Translate

3 Des 2017

Ibadah Raya 3 Desember 2017. ESTER 8: BERPACU DENGAN WAKTU.



Ibadah Raya 3 Desember 2017.
BERPACU DENGAN WAKTU.

Est fs 8 ini saya beri tema “Berpacu dengan waktu”
Karena fasal 8 ini mengisahkan tentang waktu dimana surat edaran yang berisi tentang pemusnaan bangsa Yahudi yang ditetapkan jatuh pada tanggal 13 bulan Adar, surat ini sudah beredar diseluruh wilayah kerajaan raja Ahasyiweros dari India sampai dengan Etiopia yang meliputi 127 daerah. 
        Waktu pelaksanaan pembunuhan masal itu segera terjadi, dan ini yang menjadi beban pikiran Ester. Nyawanya dan nyawa seluruh bangsa Yahudi masih terancam, karena surat edaran itu masih berlaku, sebab surat edaran itu ditulis atas nama raja dan dimeterai dengan cincin raja tidak dapat ditarik kembali. 

Est 8:1-8
8:1 Pada hari itu juga raja Ahasyweros mengaruniakan harta milik Haman, seteru orang Yahudi, kepada Ester, sang ratu, dan Mordekhai masuk menghadap raja, karena Ester telah memberitahukan apa pertalian Mordekhai dengan dia.
8:2 Maka raja mencabut cincin meterai yang diambil dari pada Haman, lalu diserahkannya kepada Mordekhai; dan Mordekhai diangkat oleh Ester menjadi kuasa atas harta milik Haman.
8:3 Kemudian Ester berkata lagi kepada raja sambil sujud pada kakinya dan menangis memohon karunianya, supaya dibatalkannya maksud jahat Haman, orang Agag itu, serta rancangan yang sudah dibuatnya terhadap orang Yahudi.
8:4 Maka raja mengulurkan tongkat emas kepada Ester, lalu bangkitlah Ester dan berdiri di hadapan raja,
8:5 serta sembahnya: "Jikalau baik pada pemandangan raja dan jikalau hamba mendapat kasih raja, dan hal ini kiranya dipandang benar oleh raja dan raja berkenan kepada hamba, maka hendaklah dikeluarkan surat titah untuk menarik kembali surat-surat yang berisi rancangan Haman bin Hamedata, orang Agag itu, yang ditulisnya untuk membinasakan orang Yahudi di dalam semua daerah kerajaan.
8:6 Karena bagaimana hamba dapat melihat malapetaka yang menimpa bangsa hamba dan bagaimana hamba dapat melihat kebinasaan sanak saudara hamba?"
8:7 Maka jawab raja Ahasyweros kepada Ester, sang ratu, serta kepada Mordekhai, orang Yahudi itu: "Harta milik Haman telah kukaruniakan kepada Ester, dan Haman sendiri telah disulakan pada tiang karena ia sudah mengacungkan tangannya kepada orang Yahudi.
8:8 Tuliskanlah atas nama raja apa yang kamu pandang baik tentang orang Yahudi dan meteraikanlah surat itu dengan cincin meterai raja, karena surat yang dituliskan atas nama raja dan dimeteraikan dengan cincin meterai raja tidak dapat ditarik kembali."

Perjuangan Ester belum selesai sekalipun Haman sudah disulakan pada tiang yang tingginya 50 hasta. Est 7:8-10

7:8 Ketika raja kembali dari taman istana ke dalam ruangan minum anggur, maka Haman berlutut pada katil tempat Ester berbaring. Maka titah raja: "Masih jugakah ia hendak menggagahi sang ratu di dalam istanaku sendiri?" Tatkala titah raja itu keluar dari mulutnya, maka diselubungi oranglah muka Haman.
7:9 Sembah Harbona, salah seorang sida-sida yang di hadapan raja: "Lagipula tiang yang dibuat Haman untuk Mordekhai, orang yang menyelamatkan raja dengan pemberitahuannya itu, telah berdiri di dekat rumah Haman, lima puluh hasta tingginya." Lalu titah raja: "Sulakan dia pada tiang itu."
7:10 Kemudian Haman disulakan pada tiang yang didirikannya untuk Mordekhai. Maka surutlah panas hati raja.

Sula : Adalah tongkat runcing atau tajam, yang tajam ujungnya. Kegunaan sula ini untuk mengupas kelapa, disamping itu juga untuk menghukum orang. 

Menyula = Menikam (dari pantat sampai ke perut) dengan sula sebagai hukuman.
Cara Haman mati ini mengerikan, mengingatkan kita pada Yudas Iskariot yang juga mati secara tragis.
Menggantung diri dan jatuh terjerembab sehingga perutnya pecah  dan isi perutnya tertumpah keluar.

Kis 1:16-18
1:16 "Hai saudara-saudara, haruslah genap nas Kitab Suci, yang disampaikan Roh Kudus dengan perantaraan Daud tentang Yudas, pemimpin orang-orang yang menangkap Yesus itu.
1:17 Dahulu ia termasuk bilangan kami dan mengambil bagian di dalam pelayanan ini."
1:18 -- Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar.

Ada persamaan kedua orang ini, kedua-duanya adalah gambar dari Antikrist.
Haman berencana memusnakan bangsa Yahudi, sedangkan Yudas Iskariot berkhianat dengan menjual gurunya hanya dengan 30 keping uang perak

1 Yoh 2:18-20
2:18 Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.
2:19 Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.
2:20 Tetapi kamu telah beroleh pengurapan dari Yang Kudus, dan dengan demikian kamu semua mengetahuinya.

Waktunya pemusnaan dengan surat edaran yang kedua yang isinya raja mengijinkan orang-orang Yahudi untuk mempertahankan nyawanya, serta mengadakan perlawanan kepada orang / tentara yang bermaksud memusnakan mereka. 

Est 8:10-12
8:10 Maka ditulislah pesan atas nama raja Ahasyweros dan dimeterai dengan cincin meterai raja, lalu dengan perantaraan pesuruh-pesuruh cepat yang berkuda, yang mengendarai kuda kerajaan yang tangkas yang diternakkan di pekudaan, dikirimkanlah surat-surat
8:11 yang isinya: raja mengizinkan orang Yahudi di tiap-tiap kota untuk berkumpul dan mempertahankan nyawanya serta memunahkan, membunuh atau membinasakan segala tentara, bahkan anak-anak dan perempuan-perempuan, dari bangsa dan daerah yang hendak menyerang mereka, dan untuk merampas harta miliknya,
8:12 pada hari yang sama di segala daerah raja Ahasyweros, pada tanggal tiga belas bulan yang kedua belas, yakni bulan Adar.

Antara surat edaran pertama dengan kedua ini waktunya begitu mepet sekali. Kita melihat bagaimana surat edaran itu harus segera dikirim dengan menggunakan orang-orang tangkas. Ayat 10
8:10 Maka ditulislah pesan atas nama raja Ahasyweros dan dimeterai dengan cincin meterai raja, lalu dengan perantaraan pesuruh-pesuruh cepat yang berkuda, yang mengendarai kuda kerajaan yang tangkas yang diternakkan di pekudaan, dikirimkanlah surat-surat

Ini yang dimaksudkan dengan berpacu dengan waktu.
Waktunya sudah begitu sangat singkat sekali, begitu yang dikatakan oleh kitab Why 12:12
12:12 Karena itu bersukacitalah,  hai sorga dan hai kamu sekalian yang diam di dalamnya,  celakalah kamu, hai bumi dan laut!  karena Iblis telah turun kepadamu,  dalam geramnya yang dahsyat,  karena ia tahu, bahwa waktunya sudah singkat."

Iblis tahu waktunya begitu singkat, itu sebabnya dia berusaha sekuat tenaga untuk menghancurkan manusia dengan berbagai cara.
Hari kedatangan Tuhan sudah sangat dekat sekali:
Ibr 10:37
10:37 "Sebab sedikit, bahkan sangat sedikit waktu lagi, dan Ia yang akan datang, sudah akan ada, tanpa menangguhkan kedatangan-Nya.

Why 22:12
22:12 "Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya.
Ester dan seluruh orang Yahudi tertolong tidak jadi dimusnakan, dan itu disebabkan surat edaran kedua dimana ada meterai raja yang telah dikaruniakan kepada Mordekhai.

Est 8:2
8:2 Maka raja mencabut cincin meterai yang diambil dari pada Haman, lalu diserahkannya kepada Mordekhai; dan Mordekhai diangkat oleh Ester menjadi kuasa atas harta milik Haman.
Kesempatan untuk dapat hidup kembali itu bagaikan bergantung pada surat edaran yang distempel dengan cincin raja.

Est 8:8
8:8 Tuliskanlah atas nama raja apa yang kamu pandang baik tentang orang Yahudi dan meteraikanlah surat itu dengan cincin meterai raja, karena surat yang dituliskan atas nama raja dan dimeteraikan dengan cincin meterai raja tidak dapat ditarik kembali."

Hal ini mengingatkan kita pada saat Tuhan Yesus memberi kepercayaan kepada Petrus yaitu dengan memberikan kunci kerajaan Sorga.

Mat 16:19
16:19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

Kunci ini kegunaannya adalah untuk membuka Pintu Sorga.
Pintu Sorga sudah terbuka.
Raja Ahasyiweros telah memberikan cincin kepada Mordekhai dan dengan cincin itu pula telah dipakai untuk menyelamatkan bangsa Yahudi.
Cincin ini cincin meterai. Barang siapa percaya kepada Yesus, dia sudah dimeteraikan dengan Roh Kudus.

Ef 1:13-14

1:13 Di dalam Dia kamu juga -- karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu -- di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.
1:14 Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.

Meterai Roh Kudus ini yang menjadikan kita menjadi anak-anak Allah.
Roma 8:14-17
8:14 Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.
8:15 Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!"
8:16 Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.
8:17 Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.

Waktu Mordekhai menerima cincin raja, dia belum tahu cara menggunakannya. Apakah hanya dipakai saja? Sedangkan pada cincin itu ada kuasa raja.
Begitu banyak orang Kristen yang tidak mengetahui kuasa dalam Roh Kudusnya. Mereka tidak berusaha untuk memperoleh, sedangkan kuasa didalam Roh Kudus itu sangat kita butuhkan.

Kis 1:8
1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Kata kuasa itu bagaikan mandat yang diberikan Tuhan pada kita, sama seperti kegunaan cincin raja yang didalamnya terkandung kuasa yang luar biasa.