


Ibadah Pendalaman Alkitab 9 November 2018.
ORA ET LABORA
2 Tes 3:1-15
3:1 Selanjutnya, saudara-saudara, berdoalah untuk kami, supaya firman Tuhan beroleh kemajuan dan dimuliakan, sama seperti yang telah terjadi di antara kamu,
3:2 dan supaya kami terlepas dari para pengacau dan orang-orang jahat, sebab bukan semua orang beroleh iman.
3:3 Tetapi Tuhan adalah setia. Ia akan menguatkan hatimu dan memelihara kamu terhadap yang jahat.
3:4 Dan kami percaya dalam Tuhan, bahwa apa yang kami pesankan kepadamu, kamu lakukan dan akan kamu lakukan.
3:5 Kiranya Tuhan tetap menujukan hatimu kepada kasih Allah dan kepada ketabahan Kristus.
3:6 Tetapi kami berpesan kepadamu, saudara-saudara, dalam nama Tuhan Yesus Kristus, supaya kamu menjauhkan diri dari setiap saudara yang tidak melakukan pekerjaannya dan yang tidak menurut ajaran yang telah kamu terima dari kami.
3:7 Sebab kamu sendiri tahu, bagaimana kamu harus mengikuti teladan kami, karena kami tidak lalai bekerja di antara kamu,
3:8 dan tidak makan roti orang dengan percuma, tetapi kami berusaha dan berjerih payah siang malam, supaya jangan menjadi beban bagi siapa pun di antara kamu.
3:9 Bukan karena kami tidak berhak untuk itu, melainkan karena kami mau menjadikan diri kami teladan bagi kamu, supaya kamu ikuti.
3:10 Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan.
3:11 Kami katakan ini karena kami dengar, bahwa ada orang yang tidak tertib hidupnya dan tidak bekerja, melainkan sibuk dengan hal-hal yang tidak berguna.
3:12 Orang-orang yang demikian kami peringati dan nasihati dalam Tuhan Yesus Kristus, supaya mereka tetap tenang melakukan pekerjaannya dan dengan demikian makan makanannya sendiri.
3:13 Dan kamu, saudara-saudara, janganlah jemu-jemu berbuat apa yang baik.
3:14 Jika ada orang yang tidak mau mendengarkan apa yang kami katakan dalam surat ini, tandailah dia dan jangan bergaul dengan dia, supaya ia menjadi malu,
3:15 tetapi janganlah anggap dia sebagai musuh, tetapi tegorlah dia sebagai seorang saudara.

Sesuai dengan judulnya, fasal 3 ini bicara tentang doa dan bekerja.
Berdoa dan bekerja itu seiring sejalan. Kita tidak boleh melupakan doa, sambil berusaha kita tetap berdoa.

Rasul Paulus disini ingin menjadi teladan bagi jemaat di Tesalonika, ia bukan type orang yang malas bekerja. Sambil mengabarkan Injil ia juga bekerja sebagai tukang pembuat tenda, sebab prinsip hidupnya rasul Paulus tidak ingin menjadi beban bagi orang lain.

2 Tes 3:7-9
3:7 Sebab kamu sendiri tahu, bagaimana kamu harus mengikuti teladan kami, karena kami tidak lalai bekerja di antara kamu,
3:8 dan tidak makan roti orang dengan percuma, tetapi kami berusaha dan berjerih payah siang malam, supaya jangan menjadi beban bagi siapa pun di antara kamu.
3:9 Bukan karena kami tidak berhak untuk itu, melainkan karena kami mau menjadikan diri kami teladan bagi kamu, supaya kamu ikuti.

Kis 18:1-4
18:1 Kemudian Paulus meninggalkan Atena, lalu pergi ke Korintus.
18:2 Di Korintus ia berjumpa dengan seorang Yahudi bernama Akwila, yang berasal dari Pontus. Ia baru datang dari Italia dengan Priskila, isterinya, karena kaisar Klaudius telah memerintahkan, supaya semua orang Yahudi meninggalkan Roma. Paulus singgah ke rumah mereka.
18:3 Dan karena mereka melakukan pekerjaan yang sama, ia tinggal bersama-sama dengan mereka. Mereka bekerja bersama-sama, karena mereka sama-sama tukang kemah.
18:4 Dan setiap hari Sabat Paulus berbicara dalam rumah ibadat dan berusaha meyakinkan orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani.

Rasul Paulus ingin jadi teladan.
Dalam 2 Tes 3:9 ia berkata: Bukan karena kami tak berhak untuk itu, yang dimaksud menerima upah dari pelayanan Injil, sebab seorang penginjil berhak menerima upah dari pelayanannya. Tapi rasul Paulus korbankan haknya.

1 Kor 9:11-18
9:11 Jadi, jika kami telah menaburkan benih rohani bagi kamu, berlebih-lebihankah, kalau kami menuai hasil duniawi dari pada kamu?
9:12 Kalau orang lain mempunyai hak untuk mengharapkan hal itu dari pada kamu, bukankah kami mempunyai hak yang lebih besar? Tetapi kami tidak mempergunakan hak itu. Sebaliknya, kami menanggung segala sesuatu, supaya jangan kami mengadakan rintangan bagi pemberitaan Injil Kristus.
9:13 Tidak tahukah kamu, bahwa mereka yang melayani dalam tempat kudus mendapat penghidupannya dari tempat kudus itu dan bahwa mereka yang melayani mezbah, mendapat bahagian mereka dari mezbah itu?
9:14 Demikian pula Tuhan telah menetapkan, bahwa mereka yang memberitakan Injil, harus hidup dari pemberitaan Injil itu.
9:15 Tetapi aku tidak pernah mempergunakan satu pun dari hak-hak itu. Aku tidak menulis semuanya ini, supaya aku pun diperlakukan juga demikian. Sebab aku lebih suka mati dari pada ...! Sungguh, kemegahanku tidak dapat ditiadakan siapa pun juga!
9:16 Karena jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil.
9:17 Kalau andaikata aku melakukannya menurut kehendakku sendiri, memang aku berhak menerima upah. Tetapi karena aku melakukannya bukan menurut kehendakku sendiri, pemberitaan itu adalah tugas penyelenggaraan yang ditanggungkan kepadaku.
9:18 Kalau demikian apakah upahku? Upahku ialah ini: bahwa aku boleh memberitakan Injil tanpa upah, dan bahwa aku tidak mempergunakan hakku sebagai pemberita Injil.

Rasul Paulus tidak ingin dikatakan bahwa ia membritakan Injil itu hanya karena upah (uang). Pembritaan rasul Paulus murni dari hati yang mengasihi kepada sidang jemaat.
2 Kor:2:4
2:4 Aku menulis kepada kamu dengan hati yang sangat cemas dan sesak dan dengan mencucurkan banyak air mata, bukan supaya kamu bersedih hati, tetapi supaya kamu tahu betapa besarnya kasihku kepada kamu semua.

2 Kor 2:17
2:17 Sebab kami tidak sama dengan banyak orang lain yang mencari keuntungan dari firman Allah. Sebaliknya dalam Kristus kami berbicara sebagaimana mestinya dengan maksud-maksud murni atas perintah Allah dan di hadapan-Nya.

2 Kor 4:2
4:2 Tetapi kami menolak segala perbuatan tersembunyi yang memalukan; kami tidak berlaku licik dan tidak memalsukan firman Allah. Sebaliknya kami menyatakan kebenaran dan dengan demikian kami menyerahkan diri kami untuk dipertimbangkan oleh semua orang di hadapan Allah.

Surat 2 Tes 3 ini dibuka dengan suatu permohonan: Berdoalah untuk kami!

Apa yang perlu didoakan oleh jemaat untuk rasul Paulus?
Supaya firman Tuhan beroleh kemajuan dan dimuliakan.
Apa yang dimaksud dengan firman Tuhan beroleh kemajuan?
Ini berarti FT semakin dibukakan rahasianya.
Rasul Paulus yakin bahwa FT itu tidak pasif, akan tetapi aktif, selalu berkembang sesuai dengan kebutuhan sidang jemaat.

Nah untuk itu dibutuhkan dukungan doa dari sidang jemaat, agar Tuhan membukakan rahasia firmanNya.
Kita harus memiliki hati seperti rasul Yohanes, ketika berada di pulau Patmos ia mendengar suara dari malaikat Tuhan, bahwa tidak ada satupun orang, baik dibumi dan di Sorga dan dibawah bumi ini, yang dapat membuka kitab yang termeterai itu. Maka menangislah ia dengan amat sedih.

Why 5:2-4
5:2 Dan aku melihat seorang malaikat yang gagah, yang berseru dengan suara nyaring, katanya: "Siapakah yang layak membuka gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya?"
5:3 Tetapi tidak ada seorang pun yang di sorga atau yang di bumi atau yang di bawah bumi, yang dapat membuka gulungan kitab itu atau yang dapat melihat sebelah dalamnya.
5:4 Maka menangislah aku dengan amat sedihnya, karena tidak ada seorang pun yang dianggap layak untuk membuka gulungan kitab itu ataupun melihat sebelah dalamnya.
Menangisi firman!!
Doa yang seperti inilah yang diharapkan oleh rasul Paulus dari sidang Jemaat di Tesalonika untuk kemajuan firman.
Berdoalah untuk kemajuan firman Tuhan.
FT dapat berkembang sedemikian rupa, bukan karena si pengkhotbah itu pandai bicara, tapi karena tuntunan Roh Kudus sehingga hamba Tuhan itu dapat berbicara sedemikian rupa.

Ef 1:15-17
1:15 Karena itu, setelah aku mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus,
1:16 aku pun tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Dan aku selalu mengingat kamu dalam doaku,
1:17 dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar.

Pesan FT dalam ibadah itu penting sekali, sebab jika FA itu tertutup, berarti suatu kebinasaan.

2 Kor 4:3-4
4:3 Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa,
4:4 yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.

Menyadari betapa pentingnya FA demi keselamatan jiwa-jiwa, maka patutlah jemaat Tuhan mendoakan pelayanan penggembalaan, sebab hal itu juga demi kebutuhan kita semua.

Kol 4:3
4:3 Berdoa jugalah untuk kami, supaya Allah membuka pintu untuk pemberitaan kami, sehingga kami dapat berbicara tentang rahasia Kristus, yang karenanya aku dipenjarakan.

Rahasia Kristus = (rahasia yang tersembunyi berabad-abad.

Kol 1:25-28
1:25 Aku telah menjadi pelayan jemaat itu sesuai dengan tugas yang dipercayakan Allah kepadaku untuk meneruskan firman-Nya dengan sepenuhnya kepada kamu,
1:26 yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya.
1:27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!
1:28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.

Firman Tuhan beroleh kemajuan seperti yang telah terjadi diantara kamu.
2 Tes 3:1
3:1 Selanjutnya, saudara-saudara, berdoalah untuk kami, supaya firman Tuhan beroleh kemajuan dan dimuliakan, sama seperti yang telah terjadi di antara kamu,

Berkembangnya FA itu juga karena kerinduan hati sidang jemaat, dan menerima FA itu sebagai perkataan Allah sendiri, bukan perkataan manusia.

1 Tes 2:13
2:13 Dan karena itulah kami tidak putus-putusnya mengucap syukur juga kepada Allah, sebab kamu telah menerima firman Allah yang kami beritakan itu, bukan sebagai perkataan manusia, tetapi -- dan memang sungguh-sungguh demikian -- sebagai firman Allah, yang bekerja juga di dalam kamu yang percaya.

Ini terjadi karena FA yang disampaikan itu dalam pengurapan Roh Kudus.

1 Tes 1:5
1:5 Sebab Injil yang kami beritakan bukan disampaikan kepada kamu dengan kata-kata saja, tetapi juga dengan kekuatan oleh Roh Kudus dan dengan suatu kepastian yang kokoh. Memang kamu tahu, bagaimana kami bekerja di antara kamu oleh karena kamu.

Rasa dahaga akan FA itu juga menjadi sebab FA itu dibukakan rahasianya.

Mat 5:6
5:6 Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.

Rasa puas dalam hati sidang Jemaat itu karena FA yang mengerjakanhidup mereka, dan ini terjadi karena FA itu menuju pada perkembangannya.
Dalam terjemahan lama 2 Tes 3:1 itu disalin berkembang : dalam TB disalin beroleh kemajuan.

FA yang maju itu juga berarti berkembang. Ini menjadi kerinduan setiap gereja Tuhan yang ingin maju.
Kita diajar untuk mendoakan si pemberita FA, semoga Allah mengirim wahyu ilahi. Didalam jemaat Tesalonika perkembangan FA ini terjadi, dan itu tergantung dari sikap jemaat dalam menanggapi FA.

2 Tes 3:1-5
3:1 Selanjutnya, saudara-saudara, berdoalah untuk kami, supaya firman Tuhan beroleh kemajuan dan dimuliakan, sama seperti yang telah terjadi di antara kamu,
3:2 dan supaya kami terlepas dari para pengacau dan orang-orang jahat, sebab bukan semua orang beroleh iman.
3:3 Tetapi Tuhan adalah setia. Ia akan menguatkan hatimu dan memelihara kamu terhadap yang jahat.
3:4 Dan kami percaya dalam Tuhan, bahwa apa yang kami pesankan kepadamu, kamu lakukan dan akan kamu lakukan.
3:5 Kiranya Tuhan tetap menujukan hatimu kepada kasih Allah dan kepada ketabahan Kristus.

Bagian ini bicara tentang doa. Doa itu selain menunjang pemberitaan FA, doa juga melepaskan kita dari kejahatan. (ayat 2 dan 3)
Dalam pengajaran doa Bapa kami, Tuhan Yesus juga mengajar murid-muridNya berdoa dan dalam doa itu juga Tuhan Yesus menyebutkan: Tetapi lepaskanlah kami dari yang jahat. Mat 6:13

Perkataan jahat ini juga sering dipakai untuk menyebut oknumnya Iblis. Iblis disebut sebagai si Jahat.
Mat 13:19 Si Jahat merampas benih FA.
13:19 Kepada setiap orang yang mendengar firman tentang Kerajaan Sorga, tetapi tidak mengertinya, datanglah si jahat dan merampas yang ditaburkan dalam hati orang itu; itulah benih yang ditaburkan di pinggir jalan.

Mat 13:38 Anak-anak si Jahat.
13:38 ladang ialah dunia. Benih yang baik itu anak-anak Kerajaan dan lalang anak-anak si jahat.
Ef 6:16 Panah api dari si Jahat.
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
1 Yoh 3:12
3:12 bukan seperti Kain, yang berasal dari si jahat dan yang membunuh adiknya. Dan apakah sebabnya ia membunuhnya? Sebab segala perbuatannya jahat dan perbuatan adiknya benar.

1 Yoh 5:18 Si Jahat tidak dapat menjamahnya.
5:18 Kita tahu, bahwa setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa; tetapi Dia yang lahir dari Allah melindunginya, dan si jahat tidak dapat menjamahnya.

Jadi jelas bahwa yang dimaksud dengan si Jahat disini adalah Iblis.
Kita dilahirkan bukan dari benih si Jahat, tapi dari benih FA yang kudus dan kekal.

1 Pet 1:23
1:23 Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal.

2 Tes 3:3
3:3 Tetapi Tuhan adalah setia. Ia akan menguatkan hatimu dan memelihara kamu terhadap yang jahat.

Hari-hari ini kita perlu kekuatan dari Tuhan, terlebih kita melihat kejahatan ada dimana-mana, kemana kita akan berlindung, jika tidak dikaki Tuhan.
Tuhan dengan firmanNya sudah menguatkan kita.

1 Yoh 5:18-20
5:18 Kita tahu, bahwa setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa; tetapi Dia yang lahir dari Allah melindunginya, dan si jahat tidak dapat menjamahnya.
5:19 Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat.
5:20 Akan tetapi kita tahu, bahwa Anak Allah telah datang dan telah mengaruniakan pengertian kepada kita, supaya kita mengenal Yang Benar; dan kita ada di dalam Yang Benar, di dalam Anak-Nya Yesus Kristus. Dia adalah Allah yang benar dan hidup yang kekal.