Translate

21 Mei 2016

Ibadah Pendalaman Alkitab. Penglihatan Ke 8: Empat Kereta




Ibadah Pendalaman Alkitab. 20 Mei 2016
PENGLIHATAN KE 8 : EMPAT KERETA.

Zac 6:1-8
6:1 Aku melayangkan mataku pula, maka aku melihat: tampak keluar empat kereta dari antara dua gunung. Adapun gunung-gunung itu adalah gunung-gunung tembaga.
6:2 Kereta pertama ditarik oleh kuda merah, kereta kedua oleh kuda hitam.
6:3 Kereta ketiga oleh kuda putih, dan kereta keempat oleh kuda yang berbelang-belang dan berloreng-loreng.
6:4 Berbicaralah aku kepada malaikat yang berbicara dengan aku itu: "Apakah arti semuanya ini, tuanku?"
6:5 Berbicaralah malaikat itu kepadaku: "Semuanya ini keluar ke arah keempat mata angin, sesudah mereka menghadap kepada Tuhan seluruh bumi."
6:6 Yang ditarik oleh kuda hitam itu keluar ke Tanah Utara; yang putih itu keluar ke arah barat; yang berbelang-belang itu keluar ke Tanah Selatan;
6:7 dan yang merah itu keluar, gelisah untuk pergi, hendak menjelajahi bumi. Lalu berkatalah ia: "Pergilah, jelajahilah bumi!" Maka mereka menjelajahi bumi.
6:8 Kemudian berteriaklah ia kepadaku: "Lihat, mereka yang keluar ke Tanah Utara itu akan menenteramkan roh-Ku di Tanah Utara."

GUNUNG TEMBAGA:
Tembaga menunjuk hukuman Allah.
Dua benda ini ada didaerah halaman Tabernakel:
1.- Mezbah Korban Bakaran (MKB) terbuat dari kayu yang dibungkus tembaga.
 MKB = menunjuk korban Kristus dikayu salib. Segala dosa ditimpakan pada pribadi Tuhan, sebab itu Tuhan Yesus harus dihukum. Setelah itu dosa-dosa kita harus dikuburkan didalam Kolam Pembasuhan, yang berarti baptisan air.
Dosa-dosa itu dihukum dan dikuburkan, menunjuk kematian dan kebangkitan bersama Kristus.

2.- Kolam Pembasuhan dalam Tabernakel dibuat dari tembaga.
Tembaga itu sebenarnya adalah alat untuk cermin bagi para wanita Israel, setelah melewati proses penggosokan sampai mengkilap. Para wanita itu memberikan tembaganya, supaya alat kolam pembasuhan itu segera dibuat. Ini menunjuk penyerahan diri dari para wanita supaya segera dapat beribadah pada Tuhan.

Kuda itu akan berjalan secepat burung nazar. Suatu kecepatan yang begitu hebat. Ini berarti hukuman Allah tidak berlambat-lambat lagi, akan berjalan secepatnya. Sebab itu kita harus berjaga-jaga.

Dua gunung dari tembaga, ini menunjuk hukuman Allah yang besar dan berlipat kali ganda yang akan berlaku atas dunia ini.
Empat kereta yang ditarik empat kuda:
Menunjuk empat Roh dari Allah yang bertugas menyampaikan maksud dan kehendak Allah atas bumi.

Kereta dan kuda menjelajah ke seluruh muka bumi, tidak ada satu yang tidak terpijak. Ini adalah suatu perkara yang hebat.

Yer 4:13
4:13 Lihat, ia naik seperti awan-awan, keretanya kencang seperti angin badai, kudanya lebih tangkas dari pada burung rajawali. Celakalah kita, sebab kita dibinasakan!

Kalau kereta dan kuda mulai berjalan, pada mulut manusia hanya ada seruan, celaka kita akan binasa.
Apa yang tidak dimengerti oleh Zakharia, diterangkan oleh Malaikat.          
Bahwa itu adalah 4 angin di hadapan tahta Allah yang diatas menjelajahi ke bumi.  Angin itu adalah angin dari Allah yang akan bertiup dengan kekuatan yang besar.

Kis 2:1-4
2:1 Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat.
2:2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;
2:3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.
2:4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

Kalau nubuat Zakharia digenapkan, ini jauh lebih hebat dari pengalaman Kristen manapun, sebab itu merupakan kedasyatan dari tiupan Roh Kudus yang merata ke seluruh bumi. Dulu hanya terjadi di suatu tempat di Yerusalem, tetapi nanti akan terjadi kegerakan masal yang terjadi diseluruh muka bumi.

Kalau Allah melepaskan angin, maka lautan bangsa didunia akan bergelora. Demikian pula kalau Roh Allah bekerja sedemikian rupa, maka siapa yang menerima Roh Kudus dan Firman Tuhan akan mengalami keubahan luar biasa.

Roh Kudus dan Firman Tuhan tidak dapat dipisahkan  dan merupakan utusan Allah sekarang. Roh Kudus mengambil bagian dari pekerjaan atau merampungkan tugasNya pada bagian-bagian akhir dari zaman ini.

Kita sekarang hidup pada zaman akhir, dimana Roh Kudus akan segera menamatkan pekerjaan-Nya.

Pada zaman Roh Kudus, satu waktu Tuhan akan menghembus dunia seperti kereta yang ditarik kuda menjelajah ke seluruh bumi. Ini merupakan hukuman Allah yang segera akan dijatuhkan.  Hukuman ini begitu hebat, sebab zaman Roh Kudus adalah yang paling akhir yang terjadi menimpa dunia ini, setelah itu kita akan memasuki kerajaan 1000 tahun damai Sabat yang besar.

Persoalan hari Sabat:
Mat 12:1-21
12:1 Pada waktu itu, pada hari Sabat, Yesus berjalan di ladang gandum. Karena lapar, murid-murid-Nya memetik bulir gandum dan memakannya.
12:2 Melihat itu, berkatalah orang-orang Farisi kepada-Nya: "Lihatlah, murid-murid-Mu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat."
12:3 Tetapi jawab Yesus kepada mereka: "Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar,
12:4 bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah dan bagaimana mereka makan roti sajian yang tidak boleh dimakan, baik olehnya maupun oleh mereka yang mengikutinya, kecuali oleh imam-imam?
12:5 Atau tidakkah kamu baca dalam kitab Taurat, bahwa pada hari-hari Sabat, imam-imam melanggar hukum Sabat di dalam Bait Allah, namun tidak bersalah?
12:6 Aku berkata kepadamu: Di sini ada yang melebihi Bait Allah.
12:7 Jika memang kamu mengerti maksud firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, tentu kamu tidak menghukum orang yang tidak bersalah.
12:8 Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."
12:9 Setelah pergi dari sana, Yesus masuk ke rumah ibadat mereka.
12:10 Di situ ada seorang yang mati sebelah tangannya. Mereka bertanya kepada-Nya: "Bolehkah menyembuhkan orang pada hari Sabat?" Maksud mereka ialah supaya dapat mempersalahkan Dia.
12:11 Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Jika seorang dari antara kamu mempunyai seekor domba dan domba itu terjatuh ke dalam lobang pada hari Sabat, tidakkah ia akan menangkapnya dan mengeluarkannya?
12:12 Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba? Karena itu boleh berbuat baik pada hari Sabat."
12:13 Lalu kata Yesus kepada orang itu: "Ulurkanlah tanganmu!" Dan ia mengulurkannya, maka pulihlah tangannya itu, dan menjadi sehat seperti tangannya yang lain.
12:14 Lalu keluarlah orang-orang Farisi itu dan bersekongkol untuk membunuh Dia.
12:15a Tetapi Yesus mengetahui maksud mereka lalu menyingkir dari sana.
12:15b Banyak orang mengikuti Yesus dan Ia menyembuhkan mereka semuanya.
12:16 Ia dengan keras melarang mereka memberitahukan siapa Dia,
12:17 supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya:
12:18 "Lihatlah, itu Hamba-Ku yang Kupilih, yang Kukasihi, yang kepada-Nya jiwa-Ku berkenan; Aku akan menaruh roh-Ku ke atas-Nya, dan Ia akan memaklumkan hukum kepada bangsa-bangsa.
12:19 Ia tidak akan berbantah dan tidak akan berteriak dan orang tidak akan mendengar suara-Nya di jalan-jalan.
12:20 Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskan-Nya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkan-Nya, sampai Ia menjadikan hukum itu menang.
12:21 Dan pada-Nyalah bangsa-bangsa akan berharap."

1.- Pada hari Sabat, Tuhan Yesus mengajak murid-murid ke ladang untuk menikmati hasil ladang. Murid-murid memetik mayang gandum, kemudian menggilasnya dengan tangan, lalu dimakan.
Kalau orang-orang Parisi mencoba mencela murid-murid Tuhan, Yesus mengadakan pembelaan.

2.- Pada hari Sabat yang sama Yesus menyembuhkan seorang yang lumpuh tangan kanannya didalam Rumah Allah.
Sabat menunjuk perhentian, supaya manusia jangan lapar rohani dan jangan menderita sakit rohani.
Orang yang lapar tidak mengalami perhentian. Orang yang lapar secara rohani hatinya tidak pernah mendapat kepuasan dalam firman Tuhan.
Orang yang sakit seperti yang lumpuh tangan sebelahnya, tentu tidak mendapatkan hasil sepenuhnya dari pekerjaannya. Orang yang sakit rohaninya tidak akan menikmati persekutuan yang lebih mantap dengan Tuhan.

Mati tangan sebelah: Ini bagaikan tidak dapat berdoa dengan baik.
Sebab orang yang berdoa itu mengangkat kedua tangannya.
1 Tim 2:8
2:8 Oleh karena itu aku ingin, supaya di mana-mana orang laki-laki berdoa dengan menadahkan tangan yang suci, tanpa marah dan tanpa perselisihan.

Kalau Tuhan menyembuhkan orang yang sakit mati tangan sebelah ini disembuhkan dalam Kaabah. Maksudnya supaya didalam gereja ada kegiatan penyembahan sepenuh, dan tidak menyimpan amarah dalam hatinya.

Kesimpulan dalam Matius 12 ini yaitu:
Kalau dalam gereja Tuhan itu ada makanan Firman Tuhan yang memuaskan dan tidak ada dosa, sehingga terjadi perhubungan dengan Tuhan sepenuh.  Semuanya itu akan menyebabkan hati orang Kristen itu mendapat perhentian dan ada ketentraman hati sepenuh. Sebab itu janganlah kita menolak Firman Tuhan dan Roh Kudus yang mendatangkan damai dalam hati kita.

EMPAT MATA ANGIN:
Dan 7:1-8
7:1 Pada tahun pertama pemerintahan Belsyazar, raja Babel, bermimpilah Daniel dan mendapat penglihatan-penglihatan di tempat tidurnya. Lalu dituliskannya mimpi itu, dan inilah garis besarnya:
7:2 Berkatalah Daniel, demikian: "Pada malam hari aku mendapat penglihatan, tampak keempat angin dari langit mengguncangkan laut besar,
7:3 dan empat binatang besar naik dari dalam laut, yang satu berbeda dengan yang lain.
7:4 Yang pertama rupanya seperti seekor singa, dan mempunyai sayap burung rajawali; aku terus melihatnya sampai sayapnya tercabut dan ia terangkat dari tanah dan ditegakkan pada dua kaki seperti manusia, dan kepadanya diberikan hati manusia.
7:5 Dan tampak ada seekor binatang yang lain, yang kedua, rupanya seperti beruang; ia berdiri pada sisinya yang sebelah, dan tiga tulang rusuk masih ada di dalam mulutnya di antara giginya. Dan demikianlah dikatakan kepadanya: Ayo, makanlah daging banyak-banyak.
7:6 Kemudian aku melihat, tampak seekor binatang yang lain, rupanya seperti macan tutul; ada empat sayap burung pada punggungnya, lagipula binatang itu berkepala empat, dan kepadanya diberikan kekuasaan.
7:7 Kemudian aku melihat dalam penglihatan malam itu, tampak seekor binatang yang keempat, yang menakutkan dan mendahsyatkan, dan ia sangat kuat. Ia bergigi besar dari besi; ia melahap dan meremukkan, dan sisanya diinjak-injaknya dengan kakinya; ia berbeda dengan segala binatang yang terdahulu; lagipula ia bertanduk sepuluh.
7:8 Sementara aku memperhatikan tanduk-tanduk itu, tampak tumbuh di antaranya suatu tanduk lain yang kecil, sehingga tiga dari tanduk-tanduk yang dahulu itu tercabut; dan pada tanduk itu tampak ada mata seperti mata manusia dan mulut yang menyombong.

Kalau Roh itu ditiup keseluruh muka bumi, maka bangsa-bangsa bagaikan gelombang yang tidak dapat diam dan akan bergelora dengan hebat. Justru waktu itu kesempatan timbulnya segala macam kejahatan.
Roh Tuhan akan bekerja, bukan hanya untuk menolong umat Allah saja, tapi juga akan menimbulkan kejahatan-kejahatan yang masih belum kelihatan.

Kejahatan itu akan mencapai puncaknya yang sangat mengerikan, digambarkan sebagai 4 binatang buas, yaitu:
1.- Singa
2.- Beruang
3.- Harimau kumbang
4.- Binatang yang paling kuat, giginya seperti besi memakan habis manusa  didunia.

Hal ini tidak dapat dicegah, dan nubuatannya ialah terdapat dalam:
Why 13:1-6
13:1 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.
13:2 Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar.
13:3 Maka tampaklah kepadaku satu dari kepala-kepalanya seperti kena luka yang membahayakan hidupnya, tetapi luka yang membahayakan hidupnya itu sembuh. Seluruh dunia heran, lalu mengikut binatang itu.
13:4 Dan mereka menyembah naga itu, karena ia memberikan kekuasaan kepada binatang itu. Dan mereka menyembah binatang itu, sambil berkata: "Siapakah yang sama seperti binatang ini? Dan siapakah yang dapat berperang melawan dia?"
13:5 Dan kepada binatang itu diberikan mulut, yang penuh kesombongan dan hujat; kepadanya diberikan juga kuasa untuk melakukannya empat puluh dua bulan lamanya.
13:6 Lalu ia membuka mulutnya untuk menghujat Allah, menghujat nama-Nya dan kemah kediaman-Nya dan semua mereka yang diam di sorga.

Seekor binatang yang keluar dari laut. Dan binatang tersebut merupakan kombinasi dari 4 binatang dalam Zakharia. Binatang ini menunjuk pada Antikrist yang besar dan begitu berkuasa, sehingga manusia menyembahnya dan sangat takut kepadanya.

Sekarang ini sudah bekerja dalam bentuk Antikrist-Antikrist yang kecil yang banyak menipu orang-orang Kristen, supaya hatinya lengah dan terpikat pada dunia, mengabaikan Firman Tuhan dan tidak mau menyembah Allah. Manusia-manusia akan bertambah sombong, sibuk dan terpengaruh oleh kesibukan-kesibukan dunia, apakah itu urusan poltik, sosial, ekonomi dan lain-lainnya, sehingga hatinya tidak sempat menyembah Allah. Inilah Antikrist-Antikrist kecil.

1 Yoh 2:18-20
2:18 Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.
2:19 Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.
2:20 Tetapi kamu telah beroleh pengurapan dari Yang Kudus, dan dengan demikian kamu semua mengetahuinya.

Sekarang ini sebenarnya Roh Allah sudah ditiupkan dan Antikrist-Antikrist kecil sudah timbul. Kalau kita ada Roh yang benar, yaitu tiupan Roh Kudus, kita tidak akan tertipu dan Roh Kudus itu akan mengajar kita menyembah Allah.

Why 7:1-4                                                             7:1 Kemudian dari pada itu aku melihat empat malaikat berdiri pada keempat penjuru bumi dan mereka menahan keempat angin bumi, supaya jangan ada angin bertiup di darat, atau di laut atau di pohon-pohon.
7:2 Dan aku melihat seorang malaikat lain muncul dari tempat matahari terbit. Ia membawa meterai Allah yang hidup; dan ia berseru dengan suara nyaring kepada keempat malaikat yang ditugaskan untuk merusakkan bumi dan laut,
7:3 katanya: "Janganlah merusakkan bumi atau laut atau pohon-pohon sebelum kami memeteraikan hamba-hamba Allah kami pada dahi mereka!"
7:4 Dan aku mendengar jumlah mereka yang dimeteraikan itu: seratus empat puluh empat ribu yang telah dimeteraikan dari semua suku keturunan Israel.

Kepada anak-anak Tuhan diberi kesempatan, jangan membuang waktu dengan sibuk dengan perkara-perkara daging dan dunia. Sekarang ini Tuhan masih menahan 4 mata angin yang besar untuk memberi kesempatan pada orang-orang pilihan dimeterai pada dahinya, supaya jika nanti terjadi sesuatu yang hebat didunia ini, orang-orang pilihan ini mendapatkan perlindungan Allah dan tidak dapat diganggu gugat.

Pada hari-hari yang akan datang, kejahatan-kejahatan dan pembunuhan-pembunuhan akan terjadi luar biasa.
Andaikan terjadi perang dunia ke 3, maka senjata-senjata yang dipakai bukan senjata-senjata biasa, tapi senjata yang memakai tenaga nuklir dan senjata-senjata yang paling hebat, sehingga 1/3 manusia dibumi akan binasa.
144.000 adalah inti dari gereja Tuhan yang besar. Ini berarti Tuhan tidak menghendaki satu dari orang-orang pilihan-Nya akan terhilang.

Kalau Tuhan memberi waktu, berarti Ia memberi kesempatan pada kita untuk masuk dalam rencana Allah dalam waktu yang singkat. Kesempatan ini harus kita pergunakan sungguh-sungguh supaya kita menjadi orang-orang pilihan.

Why 14:4-5
14:4 Mereka adalah orang-orang yang tidak mencemarkan dirinya dengan perempuan-perempuan, karena mereka murni sama seperti perawan. Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Mereka ditebus dari antara manusia sebagai korban-korban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba itu.
14:5 Dan di dalam mulut mereka tidak terdapat dusta; mereka tidak bercela.

Kehidupan anak-anak Tuhan yang tidak ikut pada tingkah laku dunia. Mereka memberikan hidupnya untuk disucikan oleh darah Tuhan, oleh firman Tuhan dan Roh Kudus. Hidupnya lebih hari lebih dekat dengan Tuhan dan merupakan kehidupan yang sangat dikasihani oleh Tuhan.
Tidak mencemarkan diri dengan perempuan.

Perempuan menunjuk hawa nafsu daging.
Dunia ini digambarkan sebagai perempuan jalang yang besar, penuh dengan hawa nafsu daging dan dosa sex, pergaulan yang bebas dan dosa-dosa yang mengerikan dan lain-lainnya.

Roh yang dilepas oleh setan akan bekerja dengan hebat, supaya kejatuhan itu semaksimal mungkin. Apa yang kita lihat sekarang belum seperti nanti yang akan terjadi. sebab itu berusahalah kita menjadi orang-orang pilihan yang dimeteraikan oleh firman Tuhan. Rohani kita menjadi stabil, dan Roh Kudus menjadi permanent dalam kehidupan kita, dan kita akan mendapat perlindungan dari Tuhan.

EMPAT KUDA:
Kuda yang berjalan kesebelah utara menaruh Roh Allah.
Yang menuju utara adalah kuda yang berwarna hitam, diiukuti oleh kuda yang berwarna putih. Mustahil kuda hitam menaruh Roh Allah.
Warna-warna dalam Alkitab menunjuk perkara-perkara yang hebat.

Why 6:2-8
6:2 Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda putih dan orang yang menungganginya memegang sebuah panah dan kepadanya dikaruniakan sebuah mahkota. Lalu ia maju sebagai pemenang untuk merebut kemenangan.
6:3 Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang kedua, aku mendengar makhluk yang kedua berkata: "Mari!"
6:4 Dan majulah seekor kuda lain, seekor kuda merah padam dan orang yang menungganginya dikaruniakan kuasa untuk mengambil damai sejahtera dari atas bumi, sehingga mereka saling membunuh, dan kepadanya dikaruniakan sebilah pedang yang besar.
6:5 Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang ketiga, aku mendengar makhluk yang ketiga berkata: "Mari!" Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hitam dan orang yang menungganginya memegang sebuah timbangan di tangannya.
6:6 Dan aku mendengar seperti ada suara di tengah-tengah keempat makhluk itu berkata: "Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu."
6:7 Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang keempat, aku mendengar suara makhluk yang keempat berkata: "Mari!"
6:8 Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hijau kuning dan orang yang menungganginya bernama Maut dan kerajaan maut mengikutinya. Dan kepada mereka diberikan kuasa atas seperempat dari bumi untuk membunuh dengan pedang, dan dengan kelaparan dan sampar, dan dengan binatang-binatang buas yang di bumi.

Janganlah kehidupan Kristen yang dipenuhi Roh Kudus gampang putus asa, menyerah kalah dan putus harapan, kalau terkena pencobaan. Janji Allah melalui kuasa Roh Kudus yaitu satu kali menang akan tetap menang. Tidak kalah, dan pantang mundur walaupun menghadapi peperangan-peperangan krisis ekonomi dan maut sekalipun. Sebab janji Allah adalah kemenangan yang mutlak.

APA YANG DISEBELAH UTARA?
Zak 2:6-7
2:6 Ayo, ayo, larilah dari Tanah Utara, demikianlah firman TUHAN; sebab ke arah keempat mata angin Aku telah menyerakkan kamu, demikianlah firman TUHAN.
2:7 Ayo, luputkanlah dirimu ke Sion, hai, penduduk Babel!

Keluarlah dari Babel yag terletak di sebelah utara. Keluar dari kenajisan Babel, supaya jangan terkena hukuman bersama Babel.
Kehidupan Kristen jangan sama dengan orang dunia yang hanya mengenal kesenangan-kesenangan daging, tidak memikirkan keselamatan jiwanya dan hidup didalam dosa.

Yes 14:4-7
 14:4 maka engkau akan memperdengarkan ejekan ini tentang raja Babel, dan berkata: "Wah, sudah berakhir si penindas sudah berakhir orang lalim!
14:5 TUHAN telah mematahkan tongkat orang-orang fasik, gada orang-orang yang memerintah,
14:6 yang memukul bangsa-bangsa dengan gemas, dengan pukulan yang tidak putus-putusnya; yang menginjak-injak bangsa-bangsa dalam murka dengan tiada henti-hentinya.
14:7 Segenap bumi sudah aman dan tenteram; orang bergembira dengan sorak-sorai.

Raja Babel sudah dipatahkan kekuasaannya, dan Tuhan akan memberi perhentian kepada kita dari derita, sengsara, kegelisahan dan perhambaan.
Raja Babel ini adalah Lucifer

Yes14:12
14:12 "Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!

Raja Babel, yaitu Lucifer mau menyamai Allah dan berkedudukan disebelah Utara.

Yes 14:13-14
14:13 Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara.
14:14 Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi!

Kuda putih berarti kemenangan yang mutlak, lalu diukuti oleh bahaya peperangan, kelaparan dan maut yang hebat.
Kita harus menembusi waktu-waktu ini. Tapi Allah berjanji bahwa yang mengacaukan dunia ini akan ditaklukan. Dan janji kemenangan untuk kita.
Amin.

Tuhan Yesua memberkati.