Translate

19 Des 2017

Ibadah Natal. 17 Desember 2017.



Ibadah Natal 17 Desember 2017

Pada waktu Aku berkenan, Aku akan menjawab engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau; supaya seluruh umat manusia mengetahui, bahwa Aku, Tuhan, adalah “JURUSELAMATMU “ dan “PENEBUSMU”, yang Maha Kuat, Allah Yakub. Yes 49:8A, 26B.

49:8 A Beginilah firman TUHAN: "Pada waktu Aku berkenan, Aku akan menjawab engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau;                                                49:26B -supaya seluruh umat manusia mengetahui, bahwa Aku, TUHAN, adalah Juruselamatmu dan Penebusmu, Yang Mahakuat, Allah Yakub."

Dua ayat yang kita gabungkan ini membuktikan bahwa Allah yang  kita sembah itu adalah Allah yang Maha Kuat, yang mampu menolong saudara saat mana saudara membutuhkan pertolongan, firman Tuhan berkata: “Pada waktu Aku berkenan Aku akan menjawab engkau, pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau.” Yes 49:8A.

Ayat ini sebenarnya mengacu pada pemulihan.
Pada waktu Aku berkenan = Ini menunjuk waktunya Allah untuk mengadakan pemulihan. Kesediaan Allah untuk memulihan umat-Nya yang pada waktu itu mengalami :
1.- Terkurung, Tuhan berfirman “Keluarlah”!
2.- Yang tadinya kelaparan, Tuhan berfirman “Sekarang tidak pernah  
     kekurangan rumput = pemeliharaan”
3.- Yang tadinya mengalami kesulitan, Tuhan berfirman “Aku akan membuat  
     jalan raya (kemudahan)

Yes 49:9-10
49:9 untuk mengatakan kepada orang-orang yang terkurung: Keluarlah! kepada orang-orang yang ada di dalam gelap: Tampillah! Di sepanjang jalan mereka seperti domba yang tidak pernah kekurangan rumput, dan di segala bukit gundul pun tersedia rumput bagi mereka.
49:10 Mereka tidak menjadi lapar atau haus; angin hangat dan terik matahari tidak akan menimpa mereka, sebab Penyayang mereka akan memimpin mereka dan akan menuntun mereka ke dekat sumber-sumber air.
 
Ada 3 janji pemulihan yang kita dengar dari firman Tuhan:
Pertama:  Janji kelepasan.
Kedua     : Janji pemeliharaan.
Ketiga     : Janji kemudahan.
Yesus lahir didunia ini untuk menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.

Mat 1:21
1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."

Nabi Yesaya pernah menubuatkan tentang tugas yang akan dikerjakan Tuhan Yesus ketika ada dimuka bumi.
Yes 61:1-2
61:1 Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara,
61:2 untuk memberitakan tahun rahmat TUHAN dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung,

Sebagai bukti bahwa Allah itu ingin memulihkan kita yaitu dengan jalan membebaskan kita dari penjara dosa. (Ini yang pertama).

Sebab Firman Allah mengatakan:
Setiap orang yang berbuat dosa, adalah hamba dosa. Yoh 8:34
8:34 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang berbuat dosa, adalah hamba dosa.

Seorang hamba itu perlu pembebasan, dan yang dapat membebaskan kita dari segala dosa kita adalah Firman Tuhan.

Yoh 8:32,36
8:32 dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."
8:36 Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka."

Sekarang kita telah dimerdekakan dari dosa, dan menjadi hamba kebenaran.
Roma 6:16-18
6:16 Apakah kamu tidak tahu, bahwa apabila kamu menyerahkan dirimu kepada seseorang sebagai hamba untuk mentaatinya, kamu adalah hamba orang itu, yang harus kamu taati, baik dalam dosa yang memimpin kamu kepada kematian, maupun dalam ketaatan yang memimpin kamu kepada kebenaran?
6:17 Tetapi syukurlah kepada Allah! Dahulu memang kamu hamba dosa, tetapi sekarang kamu dengan segenap hati telah mentaati pengajaran yang telah diteruskan kepadamu.
6:18 Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran.

Yang kedua:Pemeliharaan.
Yes 49:9B-10

49:9 untuk mengatakan kepada orang-orang yang terkurung: Keluarlah! kepada orang-orang yang ada di dalam gelap: Tampillah! Di sepanjang jalan mereka seperti domba yang tidak pernah kekurangan rumput, dan di segala bukit gundul pun tersedia rumput bagi mereka.
49:10 Mereka tidak menjadi lapar atau haus; angin hangat dan terik matahari tidak akan menimpa mereka, sebab Penyayang mereka akan memimpin mereka dan akan menuntun mereka ke dekat sumber-sumber air.

Kehidupan yang sudah menjadi milik Tuhan itu mendapat janji pemeliharaan dari Tuhan.

Bagaimana cara Tuhan memelihara hidup kita?
Yoh 10:9
10:9 Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.

Maz 23:1-6 Tuhan adalah gembalaku.
Kehidupan yang mau digembalakan itu akan selalu menemukan padang rumput yang hijau. Ini bukti PEMELIHARAAN TUHAN.

Ketiga: KEMUDAHAN:
Yes 49:11
49:11 Aku akan membuat segala gunung-Ku menjadi jalan dan segala jalan raya-Ku akan Kuratakan.

Janji pemulihan yang ketiga ini Tuhan tawarkan suatu kemudahan.
Gunung menjadi jalan: Rintangan halangan dibukakan oleh Tuhan. Seperti doanya raja Daud ketika menghadapi kesulitan.

Maz 25:17
25:17 Lapangkanlah hatiku yang sesak dan keluarkanlah aku dari kesulitanku!

Dalam kesulitan membuat hati menjadi sesak, tapi justru didalam kesesakan itu Tuhan berfirman: Maz 50:15
50:15 Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku." S e l a

Tuhan berjanji akan mengangkat beban dari bahu kita, dan dibebaskan dari keranjang pikulan. Maz 81:7-8
81:7 "Aku telah mengangkat beban dari bahunya, tangannya telah bebas dari keranjang pikulan;
81:8 dalam kesesakan engkau berseru, maka Aku meluputkan engkau; Aku menjawab engkau dalam persembunyian guntur, Aku telah menguji engkau dekat air Meriba. S e l a

Tuhan memberi KELEGAAN: Maz 118:5
118:5 Dalam kesesakan aku telah berseru kepada TUHAN. TUHAN telah menjawab aku dengan memberi kelegaan.
Ada 3 janji pemulihan pada tema Natal 2017 ini yaitu:
Kelepasan – Pemeliharaan dan Kemudahan.
Kita terima janji Tuhan ini dan kita yakin bahwa Dia yang berjanji itu setia dan akan menggenapi janji-Nya.

Ul 26:16-19
26:16 "Pada hari ini TUHAN, Allahmu, memerintahkan engkau melakukan ketetapan dan peraturan ini; lakukanlah semuanya itu dengan setia, dengan segenap hatimu dan segenap jiwamu.
26:17 Engkau telah menerima janji dari pada TUHAN pada hari ini, bahwa Ia akan menjadi Allahmu, dan engkau pun akan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan berpegang pada ketetapan, perintah serta peraturan-Nya, dan mendengarkan suara-Nya.
26:18 Dan TUHAN telah menerima janji dari padamu pada hari ini, bahwa engkau akan menjadi umat kesayangan-Nya, seperti yang dijanjikan-Nya kepadamu, dan bahwa engkau akan berpegang pada segala perintah-Nya,
26:19 dan Ia pun akan mengangkat engkau di atas segala bangsa yang telah dijadikan-Nya, untuk menjadi terpuji, ternama dan terhormat. Maka engkau akan menjadi umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu, seperti yang dijanjikan-Nya."

SELAMAT NATAL TUHAN BESERTA KITA. A M I N.