Translate

11 Feb 2018

Ibadah Pendalaman Alkitab 9 Februari 2018. KEMATIAN ANAK SULUNG



Ibadah Pendalaman Alkitab 9 Februari 2018
KEMATIAN ANAK SULUNG:
Kel 12:29-36
12:29 Maka pada tengah malam TUHAN membunuh tiap-tiap anak sulung di tanah Mesir, dari anak sulung Firaun yang duduk di takhtanya sampai kepada anak sulung orang tawanan, yang ada dalam liang tutupan, beserta segala anak sulung hewan.
12:30 Lalu bangunlah Firaun pada malam itu, bersama semua pegawainya dan semua orang Mesir; dan kedengaranlah seruan yang hebat di Mesir, sebab tidak ada rumah yang tidak kematian.
12:31 Lalu pada malam itu dipanggilnyalah Musa dan Harun, katanya: "Bangunlah, keluarlah dari tengah-tengah bangsaku, baik kamu maupun orang Israel; pergilah, beribadahlah kepada TUHAN, seperti katamu itu.
12:32 Bawalah juga kambing dombamu dan lembu sapimu, seperti katamu itu, tetapi pergilah! Dan pohonkanlah juga berkat bagiku."
12:33 Orang Mesir juga mendesak dengan keras kepada bangsa itu, menyuruh bangsa itu pergi dengan segera dari negeri itu, sebab kata mereka: "Nanti kami mati semuanya."
12:34 Lalu bangsa itu mengangkat adonannya, sebelum diragi, dengan tempat adonan mereka terbungkus dalam kainnya di atas bahunya.
12:35 Orang Israel melakukan juga seperti kata Musa; mereka meminta dari orang Mesir barang-barang emas dan perak serta kain-kain.
12:36 Dan TUHAN membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa itu, sehingga memenuhi permintaan mereka. Demikianlah mereka merampasi orang Mesir itu.

Ayat 29: Kematian anak-anak sulung dari Firaun dan orang-orang Mesir.

Ada 3 hal yang terjadi disini:
1.- Bila Ragi sudah dibuang = Mengasingkan diri dan menyingkirkan segala dosa dari kehidupan kita.
2.- Bila darah sudah disapu diambang pintu = Mengadakan perjamuan suci dengan sungguh-sungguh.
3.- Bila daging dan roti sudah dimakan, kematian anak sulung sudah terjadi di Mesir = Mendalam dalam Bible Study dan berdoa.

Maka dunia tidak akan dapat lagi terhindar lagi dari murka Allah yang akan datang itu.
Why 6:16-17
6:16 Dan mereka berkata kepada gunung-gunung dan kepada batu-batu karang itu: "Runtuhlah menimpa kami dan sembunyikanlah kami terhadap Dia, yang duduk di atas takhta dan terhadap murka Anak Domba itu."
6:17 Sebab sudah tiba hari besar murka mereka dan siapakah yang dapat bertahan?

Inilah pelaksanaan bela yang ke 10 = kematian anak sulung Firaun dan anak sulung orang Mesir.
Kalau kita baca tentang bela yang ke 10 ini, maka sepintas lalu rasanya bela yang lain-lain jauh lebih dasyat, tetapi sebenarnya inilah bela yang terakhir, bela yang terhebat. Karena ia menggambarkan kematian anak sulung dari Iblis, yaitu Antikrist dan semua pengikut-pengikutnya.

Walaupun Bible bicara begitu terang dan jelas tentang hari murka Allah, namun banyak orang Kristen tidak faham tentang hal ini.
Oknum Antikrist ini adalah suatu hal yang sangat dirahasiakan.

Kedatangan Antikrist ini telah dinubuatkan dalam kitab Kej 3:15
3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

Benih ular = ia digambarkan sebagai Bintang Kejora. Yes 14:12-23
14:12 "Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!
14:13 Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara.
14:14 Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi!
14:15 Sebaliknya, ke dalam dunia orang mati engkau diturunkan, ke tempat yang paling dalam di liang kubur.
14:16 Orang-orang yang melihat engkau akan memperhatikan dan mengamat-amati engkau, katanya: Inikah dia yang telah membuat bumi gemetar, dan yang telah membuat kerajaan-kerajaan bergoncang,
14:17 yang telah membuat dunia seperti padang gurun, dan menghancurkan kota-kotanya, yang tidak melepaskan orang-orangnya yang terkurung pulang ke rumah?
14:18 Semua bekas raja bangsa-bangsa berbaring dalam kemuliaan, masing-masing dalam rumah kuburnya.
14:19 Tetapi engkau ini telah terlempar, jauh dari kuburmu, seperti taruk yang jijik, ditutupi dengan mayat orang-orang yang tertikam oleh pedang dan jatuh tercampak ke batu-batu liang kubur seperti bangkai yang terinjak-injak.
14:20 Engkau tidak akan bersama-sama dengan raja-raja itu di dalam kubur, sebab engkau telah merusak negerimu dan membunuh rakyatmu. Anak cucu orang yang berbuat jahat tidak akan disebut-sebut untuk selama-lamanya.
14:21 Dirikanlah bagi anak-anaknya tempat pembantaian, oleh karena kesalahan nenek moyang mereka, supaya mereka jangan bangun dan menduduki bumi dan memenuhi dunia dengan kota-kota."
14:22 "Aku akan bangkit melawan mereka," demikianlah firman TUHAN semesta alam, "Aku akan melenyapkan nama Babel dan sisanya, anak cucu dan anak cicitnya," demikianlah firman TUHAN.
14:23 "Aku akan membuat Babel menjadi milik landak dan menjadi air rawa-rawa, dan kota itu akan Kusapu bersih dan Kupunahkan," demikianlah firman TUHAN semesta alam.

ia digambarkan sebagai Bintang Timur putra fajar Fajar, sedangkan Tuhan Yesus disebut sebagai Bintang Timur yang gilang gemilang. Why 22:16
22:16 "Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang."
Dalam kitab Dan 8:23-25 Ia digambarkan sebagai seorang raja dengan muka yag garang.
8:23 Dan pada akhir kerajaan mereka, apabila orang-orang fasik telah penuh kejahatannya, maka akan muncul seorang raja dengan muka yang garang dan yang pandai menipu.
8:24 Kekuatannya akan menjadi hebat, tetapi tidak sekuat yang terdahulu, dan ia akan mendatangkan kebinasaan yang mengerikan, dan apa yang dilakukannya akan berhasil; orang-orang berkuasa akan dibinasakannya, juga umat orang kudus.
8:25 Dan oleh karena akalnya, penipuan yang dilakukannya akan berhasil; ia akan membesarkan dirinya dalam hatinya, dan dengan tak disangka-sangka banyak orang akan dibinasakannya; juga ia akan bangkit melawan Raja segala raja. Tetapi tanpa perbuatan tangan manusia, ia akan dihancurkan.

Dalam kitab Why 9:1-11 ia digambarkan sebagai beruang yang gugur, dan juga mendapat suatu anak kunci, sebagaimana Tuhan Yesus yang memiliki kunci Daud. 

Why1:18 Why 3:7
Why 9:1-11
9:1 Lalu malaikat yang kelima meniup sangkakalanya, dan aku melihat sebuah bintang yang jatuh dari langit ke atas bumi, dan kepadanya diberikan anak kunci lobang jurang maut.
9:2 Maka dibukanyalah pintu lobang jurang maut itu, lalu naiklah asap dari lobang itu bagaikan asap tanur besar, dan matahari dan angkasa menjadi gelap oleh asap lobang itu.
9:3 Dan dari asap itu berkeluaranlah belalang-belalang ke atas bumi dan kepada mereka diberikan kuasa sama seperti kuasa kalajengking-kalajengking di bumi.
9:4 Dan kepada mereka dipesankan, supaya mereka jangan merusakkan rumput-rumput di bumi atau tumbuh-tumbuhan ataupun pohon-pohon, melainkan hanya manusia yang tidak memakai meterai Allah di dahinya.
9:5 Dan mereka diperkenankan bukan untuk membunuh manusia, melainkan hanya untuk menyiksa mereka lima bulan lamanya, dan siksaan itu seperti siksaan kalajengking, apabila ia menyengat manusia.
9:6 Dan pada masa itu orang-orang akan mencari maut, tetapi mereka tidak akan menemukannya, dan mereka akan ingin mati, tetapi maut lari dari mereka.
9:7 Dan rupa belalang-belalang itu sama seperti kuda yang disiapkan untuk peperangan, dan di atas kepala mereka ada sesuatu yang menyerupai mahkota emas, dan muka mereka sama seperti muka manusia,
9:8 dan rambut mereka sama seperti rambut perempuan dan gigi mereka sama seperti gigi singa,
9:9 dan dada mereka sama seperti baju zirah, dan bunyi sayap mereka bagaikan bunyi kereta-kereta yang ditarik banyak kuda, yang sedang lari ke medan peperangan.
9:10 Dan ekor mereka sama seperti kalajengking dan ada sengatnya, dan di dalam ekor mereka itu terdapat kuasa mereka untuk menyakiti manusia, lima bulan lamanya.
9:11 Dan raja yang memerintah mereka ialah malaikat jurang maut; namanya dalam bahasa Ibrani ialah Abadon dan dalam bahasa Yunani ialah Apolion.

Why 1:17-18
1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.

Why 3:7 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.

Dalam kitab Why 13:1-10 ia digambarkan sebagai binatang yang keluar dari laut. Dalam buku Keluaran ia digambarkan sebagai anak sulung Firaun.        Allah sendiri yang turun tangan  dan membunuh anak sulung Mesir.

Heran, ... ini menunjuk kepada Why 19:11-21 dimana Kristus Anak Sulung akan turun dengan tentaranya dari Sorga.                            19:11 Lalu aku melihat sorga terbuka: sesungguhnya, ada seekor kuda putih; dan Ia yang menungganginya bernama: "Yang Setia dan Yang Benar", Ia menghakimi dan berperang dengan adil.
19:12 Dan mata-Nya bagaikan nyala api dan di atas kepala-Nya terdapat banyak mahkota dan pada-Nya ada tertulis suatu nama yang tidak diketahui seorang pun, kecuali Ia sendiri.
19:13 Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: "Firman Allah."
19:14 Dan semua pasukan yang di sorga mengikuti Dia; mereka menunggang kuda putih dan memakai lenan halus yang putih bersih.
19:15 Dan dari mulut-Nya keluarlah sebilah pedang tajam yang akan memukul segala bangsa. Dan Ia akan menggembalakan mereka dengan gada besi dan Ia akan memeras anggur dalam kilangan anggur, yaitu kegeraman murka Allah, Yang Mahakuasa.
19:16 Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan."
19:17 Lalu aku melihat seorang malaikat berdiri di dalam matahari dan ia berseru dengan suara nyaring kepada semua burung yang terbang di tengah langit, katanya: "Marilah ke sini dan berkumpullah untuk turut dalam perjamuan Allah, perjamuan yang besar,
19:18 supaya kamu makan daging semua raja dan daging semua panglima dan daging semua pahlawan dan daging semua kuda dan daging semua penunggangnya dan daging semua orang, baik yang merdeka maupun hamba, baik yang kecil maupun yang besar."
19:19 Dan aku melihat binatang itu dan raja-raja di bumi serta tentara-tentara mereka telah berkumpul untuk melakukan peperangan melawan Penunggang kuda itu dan tentara-Nya.
19:20 Maka tertangkaplah binatang itu dan bersama-sama dengan dia nabi palsu, yang telah mengadakan tanda-tanda di depan matanya, dan dengan demikian ia menyesatkan mereka yang telah menerima tanda dari binatang itu dan yang telah menyembah patungnya. Keduanya dilemparkan hidup-hidup ke dalam lautan api yang menyala-nyala oleh belerang.
19:21 Dan semua orang lain dibunuh dengan pedang, yang keluar dari mulut Penunggang kuda itu; dan semua burung kenyang oleh daging mereka.

Tentara Surga ini mereka adalah anak-anak sulung yang telah dibeli / ditebus dari cara hidup manusia.
Anak Sulung Allah itulah Kristus dan anak sulung manusia (Anak teruna yang berjumlah 144.000) sama-sama akan menghukum anak sulung Iblis, itulah Antikrist, dan semua anak sulung orang Mesir (pengikut Antikrist) dengan tongkat besi. Ini berarti musnanya kerajaan Antikrist dan musnanya segala daging dari permukaan bumi.

Tak ada satu manusia lagi yang ketinggalan diseluruh permukaan bumi, sebab itu dinamakan bela yang terakhir.
Yang ketinggalan dimuka bumi ini ialah setan dan roh-roh najis yang mengikuti setan atau Iblis.

Kel 12:30 Firaun dan semua orang Mesir menangis dan meratap.
12:30 Lalu bangunlah Firaun pada malam itu, bersama semua pegawainya dan semua orang Mesir; dan kedengaranlah seruan yang hebat di Mesir, sebab tidak ada rumah yang tidak kematian.

Ini gambar dari tangisan Iblis/ setan dengan segala roh-roh najis, roh-roh kegelapan, malaikat-malaikat yang jatuh, tangisan ini akan menegakan bulu roma bagi yang mendengarnya. Suara mereka berbeda dengan suara tangisan manusia, karena mereka adalah roh-roh jahat.

Kel 12:31-33

12:31 Lalu pada malam itu dipanggilnyalah Musa dan Harun, katanya: "Bangunlah, keluarlah dari tengah-tengah bangsaku, baik kamu maupun orang Israel; pergilah, beribadahlah kepada TUHAN, seperti katamu itu.
12:32 Bawalah juga kambing dombamu dan lembu sapimu, seperti katamu itu, tetapi pergilah! Dan pohonkanlah juga berkat bagiku."
12:33 Orang Mesir juga mendesak dengan keras kepada bangsa itu, menyuruh bangsa itu pergi dengan segera dari negeri itu, sebab kata mereka: "Nanti kami mati semuanya."

Disini kita baca bagaimana Firaun kapok betul-betul, dipanggilnya Musa dan Harun tengah malam, semua disuruh keluar dan meninggalkan bangsanya dan disuruh berbakti pada Tuhan.
Demikianlah pada akhir zaman gereja akan keluar dari dunia, karena tidak ada lagi manusia yang menahannya. Antikrist sudah mati dan Iblis sendiri tidak berdaya menahannya lagi.

Inilah kesudahan dari orang-orang yang melawan Tuhan:
Ams 14:12
14:12 Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut.

Ams 16:25
16:25 Ada jalan yang disangka lurus, tetapi ujungnya menuju maut.

Musa boleh keluar dengan membawa binatang-binatang yang akan dikorbankan, demikian gereja sempurna nanti akan keluar dengan semua pengiringnya. Israel didesak keluar semuanya.
Hal ini mengingatkan kita ketika Tuhan Yesus disuruh keluar dari Gadara.

Mat 8:34
8:34 Maka keluarlah seluruh kota mendapatkan Yesus dan setelah mereka berjumpa dengan Dia, mereka pun mendesak, supaya Ia meninggalkan daerah mereka.

Kis 16:39 Paulus dan Silas harus meninggalkan kota.
16:39 Mereka datang minta maaf lalu membawa kedua rasul itu ke luar dan memohon, supaya mereka meninggalkan kota itu.

Hal yang sama juga terjadi pada Peti Perjanjian yang harus dibawa pergi dari daerah Filistin

1 Sam 5:7                                                                  5:7 Ketika dilihat orang-orang Asdod, bahwa      demikian halnya, berkatalah mereka: "Tabut Allah Israel tidak boleh tinggal pada kita, sebab tangan-Nya keras melawan kita dan melawan Dagon, allah kita.

Demikian juga dengan gereja sempurna nanti akan keluar dari dunia ini, dan akan dibawa masuk dalam kerajaan 1000 tahun yang penuh dengan kedamaian.

Kel 12:34
Israel membawa adonan sebelum diragi.
12:34 Lalu bangsa itu mengangkat adonannya, sebelum diragi, dengan tempat adonan mereka terbungkus dalam kainnya di atas bahunya.

Pagi-pagi sekali sudah dikeluarkan dari rumah-rumah mereka pada waktu mau makan paskah.
Adonan yang tak beragi menunjuk pada FA yang murni untuk keperluan perjalanan selanjutnya.
Jika nanti gereja sempurna akan tinggalkan dunia ini, maka mereka sudah penuh dengan FA, itu sebabnya didunia nanti sudah tidak didapati FA lagi.

Kel 12:35-36

12:35 Orang Israel melakukan juga seperti kata Musa; mereka meminta dari orang Mesir barang-barang emas dan perak serta kain-kain.
12:36 Dan TUHAN membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa itu, sehingga memenuhi permintaan mereka. Demikianlah mereka merampasi orang Mesir itu.

Hal ini sudah pernah dikatakan oleh Allah sebelumnya.
3:22 tetapi tiap-tiap perempuan harus meminta dari tetangganya dan dari perempuan yang tinggal di rumahnya, barang-barang perak dan emas dan kain-kain, yang akan kamu kenakan kepada anak-anakmu lelaki dan perempuan; demikianlah kamu akan merampasi orang Mesir itu."

Kel 11:2
11:2 Baiklah katakan kepada bangsa itu, supaya setiap laki-laki meminta barang-barang emas dan perak kepada tetangganya dan setiap perempuan kepada tetangganya pula."

Emas = artinya kebesaran Allah dan kemuliaan Allah.
Perak = artinya ketebusan.
Pakaian = artinya kesucian.
Selain dari sabda Allah, maka gereja sempurna juga membawa 3 perkara ini sertanya.

Dalam zaman 1000 tahun sudah tidak ada lagi hal ketebusan dan keampunan dosa bagi orang-orang yang mau menerima Tuhan Yesus, karena semua manusia telah habis dibinasakan.

Kel 12:37
12:37 Kemudian berangkatlah orang Israel dari Raamses ke Sukot, kira-kira enam ratus ribu orang laki-laki berjalan kaki, tidak termasuk anak-anak.

Israel meninggalkan Raamses kemudian menuju Sukot, disini dikabarkan bahwa Israel tidak keluar dari Mesir, melainkan dari Raamses.
Memang Raamses letaknya di Mesir, tapi disini ada maksud Tuhan yang heran.
Raamses = artinya kejahatan yang memuncak.

Dunia sudah sampai pada takaran kejahatan yang penuh, dan dan tidak lagi dinamakan dunia melainkan kejahatan yang memuncak.
Kalau gereja sempurna sudah diangkat, maka dunia yang telah menjadi puing-puing reruntuhan tidak akan diperbaiki lagi. Ia akan ditinggalkan dalam keadaan itu sampai 1000 tahun selesai, dan bumi dibakar hancur.

Sukot = artinya tanda.
Kerajaan 1000 tahun dalam Tabernakel adalah Ruangan Maha Kudus, dan letak RMK ini ada dibawah tenda Tabernakel juga.
Bila kita sudah sampai pada ayat ini yaitu ayat 37, maka kita tidak lagi melanjutkan penerangan tentang keluarnya gereja sempurna dari dunia, karena itu sudah cukup.

Pada permulaan penerangan Keluaran 5 kita sudah mendapat penjelasan bahwa kitab Keluaran seluruhnya menunjuk pada 2 perkara yaitu:
1.- Keluarnya orang-orang percaya dari keduniawian untuk memulai suatu kedudukan yang baru yang digambarkan dam fasa 1 s/d Fs 4 dan fasal 12:38-40.
2.- Keluarnya gereja sempurna dari dunia yang digambarkan dalam fasal 5 s/d fasal 12:37

Mulai dari ayat 37 fasal 12  ini kita akan berpindah kepada bagian pertama yaitu: Keluarnya orang-orang percaya dari keduniaan untuk mulai suatu kehidupan yang baru.
Dalam fasal 12 ini kita telah mendapatkan sebagian penerangan tentang Paskah yang menunjuk kepada perjamuan suci.

Paskah menunjuk kepada kematian Tuhan Yesus dikayu salib sebagai domba Paskah. 

1 Kor 5:7-8
5:7 Buanglah ragi yang lama itu, supaya kamu menjadi adonan yang baru, sebab kamu memang tidak beragi. Sebab anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus.
5:8 Karena itu marilah kita berpesta, bukan dengan ragi yang lama, bukan pula dengan ragi keburukan dan kejahatan, tetapi dengan roti yang tidak beragi, yaitu kemurnian dan kebenaran.

Kristus adalah domba Paskah.

Yoh 1:29
1:29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

Sebagaimana Israel telah meninggalkan Mesir sesudah merayakan pesta Paskah yang meriah, demikianlah orang-orang percaya akan meninggalkan keduniaan, sesudah menginsafi, menyelidik dan mengetahui apa yang Kristus telah perbuat dikayu salib.

Seorang percaya tidak akan meninggalkan keduniaan jika tidak mengerti dan tahu sungguh-sungguh korban Tuhan dikayu salib.
Sebelum orang percaya keluar dari keduniawian dan dapat dibaptis, mezbah korban bakaran harus lengkap sungguh-sungguh. Ia harus membuang ragi-ragi dosa dalam hidupnya, dia musti berbakti pada Allah dengan sungguh-sungguh dengan menyelidik FT (roti tanpa ragi). Ia sudah percaya betul-betul akan darah Kristus yang telah memercik hatinya.

Pada saat itulah segala keduniawian dimatikan didalam dia, mezbah bakaran atau Paskah atau kematian Yesus dikayu salib menuntut suatu pertobatan yang sungguh-sungguh.

Suatu keinsafan sungguh-sungguh tentang dosa, dan melepaskan dosa dari dalam hidupnya, seperti Israel mendapatkan peraturan yang panjang lebar tentang Paskah, demikianlah orang-orang percaya itu harus mengetahui sedalam-dalamnya tentang kematian Kristus disalib.

Contoh: Seorang yang mau dibaptis itu sebelumnya diberikan penjelasan tentang hal kematian Tuhan Yesus, seperti sida-sida yang dibaptis oleh Filipus.

Kis 8:26-40
8:26 Kemudian berkatalah seorang malaikat Tuhan kepada Filipus, katanya: "Bangunlah dan berangkatlah ke sebelah selatan, menurut jalan yang turun dari Yerusalem ke Gaza." Jalan itu jalan yang sunyi.
8:27 Lalu berangkatlah Filipus. Adalah seorang Etiopia, seorang sida-sida, pembesar dan kepala perbendaharaan Sri Kandake, ratu negeri Etiopia, yang pergi ke Yerusalem untuk beribadah.
8:28 Sekarang orang itu sedang dalam perjalanan pulang dan duduk dalam keretanya sambil membaca kitab nabi Yesaya.
8:29 Lalu kata Roh kepada Filipus: "Pergilah ke situ dan dekatilah kereta itu!"
8:30 Filipus segera ke situ dan mendengar sida-sida itu sedang membaca kitab nabi Yesaya. Kata Filipus: "Mengertikah tuan apa yang tuan baca itu?"
8:31 Jawabnya: "Bagaimanakah aku dapat mengerti, kalau tidak ada yang membimbing aku?" Lalu ia meminta Filipus naik dan duduk di sampingnya.
8:32 Nas yang dibacanya itu berbunyi seperti berikut: Seperti seekor domba Ia dibawa ke pembantaian; dan seperti anak domba yang kelu di depan orang yang menggunting bulunya, demikianlah Ia tidak membuka mulut-Nya.
8:33 Dalam kehinaan-Nya berlangsunglah hukuman-Nya; siapakah yang akan menceriterakan asal usul-Nya? Sebab nyawa-Nya diambil dari bumi.
8:34 Maka kata sida-sida itu kepada Filipus: "Aku bertanya kepadamu, tentang siapakah nabi berkata demikian? Tentang dirinya sendiri atau tentang orang lain?"
8:35 Maka mulailah Filipus berbicara dan bertolak dari nas itu ia memberitakan Injil Yesus kepadanya.
8:36 Mereka melanjutkan perjalanan mereka, dan tiba di suatu tempat yang ada air. Lalu kata sida-sida itu: "Lihat, di situ ada air; apakah halangannya, jika aku dibaptis?"
8:37 [Sahut Filipus: "Jika tuan percaya dengan segenap hati, boleh." Jawabnya: "Aku percaya, bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah."]
8:38 Lalu orang Etiopia itu menyuruh menghentikan kereta itu, dan keduanya turun ke dalam air, baik Filipus maupun sida-sida itu, dan Filipus membaptis dia.
8:39 Dan setelah mereka keluar dari air, Roh Tuhan tiba-tiba melarikan Filipus dan sida-sida itu tidak melihatnya lagi. Ia meneruskan perjalanannya dengan sukacita.
8:40 Tetapi ternyata Filipus ada di Asdod. Ia berjalan melalui daerah itu dan memberitakan Injil di semua kota sampai ia tiba di Kaisarea.

Tuhan Yesus m