Translate

7 Jun 2015

Ibadah Raya. 7 Juni 2015. Cawan Ke 3& 4 Yang Ditumpahkan.



Ibadah Raya
7 Juni 2015
CAWAN YANG KE 3 DITUMPAHKAN:
Why 16:4-7
4  Dan malaikat yang ketiga menumpahkan cawannya atas sungai-sungai dan mata-mata air, dan semuanya menjadi darah.
5  Dan aku mendengar malaikat yang berkuasa atas air itu berkata: "Adil Engkau, Engkau yang ada dan yang sudah ada, Engkau yang kudus, yang telah menjatuhkan hukuman ini.
6  Karena mereka telah menumpahkan darah orang-orang kudus dan para nabi, Engkau juga telah memberi mereka minum darah; hal itu wajar bagi mereka!"
7  Dan aku mendengar mezbah itu berkata: "Ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa, benar dan adil segala penghakiman-Mu."

Malaikat yang ke 3 menumpahkan cawannya atas sungai-sungai dan mata-mata air dan semuanya menjadi darah.

Pada cawan yang ke 3 ini masih ditandai dengan darah; dan yang menjadi sasarannya adalah sungai-sungai dan mata air.

Sumber-sumber air didunia menjadi darah.
Apakah sebabnya sampai sejauh ini Allah mengadakan pembalasan?
Apa yang diperbuat Allah itu adil sebab mereka telah menumpahkan darah orang-orang kudus dan para nabi (ayat 6)

Allah tidak membiarkan orang-orang kudus-Nya menjadi korban Antikrist. Inilah saatnya Allah mengadakan pembalasan, yaitu lewat darah.

Darah manusia ini bisa berbicara dan ini terbukti dengan darahnya Habel, manusia pertama yang menjadi korban pembunuhan. Itu sebabnya Allah berfirman: “Siapa yang menumpahkan darah manusia, darahnya akan tertumpah oleh manusia, sebab Allah membuat manusia itu menurut rupa dan gambar-Nya sendiri.”
Kej 4:8-10
8  Kata Kain kepada Habel, adiknya: "Marilah kita pergi ke padang." Ketika mereka ada di padang, tiba-tiba Kain memukul Habel, adiknya itu, lalu membunuh dia.
9   Firman TUHAN kepada Kain: "Di mana Habel, adikmu itu?" Jawabnya: "Aku tidak tahu! Apakah aku penjaga adikku?"
10  Firman-Nya: "Apakah yang telah kauperbuat ini? Darah adikmu itu berteriak kepada-Ku dari tanah.

Kej 9:5-6
5  Tetapi mengenai darah kamu, yakni nyawa kamu, Aku akan menuntut balasnya; dari segala binatang Aku akan menuntutnya, dan dari setiap manusia Aku akan menuntut nyawa sesama manusia.
6  Siapa yang menumpahkan darah manusia, darahnya akan tertumpah oleh manusia, sebab Allah membuat manusia itu menurut gambar-Nya sendiri.

Ada tanda yang diberikan Allah kepada Kain, sehingga barang siapa yang membunuh Kain akan dibalas 7 kali lipat. Kej 4:15
14 Firman TUHAN kepadanya: "Sekali-kali tidak! Barangsiapa yang membunuh Kain akan dibalaskan kepadanya tujuh kali lipat." Kemudian TUHAN menaruh tanda pada Kain, supaya ia jangan dibunuh oleh barangsiapapun yang bertemu dengan dia.

Untuk menghindarkan kita dari hukuman yang seharusnya menimpa kita, maka Krists sudah menumpahkan darah-Nya. Sehingga orang yang mau percaya kepada pengorbanan Kristus tidak akan dihukumkan sebaliknya akan menerima hidup yang kekal.
Yoh 3:16-18
16  Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
17  Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.
18  Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.

Luk 22:20
20 Demikian juga dibuat-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku, yang ditumpahkan bagi kamu.

Darah yang sudah ditumpahkan oleh Kristus ini adalah untuk menebus dosa-dosa kita dan mengampuninya.
Ef 1:7
7  Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya,

Itu sebabnya jangan kita tolak darah-Nya, sebab kalau kita menolak darah Yesus, berarti kita masih dibayang-bayangi hukuman Allah dalam bentuk darah ini.

Darah-Nya berkuasa untuk mengampuni dosa-dosa kita dan menyucikan kita.
1 Yoh 1:9
9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Yes 1:18
18  Marilah, baiklah kita berperkara!  —  firman TUHAN  —  Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.
19  Jika kamu menurut dan mau mendengar, maka kamu akan memakan hasil baik dari negeri itu.
20  Tetapi jika kamu melawan dan memberontak, maka kamu akan dimakan oleh pedang." Sungguh, TUHAN yang mengucapkannya.

Tindakan Allah untuk menuangkan bokor yang berisi pehukuman ini dinilai adalah suatu tindakan yang adil.
 Sekarang bagaimana sikap kita terhadap darah Yesus yang disediakan dalam perjamuan suci ini?

CAWAN YANG KE 4 DITUMPAHKAN.

Why 16:8-9
8  Dan malaikat yang keempat menumpahkan cawannya ke atas matahari, dan kepadanya diberi kuasa untuk menghanguskan manusia dengan api.
9  Dan manusia dihanguskan oleh panas api yang dahsyat, dan mereka menghujat nama Allah yang berkuasa atas malapetaka-malapetaka itu dan mereka tidak bertobat untuk memuliakan Dia.

Pada saat cawan murka Allah ditumpahkan, maka yang terkena sasaran adalah matahari.
Matahari yang menjadi sumbernya panas berubah menjadi api yang menghanguskan manusia.

Manusia dihanguskan oleh api yang dasyat (ayat 9)
Bentuk hukuman Allah dalam cawan ke 4 ini begitu dasyat, dimana manusia disiksa dengan api yang dasyat. Namun sekalipun demikian mereka tidak juga mau bertobat.

Ayat 9 Mereka tidak bertobat untuk memuliakan Allah.
Mengapa mereka tidak bertobat?
Sebab pintu pertobatan sudah ditutup pada waktu itu, manusia menjadi bertambah keras hatinya (seperti Firaun).

Allah mengingatkan kepada kita semua bahwa waktu untuk bertobat itu tidak selamanya kita dapatkan. Ada saatnya waktu itu sudah tidak ada lagi, pintu kemurahan Allah sudah ditutup.

Mari kita perhatikan Firman Allah yang terdapat didalam surat                    
Rm 2:4-11 Jangan anggap sepi kemurahan Allah!
4  Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahan-Nya, kesabaran-Nya dan kelapangan hati-Nya? Tidakkah engkau tahu, bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan?
5  Tetapi oleh kekerasan hatimu yang tidak mau bertobat, engkau menimbun murka atas dirimu sendiri pada hari waktu mana murka dan hukuman Allah yang adil akan dinyatakan.
6  Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya,
7  yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan,
8  tetapi murka dan geram kepada mereka yang mencari kepentingan sendiri, yang tidak taat kepada kebenaran, melainkan taat kepada kelaliman.
9  Penderitaan dan kesesakan akan menimpa setiap orang yang hidup yang berbuat jahat, pertama-tama orang Yahudi dan juga orang Yunani,
10  tetapi kemuliaan, kehormatan dan damai sejahtera akan diperoleh semua orang yang berbuat baik, pertama-tama orang Yahudi, dan juga orang Yunani.
11  Sebab Allah tidak memandang bulu.

Jika kemurahan Allah diabaikan, maka manusia akan berurusan dengan murkanya Allah.

Pada cawan yang ke 4 ini Allah menggunakan api untuk menghanguskan manusia.
Dalam surat Ibr 12:29 dikatakan:   Sebab Allah kita adalah api yang menghanguskan.

Untuk saat ini; Firman Allah itu seperti api yang menghanguskan segala dosa-dosa kita. Dan juga seperti palu yang menghantam kekerasan hati kita.
Yer 23:29
29 Bukankah firman-Ku seperti api, demikianlah firman TUHAN dan seperti palu yang menghancurkan bukit batu?

Jika mereka menolak Firman Allah maka yang terjadi adalah mereka harus berurusan dengan apinya Allah.
Itu sebab nya jangan kita mengeraskan hati terhadap teguran firman Tuhan.
Ibr 4:7
7 Sebab itu Ia menetapkan pula suatu hari, yaitu "hari ini," ketika Ia setelah sekian lama berfirman dengan perantaraan Daud seperti dikatakan di atas: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu!"

Pada zaman nuh Allah menghukum manusia dengan air bah, tapi nanti sesuai dengan FT manusia akan dihadapkan dengan api murkanya Allah.
Yes 66:15-16
15  Sebab sesungguhnya, TUHAN akan datang dengan api, dan kereta-kereta-Nya akan seperti puting beliung, untuk melampiaskan murka-Nya dengan kepanasan dan hardik-Nya dengan nyala api.
16  Sebab TUHAN akan menghukum segala yang hidup dengan api dan dengan pedang-Nya, dan orang-orang yang mati terbunuh oleh TUHAN akan banyak jumlahnya.

Apinya Allah itu begitu dasyat.
Sekarang ini bumi sedang disimpan dengan api dan oleh api ini pula nanti bumi ini akan dibinasakan. Tapi bagi anak- anak Tuhan yang bertekun didalam kebenaran dan kesucian, akan dijanjikan langit baru dan bumi baru, itulah kota Yerusalem baru.
2 Pet 3:3-15a.
3  Yang terutama harus kamu ketahui ialah, bahwa pada hari-hari zaman akhir akan tampil pengejek-pengejek dengan ejekan-ejekannya, yaitu orang-orang yang hidup menuruti hawa nafsunya.
4  Kata mereka: "Di manakah janji tentang kedatangan-Nya itu? Sebab sejak bapa-bapa leluhur kita meninggal, segala sesuatu tetap seperti semula, pada waktu dunia diciptakan."
5  Mereka sengaja tidak mau tahu, bahwa oleh firman Allah langit telah ada sejak dahulu, dan juga bumi yang berasal dari air dan oleh air,
6  dan bahwa oleh air itu, bumi yang dahulu telah binasa, dimusnahkan oleh air bah.
7  Tetapi oleh firman itu juga langit dan bumi yang sekarang terpelihara dari api dan disimpan untuk hari penghakiman dan kebinasaan orang-orang fasik.
8  Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.
9  Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.
10  Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.
11  Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup
12  yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya.
13  Tetapi sesuai dengan janji-Nya, kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran.
14  Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia.
15  Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat,

Pada waktu Allah mencurahkan cawan murkanya yang ke 4 ini, maka yang menjadi sasaran adalah matahari.
Matahari yang sekarang ini ini yang oleh ilmuwan dikatakan dilapisi oleh lapisan ozon, dan lapisan ini sudah mulai terkoyak.
Kalau koyakannya bertambah lebar, maka panas dari matahari ini tidak ada yang menahannya. Dan panas itu akan membakar segala sesuatu yang hidup.

Didalam kitab Yoel dikatakan bahwa Allah akan mengadakan mujizat-mujizat dilangit: Yl 2:30-32
30  Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di langit dan di bumi: darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap.
31  Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari TUHAN yang hebat dan dahsyat itu.

Ketika Tuhan Yesus disalib, disitu disebutkan bahwa matahari tidak bersinar, sehingga sekitar tempat itu menjadi gelap mulai jam 12 s/d jam 3 petang.
Tidak bersinarnya matahari ini bagaikan ALLAH Bapa berkabung atas sengsara yang diderita oleh putra-Nya.
Luk 23:44-46
44  Ketika itu hari sudah kira-kira jam dua belas, lalu kegelapan meliputi seluruh daerah itu sampai jam tiga,
45  sebab matahari tidak bersinar. Dan tabir Bait Suci terbelah dua.
46  Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: "Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku." Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawa-Nya.

Bandingkan:
Why 6:12
12 Maka aku melihat, ketika Anak Domba itu membuka meterai yang keenam, sesungguhnya terjadilah gempa bumi yang dahsyat dan matahari menjadi hitam bagaikan karung rambut dan bulan menjadi merah seluruhnya bagaikan darah.

Why 8:12
12  Lalu malaikat yang keempat meniup sangkakalanya dan terpukullah sepertiga dari matahari dan sepertiga dari bulan dan sepertiga dari bintang-bintang, sehingga sepertiga dari padanya menjadi gelap dan sepertiga dari siang hari tidak terang dan demikian juga malam hari.

Why 9:2
2 Maka dibukanyalah pintu lobang jurang maut itu, lalu naiklah asap dari lobang itu bagaikan asap tanur besar, dan matahari dan angkasa menjadi gelap oleh asap lobang itu.

Untuk direnungkan:
Bagaimana sikap kita sekarang ini dalam menghadapi kejadian-kejadian yang dasyat ini nanti.
Sudahkan kita memelihara kesucian hidup kita? Sebab yang dapat bertahan hanya orang-orang yang hidup didalam penyucian.

Tuhan Yesus lewat Roh Kudus-Nya akan memberikan kepada kita pencerahan sehingga kita dapat mengerti apa yang difirmankan-Nya.

 Tuhan Yesus memberkati.