Translate

15 Jan 2020

Ibadah P.A. 10 Januari 2020. TETAP HIDUP DALAM KASIH KARUNIA ALLAH.


Ibadah P.A. 10 Januari 2020.
TETAP HIDUP DALAM KASIH KARUNIA ALLAH.
Kis 13:43

13:43 Setelah selesai ibadah, banyak orang Yahudi dan penganut-penganut agama Yahudi yang takut akan Allah, mengikuti Paulus dan Barnabas; kedua rasul itu mengajar mereka dan menasihati supaya mereka tetap hidup di dalam kasih karunia Allah.

Nasehat ini ditujukan kepada orang-orang Yahudi dan penganut agama Yahudi yang 
takut akan Allah.
Setelah mereka menerima pemberitaan rasul Paulus dan Barnabas, mereka menjadi pengikut kedua rasul ini.
Apa yang menyebabkan mereka menjadi pengikut kedua rasul ini?
Kabar yang disampaikan oleh rasul Paulus.
Kabar apa yang disampaikan rasul Paulus?

Paulus menyampaikan tentang bangsa Israel mulai dari zaman perbudakan sampai mengalami kelepasan. Kis 13:17
13:17 Allah umat Israel ini telah memilih nenek moyang kita dan membuat umat itu menjadi besar, ketika mereka tinggal di Mesir sebagai orang asing. Dengan tangan-Nya yang luhur Ia telah memimpin mereka keluar dari negeri itu.

Kemudian ia berbicara pada zaman Hakim-hakim sampai pada zaman Samuel.
Pada zaman Samuel inilah bangsa israel meminta seorang raja dan Allah memberikan Saul sebagai raja pertama bangsa Israel, tapi karena Saul tidak hidup benar dihadapan Allah, ia disingkirkan, kemudian Allah mengangkat Daud menjadi raja. Nah dari keturunan Daud inilah Allah menjanjikan Juru Selamat bagi orang Israel, yaitu Yesus.

Namun Yesus telah ditolak oleh orang Israel dan Dia disalibkan, namun Allah telah membangkitkan Dia pada hari ketiga. Kis 13:34
13:34 Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan Ia tidak akan diserahkan kembali kepada kebinasaan. Hal itu dinyatakan oleh Tuhan dalam firman ini: Aku akan menggenapi kepadamu janji-janji yang kudus yang dapat dipercayai, yang telah Kuberikan kepada Daud.

Dan karena Yesuslah yang diberitakan kepada kita berita Pengampunan dosa, dan didalam Dia setiap orang percaya memperoleh pembebasan dari segala dosa.

Kis 13:38-39
13:38 Jadi ketahuilah, hai saudara-saudara, oleh karena Dialah maka diberitakan kepada kamu pengampunan dosa.
13:39 Dan di dalam Dialah setiap orang yang percaya memperoleh pembebasan dari segala dosa, yang tidak dapat kamu peroleh dari hukum Musa.

Ini menjadi berita pokok yang disampaikan rasul Paulus pada waktu itu, yaitu:
Pengampunan dosa dan pembebasan dari segala dosa.

Pokok berita ini sudah membuat orang-orang yang mendengarkan waktu itu menjadi begitu antosias, sehingga mereka meminta rasul Paulus berbicara tentang pokok itu pula pada hari Sabat berikutnya. Kis 13:42
13:42 Ketika Paulus dan Barnabas keluar, mereka diminta untuk berbicara tentang pokok itu pula pada hari Sabat berikutnya.

Berita pengampunan dosa: Roma 6:23
6:23 Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.
Orang yang dosanya diampuni adalah orang yang berbahagia. Sebab selagi dosa itu belum dibereskan, seperti tangan Tuhan itu menekan siang dan malam, terasa sumsum menjadi kering, seperti teriknya musim panas. Ini dikatakan oleh Daud sewaktu dia jatuh didalam dosa.

Maz 32:1-5
32:1 Dari Daud. Nyanyian pengajaran. Berbahagialah orang yang diampuni pelanggarannya, yang dosanya ditutupi!
32:2 Berbahagialah manusia, yang kesalahannya tidak diperhitungkan TUHAN, dan yang tidak berjiwa penipu!
32:3 Selama aku berdiam diri, tulang-tulangku menjadi lesu karena aku mengeluh sepanjang hari;
32:4 sebab siang malam tangan-Mu menekan aku dengan berat, sumsumku menjadi kering, seperti oleh teriknya musim panas. S e l a
32:5 Dosaku kuberitahukan kepada-Mu dan kesalahanku tidaklah kusembunyikan; aku berkata: "Aku akan mengaku kepada TUHAN pelanggaran-pelanggaranku," dan Engkau mengampuni kesalahan karena dosaku. S e l a

Dosaku kuberitahukan kepadaMu, dan kesalahanku tidak kusembunyikan, aku berkata: Aku akan mengaku kepada Tuhan pelanggaran-pelanggaranku, dan Engkau mengampuni kesalahan karena dosaku.

Mengapa harus mengaku dosa?
Sebab tanpa pengakuan dosa, tidak ada pengampunan.
1 Yoh 1:8-9
1:8 Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita.
1:9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.
Menyucikan kita dari segala kejahatan:

Kita disucikan oleh darah Yesus. Ibn 9:13-14
9:13 Sebab, jika darah domba jantan dan darah lembu jantan dan percikan abu lembu muda menguduskan mereka yang najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah,
9:14 betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.

Ketika Daud jatuh dalam dosa, ia berdiam diri. Maz 32:3-4
32:3 Selama aku berdiam diri, tulang-tulangku menjadi lesu karena aku mengeluh sepanjang hari;
32:4 sebab siang malam tangan-Mu menekan aku dengan berat, sumsumku menjadi kering, seperti oleh teriknya musim panas. S e l a

Ini suatu sikap untuk introspeksi = koreksi diri.
Selama berdiam diri itu, Daud menemukan dirinya sebagai seorang yang dibenci oleh Allah. Sebab Allah benci semua orang yang melakukan kejahatan.

Maz 5:6b
5:6 Pembual tidak akan tahan di depan mata-Mu; Engkau membenci semua orang yang melakukan kejahatan.
Siapa yang diampuni dosanya?
Lu 7:37-50
7:37 Di kota itu ada seorang perempuan yang terkenal sebagai seorang berdosa. Ketika perempuan itu mendengar, bahwa Yesus sedang makan di rumah orang Farisi itu, datanglah ia membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi.
7:38 Sambil menangis ia pergi berdiri di belakang Yesus dekat kaki-Nya, lalu membasahi kaki-Nya itu dengan air matanya dan menyekanya dengan rambutnya, kemudian ia mencium kaki-Nya dan meminyakinya dengan minyak wangi itu.
7:39 Ketika orang Farisi yang mengundang Yesus melihat hal itu, ia berkata dalam hatinya: "Jika Ia ini nabi, tentu Ia tahu, siapakah dan orang apakah perempuan yang menjamah-Nya ini; tentu Ia tahu, bahwa perempuan itu adalah seorang berdosa."
7:40 Lalu Yesus berkata kepadanya: "Simon, ada yang hendak Kukatakan kepadamu." Sahut Simon: "Katakanlah, Guru."
7:41 "Ada dua orang yang berhutang kepada seorang pelepas uang. Yang seorang berhutang lima ratus dinar, yang lain lima puluh.
7:42 Karena mereka tidak sanggup membayar, maka ia menghapuskan hutang kedua orang itu. Siapakah di antara mereka yang akan terlebih mengasihi dia?"
7:43 Jawab Simon: "Aku kira dia yang paling banyak dihapuskan hutangnya." Kata Yesus kepadanya: "Betul pendapatmu itu."
7:44 Dan sambil berpaling kepada perempuan itu, Ia berkata kepada Simon: "Engkau lihat perempuan ini? Aku masuk ke rumahmu, namun engkau tidak memberikan Aku air untuk membasuh kaki-Ku, tetapi dia membasahi kaki-Ku dengan air mata dan menyekanya dengan rambutnya.
7:45 Engkau tidak mencium Aku, tetapi sejak Aku masuk ia tiada henti-hentinya mencium kaki-Ku.
7:46 Engkau tidak meminyaki kepala-Ku dengan minyak, tetapi dia meminyaki kaki-Ku dengan minyak wangi.
7:47 Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih."
7:48 Lalu Ia berkata kepada perempuan itu: "Dosamu telah diampuni."
7:49 Dan mereka, yang duduk makan bersama Dia, berpikir dalam hati mereka: "Siapakah Ia ini, sehingga Ia dapat mengampuni dosa?"
7:50 Tetapi Yesus berkata kepada perempuan itu: "Imanmu telah menyelamatkan engkau, pergilah dengan selamat!"

Perempuan ini datang kepada Yesus dengan minyak narwastu. IA datang dengan tangis, dan airmatanya dipakai untuk membasuh kaki Tuhan Yesus.
Tidak ada kata sepatahpun keluar dari mulutnya, tapi tangisnya itu bagaikan pengganti dari kata-kata penyesalan dosa-dosanya yang selama ini sudah diperbuatnya. Ia datang berharap untuk mendapatkan pengampunan dosa.

Kata-kata Tuhan Yesus dalam ayat 48 : Dosamu telah diampuni.
Inilah yang ditunggu-tunggu sejak tadi.
Yes 55:6-7

55:6 Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!
55:7 Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada TUHAN, maka Dia akan mengasihaninya, dan kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpahnya.

Firman Tuhan mengatakan: Hendaklah engkau menyesal dan bertobat!
Kis 3:19 Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan,

Berita pengampunan dosa inilah yang menjadi pokok berita yang disampaikan oleh rasul Paulus.

Yang kedua: Pembebasan dari segala dosa. Kis 13:39


Titus 2: 11-15
2:11 Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata.
2:12 Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini
2:13 dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus,
2:14 yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.
2:15 Beritakanlah semuanya itu, nasihatilah dan yakinkanlah orang dengan segala kewibawaanmu. Janganlah ada orang yang menganggap engkau rendah.

Percaya untuk memperoleh pembebasan dari segala dosa.
Ayat 14 : untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.

Ibn 2:14-15
2:14 Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut;
2:15 dan supaya dengan jalan demikian Ia membebaskan mereka yang seumur hidupnya berada dalam perhambaan oleh karena takutnya kepada maut.

Pengalaman dibebaskan dari ikatan dosa itu harus benar-benar kita alami, sebab sebelum kita dibebaskan dari segala dosa-dosa kita, kita ini adalah hamba dosa.
Roma 6:16-18, 20-23
6:16 Apakah kamu tidak tahu, bahwa apabila kamu menyerahkan dirimu kepada seseorang sebagai hamba untuk mentaatinya, kamu adalah hamba orang itu, yang harus kamu taati, baik dalam dosa yang memimpin kamu kepada kematian, maupun dalam ketaatan yang memimpin kamu kepada kebenaran?
6:17 Tetapi syukurlah kepada Allah! Dahulu memang kamu hamba dosa, tetapi sekarang kamu dengan segenap hati telah mentaati pengajaran yang telah diteruskan kepadamu.
6:18 Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran.
6:20 Sebab waktu kamu hamba dosa, kamu bebas dari kebenaran.
6:21 Dan buah apakah yang kamu petik dari padanya? Semuanya itu menyebabkan kamu merasa malu sekarang, karena kesudahan semuanya itu ialah kematian.
6:22 Tetapi sekarang, setelah kamu dimerdekakan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal.
6:23 Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Siapakah yang akan membebaskan kita dari perhambaan dosa?
Yoh 8:32, 36
8:32 dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."
8:36 Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka."

Kebenaran yang akan memerdekakan kita.
Kebenaran = firman Allah. Yoh 17:17
17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.

Sebab itu jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan:
Gal 5:1
5:1 Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.