Translate

19 Feb 2020

Ibadah Raya 16 Februari 2020. PENUTUP KISAH PARA RASUL


Ibadah Raya 16 Februari 2020.

PENUTUP KISAH PARA RASUL:
Kis 28:25, 26, 27
28:25 Maka bubarlah pertemuan itu dengan tidak ada kesesuaian di antara mereka. Tetapi Paulus masih mengatakan perkataan yang satu ini: "Tepatlah firman yang disampaikan Roh Kudus kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi Yesaya:
28:26 Pergilah kepada bangsa ini, dan katakanlah: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap.
28:27 Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka.
28:28 Sebab itu kamu harus tahu, bahwa keselamatan yang dari pada Allah ini disampaikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan mendengarnya."

Ayat ini dikutib dari kitab nabi Yes 6:9-10
6:9 Kemudian firman-Nya: "Pergilah, dan katakanlah kepada bangsa ini: Dengarlah sungguh-sungguh, tetapi mengerti: jangan! Lihatlah sungguh-sungguh, tetapi menanggap: jangan!
6:10 Buatlah hati bangsa ini keras dan buatlah telinganya berat mendengar dan buatlah matanya melekat tertutup, supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik dan menjadi sembuh."

Pada waktu itu Yesaya diutus oleh Allah untuk pergi kepada bangsa Israel, suatu bangsa yang tegar tengkuk dan keras hatinya, sehingga mereka tidak mau menerima FA yang disampaikan oleh nabi Yesaya: telinga mereka telah menjadi berat, dan mata mereka telah menutup/melekat, supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik dan menjadi sembuh. 

Sasaran FA itu pertama adalah TELINGA, bagaimana telinga kita pada saat menangkap FA.
Tuhan Yesus berfirman: Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar! (Mat 11:15)
Jangan sampai telinga dan mata ini tidak berfungsi. Mark 8:18-21
8:18 Kamu mempunyai mata, tidakkah kamu melihat dan kamu mempunyai telinga, tidakkah kamu mendengar? Tidakkah kamu ingat lagi,
8:19 pada waktu Aku memecah-mecahkan lima roti untuk lima ribu orang itu, berapa bakul penuh potongan-potongan roti kamu kumpulkan?" Jawab mereka: "Dua belas bakul."
8:20 "Dan pada waktu tujuh roti untuk empat ribu orang itu, berapa bakul penuh potongan-potongan roti kamu kumpulkan?" Jawab mereka: "Tujuh bakul."
8:21 Lalu kata-Nya kepada mereka: "Masihkah kamu belum mengerti?"

Orang yang telinga dan matanya tidak berfungsi, ini disebut sebagai kaum pembrontak. Yeh 12:1-2
12:1 Lalu datanglah firman TUHAN kepadaku:
12:2 "Hai anak manusia, engkau tinggal di tengah-tengah kaum pemberontak, yang mempunyai mata untuk melihat, tetapi tidak melihat dan mempunyai telinga untuk mendengar, tetapi tidak mendengar, sebab mereka adalah kaum pemberontak.

Yer 5:23
5:23 Tetapi bangsa ini mempunyai hati yang selalu melawan dan memberontak; mereka telah menyimpang dan menghilang.

Orang-orang Yahudi di Roma ini juga seperti orang-orang Yahudi ditempat lain, mereka sebagian mau terima Yesus, tapi sebagian tetap tidak mau percaya, sekalipun rasul Paulus sudah mencoba untuk menjelaskan siapa Yesus itu sebenarnya. Kis 28:23-24
28:23 Lalu mereka menentukan suatu hari untuk Paulus. Pada hari yang ditentukan itu datanglah mereka dalam jumlah besar ke tempat tumpangannya. Ia menerangkan dan memberi kesaksian kepada mereka tentang Kerajaan Allah; dan berdasarkan hukum Musa dan kitab para nabi ia berusaha meyakinkan mereka tentang Yesus. Hal itu berlangsung dari pagi sampai sore.
28:24 Ada yang dapat diyakinkan oleh perkataannya, ada yang tetap tidak percaya.

Rasul Paulus adalah seorang yang terbeban untuk menyelamatkan bangsanya, sebelum ia pergi kepada bangsa kafir. 
Kerinduan hati untuk memperkenalkan Allah kepada bangsanya.

Kis 28:17-20, 28
28:17 Tiga hari kemudian Paulus memanggil orang-orang terkemuka bangsa Yahudi dan setelah mereka berkumpul, Paulus berkata: "Saudara-saudara, meskipun aku tidak berbuat kesalahan terhadap bangsa kita atau terhadap adat istiadat nenek moyang kita, namun aku ditangkap di Yerusalem dan diserahkan kepada orang-orang Roma.
28:18 Setelah aku diperiksa, mereka bermaksud melepaskan aku, karena tidak terdapat suatu kesalahan pun padaku yang setimpal dengan hukuman mati.
28:19 Akan tetapi orang-orang Yahudi menentangnya dan karena itu terpaksalah aku naik banding kepada Kaisar, tetapi bukan dengan maksud untuk mengadukan bangsaku.
28:20 Itulah sebabnya aku meminta, supaya aku melihat kamu dan berbicara dengan kamu, sebab justru karena pengharapan Israellah aku diikat dengan belenggu ini."

28:28 Sebab itu kamu harus tahu, bahwa keselamatan yang dari pada Allah ini disampaikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan mendengarnya."

Sebab bangsa yang disebut bahagia adalah bangsa yang Allahnya ialah Tuhan.
Maz 33:12
33:12 Berbahagialah bangsa, yang Allahnya ialah TUHAN, suku bangsa yang dipilih-Nya menjadi milik-Nya sendiri!

Adakah kerinduan dalam hati kita seperti yang ada pada diri rasul Paulus?
Tuhan ingin agar kita menjadi umat-Nya yang mau selalu mendengarkan suara-Nya, agar kita berbahagia. Yer 7:21-28
7:21 Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: "Tambah sajalah korban bakaranmu kepada korban sembelihanmu dan nikmatilah dagingnya!
7:22 Sungguh, pada waktu Aku membawa nenek moyangmu keluar dari tanah Mesir Aku tidak mengatakan atau memerintahkan kepada mereka sesuatu tentang korban bakaran dan korban sembelihan;
7:23 hanya yang berikut inilah yang telah Kuperintahkan kepada mereka: Dengarkanlah suara-Ku, maka Aku akan menjadi Allahmu dan kamu akan menjadi umat-Ku, dan ikutilah seluruh jalan yang Kuperintahkan kepadamu, supaya kamu berbahagia!
7:24 Tetapi mereka tidak mau mendengarkan dan tidak mau memberi perhatian, melainkan mereka mengikuti rancangan-rancangan dan kedegilan hatinya yang jahat, dan mereka memperlihatkan belakangnya dan bukan mukanya.
7:25 Dari sejak waktu nenek moyangmu keluar dari tanah Mesir sampai waktu ini, Aku mengutus kepada mereka hamba-hamba-Ku, para nabi, hari demi hari, terus-menerus,
7:26 tetapi mereka tidak mau mendengarkan kepada-Ku dan tidak mau memberi perhatian, bahkan mereka menegarkan tengkuknya, berbuat lebih jahat dari pada nenek moyang mereka.
7:27 Sekalipun engkau mengatakan kepada mereka segala perkara ini, mereka tidak akan mendengarkan perkataanmu, dan sekalipun engkau berseru kepada mereka, mereka tidak akan menjawab engkau.
7:28 Sebab itu, katakanlah kepada mereka: Inilah bangsa yang tidak mau mendengarkan suara TUHAN, Allah mereka, dan yang tidak mau menerima penghajaran! Ketulusan mereka sudah lenyap, sudah hapus dari mulut mereka."

Tuhan bermaksud  membahagiakan kita, dan jalannya adalah mengikuti seluruh jalan yang diperintahkan kepada kita, tetapi mereka tidak mau. 
Bangsa yang tidak mau mendengar suara Tuhan dan tidak mau menerima pengajaran.

Sebab hati bangsa ini telah menebal dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat dan tertutup.
PERTAMA: HATI YANG MENEBAL.
Hati yang menebal = hati yang mengeras
FA katakan “Jangan keraskan hatimu” Ibn 3:8, 15; Fs 4:7

3:8 janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman pada waktu pencobaan di padang gurun,

3:15 Tetapi apabila pernah dikatakan: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman",

4:7 Sebab itu Ia menetapkan pula suatu hari, yaitu "hari ini", ketika Ia setelah sekian lama berfirman dengan perantaraan Daud seperti dikatakan di atas: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu!"
Orang yang mengeraskan hatinya tidak akan mengalami perhentian.
Ibn 4:5-6

4:5 Dan dalam nas itu kita baca: "Mereka takkan masuk ke tempat perhentian-Ku."
4:6 Jadi sudah jelas, bahwa ada sejumlah orang akan masuk ke tempat perhentian itu, sedangkan mereka yang kepadanya lebih dahulu diberitakan kabar kesukaan itu, tidak masuk karena ketidaktaatan mereka.
Tuhan berjanji akan memberikan hati yang lain dan roh yang lain.

Yeh 11:19-20
11:19 Aku akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru di dalam batin mereka; juga Aku akan menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras dan memberikan mereka hati yang taat,
11:20 supaya mereka hidup menurut segala ketetapan-Ku dan peraturan-peraturan-Ku dengan setia; maka mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allah mereka.

Yeh 18:31 Buangkanlah dari padamu segala durhaka yang kamu buat terhadap Aku dan perbaharuilah hatimu dan rohmu! Mengapakah kamu akan mati, hai kaum Israel?  

Yang kedua:
TELINGA YANG BERAT MENDENGAR:

Kita mohon kepada Tuhan agar diberi telinga yang terbuka untuk mendengarkan suara Tuhan.
Ayub 12:11
12:11 Bukankah telinga menguji kata-kata, seperti langit-langit mencecap makanan?
Kita dianugerahi telinga untuk mendengar, sampai bisa mengerti FA bukan untuk tidak mengerti, seperti yang dikatakan Tuhan Yesus dalam:
Yoh 8:43
8:43 Apakah sebabnya kamu tidak mengerti bahasa-Ku? Sebab kamu tidak dapat menangkap firman-Ku.
Siapa bertelinga hendaklah ia mendengar apa yang dikatakan Roh kepada jemaat. Ini ditulis dalam setiap penutup dari surat yang ditujukan kepada ke 7 sidang di Asia kecil dalam kitab Wahyu.

Why 2:7, 11, 17, 29. Fs 3:6, 13, 22.

MATA YANG MELEKAT TERTUTUP:

Mata kita jangan sampai tidak dibukakan, sebab kalau tidak terbuka itu berarti ada selubung yang menyelubungi mata ini. 2 Kor 3:14-17

3:14 Tetapi pikiran mereka telah menjadi tumpul, sebab sampai pada hari ini selubung itu masih tetap menyelubungi mereka, jika mereka membaca perjanjian lama itu tanpa disingkapkan, karena hanya Kristus saja yang dapat menyingkapkannya.
3:15 Bahkan sampai pada hari ini, setiap kali mereka membaca kitab Musa, ada selubung yang menutupi hati mereka.
3:16 Tetapi apabila hati seorang berbalik kepada Tuhan, maka selubung itu diambil dari padanya.
3:17 Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.

Mata ini harus diberi minyak pelumas, supaya dapat melihat dengan benar.
Why 3:18
3:18 maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat.

Memiliki mata yang terbuka untuk melihat yang benar.

Ketiga hal ini yang Tuhan koreksi atas kehidupan kita pagi ini.
Pertama : Hati yang menebal / mengeras.
Kedua     : Telinga yang berat mendengar.
Ketiga     : Mata yang melekat.

Kiranya Tuhan menyadarkan setiap kita yang mendengarkan FA pagi ini.
Tuhan Yesus memberkati.