Translate

12 Nov 2017

Ibadah Pendalaman Alkitab. 10 November 2017. KELUARAN 8 = TULAH KATAK



Ibadah Pendalaman Alkitab. 10 November 2017.

KELUARAN 8 = Tulah katak:
Kel 8:1-15 Bela ke 2.
8:1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Pergilah menghadap Firaun dan katakan kepadanya: Beginilah firman TUHAN: Biarkanlah umat-Ku pergi, supaya mereka beribadah kepada-Ku;
8:2 jika engkau menolak membiarkannya pergi, maka Aku akan menulahi seluruh daerahmu dengan katak.
8:3 Katak-katak akan mengeriap dalam sungai Nil, lalu naik dan masuk ke dalam istanamu dan kamar tidurmu, ya sampai ke dalam tempat tidurmu, ke dalam rumah pegawai-pegawaimu, dan rakyatmu, bahkan ke dalam pembakaran rotimu serta ke dalam tempat adonanmu.
8:4 Katak-katak itu akan naik memanjati engkau, memanjati rakyatmu dan segala pegawaimu."
8:5 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Katakanlah kepada Harun: Ulurkanlah tanganmu dengan tongkatmu ke atas sungai, ke atas selokan dan ke atas kolam, dan buatlah katak-katak bermunculan meliputi tanah Mesir."
8:6 Lalu Harun mengulurkan tangannya ke atas segala air di Mesir, maka bermunculanlah katak-katak, lalu menutupi tanah Mesir.
8:7 Tetapi para ahli itu pun membuat yang demikian juga dengan ilmu-ilmu mantera mereka, sehingga mereka membuat katak-katak bermunculan meliputi tanah Mesir.
8:8 Kemudian Firaun memanggil Musa dan Harun serta berkata: "Berdoalah kepada TUHAN, supaya dijauhkan-Nya katak-katak itu dari padaku dan dari pada rakyatku; maka aku akan membiarkan bangsa itu pergi, supaya mereka mempersembahkan korban kepada TUHAN."
8:9 Kata Musa kepada Firaun: "Silakanlah tuanku katakan kepadaku, bila aku akan berdoa untukmu, untuk pegawaimu dan rakyatmu, supaya katak-katak itu dilenyapkan dari padamu dan dari rumah-rumahmu, dan hanya tinggal di sungai Nil saja."
8:10 Katanya: "Besok." Lalu kata Musa: "Jadilah seperti katamu itu, supaya tuanku mengetahui, bahwa tidak ada yang seperti TUHAN, Allah kami.
8:11 Maka katak-katak itu akan dijauhkan dari padamu, dari rumah-rumahmu, dari pegawai-pegawaimu dan dari rakyatmu; dan hanya akan tinggal di sungai Nil saja."
8:12 Lalu Musa dan Harun keluar meninggalkan Firaun, dan Musa berseru kepada TUHAN karena katak-katak, yang didatangkan-Nya kepada Firaun.
8:13 Dan TUHAN melakukan seperti yang dikatakan Musa, sehingga katak-katak itu mati lenyap dari rumah, dari halaman dan dari ladang.
8:14 Dikumpulkan oranglah bangkai-bangkainya bertumpuk-tumpuk, sehingga tanah itu berbau busuk.
8:15 Tetapi ketika Firaun melihat, bahwa telah terasa kelegaan, ia tetap berkeras hati, dan tidak mau mendengarkan mereka keduanya -- seperti yang telah difirmankan TUHAN.

Katak adalah gambar dari roh-roh najis yang menajiskan manusia:
Apa saja yang tidak dinajiskan, mulai percakapan menjadi najis, perbuatan manusia banyak yang dinajiskan, angan-angan juga menjadi najis, semua dinajiskan oleh roh-roh najis ini.

Dalam kitab Why 16:13 dikatakan tentang katak ini.
16:13 Dan aku melihat dari mulut naga dan dari mulut binatang dan dari mulut nabi palsu itu keluar tiga roh najis yang menyerupai katak.

Kemana saja katak itu pergi?
Hampir semua tempat ada kataknya.
8:3 Katak-katak akan mengeriap dalam sungai Nil, lalu naik dan masuk ke dalam istanamu dan kamar tidurmu, ya sampai ke dalam tempat tidurmu, ke dalam rumah pegawai-pegawaimu, dan rakyatmu, bahkan ke dalam pembakaran rotimu serta ke dalam tempat adonanmu.
8:4 Katak-katak itu akan naik memanjati engkau, memanjati rakyatmu dan segala pegawaimu."

Katak-katak itu ada ditempat tidur.
Tempat tidur bicara soal kesucian dalam pernikahan, ini juga dinajiskan.

Ibr 13:4
13:4 Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.

Masuk kedalam istana = bicara soal pemerintahan. Sering kita dengar ada skandal dalam pemerintahan. Bukan hanya di istana saja ada katak-katak, tapi juga di rumah-rumah para pegawai Firaun = ini berarti kenajisan itu merata sampai kemana-mana, bahkan adonan = dapur juga menjadi najis.

Untuk mengusir katak-katak itu Musa berdoa dengan sungguh-sungguh. Begitu pula jika kita ingin terlepas dari roh-roh najis ini kita harus menyembah Tuhan dengan sungguh-sungguh.
Doa orang yang benar jika disertai dengan sungguh-sungguh hati itu besar kuasanya.

Yak 5:16
5:16 Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

Jangan menganggap ringan dengan roh-roh najis ini.
Katak-katak yang mati itu bangkainya berbau busuk = ini menunjuk suatu perbuatan yang busuk yang tercium dimana-mana.

Pada akhir zaman roh-roh najis ini akan masuk kedalam rumah tangga orang-orang beriman, tapi ini dapat diatasi dengan doa yang sungguh-sungguh yang akan menyelamatkan rumah tangga kita.

BELA KE 3 = KUTU.(Nyamuk)
Kel 8:16-19
8:16 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Katakanlah kepada Harun: Ulurkanlah tongkatmu dan pukulkanlah itu ke debu tanah, maka debu itu akan menjadi nyamuk di seluruh tanah Mesir."
8:17 Lalu mereka berbuat demikian; Harun mengulurkan tangannya dengan tongkatnya dan memukulkannya ke debu tanah, maka nyamuk-nyamuk itu hinggap pada manusia dan pada binatang. Segala debu tanah menjadi nyamuk di seluruh tanah Mesir.
8:18 Para ahli itu pun membuat yang demikian juga dengan ilmu-ilmu manteranya untuk mengadakan nyamuk-nyamuk, tetapi mereka tidak dapat. Demikianlah nyamuk-nyamuk itu hinggap pada manusia dan pada binatang.
8:19 Lalu berkatalah para ahli itu kepada Firaun: "Inilah tangan Allah." Tetapi hati Firaun berkeras, dan ia tidak mau mendengarkan mereka -- seperti yang telah difirmankan TUHAN.

Kutu ini datangnya dari debu yang dipukul oleh tongkat.
Ini terjadi atas segala manusia dan binatang yang ada diseluruh tanah Mesir.
Para ahli sihir tidak berhasil meniru tanda ini, dan mereka mengakui bahwa ini berasal dari kuasa Allah.

Debu tanah ini adalah asal usul dari manusia, karena manusia terbuat dari debu tanah. Kej 2:7
2:7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

Tuhan juga berjanji pada Abraham, nanti keturunanya akan menjadi banyak seperti debu tanah.

Kej 13:16
13:16 Dan Aku akan menjadikan keturunanmu seperti debu tanah banyaknya, sehingga, jika seandainya ada yang dapat menghitung debu tanah, keturunanmu pun akan dapat dihitung juga.

Persoalan debu tanah:
Murid-murid Tuhan mengibaskan debu tanah dari pakaian mereka yang menolak Injil Tuhan.
Mat 10:14
10:14 Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu.

Kis 13:51
13:51 Akan tetapi Paulus dan Barnabas mengebaskan debu kaki mereka sebagai peringatan bagi orang-orang itu, lalu pergi ke Ikonium.

Debu tanah ini merupakan hukuman: Apabila mereka mau terima Firman Allah, maka hukuman itu akan dihindarkan oleh Tuhan, tapi oleh karena tidak mau terima Firman Allah, maka hukuman itu kembali kepada mereka yang menolaknya.

Yusak 7:6 Yusak menaburkan debu pada kepalanya.
7:6 Yosua pun mengoyakkan jubahnya dan sujudlah ia dengan mukanya sampai ke tanah di depan tabut TUHAN hingga petang, bersama dengan para tua-tua orang Israel, sambil menaburkan debu di atas kepalanya.
Ayub 2:12 Teman-teman Ayub menaburkan debu di kepala mereka.
2:12 Ketika mereka memandang dari jauh, mereka tidak mengenalnya lagi. Lalu menangislah mereka dengan suara nyaring. Mereka mengoyak jubahnya, dan menaburkan debu di kepala terhadap langit.

Debu tanah merupakan gambar kedukaan.
Kutu menyebabkan manusia gatal-gatal.
Hukuman Allah terhadap manusia menyebabkan manusia gatal-gatal = tidak tenang. Hukuman itu juga merupakan kuasa Allah.

Ayub 1:6-12
1:6 Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah menghadap TUHAN dan di antara mereka datanglah juga Iblis.
1:7 Maka bertanyalah TUHAN kepada Iblis: "Dari mana engkau?" Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: "Dari perjalanan mengelilingi dan menjelajah bumi."
1:8 Lalu bertanyalah TUHAN kepada Iblis: "Apakah engkau memperhatikan hamba-Ku Ayub? Sebab tiada seorang pun di bumi seperti dia, yang demikian saleh dan jujur, yang takut akan Allah dan menjauhi kejahatan."
1:9 Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: "Apakah dengan tidak mendapat apa-apa Ayub takut akan Allah?
1:10 Bukankah Engkau yang membuat pagar sekeliling dia dan rumahnya serta segala yang dimilikinya? Apa yang dikerjakannya telah Kauberkati dan apa yang dimilikinya makin bertambah di negeri itu.
1:11 Tetapi ulurkanlah tangan-Mu dan jamahlah segala yang dipunyainya, ia pasti mengutuki Engkau di hadapan-Mu."
1:12 Maka firman TUHAN kepada Iblis: "Nah, segala yang dipunyainya ada dalam kuasamu; hanya janganlah engkau mengulurkan tanganmu terhadap dirinya." Kemudian pergilah Iblis dari hadapan TUHAN.

Selama Allah memagari (menudungi), maka tidak ada bahaya maut mengancamnya. Tetapi setelah Allah tidak memagari lagi, maka sebentar itu juga Setan akan menyerang / merampas harta benda dan segalanya

Untuk orang yang melawan Tuhan, maka hukumannya adalah hatinya akan bertambah keras, tetapi kepada orang yang mengasihi Tuhan maka akan membawa orang itu semakin dekat lagi dengan Tuhan.